Perjanjian-Perjanjian Damai Pada Perang Dunia II

Perang Dunia II berakhir pada tahun 1945 dengan kemenangan pada blok SekutuKomunis. Seusai perang, dilaksanakan perjanjian damai sebagai berikut. 1. Konferensi Postdam (2 Agustus 1945) Antara Sekutu dan Jerman Konferensi ini diadakan antara Sekutu dengan Jerman yang dihadiri oleh Thruman, Stalin, dan Attlee. Konferensi ini menghasilkan keputusan sebagai berikut: Jerman dibagi dalam 4 daerah pendudukan yakni bagian timur oleh Rusia, bagian barat oleh Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis. Kota Berlin yang terletak di tengah-tengah daerah pendudukan Rusia, dibagi 4 bagian yakni Berlin Barat (Amerika Serikat, Inggris, Perancis) Berlin Timur (Rusia). Danzig dan daerah Jerman sebelah timur Sungai Oder dan Neisse diberikan kepada Polandia. Angkatan Perang Jerman harus dikurangi jumlah tentara dan peralatan militernya (demiliterisasi). Penjahat perang, yakni tokoh-tokoh NAZI harus dihukum di bawah pengawasan internasional. Jerman harus membayar kerugian perang kepada Sekutu.

2. Perjanjian San Fransisco (8 September 1951) Antara Sekutu dan Jepang Perjanjian ini diadakan antara Sekutu dengan Jepang pada tahun 1945 dan dibuat di Jepang. Pada mulanya perjanjian ini hanya bersifat sementara. Kemudian Perjanjian San Fransisco disahkan pada tanggal 8 September 1951. Rusia tidak ikut menandatangani perjanjian ini sehingga tidak mengakuinya. Perjanjian ini berisi: Kepulauan Jepang di bawah pengawasan Amerika Serikat. Kepulauan Kurile dan Sakhalin Selatan diberikan kepada Rusia. Sedangkan Mantsyuria dan Taiwan diberikan kepada Tiongkok. Tokoh-tokoh fasis diadili sebagai penjahat perang dan harus dihukum di bawah pengawasan internasional. Jepang harus membayar kerugian perang kepada Sekutu.

dan Italia setuju untuk bekerja sama dalam usaha mereka seperti yang disebutkan di atas. dapat meminta perundingan untuk pembaruan pakta ini. Pakta ini berlaku segera setelah ditandatangani dan akan terus berlaku selama sepuluh tahun sejak berlakunya pakta ini. komisi teknis bersama akan dibentuk segera oleh masing-masing Pemerintah Jepang. menghasilkan penyerahan Jepang kepada Sekutu. pada saat yang tepat. Sebelum pakta ini berakhir. 5. Pasal 6. dan militer. Pasal 2. dan Italia Pasal 1. berdasarkan permintaan salah satu dari mereka. Pasal 3. . Jepang. antara sekutu dengan Italia. Jerman dan Italia mengakui dan menghormati kepemimpinan Jepang dalam pembentukan tatanan baru di Asia Timur Raya. Jerman. Pasal 4. ekonomi. Jepang mengakui dan menghormati kepemimpinan Jerman dan Italia dalam pembentukan tatanan baru di Eropa. Pasal 5. Pakta Tripartit tahun 1940 antara Jepang. Triest menjadi daerah merdeka di bawah pemerintahan PBB. Untuk pelaksanaan pakta ini. Jerman. Jerman. Berisi hal-hal sebagai berikut: Daerah Italia dipersempit. 4. Jepang. Semua jajahan Italia di Afrika Utara diambil oleh Inggris. Perdamain Paris (Februari 1947). Italia harus membayar kerugian perang. Mereka lebih jauh lagi berusaha menolong satu sama lainnya dalam semua bidang politik. Pertemuan di Kapal Missouri-Amerika Serikat (2 September 1945). di Teluk Tokyo. Pihak Penandatangan Pakta.3. bila salah satu dari pihak yang menandatangani pakta diserang oleh negara yang sekarang ini tidak terlibat dalam Perang Eropa atau dalam konflik Jepang-Cina. Ethiopia dan Albania bebas dari kekuasaan Italia. dan Italia. Jerman. tanpa ditunda-tunda. dan Italia menegaskan bahwa perjanjian di atas tidak akan dalam bentuk apapun memengaruhi status politik yang sekarang antara salah satu Pihak Penandatangan Pakta dan Uni "Soviet".

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful