LBM 4 TROPIS Step 7 1. Mengapa anak kurus dan tidak bisa gemuk?

Stadium dewasa biasanya terjadi gejala usus ringan. Pada infeksi berat terutama pada anak-anak dapat terjadi malabsorbsi (gangguan penyerapan sari makanan) yg memperberat malnutrisi (kekurangan gizi) karena perampasan makanan oleh cacing dewasa. Bila cacing dewasa menumpuk bisa menimbulkan Illeus Obstruksi (kerusakan pada usus besar). Sumber: Parasitologi Medik Helmintologi

Pengarang Drs. Jangkung Samidjo OW, SM. Bio., M.Biomedik

2. Mengapa anak perutnya sering kembung dan sering sakit? Cacing menggumpal  obstruksi  kembung + hipermotilitas  banyak bakteri  diare Macam diare? 3. Kenapa anak aktifitas fisikya menurun dan kurang aktif?
Di dalam usus, larva menjadi cacing dewasa yang siap menghisap darah. Setiap ekorcacing N. americanus akan menghilangkan 0,005-1 cc darah per hari sedangkan setiapekor cacing A. duodenale akan menyebabkan manusia kehilangan 0,08-0,34 cc per hari. Sehingga akan menyebabkan anemi. Stadium dewasa biasanya terjadi gejala usus ringan. Pada infeksi berat terutama pada anak-anak dapat terjadi malabsorbsi (gangguan penyerapan sari makanan) yg memperberat malnutrisi (kekurangan gizi) karena perampasan makanan oleh cacing dewasa.

Sumber: Parasitologi Medik Helmintologi

Pengarang Drs. Jangkung Samidjo OW, SM. Bio., M.Biomedik

4. Mengapa mual, cepat kenyang, dan mencret?

dan dalam foto rontgen daerah thorax (dada) terlihat bayangan putih halus yang merata di seluruh lapang paru yg akan hilang dlm waktu 2 minggu. M. Ada kerusakan pada dinding usus  penyerapan kurang maksimal. yang ditimbulkan adalah kerusakan pada paru2 yg menimbulkan gejala yg disebut sindroma loffler yang terdiri dari batuk2. BAB sembarangan  cacing keluar Siklus Hidup Cacing!! . eosinofil (sel darah putih) dlm darah meningkat. merangsang CTZ  mual Adanya distrofi pada dinding usus. Mengapa batuk kering dan demam ringan? Stadium larva. Yang menembus kulit cuma cacing tambang.Cepet kenyang berhubungan dengan kembung. 5. Jangkung Samidjo OW.. Bio.Biomedik 6. Kuku panjang keluhan. Sumber: Parasitologi Medik Helmintologi Pengarang Drs. Adakah hubungan keluhan dengan kebiasaan anak? Bisa menembus kulit. SM.

Kenapa muncul anemis dan eosinofil meningkat? .7.

SM. ngga pake sandal) banyak parasit  menembus kulit cacingan  Ancylostoma sp. americanus akan menghilangkan 0.34 cc per hari Sumber: Parasitologi Medik Helmintologi Pengarang Drs.08-0. larva menjadi cacing dewasa yang siap menghisap darah.. M. Setiap ekorcacing N.Biomedik 8.Di dalam usus.005-1 cc darah per hari sedangkan setiapekor cacing A. duodenale akan menyebabkan manusia kehilangan 0. Jangkung Samidjo OW. . DD? Ancylostomiasis Etiologi dan Siklus Hidup Etiologi: Ancylostoma duodenale Necator americanus Patogenesis Higienisitas kurang (mandi. Bio. main disawah.

hipoalbumin  anemia. Patofisiologi Menancap taring di usus  enzim hidroksida  darah tersedot  tidak ada koagulasi  tidak ada factor VII  perdarahan  kehilangan nutrisi  malnutrisi  lemah Hipermotilitas (tidak bisa diserap)  diare  larva keluar Cacing kronis  pngeluaran cacing  hipermotil Penimbunan cacing di dalam tubuh  perut cembung. Siklus hidup cacing. melena. gagal tumbuh. kurang protein. anemia berat ~ † sumber: parasitologi - Diagnosis: Pemeriksaan feses langsung Enteritis eosinofilik  kolonoskopi (ulserasi ileum & kolon) Pengelolaan: Tujuan terapi adalah menghilangkan cacing dewasa dengan anti cacing . anoreksia dan diare Khlorosis (pucat kuning kehijauan)  kronis bayi: diare. Manifestasi klinik: infeksi berat  kehilangan darah  ADB Gangguan pertumbuhan fisik Defisit kognitif dan intelektual Cutaneus larva migrans Nyeri perut.nempel di usus  menghisap darah.

dan memasuki sirkulasi paru-paru untuk .Mebendazole: 100 mg 2xsehari selama 3 hari atau 500 mg dosis tungal untuk segala usia Albendazole: 400 mg po untuk segala usia  laju kesembuhan > 95% Pirantel pamoat 10 mg/kgBB 1 kali sehari selama 3 hari. atau "cacing gelang". maks. 1 gram Sumber: epidemiologi penyekit tropis Ascariasis Etiologi dan Siklus Hidup Etiologi: Nematoda. itu adalah dibawa ke hati dan jantung. Dari sini. cacing gelang  Ascaris lumbricoides Ascaris lumbricoides. infeksi pada manusia terjadi ketika telur infektif tertelan melepaskan larva cacing yang menembus dinding duodenum dan memasuki aliran darah.

Telur-telur dibuahi menjadi menular setelah 2 minggu di dalam tanah.Biomedik  Komplikasi: . di mana ia tumbuh dan molts.Biomedik Manifestasi klinik: Masalah klinik sering timbul akibat penyakit paru atau obstruksi usus dan duktus biliaris Larva pada organ dapat menyebabkan gejala alergi.. dan dengan demikian kembali ke usus kecil. menelan. demam. yang membuat mereka tahan terhadap pengaruh asam dan basa serta bahan kimia lainnya. Dalam 3 minggu.Eosinofilia darah .. Jangkung Samidjo OW. SM. M.Infiltrat pada paru . larva melewati dari sistem pernapasan yang akan batuk. SM. Ketahanan ini membantu untuk menjelaskan mengapa nematoda ini adalah suatu parasit di mana-mana. Pemupukan sekarang dapat terjadi dan betina menghasilkan sebanyak 200. Jangkung Samidjo OW. Telur-telur memiliki lapisan lipid.membebaskan diri dalam alveoli. dimana mereka matang untuk cacing jantan dan betina dewasa. urtikaria dan penyakit granulomatosa Manifestasi paru  sindrom Loeffler . M.000 telur per hari selama setahun. Bio. Bio. mereka dapat bertahan dalam tanah selama 10 tahun atau lebih.Larva pada sputum Sumber: Parasitologi Medik Helmintologi Pengarang Drs.Batuk dan sesak napas . Sumber: Parasitologi Medik Helmintologi Pengarang Drs.

kejang perut .Obstruksi usus akut akibat jumlah cacing yang banyak  gejala: muntah..Albendazole 400 mg po dosis tunggal. Jangkung Samidjo OW. Jangkung Samidjo OW.Pyrantel pamoat 10 mg/kgBB dosis tunggal maksimum 1 gram .Kolesistitis .Malnutrisi energi protein Sumber: Parasitologi Medik Helmintologi Pengarang Drs. untuk segala usia .Piperazine sitrat 150 mg/kgBB po dosis awal diikuti 6 dosis 65 mg/kgBB dengan interval 12 jam po Obstruksi berat  pembedahan Sumber: Parasitologi Medik Helmintologi Pengarang Drs. Bio.Cacing bisa keluar bersama muntahan dan feses .Biomedik . SM. SM.Pankreatitis . distensi abdomen. M.. M..Mebendazole 100 mg 2 kali sehari selama 3 hari atau 500 mg po dosis tunggal untuk segala usia .Biomedik Penatalaksanaan . Bio.