SOSIOLOGI SEBAGAI ILMU DALAM MASYARAKAT

Pada hakekatnya manusia ditakdirkan Tuhan mempunyai berbagai kebutuhan seperti : ekonomi, sosial maupun psikologis yang harus dipenuhi. Untuk memenuhi kebutuhan di atas, maka manusia mau tidak mau harus berinteraksi dengan manusia lainnya. Interaksi yang terjadi akan mendorong keinginan manusia untuk menjadi satu dengan manusia lain. Keinginan inilah yang akan melahirkan masyarakat. Dalam dunia keilmuan, masyarakat merupakan bidang kajian dari berbagai ilmu bila dilihat dari aspek yang disoroti. Salah satu aspek yang menyoroti masyarakat dilihat dari hubungannya adalah ilmu sosiologi. Untuk mengetahui tentang seluk beluk, sejarah dan hal hal sosiologi lainnya, maka kita akan bahas di bab 1 ini.

SOSIOLOGI
A.Sejarah Perkembangan Sosiologi Sosiologi lahir dari kekawatiran seorang filsuf Perancis yang bernama Auguste Comte pada abad ke-19 terhadap keadaan Peracis setelah terjadinya Revolusi Peracis. Comte melihat selain berdampak positif yakni demokrasi, revolusi perancis juga menyebabkan munculnya dampak negatif yakni kerusuhan, pertikaian maupun konflik. Gagasan untuk mengatasi berbagai masalah di Perancis inilah yang ia tuangkan dalam bukunya “Cours de Philosophie Postive”. Ia kemudian dikenal sebagai bapak sosiologi dunia. B. Sosiologi sebagai Ilmu Pengetahuan Apakah sosiologi adalah ilmu ? banyak pihak yang mempertanyakan itu. Namun, karena sosiologi mengandung ciri-ciri keilmuan maka Sosiologi dianggap Ilmu Pengetahuan. Pengetahuan beda dengan ilmu pengetahuan. Pegetahuan adalah kesan yang muncul dalam pikiran manusia akibat penggunaan panca indera. Dalam perkembangannya, pengetahuan dapat menjadi ilmu pengetahuan apabila telah ditelaah dengan metode ilmiah. Ada 4 ciri dari ilmu pengetahuan yakni : 1. Empiris adalah ilmu pengetahuan didasarkan pada hasil observasi, tidak spekulatif dan hanya menggunakan akal sehat. 2. Teoritis adalah ilmu pengetahuan merupakan hasil abstraksi dari hasil observasi. 3. Kumulatif adalah ilmu pengetahuan dibentuk berdasar teori-teori yang sudah ada sebelumnya, kemudian diperluas, diperbaiki dan diperhalus dari teori-teori lama. 4. Non-etis adalah ilmu pengetahuan tidak mempersoalkan baik atau buruknya fakta. C. Pengertian Sosiologi Ada 3 pengertian dari sosiologi, yakni : 1. Etimologis (Asal kata) Sosiologi berasal dari kata socius yang berarti masyarakat dan logos yang berarti ilmu. Jadi secara etimologis sosiologi berarti ilmu masyarakat. 2. Para Ahli a. Charles Ellwood Sosiologi adalah pengetahuan yang menguraikan hubungan manusia dan golongannya asal dan kemajuannya, bentuk dan kewajibannya. b. Gustav Ratzenhofer

. c. Berber Menurut Berger pokok bahasan sosiologi adalah realitas sosial. d. e. hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dan non sosial dan cirri-ciri umum dari gejala sosial. i. Peter L. h. Max Weber Sosiologi adalah mempelajari tindakan-tindakan sosial. Pandangan secara umum (sosiologis) Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antar manusia dalam masyarakat. Nimkoff Sosiologi adalah ilmu tentang penelitian ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya adalah organisasi sosial. F. Jadi masyarakat merupakan pokok bahasan utama. g. E. D.Sosiologi adalah pengetahuan tentang hubungan manusia dengan kewajiban untuk menyelidiki dasar dan terjadinya evolusi sosial serta kemakmuran umum bagi masyarakat. Pitirim A. Pokok Bahasan Sosiologi Ada beberapa pokok bahasan sosiologi menurut para Ahli.Baik itu yang negatif maupun positif. Di dalam masyarakat coba dikupas pelbagai peristiwa dan kejadian yang ada di dalamnya. 3. f. 4. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan-perubahan sosial. Objek Sosiologi Objek sosiologi adalah masyarakat. Wright Mill Menurut Mill pokok bahasan sosiologi adalah khayalan sosiologi. Emile Durkheim Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial yaitu fakta yang berisikan cara bertindak. Tujuan Sosiologi Tujuan utama sosiologi adalah meningkatkan daya dan kemampuan manusia dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya. Sorokin Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara macam gejala-gejalan sosial. Joseph Roucek dan Waren Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antar manusia di dalam kelompok. yakni : 1. 2. Herbert Spencer Sosiologi adalah mempelajari tumbuh. berfikir dan berperasaan yang ada diluar individu. Max Weber Menurut Weber pokok bahasan sosiologi adalah tindakan sosial 3. William F. Caranya adalah dengan mengembangkan pengembangkan pengetahuan yang objektif tentang gejala sosial yang ada di masyarakat. Ogburn dan Meyer F. Emile Durkheim Menurut Durkheim pokok bahasan sosiologi adalah fakta sosial. bangun dan kewajiban masyarakat.

Wawancara adalah metode pengumpulan data dengan cara tanya jawab lesan kepada responden. H. yakni : 1. 2. Sosiolog sebagai konsultan kebijakan adalah sosiolog membantu memperkirakan pengaruh kebijakan sosial yang mungkin terjadi.G. pelaksanaan. Angket adalah metode membagi sejumlah pertanyaan tertulis kepada responden b. 3. Observasi adalah metode pengumpulan data dengan mengamati langsung di lapangan. d. 2. 4. Untuk penelitian. Sosiolog sebagai ahli riset adalah sosiolog menaruh perhatian pada pengumpulan dan penggunaan data. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan data berupa non angka. . Sosiolog sebagai guru dan pendidik adalah sosiolog harus bersikat netral dan objektif. c. b. Untuk pembangunan. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan data berupa angka 2. Dengan penelitian dan penyelidikan sosiologis akan diperoleh suatu peperencanaan atau pemecahan masalah sosial yang baik. I. Sosiologi berguna untuk memberikan data sosial yang diperlukan pada tahap perencanaan. Dokumentasi/dokumenter adalah metode pengumpulan data dengan mecari data dari buku atau media massa. Peran Sosiolog dalam masyarakat Ada beberapa peran sosiolog dalam masyarakat. Sosiolog sebagai ahli teknisi adalah sosiolog terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan masyarakat. maupun penilaian pembangunan. Metode dalam sosiologi 1. Ada 2 jenis penelitian sosiologi yakni : a. Kegunaan Sosiologi Ada 2 kegunaan sosiologi bagi masyarakat adalah sebagai berikut : 1. Ada 5 metode pengumpulan data : a.

keluarga c. komparatif. a. a. kekuasaan para raja berangsur-angsur terkikis c. Max Weber 4. Tekhnik atau metode kualitatif menurut Soerjono Soekanto adalah metode …. kecuali …. Ogburn 5. historis. Peperangan antar Negara Eropa b. a. saudara b. a. Herbert Spencer d. Kata socius yang merupakan asal kata sosiologi diartikan sebagai …. Koentjaraningrat d. a. terjadi penemuan-penemuan dalam bidang IPTEK e. eksperimen laboratorium . Seorang filusuf Prancis yang dijuluki sebagai Bapak Sosiologi adalah ….Sorokin b.atau e sebagai jawaban yang tepat ! 1. Sosiologi termasuk kelompok ilmu-ilmu social. komparatif.d. a.LATIHAN SOAL A. Masyarakat agraris berangsur-angsur menjadi masyarakat induustri b. Berikut ini adalah tekhnik-tekhnik sosiologi menurut Paul B. Sorokin c. Gagasan radikal yang menyertai perubahan-perubahan pada Revolusi Perancis yang disuarakan golongan menengah adalah …. Pitirin A. Auguste Comte e. 13 d. persamaan hak c. empiris.c. a. kehidupan manusia dalam masyarakat e. study cross-section b. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antar manusia dengan kelompokkelompok. dan fungsional b. Horton. lawan d. teman 2. kebudayaan manusia b. histories. Roucek dan Warren e. empiris. a. 16 6. studi kasus. muncul golongan penguasa baru yang disebut golongan kapitalis 8. 17 b. deduktif-induktif. Perubahan pada masyarakat Eropa d. Revolusi Industri pada masyarakat Inggris ditandai oelh …. Pitirin A. 15 e. keadilan dan kesamaan e. Hal itu merupakan definisi sosiologi menurut pendapat …. Sosiologi sebagai ilmu baru muncul pada abad ke …. dan rasional e. komparatif. 7. sifat feodal dan gerejani semakin mewarnai kehidupan masyarakat Inggris d. Kekuasaan Islam di Eropa c. asal usul manusia 3. Pengertian sosiologi adalah ilmu yang mempelajari …. Faktor utama yang mendorong kelahiran ilmu sosiologi adalah …. a. dan studi deduktif-induktif d. kritik tentang pemotongan hak-hak b. a. fungsional. musuh e. Berilah tanda silang (X) pada huruf a. peningkatan kesejahteraan d. 19 c. kesehatan manusia c. anatomi manusia d. Roucek dan Warren b. dan rasional c.b. Ilmu social lainnya gagal menyelesaikan masalah social. dan studi kasus 10. Hilangnya masyarakat agraris di Eropa b. Selo Soemarjan c. William F. kemiskinan 9.

a.. Sosiologi sangat berguna bagi pembangunan. tidak ada metode yang dapat diandalkan dalam menuju masyarakat masyarakat baru e. bentuk-bentuk organisasi sosial e. karena dapat . perubahan-perubahan sosial c. Memandang adanya pertentangan antar kelas dan eksploitasi kelas di dalam masyarakat sebagai penggerak utama kekuatan-kekuatan dalam sejarah.. hukum positif Auguste Comte tidak diakui oleh para ilmuwan pada wakti itu d. anorganis 17. Munculnya kapitalisme menurut Max Weber disebabkan oleh . munculnya sekte calvinisme dalam agama Protestan 16. pengangguran b. Sumbangan Karl Marx terhadap perkembangan sosiologi adalah teori tentang …. pertentangan kelas 13.. merupakan pandangan dari perspektif . tetapi justru meningkatkan solidaritas.. azas-azas tahap positif belum dapat diterapkan pada masyarakat Perancis saat itu c. Emile Durkheim 14. study longitudinal 11. Herbert Spencer c. a.. historis 19. penelitian pengamatan d. orang-orang menciptakannya dengan azas-azas yang berasal dari masarakat tahap metafisis b.... Tipe solidaritas yang didasarkan pada persamaan adalah disebut solidaritas . tekhnik kuantitatif e. . Karl Marx b.... orgains d. metafisis c.. sebagai jaringan kelompok yang bekerjasama dengan aturan dan nilai tertentu b. sebab . memberikan pengalaman-pengalaman baru kepada objek 12. Mengalami konflik antar kelas d. Tahap-tahap perkembangan masarakat b. ditemukan berbagai alat industri c. a. a. superorganis e.. reaksi masyarakat pada tahap teologis sangat besar 18. konflik e. tipe-tpe solidaritas d. pembagian kerja yang semakin jelas pada masyarakat e. terbentuknya golongan penguasa b. Fenomena yang muncul sebagai dampak dari kesenjangan sosial antara kaumburuh dan pengusaha pada akhir abad pertengahan adalah .. masyarakat Eropa tidak lagi agraris d. a..c. berinteraksi dengan simbol-simbol e. interaksionis c. b. Perspektif fungsionalis memandang masyarakat. urbanisasi e. pertumbuhan kota-kota c... a.... Revolusi Perancis gagal dalam menuju ketertiban dan masyarakat baru. mengalami perkembangan dan perubahan yang berbeda satu sama lain c. perjuangan kelas sosial 15. a. Max Weber d... Pernyataan ini dikemukakan oleh . Pembagian kerja yang berkembang pada masyarakat tidak menyebabkan disintegrasi masarakat. mekanis b. fungsionalis d.. Auguste Comte e. kemiskinan d.. evolusionis b. a.

memberikan data sosial yang diperlukan dalam pengelolaan pembangunan e.. menghentikan permusuhan antar etnis ang sedang berlangsung . mencari pemecahan masalah dari kondisi suatu masyarakat d. Dalam penelitian. menafsirkan apa yang terjadi d masyarakat e. membicarakan fakta-fakta yang berkembang di masyarakat d.a. mencari pemecahan masalah sosial dengan baik b. mengolah data secara terperinci tentang keadaan masyarakat b. mengembangkan pengetahuan secara objektif dan rasional c. mengumpulkan data untuk kegiatan penelitian lanjutan c.. a. sosologi berguna untuk membantu . menganalisis dampak yang ditimbulkan pembangunan dari sudut iptek 20..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful