P. 1
Naskah Materi Khutbah Jumat - Hari Kiamat

Naskah Materi Khutbah Jumat - Hari Kiamat

|Views: 962|Likes:
Published by Hamdani Fajar

More info:

Published by: Hamdani Fajar on Jan 30, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/10/2015

pdf

text

original

Naskah Materi khutbah jum'at

Hari Kiamat
oleh: 'Aam' Hamdani Fajar

Hadirin sudang jum'ah yang berbahagia, Akhir-akhir ini kita sering mendengar berita-berita tentang ramalan hari kiamat. Ada sebuah film yang menyebutkan bahwa hari kiamat akan datang pada tahun 2012. Juga banyak orang yang meyakini pada tanggal 21 Desember 2012 yang sudah terlewat kemaren adalah hari kiamat karena berdasarkan berakhirnya perhitungan kalender suku Maya. Di Amerika banyak orang yang memilih untuk bunuh diri saja dulu sebelum hari kiamat itu, agar mereka tidak merasakan beratnya hari kiamat . Tidak sedikit umat Islam pun yang merasa ketakutan dan tegang menanti tanggal 21-23 desember 2012 yang katanya hari kiamat. Jika kita percaya akan ramalan-ramalan manusia tentang waktu hari kiamat, maka kita sudah bodoh. Mau-maunya ditipu. Karena tidak ada seorang pun manusia yang tahu kapan tepatnya hari kiamat terjadi kecuali ALLOH. Kita lihat surat Al-A'rof ayat 187:

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Kapankah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tibatiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui".

Dalam ayat ini ALLOH swt menjelaskan bahwa yang tahu kapan terjadinya hari kiamat itu hanya ALLOH swt. Jadi jika ada lagi manusia yang meramalkan kiamat tanggal segini tanggal segitu, kita tidak usah percaya pada tanggal tersebut akan terjadi kiamat.
hamdanifajar@gmail.com id.scribd.com/hamdanifajar facebook.com/hamdanifajar

Hadirin sidang jum'ah yang berbahagia, Namun jika setelah melihat “oh, ternyata tanggal 21 desember 2012 tidak terjadi kiamat”. Lalu kemudian kita bersikap tidak percaya dengan berita-berita hari kiamat, maka kita pun salah. Karena itu artinya kita sudah tidak beriman lagi kepada hari kiamat, dimana percaya kepada hari kiamat merupakan rukun iman yang ke lima. Ini yang lebih saya khawatirkan, dengan tidak terbuktinya ramalan hari kiamat itu, akan menyebabkan kita menjadi tidak percaya lagi dengan berita-berita tentang hari kiamat. Padahal ada juga berita-berita yang benar tentang hari kiamat, yaitu yang sesuai dengan Al-Qur'an dan Hadits Rosululloh saw. ALLOH swt berfirman dalam surat Ghaafir ayat 59:

“Sesungguhnya hari kiamat pasti akan datang, tidak ada keraguan tentangnya, akan tetapi kebanyakan manusia tidak beriman.” (QS. Ghaafir:59)

Maka kita harus yakin bahwa hari kiamat itu pasti terjadi. Karena berita ini sumbernya dari ALLOH swt yang menciptakan dan memiliki alam semesta ini. Sudah sepantasnya DIA mengetahui tentang sesuatu yang telah DIA ciptakan. Hadirin sidang jum'ah Rohimakumulloh, Lalu bagaimana seharusnya kita bersikap setelah mengetahui dan meyakini bahwa hari kiamat pasti terjadi? Apakah kita harus bunuh diri agar kita tidak merasakan dahsyatnya hari kiamat? Atau kita harus tegang dan stres? Atau kita membuat perahu canggih untuk menyelamatkan diri seperti di film 2012? Bagi seorang mu'min, kita tidak perlu takut dengan hari kiamatnya. Tidak perlu lari dari hari kiamat. Yang perlu kita takutkan adalah jika kita tidak punya bekal untuk hari sesudah hari kiamat. Amal apa yang sudah kita persiapkan untuk bekal keselamatan kita di akhirat nanti? Maka marilah kita sama-sama mempersiapkan bekal untuk pulang ke kampung akhirat dengan berbagai amal sholeh yang ikhlas. Kita manfaatkan setiap waktu semaksimal mungkin hanya untuk beribadah kepada-NYA. Karena di akhirat nanti jika kita minta sedetik saja untuk kembali ke dunia untuk beramal, maka tidak akan ALLOH berikan. Mumpung saat ini kita masih hidup di dunia.
hamdanifajar@gmail.com id.scribd.com/hamdanifajar facebook.com/hamdanifajar

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->