Soal

:
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. Jelaskan apa yang di maksud dengan ekonomi mikro dam makro! Jelaskan mengapa pemerintah perlu turun tangan dalam fenomena baik mikro maupun makro! Berikan contoh peran pemerintah dalam ekonomi mikro dam makro! Jelaskan maslah-masalah utama yang sering di hadapi oleh negara-negara berkembang! Jelaskan keterkaian antara kelemahan sistim hukum dengan perkembangan ekonomi pada negara berkembag! Sebutkan 3 pertanyaan yang sering timbul dalam pembahasan ekonomi mikro! Berikan penjelasan mengenai hubungan antara 3 pertanyaan dalam ekonimi mikro tersebut! Sebutkan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemiskinan di negara berkembang! Jelaskan mengapa pada umumnya tingkat produktivitas di negara berkembang sangat rendah! pembangunan ekonominya!

10. Jelaskan mengapa negara berkembang sangat tergantung pada dunia internasional dalam

memiliki fungsi penting dalam perekonomian yaitu berfungsi sebagai stabilisasi. pertahanan. alokasi. . rumah tangga. yakni fungsi pemerintah dalam pemerataan atau distribusi pendapatan masyarakat. dan distribusi. Fungsi Distribusi. dan keamanan. Fungsi Alokasi. Adapun penjelasannya sebagai berikut : Fungsi Stabilisasi. yakni fungsi pemerintah sebagai penyedia barang dan jasa publik seperti pembangunan jalan raya. kesempatan kerja dan atau pengangguran. gedung sekolah. Karena peranan pemerintah dalam ekonomi mikro maupun makro mempunyai peranan yang besar. penyediaan fasilitas penerangan. yakni fungsi pemerintah dalam menciptakan kestabilan ekonomi. Objek materialnya adalah perorangan atau perusahaan satu persatu. 2. jumlah uang beredar. Analisisnya bersifat global.Jawaban : 1. Pemerintah sebagai salah satu pelaku ekonomi (rumah tangga pemerintah). harga untuk satu jenis barang tertentu. sosial politik. Objek materialnya adalah susunan perekonomian dari segala segi seperti pendapatan nasional. pertumbuhan ekonomi. hokum. dan telepon. maupun neraca pembayaran internasional. Ekonomi makro : mempelajari variabel-variabel ekonomi secara keseluruhan. Yang dimaksud dengan ekonomi mikro dan makro adalah : Ekonomi mikro : Secara khusus membahas tentang cara bekerjanya sistem ekonomi secara partikular misalnya dalam lingkup kecil seperti perusahaan. laju inflasi.Dalam ekonomi mikro ini dipelajari tentang bagaimana individu menggunakan sumber daya yang dimilikinya sehingga tercapai tingkat kepuasan yang optimum.

kesehatan yang buruk. Tingkat ini tercermin secara kuantitatif dalam bentuk pendapatan yang sedikit. Pasar tidak sempurna dan informasi yang tidak merata. Ekonomi mikro : . Pendidikan b. Pertumbuhan Penduduk d. dll. Beban ketergantungan pada pertanian dan ekspor barang e. tingkat harapan hidup yang rendah.Mengelola perekonomian bangsa dengan internasional. Sebagai akibatnya produksi tidak mencapai titik optimal. Aturan ini memberikan landasan bagi penerapan aturan main. Pendapatan nasional perkapita 2 . Masalah-masalah utama yang sering di hadapi negara berkembang di antaranya: a. mengatur kualitas tebaga kerja dalam negeri. Tingkat kemiskinan 5. bekal pendidikan yang minim. perumahan yang layak. dan peluang kerja yang rendah. Ekonomi makro : . mengatur sumber daya alam di setiap daerah . serta f. sementara faktor lain seperti modal dan kewirausahaan sangatlah rendah. mengatur keuangan daerah. Total ukur yang digunakan untuk mengetahui kondisi standar hidup dari negara berkembang : 1. termasuk pemberian sanksi bagi pelaku ekonomi yang melanggarnya. Standar hidup yang rendah Hampir semua negara berkembang memiliki standar hidup yang rendah. Produktivitas yang Rendah Faktor produksi yang paling dominan adalah tenaga kerja dan tanah. Ketergantungan pada dunia internasional . Kesehatan 6. Distribusi pendapatan 4. angka kematian bayi yang tinggi. c. 4.Intervensi pemerintah. mengetur perkembnagan ekonomi bangsa.Mengendalikan mekanisme pasar dengan membuat aturan aturan.Mengelola perkembangan ekonomi di setiap daerah. Intervensi pemerintah diperlukan dalam perekonomian untuk mengurangi dari kegagalan pasar (market failure) seperti kekakuan harga monopoli dan dampak negatif kegiatan usaha swasta contohnya pencemaran lingkungan. .3.Perbandingan antara pertumbuhan pendapatan nasional dan pendapatan per kapita 3.

Hukum merupakan salah satu faktor yang ikut menentukan perkembangan ekonomi tersebut. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemiskinan di negara berkembang di antaranya : a. Kurangnya inisiatif untuk berusaha j. maka akan banyak pelanggar ekonomi yang akan merugikan negara itu sendiri. Angkatan Kerja. karena kegiatan ekonomi dalam suatu masyarakat modern adalah sangat kompleks. 8. Rendahnya tingkat penguasaan tekhnologi g. Bagaimana cara memproduksi berbagai barang dan jasa tersebut ? c.5. berbagai faktor tenaga kerja bersifat statis. Kurangnya perhatian dari pemerintah f. Jika sistem hukum lemah. serta struktur nilai yang akan menghambat perubahan ekonomi. Penduduk yang Bekerja dan Pengangguran c. a. kebodohan. . Kondisi ekonomi yang terbelakang Keterbelakangan ekonomi dicirikan dengan kondisi seperti efisiensi tenaga kerja yang rendah. Tingkat pendidikan yang rendah e. Kurangnya inisiatif untuk berusaha i. Tiga pertanyaan diatas adalah tiga persoalan pokok berbagai masalah ekonomi yang dihadapi suatu masyarakat. Distribusi Pendapatan dan Pemerataan Pembangunan d. Hukum yang berisi aturan aturan yang memberikan landasan bagi penerapan aturan main. Laju Pertumbuhan Penduduk b. yang berarti dalam lingkup kecil (ekonomi mikro). Apakah jenis-jenis barang dan jasa yang harus diproduksi ? b. yang meliputi berbagai jenis kegiatan produksi. termasuk pemberian sanksi bagi pelaku ekonomi yang melanggarnya. terbatasnya spesialisasi dalam jenis pekerjaan dan perdagangan. 6. Untuk siapakah barang dan jasa tersebut diproduksi ? 7. konsumsi dan perdagangan. Orientasi ekspor barang primer h.

9. . akan menurunkan lagi produksi rata-rata (produktivitas) pekerja. 10. Rendahnya tingkat produktivitas ini disebabkan oleh beberapa hal seperti: Produktivitas yang dimaksud adalah tingkat produksi yang dapat dihasilkan seorang pekerja per tahun. • Sektor jasa. taraf pendidikan dan kesehatan pekerja belum mencapai tahap yang diinginkan dan cenderung mengurangi tingkat produktivitas. berarti kelebihan tenaga kerja di sektor pertanian. Sehingga dapat meningkatkan ekonomi negara berkembang tersebut. Negara berkembang sangat bergantung pada dunia internasional karena dunia internasional atau negara negara lain diluar negara sendiri dapat meningkatkan devisa pada negara berkembang tersebut ( salah satu contohnya adalah dengan melalui ekspor dan impor). menghadapi masalah pengangguran terselubung dan menurunkan tingkat produktivitas. • Di berbagai sektor ekonomi. • Kebanyakan usaha di sektor manufaktur terdiri dari usaha keluarga. seperti sektor pertanian. Keberadaan pengangguran terselubung. Tingkat produktivitas seorang pekerja di Negara berkembang masih cukup rendah dibandingkan dengan tingkat produktivitas tenaga kerja di Negara maju. yang menggunakan mesin yang masih tradisional dan bersifat padat karya. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor sbb : • Sebagian besar penduduk di Negara berkembang berada di sektor pertanian tradisional yang sering menghadapi masalah pengangguran terselubung..

TUGAS EKONOMI D I S U S U N OLEH : DWI PUTRI ARIYANI KELAS : X-4 Tahun Ajaran 2012/2013 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful