PENTINGNYA EDUKASI PERAWATAN PAYUDARA MASA NIFAS Pasca melahirkan (masa nifas) merupakan masa atau keadaan selama

enam minggu atau 40 hari. Pada masa ini, ibu mengalami perubahan fisik dan alat-alat reproduksi yang kembali ke keadaan sebelum hamil, masa laktasi (menyusui), maupun perubahan psikologis menghadapi keluarga baru. Pada masa nifas perawatan payudara merupakan suatu tindakan yang sangat penting untuk merawat payudara terutama untuk memperlancarkan pengeluaran ASI. Perawatan payudara sangat penting dilakukan selama hamil sampai masa menyusui. Hal ini karena payudara merupakan satu-satunya penghasil ASI yang merupakan makanan pokok bayi yang baru lahir sehingga harus dilakukan sedini mungkin. Dimana tujuan perawatan payudara setelah melahirkan, salah satunya untuk meningkatkan produksi ASI dengan merangsang kelenjar-kelenjar air susu melalui pemijatan. Pada negara berkembang, khususnya di daerah yang penduduknya berpendidikan rendah, pengetahuan rendah dan tingkat ekonomi rendah, pengetahuan ibu mengenai perawatan payudara masih kurang. Umumnya pengetahuan tentang perawatan payudara diperoleh dari keluarga ataupun teman. Untuk menghindari kebiasaan yang salah, diperlukan bantuan dari petugas kesehatan yang dapat memberikan pendidikan kesehatan yang benar tentang perawatan payudara (Saryono dan Pramitasari, 2008). Pendidikan kesehatan adalah suatu penerapan konsep pendidikan dibidang kesehatan (Notoatmodjo, 2003). Konsep dasar pendidikan kesehatan pada perawatan payudara masa nifas merupakan suatu proses belajar yang berarti di dalam pendidikan kesehatan perawatan payudara itu terjadi proses pertumbuhan, perkembangan, atau perubahan ke arah yang lebih dewasa, lebih baik, dan lebih matang pada ibu nifas dalam perawatan payudara. Seseorang dapat dikatakan belajar apabila di dalam dirinya terjadi perubahan dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak dapat mengerjakan menjadi dapat mengerjakan sesuatu.

Ketidaktahuan ibu nifas tentang perawatan payudara yang benar bisa menyebabkan kurangnya produksi ASI yang dihasilkan oleh ibu. Untuk itu perlu diberikan pendidikan kesehatan yang benar tentang perawatan payudara kepada ibu yang habis melahirkan atau pada saat nifas, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan ibu menyusui pada masa nifas tentang perawatan payudara yang benar.

http://wir-nursing.blogspot.com/2010/02/pentingnya-edukasi-perawatan-payudara.html

PERAWATAN PAYUDARA PADA IBU HAMIL DAN NIFAS
Posted on 04:28 No Comments Label: Kebidanan

A. PENGERTIAN Perawatan payudara adalah suatu tindakan untuk merawat payudara terutama pada masa nifas (masa menyusui) untuk memperlancarkan pengeluaran ASI. B. TUJUAN a. Memelihara kebersihan payudara b. Melenturkan dan menguatkan putting susu c. Memperlancar produksi ASI C. WAKTU PELAKSANAAN Dilakukan dua kali sehari pada waktu mandi pagi dan sore hari D. SYARAT-SYARAT UNTUK MENDAPATKAN HASIL YANG DIHARAPKAN d. Dilakukan secara teratur dan sistematis e. Makanan dan minuman ibu yang seimbang dan sesuai dengan kesehatan ibu f. BH (Bra) yang dipakai ibu selalu bersih dan menyokong payudara

7. 5. kemudian gunakan BH yang bersih dan menopang. gerakan diulang sebanyak 30 kali untuk tiap payudara. 2. kesamping. 4. Tempelkan kedua telapak tangan diantara kedua payudara. 4.a : Membersihkan puting susu Persiapan alat : Cara 1. (catatan kuliah-berbagai sumber) 1. selanjutnya melintang. telapak tangan kiri kearah sisi kiri. tangan kanan menggenggam dan mengurut payudara dari pangkal menuju keputing susu. Telapak tangan kiri menopang payudara. 5. 6. Kapas k. Pengurutan dimulai kearah atas.Satunya berisi air dingin j. Baskom dua buah . Bengkok l. Pengurutan diteruskan kebawah.E. kapas lembab air dalam kom handuk bersih kerja : Kapas direndam dalam air masak putting susu dibersihkan dengan kapas keringkan dgn handuk lakukan sebelum dan sesudah menyusui Untuk puting susu yg cekung dan datar dilakukan Perawatan dgn tiga tahap : meregangkan putting susu memutar putting susu menarik putting susu Pengurutan/masase payudara : Persiapan alat : . 3.d. PERAWATAN PAYUDARA Tujuan : 1. 6. telapak tangan mengurut kedepan kemudian dilepaskan dari payudara. Waslap dua buah TEKNIK PERAWATAN PAYUDARA 1. ALAT-ALAT YANG DIGUNAKAN g. memperlancar sirkulasi/aliran darah 2. memperlancar pengeluaran ASI Perawatan payudara ibu post partum t. Minyak kelapa h. Telapak tangan kiri menopang payudara kiri dan jari-jari tangan sisi kelingking mengurut payudara kearah putting susu. mencegah terjadinya bendungan ASI 3.Satu di isi air hangat . kemudian puting susu dibersihkan 2. gerakan ini diulang sebanyak 30 kali untuk setiap payudara. 3. gunakan diulangan 30 kali. Tempelkan kapas yang sudah diberi minyak kelapa selama ± 5 menit. Selesai pengurutan. telapak tangan kanan kearah sisi kanan. payudara disiram dengan air hangat dan dingin bergantian selama ± 5 menit. E. Handuk bersih dua buah i.

dilakukan 10-15 kali. Cara Menyusui dengan Benar Bibir bayi berbentuk huruf C.bila dilakukan oleh perawat àpayudara kiri diurut dengan tangan kanan dan payudara kanan diurut dengan tangan kiri. lakukan 6-10 kali secara bergantian dan diakhiri dgn air dingin Payudara dikeringkan /lap dgn menggunakan handuk yang berada pada bagian bawah Handuk di daerah punggung dan bawah payudara dilipat dan alat lain dibereskan Ibu pakai baju sendiri sendiri atau dibantu perawat 1.      minyak kelapa 10 cc dl tempatnya ( hindari penggunaan baby oil. Usap kedua payudara selanjutnya ganti dgn air dingin ( satu washlap masukkan dlm air dingin. pengurutan menggunakan ruas jari dilakukan 10 – 15 kali Lakukan mandi dgn air hangat dgn menggunakan washlap ( satu washlap dimasukkan dalam air hangat. peras ). Manfaat menyusui dengan benar: payudara        Nutrisi bayi terpenuhi Bayi mendapatkan imunitas yang cukup Mencegah bengkak pada payudara Mencegah nipple pecah – pecah Memperkuat tulang rahang bayi Mengurangi penggunaan tenaga yang berlebihan pada bayi Memberikan kenyamanan pada ibu dan bayi 1. Otot pipi berkontraksi Lidah bayi ke depan memegang nipple dan areola Nipple dimasukkan saat lidah mendorong ke belakang dan membawa areola ke mulut. lakukan pengurutan dgn bagian pinggir dan lakukan pengurutan dgn bag.pinggiran telapak telapak tangan kanan mulai dari pangkal sampai aerola mammae. dgn cara pengurutan dari tengah berputar ke samping terus ke bawah. peras ). Selanjutnya tangan kanan menopang/menyangga payudara kanan tangan kiri muali pangkal sampai aerola mammae. B. minyak kayu putih atau minyak tawon ) handuk besar 2 buah washlap 2 buah breast pump dan gelas atau botol susu air dingin dan air hangat dlm Waskom tuple hudge Cara kerja : Jelaskan tujuan tindakan cuci tangan satu tangan diletakkan di punggung dan satu handuk diletakkan di bawah payudara ibu kedua telapak tangan diberi minyak payudara kiri diurut dengan tangan kiri dan payudara kanan ( jika ibu melakukan sendiri atau daerah paha ).usap kedua payudara. secara perlahan dan halus sambil mengobservasi ibu dan pengeluaran ASI ( ada/tidak ) dilakukan 10 – 15 kali. pengurutan menggunakan ruas jari dilakukan 10-15 kali. Posisi sama. Bag bibir menjepit areola dan menghisap susu ke bagian akhir tenggorokan .posisi sama. 1. Tangan kiri menopang/menyangga payudara kiri . TEHNIK MENYUSUI 1.

menjaga kebersihan serta tindakan-tindakan pada kelainan payudara. Lakukan pemijatan. Dilakukan gerakan memutar ke arah dalam 30 kali putaran untuk meningkatkan elastisitas otot puting susu. Perawatan payudara (Breast Care) setelah melahirkan merupakan suatu tindakan dengan melakukan beberapa pemijatan.Ibu jari dan telunjuk diolesi dengan minyak kemudian diletakkan pada puting susu. ke samping. Kapas dibasahi dengan kapas alcohol. 2 atau 3 jari dari tangan yang berlawanan membuat gerakan memutar sambil menekan dari pangkal payudara dan berakhir pada putting susu. 3.Gunakan handuk yang kasar setiap kali membersihkan payudara agar otot payudara menjadi kuat. . Langkah-langkah Pijat PayudaraCara-cara pemijatan payudara: 1. Kedua telapak tangan berada diantara kedua belah tangan payudara lalu diurut mulai dari atas. Tahap-tahap: 1. 6. 7. 2. Pakaian atas dibuka.Kedua puting susu dikompres dengan kapas yang telah dibasahi minyak selama 5 menit agar kotoran disekitar puting susu terangkat. setiap payudara 2 kali gerakan. Membersihkan puting susu. Telapak tangan kiri menyokong payudara sebelah kiri dan mengurut payudara mulai dari pangkal dada ke arah puting susu. Langkah-langkah membersihkan puting susu: 1. Demikian dengan payudara sebelah kanan. Melakukan pemijatan. . Lidah bergerak ke depan melawan bibir untuk mengontrol aliran susu berlebih yang masuk ke esofagus. Sokong payudara kiri dengan tangan kiri. ? Perawatan Puting Susu 1. 5. Puting Susu Normal (Menonjol) Dilakukan pada trimester terakhir kehamilan Caranya: . kanan dengan tangan kanan. Handuk diletakkan di bawah payudara. 5. 2. Pengompresan. Kedua puting susudikompres dengan kapas yang sudah dibasahi dengan minyak/baby oil selama 3-5 menit. . Kapas digosokkan disekitar putting susu untuk mengangkat kotoran kemudian kedua tangan dibasahi dengan baby oil. ke bawah dan menuju ke puting susu dengan mengangkat payudara perlahan-lahan dan dilepaskan perlahanlahan. 4. Ibu duduk bersandar. 3. Tuangkan minyak secukupnya. sehingga tidak mengalami kesulitan pada masa menyusui.- Posisi Menghisap dengan Botol Karet nipple botol masuk ke rahang atas sesuai pergerakan lidah. sekalian untuk membersihkan payudara dari minyak/baby oil. 2. 3. Dilakukan sebanyak 30 kali. Pengompresan Kompreslah kedua payudara dengan waslap hangat secara bergantian dengan waslap dingin selama 5 menit. 4.

Incoming search terms:           Makalah perawatan payudara pengertian perawatan payudara cara breast care askep perawatan payudara cara membersihkan puting payudara ibu hamil definisi perawatan payudara makalah tentang perawatan payudara MAKALAH CARA MERAWAT PAYUDARA membersihkan puting pengertian perawatan payudara pada . Puting Susu Datar Atau Masuk Caranya: .2.Kedua ibu jari diletakkan di sebelah kiri dan kanan puting susu kemudian secara perlahan-lahan ditekan serta dihentakkan ke arah luar menjauhi puting susu. .Kedua ibu jari diletakkan di atas dan di bawah puting susu. kemudian secara perlahan-lahan ditekan serta dihentakkan ke arah luar menjauhi puting susu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful