P. 1
Konsep Dasar Keperawatan Keluarga

Konsep Dasar Keperawatan Keluarga

|Views: 16|Likes:
Published by ladygresia

More info:

Published by: ladygresia on Jan 31, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/21/2013

pdf

text

original

KONSEP DASAR KEPERAWATAN KELUARGA

Presented by: Ledy Gresia Sihotang, S.Kep, Ns

Definisi keluarga • Family (yunani) kumpulan individu yang hidup di bawah seorang KK dan di dalam rumah terdiri dari org tua. mempunyai kebiasaan / kebudayaan dan keunikan tersendiri. sosial dari tiap anggota kelompok orang yang mempunyai ikatan perkawinan keturunan / darah / adopsi yang tinggal bersama di dalam satu rumah saling berinteraksi. berkomunikasi dalam peran sosial. meningkatkan perkembangan fisik dan mental . adopsi. • Berges . org dewasa. emosional. anak-anak. kelahiran yang bertujuan menciptakan & mempertahankan budaya umum. saudara & pembantu unit dasar dari pertumbuhan. pengalaman dan adaptasi • Murray & zenter (ahli kesehatan jiwa) • Faber (ahli biologi) • Duvall suatu kumpulan manusia yang berdasarkan atas perkawinan & kelahiran orang yang di hubungkan.

21 (1994) bahwa keluarga dibentuk berdasarkan atas perkawinan yang sah. • Sesuai dgn PP no. atau suami-istri dan anaknya. keluarga adalah : unit terkecil dari masyarakat yang terdiri dari suami-istri. 10 tahun 1992 ttg perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga sejahtera.Defenisi… • Menurut UU no. atau ayah dan anaknya atau ibu dan anaknya. .

.Menciptakan dan mempertahankan suatu kebudayaan .Defenisi… Keluarga : unit terkecil dari masyarakat & sistem sosial Terdiri dari 2 orang atau lebih Ada ikatan perkawinan / pertalian darah Hidup dalam satu rumah tangga Berinteraksi satu sama lainnya Setiap anggota keluarga menjalankan perannya masing-masing.

dengan anak d.2. Non tradisional a. keluarga “Dyad” : suami istri tanpa anak c. anak sudah pisah 2. keluarga usila : suami istri usila . istri dan anak b. keluarga besar (extended family) : 1. Tradisional a. single adult : orang dewasa hidup sendiri e. keluarga inti : suami.3 generasi f. commune family : beberapa keluarga hidup bersama dalam satu rumah. sumber sama pengalaman sama . single parent : satu ortu (ayah / ibu) .Tipe Keluarga 1.

Memiliki komponen yang saling berinteraksi. sebagai filter dalam menerima dan mengeluarkan informasi 3. Berada dalam sistem yang lebih besar sub sistem dengan sistem masyarakat 4. Memiliki batasan. Terbuka dalam batasan permiabel dengan sistem yang lain 5.Karakteristik dari System Keluarga Sistem keluarga adalah sistem terbuka dengan ciri-ciri : 1. saling ketergantungan 2. Memiliki organisasi / struktur yang mempengaruhi fungsi .

Fungsi reproduksi 4. Fungsi ekonomi . Fungsi afektif 2.Fungsi keluarga (friedman) 1. Fungsi perawatan 5. Fungsi sosialisasi 3.

Struktur peran keluarga Nilai atau norma kelurga Pola komunikasi keluarga Struktur kekuatan keluarga . 4. 2. yang di adopsi oleh Friedman) 1.Struktur keluarga (parad & Caplan 1965. 3.

Peran menurut Nye(1976) memiliki 2 perspektif yt.Hal yg harus dilakukan individu untuk dpt memenuhi harapan mereka sendiri dan harapan orag lain.Dalm keperawatan keluarga peran lebih dipahami secara orientasi strukturalis . Sruktur peran keluarga . orientasi strukturalis dan orientasi interaksi.1. . .

sikap. . .Norma: pola” perilaku yg dianggap menjadi hak dari sebuah masyarakat tertentu yaang didasarkkan pada sistem nilai dari keluarga.Nilai: ciri sentral dari sistem kepercayaan seorang individu karena kualitas keabadian mereka.2. 1965) .Nilai keluarga: suatu sistem ide. dan bersifat jangka panjang. dan kepercayaan ttg nilai suatu keseluruhan yang mengikat seluruh anggota keluarga dlm suatu budaya lazim (Parad & Caplan. Nilai dan norma keluarga .

transaksional untuk menciptakan dan mengungkapkan pengertian dalam keluarga.Komunikasi keluarga ( Brommel. . kebutuhan”. .Komunikasi sbg proses tukar-menukar perasaan. opini.Menurut penelitian yang dilakukan Watzlawik dkk. Pola komunikasi keluarga . memperkirakan 85% dari semua pesan yg dikirim dlm keluarga disalah-mengertikan 85 % psangan mencari terapi keluarga.3. . keinginan. 1986): suatu proses simbolik.

4. dari seorang anggota individu untuk mengubah tingkah laku anggota keluarga. . Struktur kekuatan keluarga • Kekuatan keluarga: sebuah karakteristik dari sistem keluarga adalah kemampuan. baik potensial maupun aktual.

• Ada perbedaan dan kekhususan : setiap anggota keluarga mempunyai peranan dan fungsinya masing-masing. . saling ketergantungan antara anggota keluarga • Ada keterbatasan : setiap anggota keluarga memerlukan kebebasan tetapi mereka juga mempunyai keterbatasan dan menjalankan fungsi tugasnya masing-masing.Ciri struktur keluarga • Terorganisir : saling berhubungan.

Semoga Bermanfaat .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->