Makalah Analisis Produk Sepatu dan Tas

1. Pendahuluan
Banyak perusahaan-perusahaan nasional yang keder menghadapi saingansaingannya dari perusahaan multinasional. Ketakutan tersebut memang berdasar. Perusahaan-perusahaan multinasional sering datang dengan strategi yang sudah terasah belasan atau puluhan tahun, reputasi bagus yang sulit untuk ditaklukkan, dan SDM dan sistem perusahaan berkelas dunia. Ketakutan tersebut memang perlu untuk menjaga kewaspadaan, tetapi ketakutan tersebut tidak perlu berlebihan juga. Memang benar, raksasa-raksasa multinasional tersebut memiliki hampir semua sumber daya yang didambakan perusahaan lokal. Namun sering mereka tidak mampu menggunakan keunggulan mereka secara maksimal di lingkungan negara-negara berkembang. Sebut saja efisiensi logistik. Di negara-negara berkembang seperti Indonesia yang lalu lintasnya masih tidak karuan dengan infrastruktur yang sering di bawah standar, sistem informasi logistik yang mampu memprediksi tibanya kiriman dalam hitungan menit tidak bisa diterapkan di sini. Ini belum termasuk kondisi daerah pedalaman dan kepulauan Indonesia. Pasar Indonesia yang heterogen juga menyulitkan metode riset pasar yang terasah untuk negara-negara maju. Banyaknya jumlah penduduk miskin dan berpendidikan rendah membuat pesan pemasaran harus diadaptasi sesuai tingkat pendidikan mereka. Dalam konteks ini, para pemain lokal sering sudah mendapatkan pengetahuan tersebut secara tacit, sementara para pemain multinasional memerlukan waktu untuk merubah strategi dan paradigma mereka. Kelebihan pemain lokal dan kekurangan perusahaan multinasional tersebut seharusnya dipergunakan secara maksimal oleh perusahaan-perusahaan dalam negeri. Hal ini juga diterapkan oleh perusahaan Sepatu dan Tas yang Nama perusahaannya bernama Elizabeth yang diambil dari nama istri si pemilik perusahaan. Perusahaan ini terletak di daerah bandung tepatnya di Jalan Otto Iskandardinata, Bandung. Lalu,

dan di cabang ketiga dilantai lima di Jalan Ibu Inggit Garnasih perusahaan ini bergerak di bidang Produk sepatu dan Tas 2. Kiat Elizabeth mempertahankan kualiatas cukup unik. Mengikuti selera kaum hawa yang doyan mengikuti perkembangan.000. antara Rp 20. seperti ditirukan Dinny Nurhayati.000. Baik produksi dalam negeri maupun tas-tas produk impor yang kini membanjiri pasar. kualitas dan jenis bahan serta mutu jahitannya juga terpelihara. Promosi .000 hingga Rp 200. Handoko bernama asli Lie Koen Poe. ia juga bertindak sebagai tester. kualitas dan jenis bahan serta mutu jahitannya juga terpelihara. Public Relations Elizabeth. tas harga made in Elizabeth terbilang terjangkau.Label Produk Begitu produksinya jadi pilihan pasar.dicabang yang kedua di Jalan Cihampelas.maka sebelum diluncurkan ke pasar Elizabeth terlebih dahulu memakai sendiri. merek pun ditempelkan. Selain mendesain sendiri. B. tas harga made in Elizabeth terbilang terjangkau. C. Pada 1 Januari 1968 nama itu didaftarkan sebagai merek dagang pada Direktorat Jenderal Hak Cipta. Kualitas dan Analisi Produk Selain karena desainnya kreatif. untuk produksi tas tersebut. ia memilih sendiri bahan yang enak dan nyaman dipakai. Elizabeth agaknya sukses dengan prinsip itu. Karena tiap produksinya dipersepsikan untuk dipakai sendiri. Analisi Produk A. Paten dan Merk. sehingga semia kalangan dapat menjangkaunya baik dari kalangan kecil menengah bisa menikmati produk dari perusahaan ini D. Lagi pula. memakai nama istrinya sendiri. Departemen Hukum dan HAM. Ia pun mampu berkembang di tengah persaingan pasar tas yang makin ramai. Lagi pula. Elizabeth. antara Rp 20.000 hingga Rp 200. Kesesuaian Harga Harga Produk tas dan Sepatu dari perusahaan Elizabeth sangat bersaing dengan desainnya kreatif.

dan Amerika Serikat. Bandung. Distribusi Untuk memenuhi toko dan pesanan. Prospek Prospek perusahaan Elizabeth ini memiliki prospek lebih besar lagi kalau perekonomian yang ada di indonesia lebih baik dari sekarang yang agak sulit untuk menexpor barang keluar negeri namun pasar dalam negeri lebih terbuka lebar untuk produk-produk dari perusahaan Elizaberth karena tas dan sepatu produksi Elizabeth digemari ibu-ibu dan remaja putri kalangan menengah atas yang merupakan target pasar yang sangat potensial 3. Arab Saudi. Malaysia. promosi yang digunakan lagi adalah dengan memasang iklan-iklan ke media lokal karena biaya promosi lebih murah E. Kuwait. Jerman.Promosi yang digunakan untuk memasarkan produk ini salah satunya dengan promosi lewat jalur Internet dengan target pasar sampai keluar negeri baik yang memasangkan sebagian harga barang yang dijual beserta foto-foto contoh dari produk yang akan di pasarkan dengan kualitas expor.000 desain Elizabbeth kemudian merambah ke pasar Hong Kong. perusahaan ini juga menerima orderan tas dan sepatu yang ingin dibuat atau diambil dari yang sudah ada. dengan ratusan karyawan. Penutup Menurut saya perusahan ini sangat potensial dalam pasar lokal maupun pasar luar negeri baik dari kalangan atas maupun kalangan bawah yang masih bisa menjagkau harga produk yang di tawarkan oleh perusahaan ini dan perusahan ini masih harus mengembangkan sayapnya dengan mebuka cabang lagi di luar Negeri karena sudah sudah banyak mengexpor keluar negeri yang merupakan potensi pasar yang sangat tinggi untuk di gali dan memperoleh keutungan yang lebih besar dari yang sekarang . Singapura. Jepang. Belanda. Maka. sekitar 5. Afrika Selatan. F. akhirnya Elizabeth membangun sebuah pabrik di kawasan Kopo. selain membuka 20 gerai di tujuh provinsi di Tanah Air.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful