LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2012 DAN RENCANA KERJA TAHUN 2013 BIDANG KEPERAWATAN RSUD KELAS B KABUPATEN SUBANG

RUANG TERATAI ATAS

PEMERINTAH KABUPATEN SUBANG RSUD KABUPATEN SUBANG JL. BRIGJEN KATAMSO NO. 37 2012

Akhimya demi kemajuan pelayanan keperawatan di Ruang Teratai Atas. Adapun laporan ini diharapkan bisa menjadi salah satu langkah dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan khususnya keperawatan di Rumah Sakit Umum Kelas B Kabupaten Subang. Ruang Teratai Atas . Selama pelaksanaan pelayanan yang di lakukan pada tahun 2012 kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu. Kepala Instalasi Rawat Inap RSUD Kelas B Kabupaten Subang 5. Subang. Bidang Keperawatan Beserta Staf RSUD Kelas B Kabupaten Subang 4. Direksi beserta staf RSUD Kelas B Kabupaten Subang 3. Seluruh karyawan Ruang Teratai Atas RSUD Kelas B Kabupaten Subang Kami menyadari bahwa selama dalam melaksanakan tugas masih jauh dari sempuma dan banyak sekali kekurangan. Direktur Rumah Sakit Umum Kelas B Kabupaten Subang 2. kami mengharapkan kritik dan sarannya dari semua pihak yang terkait. yang diantaranya kepada yang terhormat : 1. Desember 2012 Ka.KATA PENGANTAR Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan Hidayah-Nya sehingga kami masih diberikan kesempatan untuk menyusun laporan akhir tahun tentang pelayanan keperawatan kepada pasien rawat inap di Ruang Teratai Atas Rumah Sakit Umum Daerah Kelas B Kabupaten Subang.

. Ruangan Teratai Atas sebagai Ruangan kelas I yang merupakan bagian integral dari sistem pelayanan keperawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Kelas B kabupaten Subang dalam memberikan pelayanannya sangat mengutamakan kepuasan pelanggan.BAB I PENDAHULUAN A.Sehingga kepuasan pelanggan yang menjadi target utama layanan Rumah Sakit Umum Daerah kabupaten Subang dapat tercapai. Pelayanan yang diberikan terhadap pasien di ruang Teratai Atas adalah dengan cara menerapkan padoman bahwa pasien adalah konsumen yang harus dilayani sehingga bisa mepcapai sebuah pelayanan prima dan sesuai dengan misi yang di harapkan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Subang. Maka rumah sakit sebagai tempat pemberi pelayanan kesehatan harus bekerja keras untuk menarik konsumen yang membutuhkan jasa pelayanan kesehatan dengan menerapkan pelayanan prima sebagai landasan yang harus diterapkan. di semua Rumah Sakit. tetapi demi mendapatkan kenyamanan yang lebih serta pelayanan yang lebih dan berbeda dari ruangan biasa kalangan menengah kebawah pun sudah banyak yang menggunakan ruangan ini sebagai tempat menerima pelayanan kesehatan. Latar Belakang Seiring dengan perkembangan jaman serta persaingan dalam hal pemberian jasa pelayanan kesehatan yang semakin kompetitif. Dalam pelaksanaannya kebutuhan pelayanan keperawatan ruang kelas I bukan lagi menjadi kebutuhan untuk kalangan menengah keatas saja. Akan tetapi fasilitas yang ada di ruangan pun harus menunjang sehingga para pelanggan merasa puas.Dengan terus berupaya seoptimal mungkin meningkatkan dan menerapkan Profesionalisme dalam pekerjaannya.

Selama pelayanan yang dilaksanakan pada tahun 2012 banyak hal-hal yang terjadi di ruang Teratai Atas sehingga baik dari segi SDM. meliputi : 1) 2) Melakukan Pre dan Post Comprain Mengatur dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan pelayanan diruang rawat . Sarana dan Prasarana maupun dalam hal pengembangan SDM. Kepala Ruangan jawab dan wewenang dalam mengatur dan Kepala Ruangan sebagai seorang tenaga keperawatan yang diberi tanggung mengendalikan kegiatan pelayanan keperawatan di ruang rawat baik ketenagaan. B. Melaksanakan fungsi pergerakan dan pelaksanaan (P2). Melaksanakan Fungsi Perencanaan (P1) yang meliputi : 1) 2) Menyusun rencana kerja kepala ruangan Berperan serta menyusun falsafah dan tujuan pelayanan keperawatan diruang rawat 3) Menyusun rencana kebutuhan tenaga keperawatan dari segi jumlah maupun kualifikasi untuk ruang rawat dan koordinasi dengan Kepala Instalasi b. Hal hal tersebut dilaporkan dalam bentuk Laporan Kegiatan Tahun 2012 dan Rencana Kerja Tahun 2013 Ruang Teratai Atas yang diharapkan bisa menjadi salah satu langkah dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Kelas B Kabupaten Subang. Tugas Pokok Dan Fungsi Ruang Teratai Atas diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien secara menyeluruh dalam pemenuhan kebutuhan kesehatan pasien itu sendiri. sehingga dalam memberikan pelayanannya memiliki tugas pokok dan fungsi yang diantaranya : 1. fasilitas dan proses keperawatan di Instalasirawat inap yang memiliki tugas pokok dan fungsi sebagai berikut : a.

3) Menyusun jadwal atau daftar dinas tenaga keperawatan tiap bulannya 4) Melaksanakan orientasi tenaga baru yang akan Memberikan orientasi kepada pasien I keluarga bekerja di ruang rawatnya 5) meliputi penjelasan peraturan Rumah Sakit. pelaporan asuhan keperawatan dan kegiatan lain secara tepat dan benar 12) Memberi motivasi kepada petugas Cleaning Service dalam memelihara kebersihan lingkungan ruangan 13) Meniliti peng-entry-an data pasien ruang Teratai Atas 14) Meneliti atau memeriksa daftar permintaan makanan pasien berdasarkan macam dan jenis makanan pasien 15) Memberikan penyuluhan kesehatan kepada pasien atau keluarga sesuai kebutuhan dasar . tata tertib ruang rawat. fasilitas yang ada dan cara penggunaannya serta kegiatan rutin sehari-hari 6) Membimbing tenaga keperawatan untuk melaksanakan pelayanan I asuhan keperawatan sesuai standar 7) Mengadakan pertemuan berkala I sewaktu waktu dengan staf keperawatan dan petugas lain yang bertugas diruang Teratai Atas 8) Memberi kesempatan atau ijin kepada Staf untuk mengikuti kegiatan ilmiah I penataran dengan koordinasi ke Kepala Instalasi dan Bidang Keperawatan 9) Mengupayakan pengadaan peralatan dan obat - obatan sesuai kebutuhan berdasarkan ketentuan I kebijakan Rumah Sakit 10) Mendapingi Visite Dokter dan mencatat hasil Kolaborasi 11) Mengedalikan klien sistem pencatatan.

Ruang Teratai Atas memiliki satu orang dokter umum sebagai dokter jaga ruangan. Memberikan Asuhan Keperawatan bagi semua kalangan Memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan selama Memberikan pelayanan keperawatan yang optimal dengan menjalani perawatan 3.C. 2. Askes PNS. TUJUAN Dalam melaksanakan pelayanannya ruang Teratai Atas Rumah Sakit Umum Daerah Kelas B Kabupaten Subang memiliki tujuan yaitu : 1. semua pasien yang dirawat di ruang Teratai Atas berhak mendapatkan pelayanan pemeriksaan langsung oleh dokter Spesialis. 2 orang sebagai ketua tim sementara sisanya yang berjumjah 9 orang sebagai perawat pelaksana dan juga memiliki 1 orang sebagai Cleaning Service. atau asuransi Swasta lainnya tetapi pelayanan yang . sementara untuk tenaga keperawatan berjumlah 13 orang yang terdiri dari 1 orang sebagai kepala ruangan. ramah serta konsisten. Dalam upaya peningkatan kepuasan pelanggan semua pasien ruang Teratai Atas mendapatkan fasilitas kamar rawatan untuk dua orang. Jamsostek. ketersediaan SDM yang protesional D. AC dan kamar mandi disetiap ruangannya. Gambaran Umum layanan Ruang Teratai Atas Ruang Teratai Atas merupakan bagian integral dari unit pelayanan di Rumah Saki! Umum Daerah Kabupaten Subang sebagai ruang kelas I dengan general kasus yang memberikan asuhan keperawatan secara professional dengan tujuan untuk Meningkatkan proses asuhan keperawatan secara etis. ruangan ini melayani pasien dengan berbagai macam Status bayar baik itu pasien dengan Status bayar umum (sendiri). Ruang Teratai Atas adalah ruang pelayanan Keperawatan. Selain memberikan pelayanan pemeriksaan oleh Dokter umum.

E. Spoolhock.diberikan tetap sama tanpa melihat dari Status bayar dan terus memberikan pelayanan yang maksimal terhadap pasien. dan Gudang. Pemenuhan Kebutuhan pelayanan kesehatan Pasien secara cepat merupakan salah satu yang harus dilakukan di ruangan ini sehingga respen perawat atau petugas lainnya juga sangat dipertukan. di setiap kamar di ruang Teratai Atas kapasitas memiliki 2 tempat tidur disertai dengan kelengkapan AC serta kamar mandi itu menambah kenyamanan pasien selama dirawat. kemampuan perawat dalam berkomunikasi juga terus ditingkatkan guna mencegah kesalah pahaman antara perawat dengan pasien ataupun keluarga. ruang diskusi. Faktor Kelemahan Penggunaan tabung oxigennya masih menggunakan tabung biasa sehingga kapasitas oxigen terbatas. dapur. Analisa SWOT 1. oleh karena itu pemahaman tenaga kesehatan dalam haI ini perawat sebagai pemberi pelayanan yang langsung ke pasien selama 24 jam harus terus ditingkatkan sehingga dapat memberikan informasi tentang penyakit yang diderita pasien dengan jelas. . 2. Dikarenakan ruang Teratai Atas adalah Ruangan KELAS maka ketersediaan Sofa sangat dibutuhkan dan sampai saat ini belum tersedia dan TV juga belum tersedia. Pada saat ini masyarakat indonesia khususnya Kabupaten Subang sudah semakin maju dan semakin kritis dalam berbagai hal termasuk dengan pemberian petayanan kesehatan sehingga kebutuhan Informasi tentang panyakit sangat diutamakan. ruang jaga. Faktor Kekuatan Ruang Teratai Atas memiliki 12 orang tenaga keperawatan selama tahun 2012 yang dirasakan belum cukup untuk merawat pasien dengan kapasitas jumlah tempat tidur 20 buah juga memiliki.

Faktor Peluang Dalam upaya peningkatan pelayanan di ruang Teratai Atas terus mengusulkan ke bagian manajemen agar mengikut sertakan perawat ruang Teratai Atas dalam seminar .alat khusus pun Ruang Teratai Atas belum ada yang diikutkan dalam pelatihan ataupun seminar selama Tahun 2012. PPGD. . perawatan penyakit dalam dan perawatan anak karena ruang Teratai Atas melayani pasien general kasus. perawatan bedah. selain itu Suction Central juga tidak kurang pentingnya untuk memudahkan perawat jika ada lebih dari satu pasien yang membutuhkan penggunaan alat.alat kesehatan dan SDM yang terlatih. sementara selama Tahun 2012 di Ruang Teratai Atas belum memiliki alat-alat khusus seperti Defibrilator yang sangat dibutuhkan ketika pasien mengalami henti jantung.seminar ataupun pelatihan yang diantaranya pelatihan tentang. 4. Faktor Ancaman Pelaksanaan pelayanan sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang diantaranya adatah ketersediaan alat .3. selain itu tenaga perawat terlatih untuk penggunaan alat .tersebut.

3. Peran dan Fungsi Tenaga Keperawatan DalamTugasnya . serta pengalaman kerja dalam hal pelayanan kesehatan kepada pasien. R Aniawati Didi Budiana Pepi Rostini Maryani Soneangsih Ruang Sebelumnya Dahlia Dahlia Ruang Baru TA TA 2.BAB II KETENAGAAN A. Kemampuan SDM dan Pengembangan Ruang Teratai Atas memiliki karyawan dengan pendidikan formal yang berbeda .Ners Titin kartini Skep Eneng Sunengsih Iyan Hadiyanto Saeni Kiki G.. Pelatihan selia seminar sangat diharapkan bisa di ikuti secara berkala oleh seluruh karyawan Ruang Teratai Atas. Untuk Kepala ruangan yang terdahulu beralih tugas ke Ruang Teratai Bawah dan Kepala Ruangan yang baru berasal dari Ruang Dahlia dan Perawat Pelaksana Ke Ruang Dahlia No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 14 Nama Sukarya Skep. Rotasi Tenaga Keperawatan Selama pelaksanaan pelayanan keperawatan di Ruang Teratal Atas RSUD Kelas B Kabupaten Subang tahun 2012 mengalami satu kali rotasi yaitu rotasi Kepala Ruangan dan perawat pelaksana satu orang. Profil Tenaga Keperawatan 1.beda.

Dalam memeberikan pelayanan kesehatan pada pasien rawat inap khususnya di ruang Teratai Atas dibutuhkan perawat yang memahami tentang peran dan fungsinya sebagai pemeberi pelayanan yang langsung kepada pasien. di bawah ini dijelaskan peran dan fungsi Ketua Tim dan Perawat Pelaksana : a. Ketua Tim 1) 2) 3) Bersama Kepala Ruangan mengadakan Pre dan Post Menyusun Melakukan rencana asuhan tugas keperawatan bersama untuk kepala Comprain perawat pelaksana pembagian ruangan sesuai dengan perencanaan terhadap pasien yang menjadi tanggungjawabnya 4) 5) Mengikuti visit dokter Menilai hasil kerja anggota dan mendiskusikan Menciptakan kerjasama yang harmonis antar tim dan Memberi pertolongan segera pada pasien dengan Mengawasi proses asuhan keperawatan dan masalah yang ada dengan bimbingan 6) anggota 7) 8) 9) kedaruratan pendokumentasian Memberi petunjuk dan pengarahan pada anggota tim dalam melakukan asuhan keperawatan 10) Mengawasi dan berkomunikasi langsung dengan perawat pelaksana dalam memberi asuhan keperawatan 11) Mengevaluasi penampilan kerja dalam proses asuhan keperawatan yang dilaksanakan anggota tim 12) Mengevaluasi kegiatan dan laporan anggota tim bersama kepala ruangan 13) Membantu tim lain .

Perawat Pelaksana 1) Mengikuti Pre dan Post Comprain Membersihkan dan merapihkan tempat tidur pasien Memelihara kebersihan ruang rawat dan 2) 3) 4) lingkungannya Melakukan tindakan keperawatan kepada pasien Melakukan penyuluhan kesehatan kepada pasien dan Melatih Melatih pasien pasien menggunakan untuk alat bantu tindakan sesuai dengan kebutuhan dan batas kewenangan 5) 6) keluarga kesehatar1'sesuai dengan kebutuhan 7) melaksanakan keperawatan dirumah 8) Menerima pasien baru sesuai dengan prosedur dan Memelihara peralatan keperawatan dan medis agar ketentuan yang berlaku 9) selalu dalam keadaan siap pakai 10) Mengobservasi keadaan umum pasien bagi pasien dalam keadaan observasi 11) Melaksanakan sistem pencatatan dan pelaporan asuha keperawatan yang tepat dan benar sesuai standar asuhan keperawatan 12) Menyiapkan pasien yang akan pulang 13) Melaksanakan serah terima tugas kepada petugas pengganti baik secara lisan maupun tulisan 4. Pendidikan dan Pelatihan .14) Melaksanakan Pre dan Post Comprain pada dinas selanjutnya b.

Bentuk pembinaan yang dilakukan adalah evaluasi kinerja. Jumlah Tenaga Berdasarkan Tim No 1 Nama Ketua Tim Titin K Nama Anggota I Tim . 5. Jumlah Tenaga Berdasarkan Jabatan No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 Nama Sukarya Titin K Eneng Sunengsih Iyan H Saeni Kiki G R Aniawati Didi B Pepi Rostini Maryani Soneangsih Jabatan Kepala ruangan Ketua Tim Ketua Tim Pelaksana Pelaksana Pelaksana Pelaksana Pelaksana Pelaksana Pendidikan SI Ners SI D III D III SI SI SI SI D III Status PNS PNS PNS PNS PNS PNS PNS PNS Part Time Part Time PNS PNS Masa Kerja 20 thn 14 thn 8 thn 6 THN 8 thn 5 thn 12 thn 7 thn 2 thn 3 thn 9 thn 1 tn Pelaksana D III Pelaksana D III Pelaksana D III C. satu orang yang mengikuti profesi dan satu orang sedang menempuh profesi. B. Bentuk Pembinaan Staf Ruang Teratai Atas memiliki agenda Rapat Bulanan yang diselenggarakan pada minggu terakhir pada setiap bulannya selama tahun 2012 yang bertujuan melakukan pembinaan pada seturuh perawat yang dilakukan oleh Kepala Ruangan.Tenaga Keperawatan yang ada diruang Teratai Atas terdapat 5 orang perawat yang sudah menyelesaikan pendidikan S1 Keperawatan selama tahun 2012. evaluasi perdokumentasian asuhah keperawatan serta kerjasama diantara perawat.

2 Eneng Sunengsih II .

BAB III KONDISI SARANA DAN PRASARANA A. Meubel yang berfungsi juga sebagai ruang konsultasi bagi ketuarga pasien yang membutuhkan informasi tentang penyakit pasien. Selain dari ruangan pasien terdapat ruang perawat yaitu yang dilengkapi AC. jika terdapat pasien khusus isolasi menggunakan kamar pasien biasa karena hanya terdapat satu pasien untuk setiap ruangannya yang sesudahnya dilakukan sterilisasi ruangan dengan menggunakan sterilisator sinar. terdapat juga Station Nurse yang digunakan perawat untuk berjaga selama dinas. Dalam entry data perawat melakukannya di ruangan yang berada di samping Station Nurse. Gudang yang terdapat di bawah tangga antara Teratai Atas dengan Teratai Atas digunakan sebagai tempat penyimpanan oksigen. . TV. Selain ruangan diatas di Teratai Atas juga terdapat dapur. kamar mandi khusus perawat dan juga terdapat Spoolhock. Ruangan ini juga digunakan untuk dokter dalam membuat resep setelah visit. Semua pasien ruang Teratai Atas mendapatkan fasifitas keperarawatan untuk dua orang. Dibagian samping ruangan pasien ada ruang tunggu keluarga pasien. kondisi di ruangan tengah Teratai Atas terdapat satu set sofa untuk keluarga. Untuk ruang Kepala Ruangan yaitu berada di samping ruang perawat. AC dan kamar mandi di setiap ruangannya. Ruang Teratai Atas tidak memiliki ruangan khusus lsolasi. Jumlah Tempat Tidur RuangTeratai Atas adalah ruang perawatan Kelas I dengan kapasitas tempat tidur 20 buah.

BABV MASALAH DAN PEMECAHAN MASALAH A. B. Jumlah TenagaKeperawatan Selamatahun 2012 di Ruang Teratai Atas mengalami kekurangan tenaga perawat pelaksana pada bulan Desembar 2012 yang disebabkan oleh adanya karyawan yang keluar dari RSU. 3. Pemecahan Masalah 1. 3. Masalah 1. Kondisi bangunan Selama tahun 2012 terdapat dua kamar pasien yaitu kamar mengalami kerusakan dibagian kamar mandi yaitu kamar : lantainya rusak. Alur kunjungan pasien Masih ada pasien yang memesan kamar rawatan tanpa melalui IGD ataupun FO sehingga keluarga tetap harus melalui pemesanan dari IGD ataupun FO. Kondisi bangunan Kerusakan di kamar pasien sudah laporkan ke bagian IPSRS. Alur kunjungan Pemecahan masalah alur kunjungan yaitu dengan pemberian informasi ke keluarga pasien sehingga tidak terjadi kesalah pahaman . sementara di ruang isolasi 2. 2. Jumlah Tenaga Keperawatan Penyelesaian masalah tenaga perawat yaitu dengan melaporkan kondisi kekurangan tenaga ke Kepala Instalasi Rawat Inap dan KA SUB BAG SDM keperawatan dan kamar dimana WC rembes ke bawah.

Therapi Cairan dan sertifikat pelatihan penyakit dalam.BAB VI RENCANA KERJA DAN USULAN TAHUN 2013 Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pemenuhan kebutuhan SDM di Ruang Teratai Atas diharapkan memiliki perawat yang minimal memiliki sertifikat PPGD. ALS. Sehinnga dengan memiliki tenaga kesehatan yang handal merupakan salah satu modal dasar guna mencapai pelayanan yang profesional. kelengkapan sarana dan prasarana juga sangat menunjang guna kelancaran kegiatan pelaksanaan pelayanan kesehatan terhadap pasien di Ruang Teratai Atas Rumah Sakit Umum Daerah Kelas B Kabupaten Subang sehingga dibutuhkan kerjasama dengan pihak manajemen untuk membantu dengan cara membuat laporan .laporan atau usulan kebutuhan dari ruangan. Bentuk dari rencana kerja serta usulan tahun 2013 Ruang Teratai Atas menuangkannya dalam bentuk tabel Planing Of Action tahun 2013 seperti yang bisa dilihat pada tabel berikut ini : . Selain dari SDM. Kebutuhan SDM atau kelengkapan sarana dan sarana bisa berdasarkan dari evaluasi yang dilakukan pada akhir tahun 2012 ini sehingga apa yang masih kurang bisa dilengkapi ditahun 2013. Ruang Teratai Atas memiliki Rencana Kerja dan Usulan untuk Tahun 2013 yang diharapkan dengan rencana kerja serta usulan ini memiliki pedoman serta langkah langkah dalam melaksanakan pelayanan.

Pengadaan ATK keperawatan 4. IRNA pemeliharaan alat 3. Su. Menajemen bangsal 2. Pengadaan alat rumah tangga Penerapan model 1. Memberikan pelayanan sesuai standar / protap 2.PLAN OF ACTION TAHUN 2013 BIDANG KEPERAWATAN RSUD KABUPATEN SUBANG RUANG TERATAI ATAS No 1 Program 2 Kegiatan 3 Sasaran 4 Capaian 5 Indikator Masukan Keluaran 6 7 Hasil 8 Uraian 9 Ket 10 1 Pengembangan SDM Pendidikan dan pelatihan formal Tenaga Perawat Terpenuhinya SDM yang profesional Terlaksananya pengiriman SDM untuk meningkatkan SDM yang terdidik Peningkatan SDM sesuai dengan yang diharapkan 2 Fasilitas dan Pemeliharaan 1. Diklat EKG minimal 2 orang 4. Kelengkap an ATK dan alat rumah tangga 1. Terlaksananya pelayanan dengan menerapkan model pelayanan keperawatan - . Tersediany a tenaga perawat berpendidikan minimal S1 Kep. tenun Perencanaan 2. Ka.Kepuasan pasien dalam menerima pelayanan .Tersedianya alat tenun sesuai SPM b.Bag. IPSRS keperawatan 3. Meningkatkan metode asuhan . Kalibrasi Alkes berkala d.Permintaan tertulis kebidang terkait tentang kelengkapan serta pemeliharaan Alkes. Teratai Bawah 3.Menurunnya angka Plebitis Pendidikan pelatihan 1. PPGD seluruh perawat Ru. Pemeriksa an Alkes secara berkala c. a. Pengadaan dan 2. ATK dan alat rumah tangga Peningkatan mutu pelayanan serta kelancaran dalam pelaksanaan pelayanan 3 Peningkatan mutu Keperawatan 1.Menurunnya angka Inos . Ka. Tenaga pelayanan Perawat keperawatan profesional Tersedianya kelengkapan fasilitas serta pemeliharaannya . Pengadaan alat 1. Ka.

1. Teratai Atas . Instalasi Rawat Inap Subang.002 .. Ru Teratai Atas . Menerapkan 3S 4 Laporan Pembuatan laporan kinerja Ka.profesional . 19691028. Teratai Atas Ka.Tersedianya Infomasi dan laporan hasil kinerja Bukti penilaian kinerja Laporan hasil kegiatan triwulan penilaian kinerja dalam satu tahun Laporan evaluasi dan tindak lanjut triwulan 5 Evaluasi dan rencana tindak lanjut Evaluasi dan rencana tindak lanjut R. Ru.Adanya evaluasi dan tindak lanjut kinerja Ka. Ru.003 Sukarya S. Ka. 19730708199203 1. Teratai Atas Laporan evaluasi kegiatan ke bidang keperawatan Mengetahui. S.199603. Desember 2012 Kepala Ruangan Teratai Atas Ade Supena.kep.Menurunnya keluhan klien/ keluarga .Meningkatny a kepuasan pelanggan Peningkatan kinerja tenaga keperawatan di Ruang Teratai Atas Terlaksananya semua program secara bertahap keperawatan 3. Ners NIP.Kep NIP.

Harapan kami semoga kinerja keperawatan di Ruangan Teratai Atas meningkat lebih baik lagi untuk mewujudkan pelayanan prima dengan menerapkan pelayanan yang profesional. .BAB VI PENUTUP Demikian laporan kegiatan tahun 2012 serta Rencana Kerja pada tahun 2013 di Ruang Teratai Atas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful