Permintaan Agregat Mal’a Elma Sakho’u (2011120848) Maesaroh (2011121227

)

. pada waktu tertentu.Permintaan Agregat  Permintaan agregat merupakan total permintaan barang dan jasa dalam perekonomian pada tingkat harga tertentu.

Secara matematis: Y = C + I + G + (X-M) Y = C + I + G + NX Dimana: C = Konsumsi I = Investasi G = Pengeluaran Pemerintah X = Ekspor M = Impor .

Kurva Permintaan aggregat .

PASAR BARANG DAN KURVA IS  Pasar barang dan kurva IS (Investasi and Saving) Memplot tingkat bunga atau tingkat pendapatan yang muncul di pasar barang dan jasa .

PASAR UANG DAN KURVA LM  Pasar uang dan kurva LM (Likuidity and Money) Memplot hubungan antara tingkat bunga dan pendapatan yang muncul di pasar uang .

Faktor – faktor yang mempengaruhi investasi I =K.8) .bib > 0 (5.

MULTIPLIER ATAU FAKTOR PELIPAT .

c∆Y0 sehingga ∆ AD = ∆ D + c∆Y0 (5. (5. ∆ Y0 = ∆ D + c∆Y0 c∆ Y0 = (5.9) Tambahan pengeluaran (∆AD) sama dengan tambahan pengeluaran putaran pertama ∆D ditambah dengan pengeluaran yang disebabkan oleh pelipatan (multiplier).9) dengan (5.Formula multiplier  ∆ Y0 = ∆ AD.10) didapatkan persamaan.11) .10)  Gabungan persamaan (5.

12) Kumpulkan faktor Y dan autonomous spending sehingga: Y – cY = D Y=D . Y = AD = C + I + G Substitusikan fungsi konsumsi kedalam persamaan diatas. Atau multiplier dapat juga diturunkan dari persamaan konsumsi dan agregat demand seperti dibawah ini. Y = a + I + G + cY (5.

maka MPC adalah koefisien c. Karena kurva Consumsi menurut persamaan (5. yaitu sama dengan = .Secara geometric MPC adalah slope atau kemiringan dari kurva kosumsi.4) adalah C = a + cY.

 Ketika terjadi penambahan pengeluaran ∆D (dapat berupa I atau G) maka titik keseimbangan berubah. Demikian seterusnya sampai proses ini berhenti pada titik keseimbangan baru E1 sehingga tambahan AD atau output menjadi 1/(1-c) kali ∆D yang tidak lain adalah sama dengan Y0Y1= AD0 AD1 . Melalui proses multiplier tambahan income ini mendorong permintaan lanjutan (BC) yang kemudian kembali direspon oleh produsen dengan menaikan output. Penurunan Multiplier secara garfik. tambahan permintaan ini merupakan tambahan income sebesar AB bagi penjual (E0A=AB). Pada titik keseimbangan E0. Mula-mula tambahan permintaan menjadi E0A. Y0 = AD0 = cY + D.

.EKUILIBRIUM JANGKA PENDEK Sebuah ekuilibrium jangka pendek kompetitif adalah situasi di mana. mengingat p harga. jumlah masing-masing perusahaan i ingin memasok adalah y i dan jumlahnya i y i dari seluruh perusahaan output adalah sama dengan jumlah total Qd (p) menuntut. mengingat perusahaan-perusahaan di pasar. harga adalah sedemikian rupa bahwa jumlah perusahaan yang ingin memasok adalah sama dengan jumlah konsumen yang ingin menuntut. sebuah ekuilibrium jangka pendek kompetitif terdiri dari p harga dan output y i untuk masing-masing perusahaan i seperti itu. Lebih tepatnya.

Jika perusahaan dalam industri memiliki fungsi biaya yang berbeda. maka fungsi penawaran agregat akan terlihat seperti ini: .

biaya pendek marjinal adalah nilai pasar dari input variabel yang dibutuhkan untuk memproduksi unit tambahan output.  Dalam harga ekuilibrium kompetitif sama dengan biaya marjinal jangka pendek. sehingga dalam kesetimbangan tidak mungkin untuk menjual unit lain dengan harga yang mencakup nilai pasar dari input yang diperlukan untuk memproduksi unit itu. . maka pada kesetimbangan jumlah sosial optimal baik adalah diproduksi. sehingga tidak ada perusahaan yang dapat menjual unit tambahan dengan harga yang mencakup jangka pendek biaya marjinal. Jika nilai pasar dari input variabel yang dibutuhkan untuk memproduksi satu unit tambahan output mengukur biaya sosial dan harga di mana unit bisa dijual mengukur nilai sosial dari unit. Sekarang perhatikan ekonomi di mana barang-barang yang diproduksi oleh perusahaan.Efisiensi ekuilibrium jangka pendek  Dalam ekonomi pertukaran. sebuah ekuilibrium kompetitif adalah Pareto efisien .

yang ditunjukkan oleh daerah cahaya ungu pada gambar di bawah. maka surplus produsen 'adalah sama dengan daerah antara fungsi penawaran dan harga.Sebuah ukuran kasar dari keuntungan konsumen dari perdagangan adalah daerah di bawah kurva permintaan dan di atas harga. Ukuran ini disebut kelebihan produsen ' . Daerah ini disebut surplus konsumen ' . yang ditunjukkan oleh daerah merah muda di menyusul angka. . Sebuah ukuran dari keuntungan kepada produsen adalah selisih antara pendapatan dan biaya variabel mereka (karena biaya tetap adalah tetap!). Biaya variabel total adalah daerah di bawah fungsi supply (yang merupakan fungsi biaya marjinal) sampai dengan output ekuilibrium.

. Seperti yang terlihat digambar.Jumlah 'surplus dan produsen surplus konsumen adalah ukuran dari keuntungan total perdagangan dalam keseimbangan. jadi dimaksimalkan dalam ekuilibrium kompetitif.