P. 1
46245831-Ilmu-Mantiq

46245831-Ilmu-Mantiq

|Views: 19|Likes:
Published by Umantiq Smakt

More info:

Published by: Umantiq Smakt on Jan 31, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/27/2013

pdf

text

original

Ilmu Mantiq

1. Pengertian Pengertian Etimologis - Bahasa Arab “Mantiq”  nataqa: berkata atau berucap - Bahasa Latin “Logos” (perkataan atau sabda)

. • Sebuah ilmu yang membahas tentang alat dan formula berpikir.Pengertian Terminologis Mantiq adalah • Alat atau dasar yang penggunaannya akan menjaga kesalahan dalam berpikir. sehingga seseorang yang menggunakannya akan selamat dari cara berpikir salah.

Kneller  Mantiq adalah “Penyelidikan tentang dasar-dasar dan metode berfikir yang benar.” (Ilmu Mantiq) .” (Logic and Language of Education) Thaib Thahir “Ilmu untuk menggerakkan pikiran kepada jalan yang lurus dalam memperoleh suatu kebenaran.George F.

” (Introduction to Logics) Poespoprodjo Ilmu dan kecakapan menalar dan berpikir dengan tepat .Irving M Copi “Ilmu yang mempelajari metode dan hukum-hukum yang digunakan untuk membedakan penalaran yang benar dari penalaran yang salah.

Berpikir adalah: Proses pengungkapan sesuatu yang misteri (majhul atau belum diketahui) dengan mengolah pengetahuan-pengetahuan yang telah ada dalam benak kita (dzihn) sehingga yang majhul itu menjadi ma'lûm (diketahui). .

Theoprostus dan Kaum Stoa . Sejarah .Zeno dari Citium adalah orang pertama yang menggunakan „Logika” . Socrates dan Plato .2.Perintis lahirnya logika adalah: Kaum Sofis.Sebagai ilmu yang sistematis. logika lahir dari tangan Aristoteles.

Analitica Posteriora (tentang pembuktian). Topika (tentang berdebat) dan De Sophicticis Elenchis (tentang kesalahan berfikir) .Sistematisasi Logika sebagai sebuah disiplin ilmu ditandai dengan lahirnya buku Organon karya Aristoteles..Organon terdiri dari enam bagian: Categoriae (tentang pengertian). Analitica Priora (tentang silogisme). . De Interpretatiae (tentang keputusan).

Perkembangan Logika selanjutnya terjadi lewat pemikiran al-Farabi Hukum mempelajari Logika: .Al-Ghazali menganggap baik .Dalam Islam. al-Kindi adalah filosof pertama yang mempelajari Logika.Jumhur Ulama menganggap baik asal iman kuat .Ibnu Salih dan Imam Nawawi  mempelajari mantiq adalah haram .

Mantiq al-Suri (logika artifisial)  hukum buatan manusia .Mantiq al-Suwari (formal) .Mantiq al-Maddi (material) .Mantiq al-hadith (modern) .Mantiq al-Fitri (logika naturalis)  akal bawaan . Pembagian Logika .Mantiq al-qadim (tradisional) .3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->