Kanker paru-paru adalah pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali dalam jaringan paru yang dapat

disebabkan oleh sejumlah karsinogen lingkungan, terutama asap rokok [1].

Menurut World Health Organization (WHO), kanker paru merupakan penyebab kematian utama dalam kelompok kanker baik pada pria maupun wanita[2]. Sebagian besar kanker paru-paru berasal dari sel-sel di dalam paru-paru; tetapi kanker paru-paru bisa juga berasal dari kanker di bagian tubuh lainnya yang menyebar ke paru-paru.Daftar isi [sembunyikan] 1 Jenis kanker paru-paru 2 Penyebab utama 3 Gejala kanker paru 4 Diagnosis dan pengobatan 5 Refensi

[sunting] Jenis kanker paru-paru Halaman ini belum atau baru diterjemahkan sebagian dari bahasa Inggris. Bantulah Wikipedia untuk melanjutkannya. Lihat panduan penerjemahan Wikipedia.

Frequency of histological types of lung cancer[3]Histological type Non-small cell lung carcinoma 80.4 Small cell lung carcinoma Carcinoid[4] Sarcoma[5] 0.8 0.1 16.8

Frequency (%)

Unspecified lung cancer 1.9

Lebih dari 90% kanker paru-paru berawal dari bronki (saluran udara besar yang masuk ke paru-paru), kanker ini disebut karsinoma bronkogenik, yang terdiri dari:

tiroid. tulang dan kulit. Banyak kanker yang berasal dari tempat lain menyebar ke paru-paru. ginjal. Kanker ini bisa merupakan pertumbuhan tunggal. Tumor paru-paru yang lebih jarang terjadi adalah: Adenoma (bisa ganas atau jinak) Hamartoma kondromatous (jinak) Sarkoma (ganas) Limfoma merupakan kanker dari sistem getah bening.Karsinoma sel skuamosa Karsinoma sel kecil atau karsinoma sel gandum Karsinoma sel besar Adenokarsinoma Karsinoma sel alveolar berasal dari alveoli di dalam paru-paru. prostat. yang bisa berasal dari paru-paru atau merupakan penyebaran dari organ lain. [sunting] Penyebab utama Sub-types of non-small cell lung cancer in smokers and never-smokers[6]Histological sub-type Smokers Never-smokers 33 39 35 Frequency of non-small cell lung cancers (%) Squamous cell lung carcinoma 42 Adenocarcinoma Adenocarcinoma (not otherwise specified) 10 Bronchioloalveolar carcinoma 4 Carcinoid Other 8 7 6 16 . tetapi seringkali menyerang lebih dari satu daerah di paru-paru. leher rahim. Biasanya kanker ini berasal dari payudara. rektum. buah zakar. lambung. usus besar.

Beberapa kasus terjadi karena adanya pemaparan oleh gas radon di rumah tangga. nikel. arsen. Sakit kepala. Napas sesak dan pendek-pendek. Kelelahan kronis Kehilangan selara makan atau turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas. Kadang kanker paru (terutama adenokarsinoma dan karsinoma sel alveolar) terjadi pada orang yang paru-parunya telah memiliki jaringan parut karena penyakit paru-paru lainnya. radiasi. . nyeri atau retak tulang dengan sebab yang tidak jelas. Pembengkakan di wajah atau leher. kromat. Hanya sebagian kecil kanker paru-paru (sekitar 10%-15% pada pria dan 5% pada wanita) yang disebabkan oleh zat yang ditemui atau terhirup di tempat bekerja. meskipun biasanya hanya terjadi pada pekerja yang juga merokok. Bekerja dengan asbes.Merokok merupakan penyebab utama dari sekitar 90% kasus kanker paru-paru pada pria dan sekitar 70% pada wanita. seperti tuberkulosis dan fibrosis. semakin besar risiko untuk menderita kanker paru-paru. klorometil eter. gas mustard dan pancaran oven arang bisa menyebabkan kanker paruparu. Suara serak/parau. Peranan polusi udara sebagai penyebab kanker paru-paru masih belum jelas. [sunting] Gejala kanker paru Gejala paling umum yang ditemui pada penderita kanker paru adalah: Batuk yang terus menerus atau menjadi hebat. Dahak berdarah. berubah warna dan makin banyak. Semakin banyak rokok yang dihisap.

sedangkan sisanya disebabkan oleh zat asbes. kromat. Pengobatan kanker paru dapat dilakukan dengan cara-cara seperti Pembedahan dengan membuang satu bagain dari paru . klorometil eter. Bronkoskopi. nikel. radiasi. http://id.org/wiki/Kanker_paru-paru Penyakit Kanker Paru-paru tergolong dalam penyakit kanker yang mematikan. dan USG Abdomen. Penyakit kanker paru-paru lebih banyak disebabkan oleh merokok (87%). penyakit kanker paru-paru dewasa ini cenderung lebih cepat meningkat perkembangannya. Kasusk-kasus stadium dini/ awal sering ditemukan tanpa sengaja ketika seseorang melakukan pemeriksaan kesehatan rutin. gas mustard dan pancaran oven arang bisa menyebabkan kanker paru-paru. dan kanker payudara. Radioterapi atau radiasi dengan sinar-X berintensitas tinggi untuk membunuh sel kanker. Biopsi Jarum Halus. arsen. atau otak. Jika dibiarkan pertumbuhan yang abnormal ini dapat menyebar ke organ lain. [sunting] Diagnosis dan pengobatan Beberapa prosedur yang dapat memudahkan diagnosa kanker paru antara lain adalah foto X-Ray.kadang melebihi dari tempat ditemukannya tumor dan membuang semua kelenjar getah bening yang terkena kanker. kanker usus. Penyakit kanker paru-paru adalah sebuah bentuk perkembangan sell yang sangat cepat (abnormal) didalam jaringan paru yang disebabkan oleh perubahan bentuk jaringan sell atau ekspansi dari sell itu sendiri. meskipun biasanya hanya terjadi pada pekerja yang juga merokok.wikipedia. Dibandingkan dengan jenis penyakit kanker lainnya. baik yang dekat dengan paru maupun yang jauh misalnya tulang. . hati. seperti kanker prostat.Gejala pada kanker paru umumnya tidak terlalu kentara. CT Scan Toraks. sehingga kebanyakan penderita kanker paru yang mencari bantuan medis telah berada dalam stadium lanjut. baik bagi pria maupun wanita. Kemoterapi Meminum obat oral dengan efek samping tertentu yang bertujuan untuk memperpanjang harapan hidup penderita.

sebaiknya segeralah periksa ke dokter : Batuk-batuk yang lama pada orang merokok Kesulitan bernafas (nafas pendek) . dan ini memerlukan waktu bertahun-tahun sejak awal perkembangannya. sistem limpa atau karena kedekatan organ. Hamartoma kondromatous dan Sarkoma. yaitu Small cell lung cancer (SCLC) dan Non-small cell lung cancer (NSCLC). Penanganan cukup berespon baik melalui tindakan chemotherapy and radiation therapy. Sedangkan NSCLC adalah merupakan pertumbuhan sell tunggal. Type ini sangat erat kaitannya dengan perokok. Kanker menyebar melalui darah. yang paling sering adalah kanker payudara dan kanker usus (perut). Bahkan ada kemungkinan tidak menampakkan adanya tanda dan gejala khusus. melainkan hanya tampak jika dilakukan X-ray. Namun jika beberapa tanda dan gejala dibawah ini apabila dirasakan. Namun pada dasarnya penyakit kanker paru-paru terbagi dalam dua kriteria berdasarkan level penyebarannya: Kanker paru-paru primer Memiliki 2 type utama. SCLC adalah jenis sell yang kecil-kecil (banyak) dimana memiliki daya pertumbuhan yang sangat cepat hingga membesar. Ini dilihat dari tingkat penyebarannya baik dijaringan paru itu sendiri maupun terhadap organ tubuh lainnya. tetapi seringkali menyerang lebih dari satu daerah di paru-paru. Misalnya Adenoma. Kanker paru sekunder Merupakan penyakit kanker paru yang timbul sebagai dampak penyebaran kanker dari bagian organ tubuh lainnya. Tanda dan Gejala Penyakit Kanker Paru-paru Tanda dan gejala kanker paru ini hanya akan muncul saat perkembangan abnormal sell ini semakin parah kearah stadium yang lebih lanjut.Klasifikasi Penyakit Kanker Paru-Paru Ada pengklasifikasian dari penyakit kanker paru-paru. Biasanya disebut "oat cell carcinomas" (karsinoma sel gandum).

polusi udara oleh asap kendaraan ataupun pembakaran termasuk asap rokok. yaitu penyakit TBC dan Pneumonia. cepat lelah atau lemah. hilangnya berat badan. Beberapa langkah yang biasa dilakukan adalah: Tindakan operasi pembedahan mengangkat sell kanker Tindakan Therapy Radiasi Tindakan Therapy Kemotherapy Tindakan penyuntikan {Photodynamic (PTD)} . Penanganan dan Treatment Penyakit Kanker Paru Penanganan dan treatment atau pengobatan yang dilakukan pada orang yang terdiagnosa mengalami penyakit kanker paru akan tergantung dari tingkat stadiumnya. Hal ini tidak terlepas dari riwayat serta penyebab dari adanya kanker paru tersebut tentunya. bahu dan bagian punggung Suara yang berubah dari biasanya Batuk lebih dari 2 minggu pada orang yang tidak merokok Lainnya seperti susah menelan. Biasanya kanker paru yang berkembang dari kasus ini adalah jenis adenocarcinoma (adenoma). Penyebab Penyakit Kanker Paru-paru Penyebab terbesar adalah merokok. leher dan wajah tampak membengkak. Kedua penyakit ini dapat menimbulkan perlukaan pada jaringan sell organ paru sehingga mensupport terjadinya pertumbuhan sell abnormal didalam rongga tersebut. kemungkinan dilakukannya operasi.Batuk mengeluarkan darah (meskipun jumlah sedikit) Sering mengalami infeksi paru (pneumonia atau bronchitis) Adanya nyeri dada. nafsu makan berkurang. serta kondisi umum si Penderita. Sedangkan lainnya adalah disebabkan adanya kontaminasi udara sekitar oleh zat asbes. Ada beberapa kasus penyakit yang memicu terjadinya penyakit kanker paru-paru ini.

Pemberian Nutrisi dan supplement dapat mengurang gejala yang disebabkan oleh kanker paru.infopenyakit. Begitu pula dengan makanan antioxidant seperti blueberri.com/2008/06/penyakit-kanker-paru-paru. http://www.html . dan buah tomat. Sumber : Lung Cancer Disease. cherri. Vitamin D dan Fe sangat baik untuk diberikan oleh penderita penyakit kanker paru.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful