Masalah pokok pembangunan Indonesia

Masalah pokok pembangunan Indonesia ada bermacam – macam , diantaranya adalah : 1. 2. 3. 4. Dualisme peraturan Kependudukan dan kemiskinan Iklim dan geografis Pemerataan pembangunan

Macam-macam penyebab diatas sangat mempengaruhi pembangunan pada Negara, Negara Indonesia adalah termasuk dalam Negara berkembang, oleh karena itu masalah – masalah diatas harus segera diselesaikan. Dualisme pengaturan Dualisme adalah ajaran atau aliran/faham yang memandang alam ini terdiri atas dua macam hakekat yaitu hakekat materi dan hakekat rohani. Kedua macam hakekat itu masing-masing bebas berdiri sendiri, sama azazi dan abadi. Perhubungan antara keduanya itu menciptakan kehidupan dalam alam Contoh yang paling jelas tentang adanya kerja sama kedua hakekat ini adalah terdapat dalam diri manusia. Dualisme pengaturan adalah pengaturan sistem pada Negara Indonesia yang bersifat dualism sehingga mengakibatkan keterhambatnya pembangunan di Indonesia. Kependudukan dan Kemiskinan Kependudukan di Indonesia tidak merata sehingga kepadatan di beberapa kota besar sangat mempengaruhi pembangunan. Dengan kepadatan penduduk tersebut maka persaingan untuk mencari lapangan kerja sangat sulit, dan mengakibatkan pengangguran dan Kemiskinan. Dampak Pengangguran Terhadap Pembangunan Nasional Pengangguran merupakan masalah pokok dalam suatu masyarakat modern. Jika tingkat pengangguran tinggi, sumber daya menjadi terbuang percuma dan tingkat pendapatan masyarakat akan merosot. Situasi ini menimbulkan kelesuan ekonomi yang berpengaruh pula pada emosi masyarakat dan kehidupan keluarga sehari-hari.

Dampak pengangguran terhadap pembangunan nasional dapat dilihat melalui hubungan antara pengangguran dan indikator-indikator berikut ini: 1. Oleh karna itu. Dengan kata lain. Dampak Pengangguran Terhadap Ekonomi Masyarakat Tingginya tingkat pengangguran dalam sebuah perekonomian akan mengakibatkan kelesuan ekonomi dan merosotnya tingkat kesejahteraan masyarakat sebagai akibat penurunan pendapatan masyarakat. Dengan demikian. Beban Psikologis Semakin lama seseorang menganggur. khususnya pajak penghasilan. Penerimaan Negara Salah satu sumber penerimaan negara adalah pajak. bila tingkat pengangguran tinggi maka pendapatan per kapita akan menurun . semakin besar pula biaya sosial yang harus dikeluarkan. biaya keamanan. Apabila tingkat pengangguran meningkat. Pendapatan per kapita Orang yang menganggur berarti tidak memiliki penghasilan sehingga hidupnya akan membebani orang lain yang bekerja. 4. Secara psikologis. Biaya sosial itu mencakup biaya atas peningkatan tugas-tugas medis. maka nilai komponen upah akan semakin kecil. dan biaya proses peradilan sebagai akibat meningkatnya tindak kejahatan. Akibatnya penerimaan negara pun berkurang. 3. maka jumlah orang yang membayar pajak penghasilan berkurang. Dampak pengangguran terhadap ekonomi masyarakat meliputi hal-hal berikut ini: a. 2. semakin besar beban psikologis yang harus ditanggung. orang menganggur akan merasa minder karena status sosial yang tidak atau belum jelas. Biaya Sosial Dengan semakin besarnya jumlah penganggur. Pendapatan Nasional dan Pendapatan per Kapita Upah merupakan salah satu komponen dalam penghitungan pendapatan nasional. Dampak psikologis ini mempunyai efek domino di mana secara sosial. Dampaknya adalah terjadinya penurunan pendapatan per-kapita. sehingga berpengaruh terhadap berbagai perilakunya dalam kehidupan sehari-hari. Apabila tingkat pengangguran semakin tinggi. nilai pendapatan nasional yang semakin kecil akibat pengangguran akan menurunkan nilai pendapatan per kapita. orang yang menganggur mempunyai perasaan tertekan. Pajak penghasilan diwajibkan bagi orang-orang yang memiliki pekerjaan. nilai pendapatan nasional pun akan semakin kecil.Pengangguran berdampak besar terhadap pembangunan nasional. Pendapatan per kapita adalah pendapatan nasional dibagi jundah penduduk.

karena banyak faktor yang mempengaruhinya sehingga pembangunan di Indonesia tidak merata. pendidikan . biaya pelatihan. dengan catatan pendapatan mereka yang masih bekerja tetap. Negara Indonesia beriklim tropis sehingga sangat mudah untuk melakukan kegiatan pertanian. . lisrik. Upah/gaji tersebut sebelum sampai di tangan penerima dipotong pajak penghasilan terlebih dahulu. c.dan lapangan pekerjaan. Iklim dan Geografis Iklim di Indonesia adalah tropis dan geografisnya berupa kepulauan.dan sebaliknya bila tingkat pengangguran rendah pendapatan per kapita akan meningkat. Orang yang memiliki pekerjaan berarti ia memiliki status sosial di tengah-tengah masyarakat. b. Beban Psikologis Semakin lama seseorang menganggur semakin besar beban psikologis yang ditanggungnya. Akibat dari tidak meratanya pembangunan sangat banyaknya kemiskinan di Indonesia. diantaranya : air bersih. sehingga sulit untuk pemerintah melakukan pemerataan pembangunan dan ditambah lokasi pulau – pulau berjarak cukup jauh. Akibatnya masih banyak beberapa daerah yang belum mendapatkan infrastruktur yang memadai. Pendapatan Negara Orang yang bekerja mendapatkan balas jasa berupa upah/gaji. Seseorang yang tidak memiliki pekerjaan dalam jangka waktu lama akan merasa rendah diri (minder) karena statusnya yang tidak jelas. Munculnya Biaya Sosial Tingginya tingkat pengangguran akan menimbulkan pengeluaran berupa biaya-biaya sosial seperti biaya pengadaan penyuluhan. karena banyak penduduk Indonesia yang melakukan pertanian sehingga pembangunan menjadi sulit. Pajak ini merupakan salah satu sumber pendapatan negara sehingga bila tidak banyak orang yang bekerja maka pendapatan negara dari pemasukan pajak penghasilan cenderung berkurang. dan biaya keamanan sebagai akibat kecenderungan meningkatnya tindak kriminalitas. d. Pemerataan pembangunan Pemerataan pembangunan di Indonesia masih cukup labil.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful