16 BENTUK TENSES DAN KATA KERJA BERATURAN

(REGULLAR VERB)

Disusun Oleh:

Nama Kelas

: :

Istiqomah XO4

SMK NU 01 HASYIM ASY’ARI
TARUB TEGAL
Tahun Pelajaran 2012/2013

Sekian terima kasih. Dengan demikian. Akhir kata. kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca makalah ini terutama guru pembimbing dan teman-teman sekalian. materi yang dibahas dalam makalah ini hanyalah 16 tenses bahasa Inggris dan penggunaan bentuk kata kerja beraturan (regular verb). Makalah disusun berdasarkan kebutuhan akan keterampilan berbahasa Inggris. Tegal. Oleh karena itu. Januari 2013 Hormat kami Penyusun . kami menyadari “tak ada gading yang tak retak” juga makalah ini tidak lepas dari kekurangan. yakni pengetahuan akan penggunaan kata kerja beraturan (regular verb) dan penggunaan 16 tenses.KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME karena berkat rahmat dan hidayah-Nya penyusunan makalah ini dapat diselesaikan dengan tepat waktu tanpa ada halangan yang berarti.

jadi kalau anda tidak tahu kalau suatu kata kerja golongan irregular atau regular. tetapi lebih baik kalau anda dapat menghafalkan kata kerja irregular.nail -> nailed . Ketentuan menambahkan akhiran pada kata Kerja Regular 1.a). kecuali huruf „y‟ yang didahului oleh huruf hidup (e. Regular Verb jauh lebih banyak dari pad Irregular Verb.complete -> completed .wipe -> wiped .arrive -> arrived . ditambahkan „d‟ apabila kata kerja tersebut berakhiran „e‟ . „ed‟ .REGULAR VERB (KATA KERJA BERATURAN) I waited She have painted We had traveled He is invited You were called They will be hired Regular Verb ialah kata kerja yang bentuk keduanya / Past Tense (V 2) sama dengan bentuk ketiga / Past Participle (V 3) dan akhiran katanya ditambahkan „d‟.wait -> waited . ditambahkan „ed‟ apabila kata kerjanya berakhiran konsonan (huruf mati). maka kemungkinannya anda benar besar. anda masukkan saja kata kerja tersebut ke dalam golongan kata kerja regular. dan „ied‟.invite -> invited .wave -> waved .paint -> painted .hire -> hired 2.call -> called . . maka ditambahkan “ed”.

sehingga bentuk verb2 dan verb3 tersebut sama-sama diakhiri dengan -ed. Namun demikian. agree – agreed – agreed 4. ditambahkan „ied‟ jika kata kerjanya berakhiran „y‟ yang didahului oleh huruf konsonan dan huruf “y” di hapus terlebih dahulu.ed atau -d pada base verb (verb1)-nya.cry………> cried . like – liked – liked . achieve – achieved. guarantee – guaranteed – guaranteed 5.key -> keyed -play -> played . maka verb2 dan verb3 ditambahi -ed.achieved 2. admire – admired – admired 3. regular verbs atau kata kerja beraturan adalah kata-kata kerja yang bentuk past tense (verb2) dan past participle (verb3)-nya dibentuk dengan menambahkan .study……> studied . Contoh: 1. Kalau verb1-nya diakhiri dengan huruf e. play – played – played 3. maka verb2 dan verb3 ditambahi -d. abort – aborted – aborted 2. kita perlu mengikuti simple rules berikut agar spelling-nya benar: 1. Kalau verb1-nya diakhiri dengan consonant. Contoh: 1.slay -> slayed 3. knock – knocked – knocked 5.spy………> spied Dalam bahasa Inggris.. . happen – happened – happened 4. Spelling (penulisan) regular verbs lumayan simpel. hunt – hunted – hunted 2.

Kalau verb1-nya terdiri dari dua suku kata atau lebih. cry – cried – cried 5. maka y diubah menjadi i kemudian ditambahi -ed. suku terakhirnya diakhiri dengan „vowel + consonant‟. dan stress pengucapan terletak di suku terakhir tersebut. maka y-nya tetap (tidak diubah menjadi i). employ – employed – employed 4. maka consonant tersebut ditulis dua kali. deny – denied – denied 3. Rule ini tidak berlaku kalau consonant-nya adalah w. Kalau verb1-nya diakhiri dengan „consonant + y’. play – played – played 2. beg – begged – begged 4. dan y. Kalau verb1-nya diakhiri dengan „vowel + y’. notify – notified – notified 4. study – studied – studied 2. stop – stopped – stopped 2. mop – mopped – mopped 5. x. stay – stayed – stayed 5. Contoh: 1. plot – plotted – plotted 6. obey – obeyed – obeyed 3. plan – planned – planned 3. Kalau verb1-nya hanya terdiri dari satu suku kata dan diakhiri dengan „vowel + consonant‟. decay – decayed – decayed 5. Rule ini tidak berlaku kalau consonant-nya . Contoh: 1.3. try – tried -tried 4. maka consonant-nya juga ditulis dua kali. Contoh: 1.

preferred – preferred 4. happen – happened – happened 2.compelled Di contoh berikut. dan y. label – labeled – labeled (American English) Indeed. Dalam British English.adalah w. spelling rules untuk regular verbs memang lumayan simpel. level – leveled – leveled (American English) 5. cover – covered – covered 4. tetapi rule ini tidak berlaku dalam American English. consonant l yang terakhir selalu ditulis double. frighten – frightened – frightened 7. compel – compelled. ini hanya menjadi kendala kalau kita mengikuti ujian. x. Sedangkan kalau kita menulis artikel. Contoh: 1. prefer. Contoh: 1. admit -admitted – admitted 2. label – labelled – labelled (British English) 6. consonant-nya tidak ditulis double karena stress pengucapannya tidak di suku kata terakhir: 1. level – levelled – levelled (British English) 4. deliver -delivered – delivered 5. travel – travelled – travelled (British English) 2. travel – traveled – traveled (American English) 3. kesalahan spelling umumnya terjadi di poin 6 karena kita umumnya tidak mengetahui the correct pronunciation dari kata yang bersangkutan. consider – considered – considered 3. permit – permitted – permitted 5. Tetapi. kesalahan spelling semestinya tidak terjadi karena kita langsung dinotified oleh . occur – occurred – occurred 3. Namun demikian.

kita dan lidah kita sering kesulitan mengucapkannya dengan benar. atau simply karena „we don’t give a damn shit“. . Yang lebih ribet bagi kita adalah their pronunciation.applikasi yang kita gunakan setiap ada misspelling. kesalahan spelling ini sering kita jumpai karena kita kurang teliti. atau /t/ tergantung suara terakhir dari verb1. Sayangnya. Walaupun pengucapan verb1 dengan verb2 (dan verb3) hanya dibedakan oleh -ed. /d/. -ed tersebut dapat dilafalkan dengan /Id/.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful