PERUJUKAN, PENGUTIPAN, DAFTAR RUJUKAN* (Naskah belum disunting dan untuk kalangan sendiri) 1.

Cara Merujuk Dalam merujuk, hindari penggunaan catatan kaki untuk mencantumkan sumber daftar pustaka. Catalan kaki hanya digunakan untuk memberi keterangan yang sangat diperlukan, misalnya untuk memberi keterangan tentang isi teks atau tentang makalah yang disajikan dalam suatu kegiatan, tempat, dan waktu kegiatan ilmiah (seminar, pelatihan, atau lokakarya). Sumber rujukan anonim tidak dikehendaki. Mengutip kutipan juga tidak diperkenankan. Pengutipan dapat dilakukan secara langsung atau tidak langsung. Namun pengutipan sebaiknya dilakukan secara tidak langsung untuk menghindari parade pengutipan. Pengutipan secara langsung hendaknya dilakukan hanya atas pernyataan-pernyataan yang “fenomenal” atau “monumental” dari tokoh atau karya legendaris. 2. Cara Menulis Kutipan Langsung 2.1 Kutipan Kurang dari 40 Kata Kutipan yang berisi kurang dari 40 kata ditulis di antara tanda kutip (“...”) sebagai bagian yang terpadu dalam teks utama, dan diikuti nama penulis, tahun dan nomor halaman. Nama penulis dapat ditulis secara terpadu dalam teks atau menjadi satu dengan tahun dan nomor halaman di dalam kurung. Lihat contoh berikut. Nama penulis disebut dalam teks secara terpadu. Contoh: Soebronto (1990:123) menyimpulkan “ada hubungan yang erat antara faktor sosial ekonomi dengan kemajuan belajar”. Nama penulis disebut bersama dengan tahun penerbitan dan nomor halaman. Contoh: Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah "ada hubungan yang erat antara faktor sosial ekonomi dengan kemajuan belajar" (Soebronto, 1990:123). Jika ada tanda kutip dalam kutipan, digunakan tanda kutip tunggal ('...'). Contoh: Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah "terdapat kecenderungan semakin banyak 'campur tangan' pimpinan perusahaan semakin rendah tingkat partisipasi karyawan di daerah perkotaan" (Soewignyo, 1991:101). 2.2 Kutipan 40 Kata atau Lebih Kutipan yang berisi 40 kata atau lebih ditulis tanpa tanda kutip secara terpisah dari teks yang mendahului, ditulis 1,2 cm dari garis tepi sebelah kiri dan kanan, dan diketik dengan spasi tunggal. Nomor halaman juga harus ditulis. Contoh: Smith (1990: 276) menarik kesimpulan sebagai berikut. The ‘placebo effect’, which had been verified in previous studies, disappeared when behaviors were studied in this manner. Furthermore, the behaviors were
1

Earlier studies were clearly premature in attributing the results to a placebo effect. tangan. garis barunya dimulai 1.3 Kutipan yang Sebagian Dihilangkan Apabila dalam mengutip langsung ada kata-kata dalam kalimat yang dibuang. Yang termasuk gerak manipulatif antara lain adalah menangkap bola. Jika penulisnya lebih dari dua orang.. Contoh: Salimin (1900: 13) tidak menduga bahwa niahasiswa tahun ketiga lebih baik daripada maha-siswa tahun keempat. maka kata-kata yang dibuang diganti dengan tiga titik. Nama penulis disebut terpadu dalam teks.. Jika ada dua penulis. atau nama koran. 1995: 315).never exhibited again. maka kalimat yang dibuang diganti dengan empat titik. Cara Menulis Kutipan Tidak Langsung Kutipan yang disebut secara tak langsung atau dikemukakan dengan bahasa penulis sendiri ditulis tanpa tanda kutip dan terpadu dalam teks.. Apabila ada kalimat yang dibuang. menendang bola.. Nama penulis disebut dalam kurung bersama tahun penerbitannya. diharapkan sudah melaksanakan kurikulum baru" (Manan. penulisan daftar pustaka dilakukan dengan cara menyebutkan nama penulis aslinya. yang dicantumkan dalam daftar pustaka adalah nama lembaga yang menerbitkan. Contoh: Mahasiswa tahun ketiga ternyata lebih baik daripada mahasiswa tahun keempat (Salimin. Contoh: "Semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah . 2. Contoh: “Gerak manipulatif adalah keterampilan yang memerlukan koordinasi antara mata. 1995: 278). Nama penulis bahan kutipan dapat disebut terpadu dalam teks. 3. atau disebut dalam kurung bersama tahun penerbitannya. 4. dan menggambar” (Asim. Jika dalam kutipan terdapat paragraf baru lagi. Jika memungkinkan nomor halaman disebutkan. nama dokumen yang diterbitkan. Untuk karya terjemahan.. Daftar 2 . penulisannya dilakukan dengan cara menyebut nama akhir kedua penulis tersebut. Perhatikan contoh berikut. Jika nama penulis tidak disebutkan.2 cm dari tepi kin garis teks kutipan. atau bagian tubuh lain . Penulisan Daftar Rujukan Penulisan daftar pustaka dilakukan dengan menggunakan nama akhir dan tahun di antara tanda kurung. penulisan daftar pustaka dilakukan dengan cara menulis nama pertama dari penulis tersebut diikuti dengan dkk. even when real drugs were administered. 1990:13).

Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. atau bahan lainnya yang dikutip baik secara langsung ataupun tidak langsung.) jika editomya lebih dari satu. Unsur-unsur tersebut dapat bervariasi tergantung jenis sumber pustakanya. (2) tahun penerbitan. Daftar pustaka merupakan daftar yang berisi buku. London: Sage Publications. Jika penulisnya lebih dan satu. (Ed. nama awal (disingkat atau tidak disingkat tetapi harus konsisten dalam satu karya ilmiah). cara penulisan namanya sarna dengan penulis pertama.S. tanpa gelar akademik. dan (5) nama penerbit. unsur yang ditulis dalam Daftar Pustaka secara berturut-turut meliputi (1) nama penulis ditulis dengan urutan: nama akhir. makalah. 2000. Jika ada beberapa buku yang dijadikan sumber ditulis oteh orang yang sama dan diterbitkan dalam tahun yang sama pula. 2007. Nama penulis yang terdiri dari dua bagian ditulis dengan urutan: nama akhir diikuti koma. M. 3 .M. diakhiri dengan titik. Judul buku ditulis dengan huruf miring. H. sedangkan semua bahan yang dikutip secara langsung ataupun tak langsung dalam teks harus dicantumkan dalam Daftar Pustaka.) jika ada satu editor dan (Eds. sernua nama penulisnya harus dicantumkan dalam daftar pustaka. termasuk anak judul (subjudul). ditambah dengan tulisan (Ed. Kota tempat penerbit dan nama penerbit dipisahkan dengan titik dua (:). Reflexive Methodology: New Vistas for Qualitative Research. kecuali kata hubung. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pendidikan Nonformal Bukan Residu. c. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. di antara nama penulis dan tahun penerbitan. K. Warisan Budaya Melayu Aceh.pustaka dari dua sumber atau lebih yang ditulis oleh penulis yang berbeda dicantumkan dalam satu tanda kurung dengan titik koma sebagai tanda pemisahnya. (4) kota tempat penerbitan.A. Contoh: Marzuki. 2) Pustaka dari Buku yang berisi Kumpulan Artikel yang Ada Editornya Cara penulisannya seperti menulis rujukan dari buku. 2003. Apabila sumber yang dirujuk ditulis oleh tim. (3) judul. b. artikel. 1) Pustaka dari Buku Tahun penerbitan ditulis setelah nama penulis. Jakarta: Gaung Persada Press. D. nama awal.S. Contoh: Alvesson. Pada dasamya. Marzuki. diakhiri dengan titik. Bahanbahan yang dibaca akan tetapi tidak dikutip tidak dicantumkan dalam Daftar Pustaka. dan nama tengah. M. data tahun penerbitan diikuti oleh lambang a. dan seterusnya yang urutannya ditentukan secara kronotogis atau berdasarkan abjad judul buku-bukunya. Permainan Simulasi di Indonesia. 2009a. Banda Aceh: Pusat Studi Melayu-Aceh (PUSMA). Contoh: Soelaiman. M. 2009b. Yamin. & Skoldberg. dengan huruf besar pada awal setiap kata.).

(M.2739).41-59).L. Ensiklopedia Politik (volume 3). 6) Pustaka dari Buku yang Berasal dari Perpustakaan Elekronik Setelah nama penulis. Waseso. disertai tanggal aksesnya. Dalam RJ. Manajemen Jurnal Ilmiah. Sosiologi Pendidikan: Kajian Berdasarkan Teori Integrasi Mikro-Makro. Oxford: Blackwell Science... L. Dimensi-dimensi Pendidikan Nonformal (M. C. Malang: Elang Emas. (http://www. San Francisco. dan nama penerbit. diakses 24 Agustus 2007.). C. Alamat web perpustakaan tersebut harus dicantumkan. M.). CA: Jossey-Bass.Darling-Hammond.S. The Concept of Creativity: Prospects and Paradigms. diberi keterangan (Ed. Dalam M. Judul artikel ditulis tanpa cetak miring. Margono. (Online). Judul buku kumpulannya ditulis dengan huruf miring. H. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.H.J. Menerbithan Jurnal Ilmiah (hlm.G. Mundzir. Judul buku dicetak miring. Hammerness. nama perpustakaan dicantumkan setelah penerbit buku. Surabaya: Usaha Nasional. judul buku. H. 5) Pustaka Berupa Buku Lebih dari Satu Jilid Cara penulisannya sama dengan daftar pustaka dari buku. The Care of Wounds: A Guide for Nurses. kota. T. 2007. 2002. (Eds. Le Page. J. Ed. Dari NetLibrary. Handbook of Creativity (hlm.). Waseso. K. 2006. 2005.S. disertai keterangan Ed. R. kota. & Lubart. tetapi nama editor dicantumkan di antara tanda kurung di belakang judul buku. dan diakhiri dengan tanda titik. Steinberg (Ed. 3) Pustaka dari Artikel dalam Buku Kumpulan Artikel yang Ada Editornya Nama penulis artikel ditulis di depan. Contoh: Dealey. tahun. dan nama penerbit.). 1999.G.) bila lebih dari satu editor. ditambah keterangan jilid atau volume yang ditulis di antara tanda kurung setelah judul buku.com).). Waseso & A. Bransford. 2005. P.) bila hanya satu editor. New York: Cambridge University Press. Contoh: Stemberg. dan nomor halamannya disebutkan dalam kurung. Contoh: Marzuki. Nama editor ditulis seperti menulis nama biasa. 4) Pustaka Berupa Buku yang Ada Editornya Cara penulisannya sama dengan rujukan dari buku. dan (Eds.G. diikuti dengan tahun penerbitan. netlibrary.. 2009. Contoh: Cahyono. Saukah (Eds. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang. Ed. & Duffy. 7) Pustaka Berupa Buku yang Tidak Diketahui Nama Pengarangnya Judul buku ditulis dengan disertai tahun penerbitan. Contoh: 4 . Preparing Teachers for a Changing World.

1997).S. dan huruf awal dari setiap katanya ditulis dengan huruf besar kecuali kata hubung. Jurnal Ilmu Pendidikan. Contoh: Collins. Nama jumal ditulis dengan cetak miring.1. & Sudjiono. 95M/064. 3 (1). Journal of Comparative family Studies. D. Ibrahim. Profesionalisme Dosen dalam Program Penjaminan Mutu. Budaya Konsumsi RemajaPelajar di Tiga Kota Metropolitan Pantai Indonesia. nomor terbitan (dalam kurung).Longman Dictionary of the English Language. R.edu/v3nl/demarie.ac. (Online). Essex: Longman. 16 (1): 12-21. Contoh: Mappiare-AT. (Online). Early Childhood Research and Practice. Alamat situs jumal ditulis dengan tanda kurung dan disertai tanggal akses. dan tanggal akses. Nomor halaman tidak dicantumkan. dan nomor halaman artikel. A. (http://www. dan huruf besar pada setiap awal kata. 2009. http:// ecfp. Rate and Eventual Attainment in Second Language Acquisition. Contoh: DeMarie. diikuti dengan tahun dan judul artikel yang ditulis dengan cetak biasa. 24 (3): 291-315. Age. & Scarcella. Immigrant Families in Australia. Contoh: Wiyono. nomor jurnal. diakses 30 Agustus2001. Harlow. 14. M. Abstrak diperoleh dari Multicultural Education Abstracts. 11) Pustaka dari Artikel dalam Jurnal dari CD-ROM Penulisannya dalam daftar pustaka sama dengan rujukan dari artikel dalam jurnal cetak ditambah dengan penyebutan CD-ROM-nya dalam kurung. nomor terbitan. disertai volume. Long.. 9) Pustaka dari Artikel dalam Internet Berbasis Jumal Tercetak Cara penulisannya seperti rujukan dari artikel jumal tercetak. 1984. Di bagian akhir berturut-turut dicantumkan tahun/jilid/volume. 13: 573582 (CD-ROM: TSSOL Quarterly-Digital. J.html). 2009. 200. 1995. Abstract No. Jurnal Ilmu Pendidikan. Contoh: Krashen. A Trip to the Zoo: Children's Words and Photographs. A. 10) Pustaka dari Artikel dalam Jumal Elektronik Saja (Tidak Berbasis Cetak) Volume dan nomor jumal ditulis setelah nama jurnal. dan nomor halaman dicantumkan setelah kata (Online). M. Volume. TESOL Quarterly. 12) Pustaka dari Kumpulan Abstrak Tercetak Judul jumal dicetak miring.. 1979. dan nomor halaman dari artikel tersebut. Identitas kumpulan abstrak (volume dan nomor) juga dicantumkan. 8) Pustaka dari Artikel dalam Jumal Tercetak Nama penulis ditulis paling depan.um. Judul kumpulan abstrak dicetak miring. S.id). tetapi diikuti dengan keterangan (Online). uiuc. diakses 25 Desember 2009. 16(1): 51-58. alamat situs. 5 . 1993.

12. kemudian judul ditulis dengan huruf besar kecil dicetak miring dan diikuti dengan nomor halaman. nama tempat penerbitan. Armas Duta Jaya. dan nama lembaga yang bertanggungjawab atas penerbitan karangan tersebut.go. 18) Pustaka dari Lembaga yang Ditulis oleh Satu atau Beberapa Orahg Atas Nama Lembaga tersebut Nama orang yang mengarang ditulis pada bagian awal. Nomor halaman disebut pada bagian akhir. 14) Pustaka dari Koran Tanpa Penulis Nama koran ditulis di bagian awal. kecuali kata hubung. 15) Pustaka dari Dokumen Resmi Pemerintah yang Diterbitkan oleh Suatu Penerbit (Tanpa Penulis dan Tanpa Lembaga) Judul atau nama dokumen ditulis di bagian awal dengan cetak miring. 23 Januari 2004. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan National. Lembaga yang menerbitkan buku itu dicantumkan setelah nama kota. Tanggal. 1990. disertai alamat situs dan tanggal aksesnya.jdih. 16) Pustaka dari Dokumen Resmi Pemerintah yang Diambil dari Internet Setelah tahun dokumen. Prosesor dan Interface: Komunikasi Data. (http://www.V. dan dicetak miring.13) Pustaka dari Artikel dalam Majalah atau Koran Nama penulis ditulis paling depan. him.id). bpk. Pedoman Pondok Pesantren. dan tahun (jika ada). diikuti tahun penerbitan dokumen. S. Jakarta: PT. 6 . Nama situs dicetak tegak dengan huruf besar pada huruf awal setiap kata. diikuti o'leh tanggal. dan huruf besar pada setiap huruf awal kata. situs yang memuat dokumen tersebut dicantumkan. bulan. dan tahun ditutis setelah nama koran. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. disertai tahun. judul karangan yang dicetak miring. Ijazah Penyetaraan Paket C Rawan Manipulasi. (Online). Judul artikel ditulis dengan cetak biasa. kota penerbit dan nama penerbit. diikuti dengan tahun. Contoh: Undang-Undang Republik Indonesia Nomot 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nastohal. diakses 25 September 2008. Jakarta: Departemen Agama RI. 1990. Nama majalah ditulis dengan huruf kecii kecuali huruf pertama setiap kata. Info Komputer. IV (4): 46-48. Contoh: Suryadarma. Contoh: Undang-Undang RI No. Contoh: Dirjen Kelembagaan Agama Islam. 17) Pustaka dari Lembaga yang Ditulis Atas Nama Lembaga Tersebut Nama lembaga penanggungjawab langsung ditulis paling depan.C. 2002. bulan. Contoh: Kompas.

2005. & Ginting. diikuti secara berturut-turut oleh tahun. nama penerjemah. W. Disertasi tidak diterbitkan. Teknik Penarikan Sampel. Tanpa Tahun. tempat penyelenggaraan. Situs yang memuat makafah tersebut dan alamatnya ditulis sebelum tanggal akses. kemudian diikuti pernyataan "Makalah disajikan dalam . nama kota tempat perguruan tinggi.". Purnomowati. Contoh: Suwono. dan tanggal penyajian ditulis seperti makalah tercetak. M.erics). Hubungan antara Perilaku Kepemimpinan. Dalam Eric database. Penataran. tesis atau disertasi ditulis dengan cetak miring diikuti dengan pernyataan skripsi. nama tempat penerbitan dan nama penerbit terjemahan. Pustaka dari Internet Berupa Karya Individual Nama penulis ditulis seperti rujukan dari bahan cetak. Makalah disajikan pada the Annual Meeting of the National Council on Measurenment in Education. judul skripsi. M. Survei Implementasi Penilaian Berbasis Kelas Pembelajaran Sains Sekolah Dasar di Kota Batu. N. dan nama fakultas serta nama perguruan tinggi. 22 April 2003. (http://www.. S.I. judul makalah ditulis dengan cetak miring. H. Pustaka Berasal dari Karya Terjemahan Nama penulis asli ditulis paling depan. 2003. Malahg: PPs UM. G. 2005. (Online). 2002.. diakses 3 Mei 2005.G. 3 Desember. diikuti tahun penerbitan karya asli. atau Lokakarya Nama penulis ditulis paling depan. Jakarta: Universitas Indonesia Press. dan tanggal serta bulannya. Tesis atau Disertasi Nama penulis ditulis paling depan. dilanjutkan dengan tahun. diikuti tahun yang tercantum pada sampul. 2003. tahun terjemahan. M. Iklim Sekolah dan Profesionalisme Guru dengan Motivasi Kerja Guru pada SMU Negeri di Provinsi Bali. tempat. Contoh: Cochran. Designing accountabitity Assessments for Teaching. & Moody. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya. ditulis dengan kata Tanpa Tahun. Jakarta: PDII-LIPI. judul karya tersebut (dicetak miring) dengan diberi 7 . tesis. judul makalah. Pedoman Penampilan Majalah Ilmiah Indonesia. Pustaka Berupa Makalah yang Diseminarkan dan Dimuat di Internet Nama penyaji makalah.19) 20) 21) 22) 23) Contoh: Suwahyono. Jurusan Biologi FMIPA UM. Contoh: Meter... Pustaka Berupa Makalah yang Disajikan dalam Seminar. Malang. Chicago. Contoh: Schafer. Pustaka Berupa Skripsi. judul terjemahan. Terjemahan Rudiansyah. atau disertasi tidak diterbitkan. nama pertemuant lembaga penyelenggara. Apabila tahun penerbitan buku asli tidak dicantumkan.

Summary of Citing Internet Sites. 2004. dan diakhiri dengan tanggal akses. Contoh: Wilson.jcu. 28) Rujukan Berupa Surat Elektronik yang Ditujukan kepada Kelompok Nama penulis surat diikuti tanggal. bulan. 10 Juni 1996. dan diakhiri dengan alamat e-mail sumber rujukan tersebut disertai dengan keterangan kapan diakses. Academic Instructors or Moral Guides? Moral education in America and the Teacher's Dilemma. 8 .davis@uwts.html).M. (Online).go. (Online). Contoh: Davis. (Online).H. 25) Pustaka dari Internet berupa E-Mail Pribadi Nama pengirim (jika ada) dan disertai keterangan dalam kurung (alamat e-mail pengirim). bulan. A. The Clearing House.cc..au). topik isi bahan (dicetak miring). Model Pelatihan Guru dalam Menerapkan Kurikulum Bahasa Inggris. diakses 14 Mei 2006. (Online). dalam ProQuest (http://proquest. 27) Pustaka Berupa Catalan Kuliah yang Dimuat di Internet Nama pengajar ditulis pada bagian awal. E-mail kepada Alison Hunter (huntera@usq. topik bahan diskusi. NETTRAIN Discussion List. diakhiri dengan nomor pertemuan. 26) Pustaka dari Artikel Jurnal dari Kumpulan Artikel pada Internet Nama pengarang. tahun.au). tahun. 82(3): hlm.edu.umi.buffalo.keterangan dalam kurung (Online). Tanggal akses disertakan juga. disertai tahun kuliah. tahun. 2009. Alamat situsnya ditulis dalam kurung. Contoh: Brimi. diakses 6 Februari 2010. (http://www. (a. dan tahun. ED1401: Childhood and Adolescence.au). diikuti secara berturut-turut oleh tanggal. 125. edu. Learning to Use Web Authoring Tools.. Catalan Minggu ke-12. Kode dan nama mata-kuliah dicetak miring. diakses 23 February 2005. nama yang dikirimi disertai keterangan dalam kurung (alamat e-mail yang dikirimi). Contoh: Noor. Lembaga pengumpul artikel ditulis tegak.".com/pqdwb?did= 16116011&sid=4&Fmt=3&clientId=83321&RQT=309&Vname= PQD). diakses 22 Nopember 1995. D. I. diikuti dengan keterangan "pesan disampaikan kepada. 24) Pustaka dari Internet berupa Bahan Diskusi Nama penulis ditulis seperti rujukan dari bahan cetak. judul artikel. Alamat situs ditempatkan dalam tanda kurung. Contoh: Bond. nama bahan diskusi (dicetak miring) dengan diberi keterangan dalam kurung (Online). 20 November 1995. nama jumal. dan volumenya ditulis seperti artikel dari jumal tercetak. T. (NETTRAIN@ubvm. H.edu).edu. 2006. diikuti secara berturut-turut dengan tanggal. Alamat situs dicantumkan setelah itu. disertai dengan keterangan kapan diakses. bulan. dan diakhiri dengan alamat sumber rujukan tersebut di antara tanda kurung. kemudian judul pesan.depdiknas. (http://learnjcu2004.id/jurnal/30/ modelpelatihangurudalam_menara. di antara tanda kurung.

M. dan diberi keterangan tentang bentuk produk (misalnya. 11 Maret 2001. Laskar Cinta.misc/messagel 3). kaset rekaman). Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang. Kota tempat kaset itu diproduksi ditulis sebelum nama perusahaan rekaman.com/groups/ humanities. Jakarta: Ahmad Dhani ProductionPT Aquarius Musikindoreg. 9 .Contoh: Smith. Northern and Italian Renaissance. 11 Maret 2001. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Judul album dicetak miring. (Kaset rekaman). 2004. 29) Rujukan Karya Audio/Visual/Audiovisual Nama pengarang ditulis sebelum tahun album tersebut dibuat. Contoh: Dewa. 2000. =================================================== *Universitas Negeri Malang. Pesan disampaikan kepada kelompok (http://groups.google.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful