Peranan Pemerintah dalam Investasi

Dosen pengampu : Darwanto, S.E, M.Si.

Di susun oleh : Agustinus Raymond H Aviciena Zanjabil Bayu Wisnu Pradana Diori Novade Fahmi Fajrianto (12030111140244) (12030111140238) (12030111130068) (12030111140213) (12030111130161)

Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro 2011/2012

mendorong persaingan usaha yang sehat. Latar Belakang Pada umumnya pemerintah memiliki pengaruh perekonomian pada tingkat yang berbeda-beda. memperbaiki atau mengarahkan aktivitas ekonomi dari pemerintah maupun swata. Beberapa peran pemerintah dalam perekonomian adalah membantu perkembangan bisnis secara umum. pemerintah mempunyai peranan untuk mengatur. Pemerintah berkewajiban unruk memenuhi kebutuhan masyarakat yang bersifat umum atau publik seperti listrik. .BAB I PENDAHULUAN 1. Oleh karena itu perkembangan dan kemajuan pembangunan suatu negara tergantung kepada peranan pemerintah dalam mengatur negaranya termasuk di dalamnya dalah perekonomian. Tetapi dalam prakteknya pemerintah berhadapan dengan hambatan-hambatan yang mana hambatan-hambatan ini akan mempengaruhi pemerintah dalam menjalankan fungsinya. air dan lain-lain. Ada pemerintahan yang mengatur perekonomiannya secara ketat atau intensif dan ada pula yang membatasi sebagai pendukung dalam suatu perekonomian. sebagai stabilizer dan membantu kelompok ekonomi lemah. Dalam perekonomian suatu negara.

2. . Tujuan Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah    Mengetahui peran pemerintah dalam investasi. Mengenali konsep investasi persediaan. Mengetahui hubungan pajak dan investasi.

= besarnya penerimaan yang diharapkan dari diperoleh dari mengoperasikan investasi. maka proyek layak untuk dilaksanakan  r = i. N = periode waktu dari masing-masing penerimaan  S = nilai residu dari investasi umur ekonomis dari investasi. obligasi.BAB II PEMBAHASAN PERANAN PEMERINTAH DALAM INVESTASI Investasi dibedakan jadi 2 :  INVESTASI RIIL Investasi terhadap barang tahan lama yang akan digunakan dalam proses produksi.R2..  r < i..  r = tingkat pengendalian proyek investasi (MEC)  r > i.3..2. dll. C = biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh investasi hingga siap untuk dipakai R1.. maka investasi tidak layak dilaksanakan .  1. PENDEKATAN MARGINAL EFICIENCY OF CAPITAL (MEC) Perhitungan tingkat pemgembalian dari suatu barang modal dilakukan dengan mencari tingkat diskonto yang menyamakan antara harga barang modal dengan pendapatan yang diharapkan dari pengoperasian arang modal tersebut ditambah nilai sisanya.  INVESTASI FINANSIAL Investasi yan berupa surat-surat berharga seperti pembelian saham. maka investasi dapat dilaksanakan atau tidak tergantung pada prospek dan investasi tersebut.

dan aturan perpajakan.  Laju pertembuhan ekonomi laju ekonomi berbanding terbalik dengan ICOR karena tingginya pertumbuhan ekonomi menyebabakan peranan penyusutan total investasi semakin kecil.  t = waktu  1 = adalah masa tenggang FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ICOR  Komposisi atau alokasi investasi menurut sektor produksi sektor produksi memiliki komposisi berbeda dalam penggunaan faktor produksi modal.  PMTDB = Pembentukan modal tetap domestik bruto. Perusahaan sewa bergerak dalam menyewakan kapital dan perusahaan produksi menghasilkan barang dan jasa dengan menggunakan modal yang mereka sewa. .INCREMENTAL CAPITAL OUPUT RATIO (ICOR)  Metode yang mengubungkan pertumbuhan faktor produksi dengan pertumbuhan ekonomi.  Ini menunjukkan bagaimana investasi dikaitkan dengan produk modal marjinal.  Tingkat pendapatan perkapita suatu negara pendapatan perkapita yang tinggi akan mengubah struktur ekonomi yang mngarah pada sektor yang memiliki icor relatif tinggi. tingkat bunga.  Model ini membagi perusahaan menjadi dua jenis yaitu perusahaan sewa dan perusahaan produksi.  PDB = pendapatan domestik bruto. INVESTASI TETAP PERUSAHAAN  Investasi ini berbeda dengan investasi persediaan yang akan digunakan atau dijual dalam waktu dekat.

Sisanya akan digunakan untuk inventori jika permintaan perusahaan tinggi. Jenis pajak tax holiday justru mendorong investasi karena pajak ini mengurangi sejumlah tertentu dari pajak yang harus dibayar oleh perusahaan. dilaksanakan oleh Pusat Investasi Pemerintah (PIP). PIP menjalankan pola Pengelolaan Keuangan Berbentuk Badan Layanan Umum merupakan hal yang baru. produktivitas. Tujuan dibentuknya BLU PIP adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan fleksibilitas pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip ekonomi. . PAJAK DAN INVESTASI Ada dua jenis kebijakan sistem pajak yang akan mempengaruhi investasi :  Corporate incame tax  Tax holiday  Jenis kebijakan corporate incame tax tergantung dari definisi profit untuk perpajakan secara hukum. dan penerapan praktik bisnis yang sehat sebagaimana dijabarkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 23 tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum. mereka akan berproduksi lebih dari pesanan.KONSEP INVESTASI PERSEDIAAN (NET CHANGE IN BUSINESS INVENTORY) Investasi barang persediaan digunakan untuk mengetahui fluktuasi ekonomi. Inventori sebagai production smoothing merupakan suatu keadaan ketika perusahaan menerima sedikit pesanan. Jika laba didefinisikan sebagai rental price of capital dikurangi dengan maka masih rasional melakukan investasi. PUSAT INVESTASI PEMERINTAH (PIP) Pemerintah dalam hal peranan dalam bentuk investasi.

Investasi Pada Pembangunan Jalan dan Jembatan perjanjian pinjaman modal kerja atas pekerjaan pembangunan jalan dan jembatan Molibagu-MamaliaTaludaa di Provinsi Sulawesi Utara dengan PT.Sebagai contoh investasi yang dilakukan PIP dalam bentuk investasi langsung adalah 1. Nindya Karya persero pada tanggal 20 Januari 2011 dengan nilai pinjaman Rp15 milyar dari keseluruhan nilai proyek sebesar Rp42 Milyar. Investasi Pada Infrastruktur Pengairan Pusat Investasi Pemerintah (PIP) telah melakukan penandatanganan perjanjian pinjaman modal kerjasama atas pekerjaan rehabililasi Bendungan Gintung dan Irigasi Satang Anai dengan PT Nindya Karya (Persero) senilai 29 milyar rupiah dalam jangka waktu selama 18 bulan. . 2.

wordpress. Laskarstan.Daftar Pustaka Darwanto.com/2011/03/16/peran-strategis-pusat-investasi-pemerintah-dalampengelolaan-saldo-anggaran-lebih . 2011. Buku Ajar Makro. Semarang: Universitas Diponegoro.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful