P. 1
Naskah Materi Khutbah Jumat - Syukur

Naskah Materi Khutbah Jumat - Syukur

|Views: 85|Likes:
Published by Hamdani Fajar

More info:

Published by: Hamdani Fajar on Jan 30, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/12/2013

pdf

text

original

Naskah Materi Khutbah Jum'at

Syukur
oleh: 'Aam” Hamdani Fajar

(٧) )‫ويِإذ) ِدَتأذن) ركُّبكم) شَلئن) شكرْمُتم) لزديدكَّنكم) وشَلئن) كفرْمُتم) يِإن) عذبايِب ي) شَلشدديد‬ ٌ ِ‫ِدَ دي‬ َ‫ِدَ ت ْ شَ َّ شَ ِدَ ْمُ إ ْ ديِ إ ْ ِدَ شَ إ ْ إ ْ يِ ِدَ ْمُ إ ْ ِدَ ديِ إ ْ شَ شَ إ ْ إ ْ َّ ِدَ ش‬
dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". (QS. Ibrohim ayat 7)
Hadirin sidang jumah yang berbahagia, Dalam hidup ini, kita sering kali merasa bahwa hidup kita ini menderita, nelangsa, bahwa diri kitalah yang paling sengsara.. Sementara kita melihat orang lain begitu dipenuhi dengan kenikmatan, punya mobil mewah, rumah bagus, uang banyak, dsb. Kadang kita mengeluh kepada ALLOH, kenapa hidup kita menderita seperti ini..?? Hadirin, Ada sebuah kisah tentang seorang murid yang bertanya kepada gurunya, "Wahai guru, kena hidupku ini selalu sengsara dan menderita? Tidak seperti orang lain..?" Maka gurunya pun kemudian memerintahkan kepada murid tersebut untuk berjalan menelusuri sebuah taman yang penuh dengan bunga. "Dan selama di dalam taman, kamu harus memetik sebuah bunga yang paling indah. Tapi hanya satu bunga saja yang boleh kamu petik. Kamu juga tidak boleh menoleh kebelakang. Bila telah menoleh ke belakang, maka kamu tidak boleh memetik bunga lagi. Dan bila telah sampai di ujung taman ini, maka kembalilah kesini." perintah gurunya.. Maka sang murid pun menuruti perintah gurunya itu... Setelah sampai di ujung murid itu pun kembali ke gurunya. Namun sang murid itu ternyata tidak membawa setangkai bunga pun.

hamdanifajar@gmail.com id.scribd.com/hamdanifajar facebook.com/hamdanifajar

Sang guru kemudia bertanya, "Mengapa kamu tidak membawa sekuntum bunga pun..?? Bukankah tadi sudah jelas kuperintahkan, bahwa kamu harus mengambil sekuntum bunga yang paling indah..??" Sang murid pun menjawab, "Benar guru. Namun ketika saya di taman tadi, saya melihat bunga yang paling indah. Tapi tidak saya petik. Karena saya mengira bahwa di depan saya nanti akan ada bunga yang lebih indah lagi." "Nah muridku, itulah sebabnya mengapa kamu selalu merasa paling sengsara dan menderita dalam hidupmu. Karena kamu selalu mengangan-angankan untuk mendapat yanng lebih baik daripada apa yang ada ditanganmu saat ini. Padahal yang ALLOH berikan itu adalah yang terbaik dari-NYA. Karena DIA menimpakan segala sesuatunya kepada kita atas dasar Rohman dan Rohimnya. Karena kasih dan sayang-NYA kepada kita." Hadirin sidang jum'at yang berbahagia, Dalam hidup kita ini sesungguhnya penuh dengan nikmat dari ALLOH. Namun kita selalu merasa menderita dan sengsara karena kita kurang pandai bersyukur. Kita selalu mengangankan yang lebih baik, padahal yang ada pada kita saat ini, itulah yang terbaik dari ALLOH. ALLOH swt berfirman:

ٌ ِ‫ِدَ دي‬ ‫شَلئن) شكرْمُتم) لزديدكَّنكم) وشَلئن) كفرْمُتم) يِإن) عذبايِب ي) شَلشدديد‬ َ‫ديِ إ ْ ِدَ شَ إ ْ إ ْ يِ ِدَ ْمُ إ ْ ِدَ ديِ إ ْ شَ شَ إ ْ إ ْ َّ ِدَ ش‬
"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azabKu sangat pedih". (QS. Ibrohim ayat 7)
Maka jika kita ingin bahagia dalam hidup, itu sesungguhnya sangat dekat. Tidak perlu jauh-jauh mencari. Bahkan saat ini pun bisa. Kita tinggal mensyukuri semua nikmat yang telah ALLOH karuniakan kepada kita, maka bahagialah kita. Yang membuat berat dan sulit adalah hawa nafsu kita. Karena dia selalu mengajak untuk kufur kepada ALLOH. Maka, janganlah kita menuruti hawa nafsu kita yang selalu mengajak untuk kufur kepada ALLOH.

hamdanifajar@gmail.com id.scribd.com/hamdanifajar facebook.com/hamdanifajar

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->