LATAR BELAKANG

Di masa modern ini, global warming telah merusak sebagian lingkungan kita, termasuk Kab.Bandung. curah hujan tinggi dan juga ulah manusia yang seenaknya merusak wilayah tersebut serta sungai Citarum yang makin meluap menyebabkan banjir terjadi di hampir seluruh wilayah Kab. Bandung. Seperti yang kita ketahui ini, Kab. Bandung yang merupakan kawasan industry textile tentunya rentan pula terkena banjir dan juga se-Indonesia mengetahui hal tersebut ditambah lagi dengan kondisi sungai Citarum yang sungguh mengkhawatirkan dan kesadaran masyarakat setempat yang minim. Maka dari itulah kami memilih untuk mewawancarai salah satu narasumber yang tinggal di daerah Kab. Bandung tentang masalah banjir yang dialami warga. Maka dari itulah, mungkin pula dari wawancara ini bias memberikan informasi yang lebih detail tentang bagaimana kondisi warga setempat ataupun pengayaan untuk mengatasi masalah yang terjadi di Kab. Bandung, salah satunya daerah Palasari yang terkena banjir yang bisa dibilang “sering”.

. Khalifah Azis Narasumber Hari/Tangga : H.E. mengingat disini merupakan jalur industri. Nabila&Azis : Apa tanggapan bapak tentang banjir yang sering terjadi ini? H. Ruchyana pukul 15.Ruchyana : Ya mungkin yang bisa saya sampaikan pemerintah segera cepat tanggap dengan kondisi yang seperti ini agar tidak menjadi lebih parah lagi dan memperhatikan pula korban-korban banjir. Beda sekali dengan daerah sini yang dulu.Ruchyana : Ada.Ruchyana : Kurang lebih sejak 5 thn yang lalu Nabila&Azis industri? : Bagaimana kondisi di jalanan bila ada banjir mengingat daerah ini adalah kawasan H.E.Ruchyana : Kondisi di jalan sudah pasti macet. Tapi ya saya hanya bisa pasrah saja. Ruchyana (Pak RW) : Sabtu. E.E. sangat tentram. Warga juga harus lebih menjaga lingkungan Nabila&Azis : Barangkali ada hal-hal yang ingin bapak sampaikan mengenai banjir yang terjadi? H. Pa? H. Nabila&Azis : Memangnya sejak kapan banjir sering terjadi. 26 Januari 2013 Tempat/Pukul : Rumah H. E.E.Ruchyana : yang pernah dialami paling besar itu sepaha.Ruchyana : Ya tanggapan saya sebenarnya melihatnya pun sudah miris. apalagi bila ada truk yang bolak-balik masuk wilayah Nabila&Azis : Biasanya banjirnya apakah besar/kecil? H.E.Ruchyana : biasanya kalau hujan lebat sehingga sungai Citarum meluap atau kadang kiriman dari daerah lain.00 Hasil Wawancara Nabila&Azis : Apa penyebab utama terjadinya banjir di Palasari? H.E. dibuatnya posko banjir/mengungsi ke mesjid setempoat dan menyediakan perahu secara cuma-cuma bagi yang memerlukannya.Topik : Masalah banjir di daerah Palasari Pewawancara : Nabila P dan M.E. Di daerah gang-gang lebih tinggi Nabila&Azis : Adakah penangulangan bagi korban banjir di sekitar sini? H.

KHALIFAH AZIS KELAS : XI IPS 3 SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 18 BANDUNG .TUGAS PLH LAPORAN WAWANCARA NAMA : NABILA P V M.