MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

DISUSUN OLEH :

MARTINA NOPRA T MENTARI OKTAVIANI MITA ANDRIANI NIKITA PRIMA NIGEDE AYU N NINA AGITA OKTIKA RATNA P

(B.10.12.1158) (B.10.12.1159) (B.10.12.1160) (B.11.12.1144) (B.10.12.1161) (B.10.12.1162) (B.10.12.1163)

TINGKAT : III.A AKBID DOSEN PEMBIMBING : YULI BAHRIAH, SKM, SST, M.Kes

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN MITRA ADIGUNA PROGRAM STUDI D-III KEBIDANAN PALEMBANG 2012 / 2013

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena berkat karunia-Nya kami dapat menyusun makalah ini. Makalah ini disusun secara sederhana dengan tujuan untuk menambah pengetahuan kita tentang Manajemen Sumber Daya Manusia. Oleh karena itu penyusun sangat berharap apa yang telah disusun dapat bermanfaat bagi pembaca. Namun demikian kami menyadari masih banyak terdapat kekurangan. Kritik dan saran kami harapkan dari pembaca untuk kesempurnaan makalah ini. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Dosen Pembimbing sebagai dosen yang mengajar Mata Kuliah ini yang telah banyak membantu dalam penyusunan makalah ini.

Palembang,

Oktober 2012

Penyusun

...............................…3 BAB II TINJAUAN TEORI………………….................………........………….............................…............4 2.......................2 Rumusan Masalah……………………………….....………....................................................16 BAB III PENUTUP.….......................1 Latar Belakang………………………………………......i KATA PENGANTAR …………………………………………..................14 BAB IV PEMBAHASAN.……………… iii BAB I PENDAHULUAN …………………………………............…… ii DAFTAR ISI …………………………………………………......3 Tujuan Penulisan…………..............................…….............2 Model Manajemen Sumber Daya Manusia............DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL..................... 1 1....………..................……..........................................1 1.......4 Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia........12 BAB III PERMASALAHAN....10 2..................…………………………………...………..........………….......................................................6 2....6 Metode Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia..............18 3..8 2.3 1.3 1.3 Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia.....1 Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia............................4 2...........2 Saran ………………………………………………….4 Metode Penulisan……………………………………………........…….11 2.........19 ........…...18 3.....5 Komponen Manajemen Sumber Daya Manusia..1 Kesimpulan ……………………………………………....

Selain sebagai seni. pegawai. . tenaga. pelaksanaan yang konsisten. Jelaslah bahwa manajemen adalah suatu kerja sama dari orang-orang atau kelompok orang untuk mencapai suatu tujuan yang telah disepakati bersama dengan cara-cara yang sistematis. dan biaya. Sebagai proses untuk mencapainya diperlukan perencanaan yang matang. Seorang manajer yang efisien adalah manajer yang dapat mencapai hasil kerja yang maksimal dengan menggunakan sumber daya yang terbatas menurut caracara yang benar. Sedangkan efektif adalah suatu keadaan dalam memilih cara dan peralatan yang digunakan dengan tepat sehingga tujuan yang diinginkan dapat dicapai dengan hasil yang memuaskan.1 Latar Belakang Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan. manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Efisien adalah suatu keadaan khusus penyelesaian suatu pekerjaan dilaksanakan secara tepat dan akurat tanpa membuang waktu.BAB I PENDAHULUAN 1. buruh. Ia harus memberikan visi/ misi/ strategi lembaga/ perusahaan itu. manajemen juga sebagai proses untuk mencapai tujuan organisasi. dan efektif. menetapkan sasaran-sasaran. dan mengorganisasikan sumber-sumber daya yang ada untuk tujuan-tujuan yang telah digariskan oleh lembaga tersebut. Bagian atau unit yang biasanya mengurusi sdm adalah departemen sumber daya manusia atau dalam bahasa inggris disebut HRD atau human resource department. Manajemen harus memberikan arah pada lembaga yang dikelolanya. dan pengendalian yang continue agar tujuan yang diinginkan dapat dicapai dengan efisien dan efektif. efisien.

Aset yang paling penting yang harus dimiliki oleh organisasi atau perusahaan dan harus diperhatikan dalam manajemen terkait dengan visi/ misi/ strategi perusahaan adalah tenaga kerja atau manusia (SDM) terminology SDM(human resources) menunjuk kepada orang-orang yang bekerja di dalam organisasi. Tanpa ada orang-orang yang memiliki komitmen maka organisasi atau perusahaan tidak akan dapat berjalan. prosedur- . Perencanaan membantu kita untuk mengetahui apa yang harus kita lakukan. namun memerlukan waktu yang cukup. Perencanaan tidak boleh dibuat secara tergesa-gesa. Suatu perencanaan selalu berkaitan dengan tujuan. Organisasi atau perusahaan bisnis dikelola oleh orang-orang secara kolektif. dan mengembangkan potensi yang dimilikinya. disini fungsi manajer yang berhubungan dengan memilih tujuan-tujuan. mengadakan inovasi dan mencapai tujuan organisasi. maupun psikologis. dan setiap orang berbeda secara fisik. bahwasanya suatu perusahaan akan berkembang dan maju manakala memiliki suatu strategi yang bagus. emosional. mereka berupaya memotifasi kontribusi yang didasarkan oleh orang-orang untuk mencapai rencana dan strategi organisasi. Tatkala pada manajer terlibat dalam aktivitas SDM sebagai bagian dari pekerjaannya. Mereka inilah yang bekerja membuat tujuan. Padahal tidak ada dua orang yang betul-betul identik. Dimana strategi merupakan suatu ide. Intinya adalah bahwa pluralitas dikalangan karyawan menuntut perhatian manager agar setiap pribadi dapat mengerti. menggali. Terkait dengan strategi suatu perusahaan. Signifikasi SDM bermuara pada kenyataan bahwa manusia merupakan elemen yang senantiasa ada di dalam organisasi. sehingga mereka dapat bekerja secara optimal dan produktif dalam organisasi atau perusahaan bisnis. kebijakan-kebijakan. Permasalahan yang berkaitan dengan orang-orang atau karyawan kerap kali berakar dari manajemen yang mengasumsikan bahwa semua yang ada pada hakikatnya sama dan mereka semua dapat diperlakukan sama. gagasan atau taufik setelah kita melakukan suatu perencanaan yaitu suatu proses untuk menentukan rencana atau program kegiatan.

. Strategi perusahaan yang harus diutamakan diantaranya yaitu analisis jabatan atau pekerjaan.... Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia 4. Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia 5. Model Manajemen Sumber Daya Manusia 3.. 1...2 Rumusan Masalah Untuk memudahkan dalam pembuatan makalah ini penulis mencoba untuk merumuskan: 1. dan alternative-alternatif yang ada berhubungan dengan hal diatas.. suatu strategi juga layak dijalankan guna membarengi suatu rencana itu ditetapkan dengan maksud untuk mencapai suatu tujuan perusahaan sesuai dengan yang diharapkan. program-program.3 Tujuan Penulisan Penyusunan makalah ini bertujuan untuk membagi informasi kepada pembaca mengenai Manajemen Sumber Daya Manusia....prosedur. Metode Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia 1.………………………………………………………………… ... 1.4 Metode Penulisan Dalam penyusunan makalah ini penulis menggunakan metode kajian pustaka dengan referensi-referensi yang ada di perpustakaan kampus dan beberapa jurnal dan artikel terkait. Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia 2... Komponen Manajemen Sumber Daya Manusia 6.

pengembangan karyawan. Manajemen diartikan sebagai ilmu dan seni yang mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu. kompensasi karyawan dan hubungan ketenagakerjaan yang baik. Manajemen sumber daya manusia juga menyangkut desain sistem perencanaan.1 Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam pendapat beberapa ahli.BAB II TINJAUAN TEORI 2. evaluasi kinerja. pegawai. pengelolaan karier. manajemen sumber daya manusia adalah suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya. penyusunan karyawan. .F. Menurut A. Stoner. Sumber daya adalah segala sesuatu yang merupakan assets perusahaan untuk mencapai tujuannya. buruh. Bagian atau unit yang biasanya mengurusi sdm adalah departemen sumber daya manusia atau dalam bahasa inggris disebut HRD atau human resource department. Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan. Manajemen sumber daya manusia melibatkan semua keputusan dan praktik manajemen yang memengaruhi secara langsung sumber daya manusianya. manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktivitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan.

pemberian kompensasi dan kesejahteraan. . pemeliharaan dan pelepasan sumber daya manusia agar tercapai berbagai tujuan individu.Berikut ini adalah beberapa pengertian manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) menurut para ahli : 1. Menurut Sastrohadiwiryo Istilah manajemen tenaga kerja sebagai pengganti manajemen sumber daya manusia. pembinaan. pengembangan sumber daya manusia. Menurut Mary Parker Follett Manajemen Sumber Daya Manusia adalah suatu seni untuk mencapai tujuantujuan organisasi melalui pengaturan orang-orang lain untuk melaksanakan berbagai pekerjaan yang diperlukan. 4. baik yang berstatus sebagai buruh. Menurut Marwansyah Manajemen sumber daya manusia dapat diartikan sebagai pendayagunaan sumber daya manusia di dalam organisasi. sesuai dengan harapan usaha perorangan. pengembangan unsur tenaga kerja. lembaga. pengaturan. organisasi dan masyarakat 3. yang dilakukan melalui fungsi-fungsi perencanaan sumber daya manusia. keselamatan dan kesehatan kerja. pemberian kompensasi. perencanaan dan pengembangan karir. dan hubungan industrial. pengurusan. maupun pegawai dengan segala kegiatannya dalam usaha mencapai hasil guna dan daya guna yang sebesarbesarnya. rekrutmen dan seleksi. pengintegrasian. maupun instansi. pengembangan. badan usaha. 2. karyawan. Menurutnya. pengorganisasian. manajemen tenaga kerja merupakan pendayagunaan. perusahaan. pengarahan dan pengawasan kegiatan-kegiatan pengadaan. Menurut Edwin B. Flippo Manajemen Sumber Daya Manusia adalah perencanaan. atau dengan kata lain tidak melakukan pekerjaanpekerjaan itu sendiri.

karyawan dan masyarakat. catatan-catatan dan melaksanakan tugas-tugas rutin. karyawan dan masyarakat. Menurut Hasibuan Manajemen sumber daya manusia adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan. Dengan semikian. data. Dengan definisi di atas yang dikemukakan oleh para ahli tersebut menunjukan demikian pentingnya manajemen sumber daya manusia di dalam mencapai tujuan perusahaan. Fungsi departemen sumber daya manusia .5.2 Model Manajemen Sumber Daya Manusia Model Manajemen Sumber Daya Manusia Model Klerikal Model Hukum Model Finansial Model Manajerial Model Humanistik Model Ilmu Perilaku 1. 2. Unsur MSDM adalah manusia yang merupakan tenaga kerja pada perusahaan. fokus yang dipelajari MSDM ini hanyalah masalah yang berhubungan dengan tenaga kerja manusia saja. Manajemen Sumber Daya Manusia adalah bidang manajemen yang khusus mempelajari hubungan dan peranan manajemen manusia dalam organisasi perusahaan. Model Klerikal Dalam model ini fungsi departemen sumber daya manusia yang terutama adalah memperolehdan memelihara laporan.

.............. liburan dan sebagainya............................. 3................... Aspek finansial manajemen sumber daya manusia belakangna ini semakin berkembangkarena para manajer semakin sadar akan pengaruh yang besar dari sumber daya manusia ini meliputi biaya kompensasi tidak langsung seperti biaya asuransi kesehatan......................... operasi sumber daya manusia memperoleh kekutannya dari keahliandi bidang hukum...... 4................................tugas kepegawaian rutin................... Aspek hukum memiliki sejarah panjang yang berawal dari hubunganperburuhan.... 2... Model Finansial..................... ..............................menangani kertas kerja yang dibutuhkan.......................... kebutuhan akan keahlian dalam mengelola bidang yang semakin komplek ini merupakan penyebab utama mengapa para manajer sumber daya manusia semakin meningkat.............. pengawasan dan kepatuhan merupakan fungsi pokok yang disebabkan adanya hubungan yang sering bertentangan antara manajer dengan karyawan..... ....................... evaluasi kinerja dan pengembangan............................................................... memenuhi berbagai peraturan dan melaksanakan tugas ..... Model Hukum Dalam model ini....... pension............. Departemen sumber daya manusia melatih manajer lini jdalam keahlian yang diperlukan untuk menangani fungsi-fungsi kunci sumber daya manusia seperti pengangkatan........ asuransi jiwa...................................... Model Manajerial..... Model manajerial ini memiliki dua versi yaitu versi pertama manajer sumber daya manusia memahami kerangka acuan kerja manajer lini yang berorientasi pada produktivitas.... di masa negosiasi kontrak...... .. Versi kedua manajer ini melaksanakan beberpa fungsi sumber daya manusia..

. Model Ilmu Perilaku Model ini menganggap bahwa. Model Humanistik Ide sentral dalam model ini adalah bahwa.5. evaluasi. Kegagalan .…………………………………………… 6. tetapi juga harus menyeimbangkan tantangan organisasi. fungsi sumber daya manusia dan orang-orang terpengaruh. Prinsipnya adlah bahwa sebuah pendekatan sains terhadap perilaku manusia dapa diterpkan pada hampir semua permasalahan sumber daya manusia bidang sumber daya manusias yang didasarkan pada prinsip sains meliputi teknik umpan balik. 2.……………………………………………………………. desain program dan tujuan pelatihan serta manajemen karir. Para manajer dan departemen sumber daya manusia mencapai maksud mereka dengan memenuhi tujuannya. etis dan sosial. departemen sumber daya manusia dibentuk untuk mengembangkan dan membantu perkembangan nilai dan potensi sumber daya manusia di dalam organisasi. Tujuan manajemen sumber daya manusia tidak hanya mencerminkan kehendak manajemen senior. Model ini menggabarkan tumbuhnya perhatian organisasi terhadap pelatihan dan pengembangan karyawan mereka.3 Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia Tujuan manajemen sumber daya manusia adalah memperbaiki kontribusi produktif orang-orang atau tenaga kerja terhadap organisasi atau perusahaan dengan cara yang bertanggungjawab secara strategis. ilmu perilaku seperti psikologi dan perilaku organisasi merupakan dasar aktivitas sumber daya manusia. Spesialis sumber daya manusia harus memahami individu karyawan dan membantunya memaksimalkan pengembangan diri dan peningkatan karir.

Tujuan Organisasional Tujuan organisasional adalah sasaran formal yang dibuat untuk membantu organisasi mencapai tujuannya. dan faktor-faktor fisik . Tujuan Fungsional Tujuan fungsional adalah tujuan untuk mempertahankan kontribusi departemen sumber daya manusia pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Fungsi Perencanaan. Tujuan Individual Tujuan individual adalah tujuan pribadi dari tiap anggota organisasi atau perusahaan yang hendak mencapai melalui aktivitasnya dalam organisasi. laba. 4. yaitu fungsi manajemen dan fungsi operasional . 3. personalia. bahkan kelangsungan hidup organisasi atau perusahaan. Fungsi Manajemen (FM) 1. Tujuan Sosial Tujuan sosial manajemen sumber daya manusia adalah agar organisasi atau perusahaan bertanggungjawab secara sosial dan etis terhadap keutuhan dan tantangan masyarakat dengan meminimalkan dampak negatifnya. produktifitas. A. 2.4 Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Sumber Daya Manusia terdiri dari dua fungsi. Merancang susunan dari berbagai hubungan antara jabatan.melakukan tugas itu dapat merusak kinerja. Ada 4 (Empat) tujuan manajemen SDM adalah sebagai berikut: 1. Fungsi Pengorganisasian/Organize. Menentukan terlebih dulu program yang akan membantu mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan 2. 2.

Kedisiplinan adalah keinginan dan kesadaran untuk menaati peraturan-peraturan perusahaan. mengusahakan agar karyawan mau bekerjasama secara efektif 4. Pemberhentian (Separation) adalah putusnya hubungan kerja seseorang dari suatu perusahaan. Mengamati dan membandingkan pelaksanaan dengan rencana dan mengoreksinya apabila terjadi penyimpangan. Balas jasa. berwujud uang atau yang lainnya sesuai pengorbanan/kontribusi karyawan. 4. Pemberhentian ini . Tercapainya sinergi antara karyawan dan perusahaan untuk tujuan masingmasing yang berbeda. ketrampilan maupun sikap karyawan. 3. Fungsi Pengendalian/Controlling. Melaksanakan pekerjaan.3. B. Fungsi Pengembangan. 2. karena tanpa disiplin yang baik sulit terwujud tujuan yang maksimal. Untuk perbaikan efektivitas kerja dengan cara memperbaiki pengetahuan. Penentuan jenis/mutu karyawan dan jumlah (menentukan keberhasilan rekruitmen melalui prosedur yang tepat). Perusahaan memelihara kemampuan dan sikap karyawan melalui program keselamatan . Fungsi Kedisiplinan. 7. Fungsi Pemeliharaan. Kedisiplinan merupakan fungsi MSDM yang terpenting dan kunci terwujudnya tujuan. atau kalau perlu menyesuaikan kembali rencana yang telah dibuat. kesehatan dan pelayanan. Fungsi Operasional 1. 6. Fungsi Integrasi. Fungsi Pengkoordinasian 5. (Teori kebutuhan Maslow dan motivasi XY Mc Gregor dan Mc Lelland) 5. Fungsi Pemberhentian. Fungsi Pengadaan. dapat pula berbentuk fasilitas-fasilitas yang dapat dinilai dengan uang. Fungsi Pengarahan (Actuating/Directing). Fungsi Pemberi Kompensasi. Upah adalah bagian dari kompensasi.

1. aktivitas perusahaan tidak akan terjadi. pension dan sebab-sebab lainnya. Karyawan Karyawan merupakan kekayaan utama suatu perusahaan. Pemimpin atau Manajer Pemimpin adalah seseorang yang mempergunakan wewenang dan kepemimpinannya untuk mengarahkan orang lain serta bertanggung jawab atas pekerjaan orang tersebut dalam mencapai suatu tujuan. 3. Karyawan adalah penjual jasa (pikiran dan tenaganya) dan mendapatkan kompensasi yang besarnya telah ditetapkan lebih dahulu.5 Komponen Manajemen Sumber Daya Manusia Tenaga kerja manusia pada dasarnya dibedakan atas pengusaha. karena tanpa keikutsertaan mereka. 2. Pengusaha Pengusaha adalah setiap orang yang menginvestasikan modalnya untuk memperoleh pendapatan dan besarnya pendapatan itu tidak menentu tergantung pada laba yang dicapai oleh perusahaan tersebut.disebabkan oleh keinginan karyawan. 2. karyawan dan pemimpin. kontrak kerja berakhir. . keinginan perusahaan.

Pendekatan Mekanis Pendekatan mekanis adalah mengganti peranan tenaga kerja manusia dengan tenaga mesin untuk melakukan pekerjaan. 3. interaksi yang baik. 2. .6 Metode Pendekatan MSDM Dalam mempelajari manajemen sumber daya manusia ada tiga pendekatan yang dapat dilakukan yaitu : 1. fasilitas-fasilitas diberikan. bawahan dianggap sebagai anak – anaknya. manajer untuk memberikan pengarahan bawahannya bertindak seperti bapak terhadap anak-anaknya. Pendekatan Sistim Sosial Pendekatan ini memandang bahwa organisasi perusahaan adalah suatu sistim yang kompleks yang beroperasi dalam lingkungan yang kompleks yang bias disebut sistim yang ada diluar. Pendekatan sistim sosial ini mengutamakan kepada hubungan harmonis. saling membutuhkan dan saling mengisi sehingga terdapat suatu total sistim yang baik.2. penggantian ini didasarkan atas pertimbangan ekonomis. efektifitas dan kemampuan yang lebih besar dan lebih baik. Pendekatan Paternalis Pada pendekatan paternalis (Paternalistic Approach). para bawahan diperlakukan dengan baik. saling menghargai.

Market (Pasar) Adapun mekanisme pengelolaan atau dalam hal upaya pencapaian tujuan tertentu: a. Man (Manusia) 2. Perencanaan SDM Perencanaan SDM berfokus pada cara organisasi atau perusahaan bergerak dan kondisi SDM yang ada saat ini menuju kondisi SDM yang dikehendaki. Money (Uang) 3. Siapapun yang mengelola organisasi akan mengolah berbagai sumber daya untuk meraih tujuan organisasi tersebut. dan papan. sandang. Maching (Tekonologi) 5. yaitu sebagai berikut: 1. Peradaban manusia yang berpangkal tersedia pada usaha memperoleh kebutuhan dan dan memanfaatkan SDA untuk memenuhi mempertahankan hidupnya. . manusia hidupnya selalu memikirkan cara memperoleh bahan pangan. Material (Fisik) 4. Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dapat dikatagorikan atas enam tipe sumber daya (6M). Method (Metode) 6.BAB III PERMASALAHAN Kesadaran manusia akan pentingnya SDM bukan hal baru.

f. maka pengaturan kompensasi merupakan faktor penting untuk dapat memelihara dan mempertahankan prestasi kerja para karyawan. Pemeliharaan Keselamatan Tenaga Kerja Sikap organisasi suatu perusahaan bisnis tentu saja tidak semata-mata ingin memenuhi atau mencapai tujuan dengan mengorbankan kepentingan karyawan sebab manusia sebenarnya merupakan penentu akhir dari keberhasilan suatu organisasi. Kompensasi Dalam suatu organisasi perusahaan. Selanjutnya. g. Seleksi Dalam menyeleksi karyawan baru. depertemen SDM biasanya menyaring pelamar melalui wawancara. . tes. Penilaian Prestasi Kerja Penilaian prestasi kerja merupakan salah satu faktor kunci dalam mengembangkan suatu organisasi atau perusahaan secara efektif-efisien. Rekrutmen Perusahaan akan mencari tenaga baru apabila terjadi kekurangan karyawan atau tenaga kerja yang diperlukan oleh perusahaan. merekomendasikan pelamar yang memenuhi persyaratan pada manajer untuk diambil keputusan pengangkatan terakhir. e. terutama perusahaan yang profit-making. Pelatihan dan Pengembangan Perkembangan organisasi atau perusahaan terkait erat dengan kualitas SDMnya apabila SDM berkualitas rendah.b. d. c. strategi organisasi atau perusahaan kemungkinan besar akan terjadi. dan menyelidiki latar belakang pelamar.

atau perusahaan. sasaran-sasaran. Manajemen dibutuhkan untuk menciptakan keseimbangan diantara tujuan-tujuan. keunggulan kompetitif merupakan faktor yang desisif dalam meningkatkan kinerja perusahaan. SDM merupakan salah satu faktor kunci dalam reformasi dan memiliki keterampilan serta berdaya saing tinggi dalam persaingan global yang selama ini kita abaikan. ia akan dapat melaksanakan fungsi-fungsi menajemen secara selektif. Tanpa manajemen usaha untuk mencapai tujuan akan siasia belaka. keilmuan. Manajemen dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Alasan manajemen diperlukan adalah: a. niscaya produk suatu Negara. dan kegiatan-kegiatan dari pihak-pihak . dan prinsip-prinsipnya. Mengapa manajemen dibutuhkan? Manajemen dibutuhkan oleh semua orang atau organisasi. kelompok. Dengan kata lain dalam pasar yang bersaing. termasuk produk Indonesia. Bahkan mestinya produk impor dapat mengancam posisi domestik. konsep manajemen bersifat universal dengan menggunakan kerangka berfikir. organisasi. Apabila seorang manajer mempunyai pengetahuan dasardasar manajemen dan cara-cara menerapkannya. b. Tanpa dibekali kemampuan dan keunggulan daya saing yang tinggi. tidak akan mampu menembus pasar internasional. mencakup hadiah-hadiah. Masalah daya saing dalam pasar dunia yang semakin terbuka merupakan isu kunci dan tantangan yang tidak ringan.BAB IV PEMBAHASAN Sebagai suatu ilmu.

Tingkat pendidikan angkatan kerja Indonesia relative masih rendah.67 juta orang dan ada sekitar 5.yang berkepentingan dalam organisasi atau perusahaan.2%. Jumlah angakatan kerja nasional pada krisis ekonomi tahun pertama (1998) sekitar 92. Manajemen dibutuhkan untuk mencapai efisiensi dan produktifitas kerja organisasi atau perusahaan. seperti pengusaha dan kreditor dan nasabah. suatu organisasi atau perusahaan akan berjalan biasa-biasa saja walaupun organisasi itu mampu bertahan. 1. 2. yaitu sekitar 63. . Tanpa adanya tenaga kerja yang kompeten.73 juta orang. c. struktur pendidikan angkatan kerja Indonesia masih didominasi oleh pendidikan dasar. Sementara jumlah kesempatan kerja yang ada hanya sekitar 87.06 juta orang menjadi penganggur terbuka (open unemployment)angka ini terus menerus selama krisis ekonomi yang kini berjumlah sekitar 8 juta. Adanya ketimpangan antara jumlah kesempatan kerja dengan angkatan kerja. Kedua masalah tersebut menunjukkan bahwa ada kelangkaan kesempatan kerja dan rendahnya kualitas angkatan kerja secara rasional di berbagai bidang kehidupan. Ada dua hal penting yang menyangkut kondisi SDM Indonesia. atau masyarakat dan pemerintah. Karena alasan inilah maka rekruitmen dan pengelolaan SDM merupakan hal yang sangat penting dalan SDM.

c. Fungsi Pengendalian/Controlling. Fungsi Manajemen (FM) a. Unsur MSDM adalah manusia yang merupakan tenaga kerja pada perusahaaan. 1.1 Kesimpulan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah bidang manajemen yang khusus mempelajari hubungan dan peranan manusia dalam organisasi perusahaan. d. .BAB V PENUTUP 5. Tujuan manajemen sumber daya manusia adalah memperbaiki kontribusi produktif orang-orang atau tenaga kerja terhadap organisasi atau perusahaan dengan cara yang bertanggungjawab secara strategis. Fungsi Perencanaan. b. etis dan sosial. yaitu fungsi manajemen dan fungsi operasional . Fungsi Pengkoordinasian e. Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Sumberdaya Manusia terdiri dari dua fungsi. Fungsi Pengarahan (Actuating/Directing). Fungsi Pengorganisasian/Organize.

b. f. Fungsi Pengembangan. g. sehingga seimbang dan dapat memperbaiki pengelolaan SDM kedepan. . Fungsi Integrasi. Fungsi Pemeliharaan. Fungsi Pengadaan.2. c.2 Saran Masalah kualitas tenaga kerja lebih di tingkatkan lagi karena dengan kualitas tenaga kerja yang berkualitas mudah-mudahan dapat menciptakan lapangan kerja yang dengan sendirinya menjadikan lapangan kerja makin luas dan bertambah cadangan tenaga kerjapun berkualitas. Fungsi Pemberi Kompensasi. Fungsi Pemberhentian. Fungsi Kedisiplinan. d. 5. Fungsi Operasional a. e.

2003.. Ichtiar Baru Van Hoeve. Anwar Prabu.. Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia. 2003. Manajemen SDM... Mangkunegara.anneahira. CV Pustaka Setia.DAFTAR PUSTAKA Hasibuan. Bandung 1992. M.htm http://organisasi. Analisa Jabatan.. A. Mukjirat. Sadili Samsudin.A. M.com/unsur.org/definisi_pengertian_tugas_fungsi_manajemen_sumber_daya_ma nusia_sdm_ilmu_ekonomi_manajemen_manajer_msdm . Bandung 2006.html http://www. Majalengka: STIE YPPM. H. Melayu S. Bandung: PT.. Drs. Jakarta 1979. Remaja Rosdakarya. Bumi Aksara. http://manaje-men.M. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan.Pd.. Jakarta: PT.com/artikel-umum/manajemen-sdm. Manajemen Sumber Daya Manusia. Kerangka Pokok-Pokok Manajemen Umum. A. PT. Abdurachman. Ruchiat.manajemen. 2001.P..