P. 1
Wudlu Dan Kesehatan

Wudlu Dan Kesehatan

|Views: 4|Likes:
Published by sieghitpedro

More info:

Published by: sieghitpedro on Feb 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/21/2014

pdf

text

original

Wudlu dan Kesehatan

Oleh : Puji Handoko

Bagian ini lah yang sering kali dihinggapi berbagai kuman penyakit. sehingga kehadiran kuman-kuman ini akan menambah kuman-kuman yang memang sudah terdapat dikulit. Bagian-bagian tubuh yang terkena air wudhu adalah bagian tubuh terbuka. Menurut ilmu bacteria(mikro bacteriology). 1cm persegi dari kulit kita yang terbuka bisa dihinggapi lebih dari 5 juta bakteri yang bermacam-macam. .

Salah satu factor yang paling memengaruhi perkembangannya adalah keseimbangan asam basa(pH). maka secara langsung akan memengaruhi kesimbangan pH dan kelembaban sehingga akan membuat sel kulit kembali normal. Ketika membasuk kulit dengan air wudhu. . Bisa dikatakan pH permukaan kulit inilah yang melindungi tubuh dan membatasi perkembangan kuman yang menimbulkan penyakit. Perkembangan bakteri di kulit tersebut sangat cepat.

Menurut riset ini. wudhu dapat menstimulasi/merangsang irama tubuh alam. mirip dengan titik-titik refleksologi Cina. khususnya pada area yang disebut Biological Active Spots (BASes) atau titik-titik aktif biologis.Manfaat Wudlu  Manfaat wudhu bagi kesehatan sudah banyak mendapatkan perhatian ahli-ahli kesehatan. Magomedov. Salah satu pakar kesehatan yang melakukan kajian ilmiah tentang wudhu adalah Dr. Asisten pada lembaga General Hygiene and Ecology (Kesehatan Umum dan Ekology) di Daghestan State Medical Academy. . Menurut dokter Magomedov.

. Magamedov bisa diselesaikan dengan cepat dan sederhana. dengan wudhu menurut Dr. Kalau untuk mempelajari titik-titik refleksi Cina bisa diselesaikan dalam waktu 15-20 tahun. keunggulan lainnya refleksi dengan wudhu tidak hanya menyembuhkan penyakit. Dan. tetapi juga mencegah masuknya penyakit.

Ketika seseorang melakukan wudhu. dan kangker. Magamedov bukan isapan jempol belaka. . paru-paru. Apa yang diungkapkan Dr. jantung. darah tinggi. Titik-titik tersebut merupakan saraf-saraf yang berhubungan dengan organ-organ tubuh manusia yang sering kali menimbulkan penyakit akut seperti ginjal. Ketika melakukan wudhu titik tersebut akan terrefleksi sehingga selain bisa mengobati bisa juga mencegah terjadinya penyakit-penyakit akut tersebut. 61 sampai 65 titik refleksi merupakan bagian-bagian yang terkena basuhan wudhu.

. Di telinga terdapat ratusan titik biologis yang akan menurunkan tekanan darah dan mengurangi sakit. ginjal.Hidroterapy  Dalam pengobatan modern guyuran air wudhu sama dengan hidroterapi atau pemijatan dengan memanfaatkan air sebagai media penyembuhan. misalnya. Ketika seseorang sedang berwudhu dan kemudian membasuh wajah. hal ini akan memberik efek positif pada usus. dan system saraf maupun reproduksi. Membasuh kaki kiri berefek positif pada kelenjar pituiri dan otak yang mengatur fungsi-fungsi kelenjar endokrin.

. Magamedov. yaitu dengan membersihkan kulit secara rutin. Selama ini belum ditemukan cara paling jitu untuk menghindari penyakit itu. Yang sering kali dianjurkan dokter kulit baru sebatas pencegahannya. Menurutnya. mengungkapkan pendapat yang hamper senada dengan Dr.Pendapat Mokhtar Salem  Dalam buku yang berjudul (“shalat : Olah raga untuk Jasmani dan Rohani”). Dari hasil penelitian medis kangker kulit disebabkan oleh berbagai bagan kimia – baik zat-zat hasil pembuangan limbah industry maupun kosmetika-yang kemudian menempel pada kulit. Dan dengan wudhu anjuran dokter tersebut dapat terlaksana karena setiap hari paling tidak umat Islam melakukan wudhu lima kali dalam sehari. wudhu bisa menjadi alat paling efektif untuk mencegah terjadinya kangker kulit. Mokhtar Salem.

selain menguraikan bahwa air yang membasuh wajah ketika berwudhu akan dapat meremajakan sel-sel kulit muka dan membantu mencegah muncuknya keriput. Dan dengan melakukan wudhu fung tersebut bisa ditingkatkan daya kerjanya. yaitu limfosit T (sel T) dan limfosit B (sel B). Proses ini penting karena salah satu tugas utama lender adalah membawa zat-zat asing yang masuk kepada sel pelindung manusia.Wudlu dan Kanker Kulit  Berkaitan dengan kangker kulit. . Selain itu. Maka jika fungsi terganggu tubuh akan mendapat ancaman yang besar karena kehilangan kekebalan alaminya. keduanya bersiaga dijaringan limfoid dan system gatah bening serta mampu menghancurkan penyakit yang akan menggerogoti tubuh. wudhu juga meremajakan selaput lender yang menjadi gugus depan pertahanan tubuh.

. Udara yang tidak bersih tersebut menyebabkan berbagai penyakit seperti ISPA(Infeksi Saluran Pernapasan Akut). Tidak selamanya udara yang dibawa masuk kedalam tubuh itu bersih. TBC dan kangker. Dengan membersihkan saluran hidung dengan air ketika wudhu maka akan melakukan pencegahan dini terhadap penyakit-penyakit tersebut. Seperti yang sudah banyak diketahui hidung merupakan organ pernafasan tempat keluar masuknya udara.Wudlu dan ISPA  Satu lagi bagian tubuh yang mendapatkan perhatian ketika berwudhu adalah lubang hidung.

Wudlu dan Aliran darah  Selain sebagai pencegahan dan pengobatan terhadap penyakit. Hal ini bisa terjadi karena air wudhu mengenai tubuh akan menyebabkan normalisasi suhu tubuh sebagai akibat bertemunya suhu panas dalam tubuh dengan dinginnya guyuran air wudhu. wudhu juga bisa memperlancar aliran darah. Saat itu juga darah mengalir kedaerah seputar wajah. Ketika air wudhu membasuh anggota wudhu. kedua tangan dan telapak kaki dengan sangat lancer. secara langsung akan membuat darah bereaksi sehinga bekerja bisa lebih cepat dan gesit mengalirkan darah keseluruh tubuh. .

 Lancarnya aliran darah pada seluruh tubuh(dan juga termasuk pada bagian kulit) akan membuat kelenjar kulit bekerja. Inilah mungkin alas an ilmiahnya kenapa disunnahkan membasuh bagian tubuh yang terkana air wudhu sebanyak tiga kali. Tugas kelenjar kulit ini adalah menyedot darahdarah kotor dan membuangnya keluar tubuh melalui pembuluh-pembuluh halus yabg terletak dipermukaan kulit. Maka begitu darah kotor itu keluar. Efek dari proses ini adalah kulit di sekitar wajah dan bagian tubuh yang lain akan selalu tampak segar dan berseri-seri. . air wudhu akan langsung membersihkannya.

Artinya. . Ginjal merupakan organ tubuh yang bertugas membuang zat-zat baracun lewat kencing. Proses membuang darah kotor lewat permukaan kulit tersebut selain membuat kulit selalu segar dan berseri-seri juga akan membantu fungsi ginjal. Ketika tugas ini telah dibantu oleh pembuluh darah yang ada dipermukaan kulit maka tugas ginjal juga akan berkurang. berwudhu ternyata mengurangi sedikit beban berat kerja ginjal dan dampaknya bisa meminimalisir kemungkinan terkena resiko sakit ginjal.

Nah. Tugas jantung adalah memompa darah keseluruh bagian tubuh. Ada satu lagi organ tubuh yang diuntungkan dengan lancarnya aliran darah ke seluruh bagian tubuh. . Ketika jantung bisa bekerja denga rileks dan normal maka hal ini akan mencegah terjadinya serangan jantung. telapak tangan dan kaki. Daerah-daerah yang jauh itu antara lain wajah. sehingga beban kerja jantung semakin berkurang. yaitu jantung. Semakin jauh dari bagian yang akan dipompa maka kerja jantung akan semakin besar. ketika berwudhu maka jantung akan langsung bereaksi dan kemudian memompa darah dengan kuat menuju tiga anggota badan yang berjauhan itu.

tetapi juga mengancam system pencernaan kita. Sebuah penelitian mencatat bahwa 90% dari mereka yang menderita kerusakan gigi. ini karena ait liur yang kita telan berasal dari mulut. . Dengan berkumur-kumur dan bersiwak maka kebersihan dalam rongga mulut dan gigi akan terjamin.Wudlu dan kebersihan mulut  Ketika berwudhu disunnahkan untuk berkumur-kumur dan bersiwak. Penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri yang ada dimulut tidak hanya mengancam gigi dan gusi. Secara medis hal ini ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan gigi dan mulut. adalah karena keteledoran dalam melakukan kebersihan mulut.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->