Contoh Seloka seloka adalah bentuk puisi melayu klasik yang berisikan pepatah maupun perumpamaan yang mengandung

senda gurau, sindiran bahkan ejekan. ok guys.. ini dia contoh seloka, aku buat seloka yang berjudulkan "Seloka Rindu" ini pas dikasih tugas sama guru bahasa indonesia kelas XII. Made By Myself loh guys.. Check This Out guys... Seloka Rindu Sayur – mayur dari pasar Tak ada lobak dapatnya kentang Rasa rindu semakin besar Menunggu abang tak kunjung datang Tak ada lobak dapatnya kentang Lubang digali semakin dalam Menunggu abang tak kunjung datang Saya menangis setiap malam Lubang digali semakin dalam Ibu membeli sekilo teri Saya menangis setiap malam Berharap abang datang kemari Ibu membeli sekilo teri Ayah membawa batu yang kasar Berharap abang datang kemari Karena rasa rindu semakin besar Ayah membawa batu yang kasar Adi bermain memakai topi Karena rasa rindu semakin besar Dirimu terbawa kedalam mimpi Adi bermain memakai topi Kakak membuat kue di loyang Dirimu terbawa kedalam mimpi Karena engkaulah yang aku sayang Kakak membuat kue di loyang Sambil makan sepotong roti Karena engkaulah yang aku sayang Hanya engkau pengisi hati Contoh Gurindam –

. tiap bait terdiri dari dua baris kalimat dengan irama yang sama dan merupakan kesatuan yang utuh. dan disajikan hanya untuk memperkaya khazanah karya sastra Indonesia. Raja mufakat dengan menteri Seperti kebun berpagarkan duri Betul hati kepada raja Tanda jadi sebarang kerja Hukum adil atas rakyat Tanda raja beroleh inayat Kasihkan orang yang berilmu Tanda rahmat atas dirimu Hormat akan orang yang pandai Tanda mengenal kasa dan cindai Ingatkan dirinya mati Itulah asal berbuat bakti Akhirat itu terlalu nyata Kepada hati yang tidak buta Dengan guru hendaklah hormat Supaya badan hendak selamat Contoh Syair Syair awal mulanya berasal dari jazirah Arab yang artinya puisi atau sajak. yaitu kirindam yang berarti mula-mula amsal atau perumpamaan. Semua baris merupakan isi dan biasanya tidak selesai dalam satu bait karena semuanya digunakan untuk bercerita tentang sesuatu. Arti kata Gurindam sendiri berasal dari India. Adapun contoh Gurindam yang akan dipublikasikan tersebut adalah contoh gurindam pendidikan yang merupakan bagian dari contoh gurindam Indonesia.Gurindam adalah puisi Melayu lama yang terdiri dari dua bait. syair berarti adalah puisi lama yang terdiri atas empat baris per bait. memiliki rima / a a a a /. Pada tulisan ini akan dipublikasikan contoh Gurindam kepada teman-teman semua. Dalam kesusastraan bangsa Indonesia. adapun contoh Gurindam ini diperoleh dari berbagai sumber situs internet.\ Berikut adalah beberapa contog Gurindam. seperti halnya contoh syair dan contoh geguritan yang sudah dipublikasikan pada postingan terhadulu.

Berikut bintang punya berbagai macam koleksi contoh pantun nasehat yang bisa kamu pakai. Untuk melestarikan agar Karmina tetap eksis. khususnya pada acara-acara penting dalam budaya Betawi. maka sebetulnya perlu kembali digalakkan ditengah-tengah masyarakat.Diatas adalah pengertiannya. Namun sangat sayang dalam perkembangannya keberadaan Karmina sudah semakin kalah pamor dengan keberadaan pantun. Contoh pantun Ada ubi ada talas Ada budi ada balas Sebab pulut santan binasa Sebab mulut badan merana Jalan kelam disangka terang Hati kelam disangka suci Akal pendek banyak dipandang Janganlah hati kita dikunci Bunga mawar bunga melati Kala dicium harum baunya Banyak cara sembuhkan hati Baca Quran paham maknanya Contoh Karmina Pemakaian Karmina sejauh ini masih sering digunakan.com mengajak pembaca untuk melihat berbagai contoh syair dengan tema yang berbeda… Contoh Syair Melayu Lama Syair Ken Tambuhan Lalulah berjalan Ken Tambuhan diiringkah penglipur dengan tadahan lemah lembut berjalan pelahan-lahan lakunya manis memberi kasihan Tunduk menangis segala puteri Masing-masing berkata sama sendiri Jahatnya perangai permaisuri Lakunya seperti jin dan peri Contoh pantun Orang zaman dahulu sering menggunakan pantun untuk memberi nasehat kepada orang yang lebih mudah. khususnya pada . sekarang blogbintang.

maju hadapi hujan Payungilah langkahmu dengan iman Dan temukanlah pelangi impian . sesal tak ada guna kawan Tak akan pernah kau temukan jawaban Awan hilang.berbagai kegiataan kesenian. bawa pelangi senyuman Bawa terang dari kebahagiaan Sungguh. Contoh Karmina 1 Dahulu ketan sekarang ketupat Dahulu jagoan sekarang ustad Contoh Karmina 2 Pergi ke rawa ke muara pula Sudah tak juara tak sholat pula Contoh Talibun Kepada istri cinta utama Merasa jenuh berlalu gampang Kerja lembur berhari .hari Tiada hari tanpa merana Adinda jauh selalu terbayang Jika tidur termimpi – mimpi Puisi Nasihat Sahabat Awan hitam membawa kegelapan Jatuhkan tetes dari penyesalan Sungguh. itu tak datang dari penyesalan Usahalah pengundang kebahagiaan Maka hapuslah tetes penyesalan Mari bersama.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful