Ilmu Mantiq

1. Pengertian Pengertian Etimologis - Bahasa Arab “Mantiq”  nataqa: berkata atau berucap - Bahasa Latin “Logos” (perkataan atau sabda)

.Pengertian Terminologis Mantiq adalah • Alat atau dasar yang penggunaannya akan menjaga kesalahan dalam berpikir. • Sebuah ilmu yang membahas tentang alat dan formula berpikir. sehingga seseorang yang menggunakannya akan selamat dari cara berpikir salah.

Kneller  Mantiq adalah “Penyelidikan tentang dasar-dasar dan metode berfikir yang benar.” (Ilmu Mantiq) .” (Logic and Language of Education) Thaib Thahir “Ilmu untuk menggerakkan pikiran kepada jalan yang lurus dalam memperoleh suatu kebenaran.George F.

” (Introduction to Logics) Poespoprodjo Ilmu dan kecakapan menalar dan berpikir dengan tepat .Irving M Copi “Ilmu yang mempelajari metode dan hukum-hukum yang digunakan untuk membedakan penalaran yang benar dari penalaran yang salah.

.Berpikir adalah: Proses pengungkapan sesuatu yang misteri (majhul atau belum diketahui) dengan mengolah pengetahuan-pengetahuan yang telah ada dalam benak kita (dzihn) sehingga yang majhul itu menjadi ma'lûm (diketahui).

Perintis lahirnya logika adalah: Kaum Sofis. Theoprostus dan Kaum Stoa .Sebagai ilmu yang sistematis.Zeno dari Citium adalah orang pertama yang menggunakan „Logika” . Socrates dan Plato . Sejarah .2. logika lahir dari tangan Aristoteles.

Sistematisasi Logika sebagai sebuah disiplin ilmu ditandai dengan lahirnya buku Organon karya Aristoteles. Analitica Priora (tentang silogisme).Organon terdiri dari enam bagian: Categoriae (tentang pengertian). .. Analitica Posteriora (tentang pembuktian). De Interpretatiae (tentang keputusan). Topika (tentang berdebat) dan De Sophicticis Elenchis (tentang kesalahan berfikir) .

al-Kindi adalah filosof pertama yang mempelajari Logika. Perkembangan Logika selanjutnya terjadi lewat pemikiran al-Farabi Hukum mempelajari Logika: .Ibnu Salih dan Imam Nawawi  mempelajari mantiq adalah haram .Dalam Islam.Jumhur Ulama menganggap baik asal iman kuat .Al-Ghazali menganggap baik .

Mantiq al-Suwari (formal) .Mantiq al-Fitri (logika naturalis)  akal bawaan .3.Mantiq al-Suri (logika artifisial)  hukum buatan manusia .Mantiq al-hadith (modern) .Mantiq al-Maddi (material) .Mantiq al-qadim (tradisional) . Pembagian Logika .