P. 1
filsafat ilmu dan logika

filsafat ilmu dan logika

|Views: 207|Likes:
Published by Muhammad Hamid
filsafat ilmu dan logika
filsafat ilmu dan logika

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Muhammad Hamid on Feb 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/04/2015

pdf

text

original

TUGAS FILSAFAT ILMU DAN LOGIKA “JENIS-JENIS PENGETAHUAN”

(Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Filsafat Ilmu dan Logika)

Disusun oleh : Yona Adila Pratama (I 10050109)

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PADJAJARAN JATINANGOR 2006

prasangka. Tiap jenis pengetahuan mempunyai ciri-ciri yang spesifik mengenai apa (ontology). Bersifat penuh dan rumit. baik untuk justifikasi maupun untuk menunjukan kesalahan. maka akan bersifat selektif. dan untuk apa (aksiologi) pengetahuan tersebut disusun. PENGETAHUAN SEHARI-HARI Teori Pengetahuan sehari-hari (knowledge). Jarang atau tidak dilakukan verifikasi. pengetahuan filsafat. 2. bagaimana (epistemology). pengalaman langsung. religius dan pengetahuan sehari-hari. tetapi juga ada pengetahuan moral. jadi ontology adalah ilmu terkait dengan epistemology ilmu dan epistemology ilmu terkait dengan aksiologi ilmu dan seterusnya. opini. Ciri-ciri pengetahuan sehari-hari adalah : 1. dan pengetahuan ilmiah. Dasarnya adalah empiris. Ketiga landasan ini saling berkaitan. kalaupun dilakukan verifikasi. serta berdasarkan perbedaan objek yang menjadi bahan kajiannya. sekurang-kurangnya dapat kita bedakan ada lima jenis pengetahuan. 1. Berdasarkan perbedaan cara kerja yang dipakai untuk memperoleh dan mempertanggungjawabkan kebenarannya. subjektif.JENIS-JENIS PENGETAHUAN Pengetahuan merupakan suatu kekayaan mental yang secara langsung ataupun tidak langsung turut memperkaya kehidupan kita. 3. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa ada alasan yang masuk akal untuk berfikir bahwa bukan hanya ada pengetahuan ilmiah. Berpusat pada pengalaman hidup manusia. pengetahuan agama dan teologis. pengetahuan mistik. yaitu pengetahuan sehari-hari atau common sense. dugaan. 4. Bersifat individual dan personal. tetapi tidak sistematik. dan lain-lain. Pengetahuan merupakan sumber jawaban bagi berbagai pertanyaan yang muncul dalam kehidupan kita. rumor. .

suaramerdeka. Analisis Berita diatas dapat digolongkan menjadi pengetahuan sehari-hari. Menurut yang bersifat relatif dan subjektif (kebenaran menurut kaum sofis). Berita di atas pun berasal dari pengalaman dan pendapat sehingga termasuk ke dalam pengetahuan sehari-hari. Periode-periode filsafat : 1. . tokoh-tokohnya adalah sokrates. atau perbincangan radikal sampai konsekuensi-konskuensi terakhir mengenai segala sesuatu hal atau disebut sarwa sekalian alam. Jepang juga masuk dalam daftarnya. yaitu bersifat individual dan personal. argumentasi. berpusat pada pengalaman hidup manusia. dan menjanjikan akan mengubah dunia menjadi satu lantai dansa besar. 2. karena berita di atas mencangkup semua ciri-ciri dari pengetahuan sehari-hari. 'Confession'. Socrates. akan berkeliling ke kawasan Amerika Utara mulai Mei hingga Juli. sebagai lawan dari kebenaran Menemukan cara atau metode untuk menemukan kebenaran. PENGETAHUAN FILSAFAT Teori Filsafat merupakan suatu wacana.com/cybernews/entertainmen/gosip/index. Madonna. plato. 2.Contoh Pengetahuan Sehari-hari • Sumber : http://www. sebelum menuju Eropa selama Agustus. Penyanyi berusia 47 tahun itu. mengumumkan tanggal tur dunianya. Mencari kebenaran yang bersifat universal. bersifat penuh dan rumit tetapi tidak sistematik.html Pop diva AS. Periode filsafat yunani kuno. pada Senin (03/04). Tujuan filsafat adalah : 1. yang telah menetap di Inggris. Kebenaran dapat dicapai melalui perenungan dan dialog dengan orang lain. aristoteles. jarang atau tidak dilakukan verifikasi. dan lain-lain.

intinya manusia pada prinsipnya merupakan pusat dari berfungsi sebagai alat untuk pembenaran atau jastifikasi atas ajaran agama. 3. Filsafat abad pertengahan. Contoh Pengetahuan Filsafat • Sumber : http://filsafatkita. meski tidak secara alamiah. Filsafat Filsafat Modern. strukturalisme. filsafat tentang perempuan.htm Gerak — Waktu — Imaji Gilles Deleuze Dalam Sinema. Filsafat Kontemporer. Dalam teknik yang pertama. radikal 2. 4. kritis 3. ciri-cirinya tema bervariasi. dan melepaskannya dari kekaburan kebenaran absolut dari pengetahuan. ekstensif (universal) 4. filsafat ilmu. Deleuze menerapkan teknik montage sebagai penentu bentukan relasi antara waktu dan gerak dalam sinema. rasional (lebih mengandalkan pemikiran rasional dibandingkan fakta empiris). sehingga memiliki kebebasan untuk mencari kebenarannya sendiri. alam semesta. Hal ini menjadikan dunia sebagai imaji karena imaji disusun atas gerak. Dalam teknik montage klasik waktu menjadi subordinasi gerak (imaji-gerak) sedang dalam teknik non-klasik waktu merupakan entitas yang terpisah dari gerak (imaji-waktu).f2g. disebut jaman kegelapan filsafat. eksistensialisme. Waktu terfragmentasi dan seolah seluruhnya menjadi ‘masa sekarang’. film tidak semata sebagai potongan-potongan gambar yang diam. . postmodernisme. tetapi imaji-imaji yang secara linier bergerak seirama dengan aliran pergantian-pergantian shot. Gerak dan waktu yang dihasilkan bukan gerak-waktu yang sebenarnya.2. aliran-alirannya adalah fenomenologi. Di atas segalanya. Ciri-ciri pengetahuan filsafat adalah : 1. prinsip-prinsip sinematografi yang dipakai Deleuze ini hendak mengafirmasi kehidupan. dalam teknik montage non-klasik tidak ada aliran linier imaji-imaji. Di sisi lain.net/sine1.

An Nuur ayat 39 dan QS. Al Furqan : 23 . termasuk didalamnya adalah pengetahuan kita tentang Tuhan.. amal-amal mereka laksana fatamorgana di tanah yang datar. universal.Analisis Pernyataan Deleuze di atas termasuk kedalam pengetahuan filsafat.” QS. Maharahim. dan sebagainya merupakan pokok iman dan bukan materi pengetahuan manusia. kritis. tetapi bila didatangi air itu. disangka air oleh orang-orang yang dahaga. yaitu radikal. baik secara apriori berdasarkan penalaran logis maupun secara aposteriori berdasarkan pengalaman. Sehingga jelaslah bahwa pernyataan diatas termasuk kedalam pengetahuan filsafat. karena pernyataan tersebut mempunyai ciri-ciri pengetahuan filsafat. Al Furqan ayat 23 (tentang perbedaan amal setiap manusia) QS An Nuur : 39 “Dan orang-orang kafir. kepercayaan. PENGETAHUAN AGAMA ATAU TEOLOGIS Teori Pengetahuan religius. Dengan kata lain. Pernyataan bahwa Tuhan itu ada dan memiliki sifat-sifat tertentu seperti Mahakuasa. Maha Pengasih dan Penyayang.. baik tolak ukur kebenaran rasio (the truth of reason) maupun kebenaran faktual atau empiris (the truth of fact/empirical truth) tidak berlaku untuk pernyataan-pernyataan religius. Sesungguhnya berada di luar lingkup pengetahuan manusia. 3. QS. Dasar pengetahuan agama adalah keyakinan. dia tidak mendapati sesuatu apapun. Benar-salahnya pernyataan tersebut tidak dapat ditentukan. Contoh Pengetahuan Agama dan Teologis • Sumber : Al-Qur’an. bersifat untuk umum. dan iman. Cirinya adalah mengacu pada sesuatu yang bersifat Illahi. dan lebih mengandalkan pemikiran rasional dibandingkan fakta empiris. Pernyataan di atas juga merupakan suatu usaha untuk mencari kebenaran dan kebenaran itu adalah kebenaran yang universal.

bisa disebabkan oleh lemahnya keimanan seseorang hingga mudah dimasuki oleh makhluk gaib semacam jin. Mengenai kiat menangkal kesurupan.”Dan Kami akan perlihatkan segala amal yang mereka kerjakan. Contoh Pengetahuan Mistik • Sumber : http://www.pikiran-rakyat. Ciri-ciri dari pengetahuan mistik adalah sering tanpa pertimbangan rasional dan empiris. Namun. sebaliknya di kalangan psikiater. Dan untuk mempercayai dan meyakini kebenaran tersebut tergantung keyakinan dan keimanan dari masing-masing diri individu itu sendiri.htm AKHIR-AKHIR ini kesurupan massal seperti menjadi berita biasa karena peristiwa itu hampir setiap pekan terjadi di berbagai daerah di Indonesia.com/cetak/2006/042006/05/0106. Pernyataan diatas adalah suatu pengetahuan tentang Tuhan dan bersumber langsung dari Tuhan sehingga kebenarannya tidak diragukan lagi. Kesurupan. lalu Kami akan jadikan amal itu (bagaikan) debu yang beterbangan. kesurupan massal berkaitan dengan dunia gaib. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kesurupan massal. Nabi Muhammad saw. PENGETAHUAN MISTIK Teori Dasar pengetahuan mistik adalah kepercayaan subjektif tentang sesuatu yang gaib. kesurupan massal tidak ada hubungannya dengan alam gaib. mengajarkan kiatkiat menangkalnya dan menyembuhkan orang kesurupan dalam bentuk rukiyah (jampijampi)." katanya. Karena pernyataan tersebut mengacu pada sesuatu yang bersifat Ilahi. menurut Ustaz Aminuddin. Kondisi fisik dan kejiwaan yang lemah membuat seseorang akan mudah terasuki hingga kesurupan.” Analisis Pernyataan diatas termasuk kedalam pengetahuan agama. 4. "Namun harus hati-hati menerapkannya karena khawatir terjebak dalam . "Bisa juga karena orang tersebut sedang lemah fisik atau kejiwaannya seperti sedang melamun. frustrasi. Di kalangan ulama. atau sejenisnya. Kebenaran pernyataan tersebut tergantung individu itu meyakininya dan mempercayainya. stres.

"Bisa juga dengan memijat bagian tubuh seperti tangan dari pijatan lembut sampai keras.S. maka penyembuhannya bisa segera dilakukan. 5. berarti diserahkan ke dokter. Al-Mu'minun: 97. mengatakan. Setelah diketahui kesurupan tersebut masuk kategori medis atau nonmedis. kita bisa menyembuhkan orang yang kesurupan. Karena ciri-cirinya sesuai dengan ciri-ciri pengetahuan mistik yaitu tidak didasari dengan pikiran yang rasional juga tidak ada faktor empirisnya. Dion D. Kita harus bedakan apakah seseorang yang kesurupan akibat penyakit medis atau nonmedis.kemusyrikan. Tengku Maulana menyarankan agar dibacakan zikir atau ayat-ayat Alquran di dekat telinga korban seperti Q." katanya." katanya. oleh karena itu kebenarannya tidak dapat dibuktikan secara empiris. Sedangkan menurut K. "Kebanyakan korban kesurupan adalah perempuan karena dari segi kejiwaan lebih lemah dibandingkan laki-laki. peristiwa kesurupan massal merupakan akibat dari bergesernya alam gaib karena fenomena alam.A. Analisis Pernyataan-pernyataan diatas dapat digolongkan kedalam pengetahuan mistik. Tengku Maulana. dibabatnya hutan mempercepat transformasi makhluk gaib singgah ke tubuh manusia. Sementara dari kalangan paranormal. "Kalau medis. bencana tsunami." katanya. Gunung meletus. Dengan memakai rukiyah seperti diajarkan oleh Nabi Muhammad. kesurupan lebih banyak disebabkan kelemahan iman dan kekosongan jiwa sehingga setan atau jin mudah masuk. Pernyataan-pernyataan diatas sebenarnya termasuk kedalam kepercayaan individu terhadap sesuatu yang gaib.H. PENGETAHUAN ILMIAH Teori . sedangkan nonmedis akibat kemasukan jin bisa dengan mengalirkan tenaga dalam dan alat seperti korek api atau alat lainnya. Dan manusia yang paling sensitif adalah perempuan mengingat tingkat kepekaan dan imajinasinya cukup tinggi. Apalagi perempuan sering berlebihan dalam mengekspresikan masalah sehingga mudah kesurupan." katanya. yakni kemasukan jin. banjir di mana-mana.

7. Pengetahuan ilmiah bukanlah pengetahuan yang pasti benar. 5. Kumpulan hukum yang serumpun dan tertata secara sistematis membentuk suatu teori ilmiah. Metode ilmiah ini. dapat dirumuskan hukum empiris dan bentuk putusan universal. 4.Pengetahuan ilmiah adalah jenis pengetahuan yang diperoleh dan dipertanggungjawabkan kebenarannya secara ilmiah atau dengan menerapkan cara kerja atau metode ilmiah. Ciri-ciri pengetahuan ilmiah : 1. deduksi membantu mempersatukan pengetahuan ilmiah. Selain itu. Pengetahuan ilmiah ini. . Berpangkal pada pengamatan kejadian-kejadian. baik dari pengalaman akan alam langsung atau dari hasil percobaan yang didesain melalui induksi dapat dirumuskan hipotesis yang dapat menjelaskan persoalan yang dihadapi. melainkan pengetahuan yang mendekati kebenaran. Mencari dan berusaha mengetahui ciri-ciri pokok dan perilaku jenis-jenis benda yang sedang diamati. melibatkan perpaduan antara cara kerja induktif. Untuk dapat berkembang dibutuhkan imajinasi. dan abduktif. bila terbukti benar dalam berbagai pengujian dan ditemukan pola yang berulang. Menggunakan metode deduksi yang berfungsi untuk membawa orang dari hukum-hukum yang umum atau prinsip-prinsip teoritis yang berlingkup luas ke hukum-hukum yang kurang umum atau prinsip-prinsip teoritis yang lebih sempit lingkupnya. sebagai bahan mentah untuk pengetahuan ilmiah. Hipotesis tersebut diuji coba kebenarannya. Metode ilmiah adalah prosedur atau langkah-langkah sistematis yang perlu diambil guna memperoleh pengetahuan yang didasarkan atas persepsi inderawi dan melibatkan uji coba hipotesis serta teori secara terkendali. 6. 2. baik dalam merumuskan pertanyaan-pertanyaan dan menyusun hipotesis untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Pengetahuan ilmiah tidak selalu berkembang dengan merentang penyimpulan berdasarkan apa yang telah kita ketahui. 3. Harus ada hipotesis. pengetahuan dikumpulkan secara ilmiah dengan tujuan untuk menjawab permasalahan kehidupan yang sehari-hari dihadapi manusia. mempelajari alam sebagaimana adanya dan terbatas pada lingkup pengalaman kita. Pengetahuan ilmiah tidak selalu diperoleh melalui proses generalisasi. Pengetahuan ilmiah itu pertama-tama memperoleh pendasaran secara induktif bukan secara deduktif. deduktif.

cgiar. "Riset menunjukkan . Pada tahun 1999.org/publications/Html/AR-1999/Indonesian/Content-5. dan mengapa? Pemecahan masalah penyebab utamanya akan memudahkan para pengambil kebijakan regional dan nasional untuk membuat konsep awal peraturan dan reformasi pemanfaatan lahan yang bertujuan mencegah bencana kebakaran besar yang biasanya menjalar di luar kontrol seperti yang terjadi pada tahun 1997-1998 dan permulaan awal tahun 1999. motivasi masyarakat yang melakukan pembakaran.dua buah kawasan yang mengalami kebakaran hebat di tahun 1997-1998.S. Kebakaran yang terjadi baru-baru ini yang melahap sebagian besar kawasan hutan di Indonesia telah memacu timbulnya keinginan untuk menangani masalah tersebut secara luas. Metodologi yang digunakan mengkombinasikan riset ilmu pengetahuan sosial dengan penginderaan jarak jauh dan GIS untuk memberikan analisa yang komprehensif menyangkut asal kebakaran. Contoh Pengetahuan Ilmiah • Sumber : http://www.htm ILMU PENGETAHUAN ILMIAH DAN "PRAKTEK TERBAIK" UNTUK HUTAN LESTARI Wawasan yang lebih mendalam tentang kebakaran hutan. memulai proyek riset kerjasama yang mengamati berbagai pendekatan dari kebanyakan upaya menghadapi kebakaran yang secara dramatis berbeda. dan dampak sosial dan lingkungannya. dimulai pada tahun 1999 pada 8 lokasi di Sumatra dan Kalimantan .cifor. International Centre for Research in Agroforestry (ICRAF). Para ilmuwan bekerja untuk benar-benar menuju pada pangkal permasalahan: Siapa yang menyulut api. CIFOR dan mitra anggota CGIAR yang juga berlokasi di Bogor. Hasil pendahuluan menunjukkan bahwa permasalahannya ternyata sangat rumit dan sangat bervariasi antar satu propinsi dengan propinsi lainnya. Kegiatan lapangan untuk riset ini yang dibiayai sebagian besar oleh U.Dasar dari pengetahuan ilmiah adalah pengamatan empiris dan pemikiran logis. Forest Service dan dikoordinasikan oleh Graham Applegate dari CIFOR. susunan sosial ekonomi dan kemungkinan faktor pendukung lainnya yang menciptakan kebakaran hebat seperti sistem status kepemilikan lahan yang ada saat ini. Sepuluh lokasi untuk studi yang mendalam telah dipilih untuk mewakili berbagai tipe hutan dan pemanfaatan lahan yang berbeda.

koordinator proyek GIS/penginderaan jarak jauh. salah satu lokasi studi menyulut api untuk membalas dendam atas lahan yang telah diambil alih yang sebelumnya digunakan untuk pertanian. Riset dipersiapkan untuk dilanjutkan dengan biaya tambahan dari European Union. menjadikan bencana kebakaran sebagai masalah terbesar di kawasan ini." menurut Rona Dennis. Pekerjaan ini sangat memakan waktu dan relevan bagi Indonesia sebagaimana demokratisasi dan kemajuan menuju devolusi kekuatan membuka jendela peluang bagi perubahan kebijakan.bahwa api mungkin digunakan sebagai alat yang membantu atau sebagai senjata dalam berbagai skenario yang berbeda.ketegangan yang semakin meningkat karena lemahnya kebijakan dalam perencanaan pemanfaatan lahan. "Para ahli setuju bahwa kebakaran hutan hebat yang terjadi pada tahun 1997-1998 di Indonesia merupakan sebuah bencana global. Riset mendokumentasikan insiden dimana penduduk lokal dengan sengaja Di Kalimantan Barat. Langkah berikutnya akan meliputi pelatihan dan bimbingan teknis untuk memperkuat kemampuan Indonesia dalam mengerjakan riset dan analisa yang berkaitan dengan kebakaran. dengan semakin bertambah banyaknya penduduk dan kondisi udara yang sangat kering ditambah dengan El Nino diantaranya." . Para ilmuwan pada akhirnya akan mengintegrasikan studi yang "site-specific" (spesifik pada lokasi tertentu) dengan penilaian dari keseluruhan pulau untuk memberikan landasan yang kokoh bagi analisa dan rekomendasi kebijakan yang berorientasi pemerintahan. Tetapi hasil riset saat ini menunjukkan. terletak di dalam Taman Nasional dimana penduduk lokal sudah biasa menggunakan api selama ratusan tahun untuk membakar sedikit areal hutan rawa untuk memancing. contohnya. studi menemukan adanya konflik lama yang cukup mendalam antara penduduk lokal dengan perusahaan yang membangun tanaman industri serta perusahaan minyak kelapa sawit . Informasi seperti ini juga akan membantu lembaga seperti Association of South East Asian Nation (ASEAN) yang sudah mengajukan permohonan untuk mencegah asap keluar melewati perbatasan akibat terulangnya perisiwa kebakaran hutan. Kegiatan CIFOR-ICRAF dituangkan berdasarkan temuan pelengkap dari proyek riset kebakaran yang dilakukan oleh beberapa lembaga lainnya. Pada salah satu lokasi di Sumatra.

Begitupula dengan perbedaan dari masing-masing pengetahuan. Dan kebenarannya pun dapat dipertanggungjawabkan karena para ilmuwan ini melakukan beberapa percobaan terlebih dahulu sebelum mereka menyimpulkan suatu teori untuk dijadikan sebagai pengetahuan. serta ukuran dari objek yang diteliti sampai kepada cara menentukan kebenaran dari tiap pengetahuan tesebut. objek yang diteliti. . objek penelitian yang berbeda. Dan juga pengetahuanpengetahuan tersebut pada dasarnya memiliki karakteristik yang berbeda. dan juga dilakukan percobaan. karena masing-masing dari pengetahuan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya. pengetahuan filsafat. pengetahuan mistik. Pengetahuanpengetahuan tersebut mempunyai ciri-ciri dan tujuan masing-masing. teori-teori yang menjadi sumber dari ilmu pengetahuan tersebut. Baik dari cara memperoleh pengetahuan tersebut. telah jelas pula bahwa pengetahuan terbagi menjadi lima. KESIMPULAN Dari contoh-contoh diatas. dasar teori yang berbeda.Analisis Pembahasan di atas termasuk ke dalam pengetahuan ilmiah karena menggunakan metode-metode ilmiah seperti adanya dasar pemikiran. Ilmu pengetahuan juga tidak dapat disimpulkan menjadi ilmu yang lebih unggul dibandingkan dengan pengetahuan lainnya. adanya hipotesis. adanya permasalahan. Dan juga. Karena setiap pengetahuan itu mempunyai keunggulannya dan kelemahannya masing-masing. Setiap pengetahuan mempunyai ciri-ciri yang khas dari masing-masing pengetahuan tersebut. pengetahuan agama dan pengetahuan ilmiah. metode yang digunakan. dan metode-metode yang berbedabeda. setiap pengetahuan tersebut tidak dibandingkan mana yang benar mana yang salah. Yaitu ada yang disebut dengan pengetahuan sehari-hari.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->