DISTOSIA KARENA KELAINAN LETAK DAN BENTUK JANIN

Oleh. ASNIDAR NDRURU,SKM

Pengertian dari distosia adalah : Suatu kesulitan dalam proses jalannya persalinan. Salah satu diantaranya adalah kelainan letak dan bentuk janin. .

Presentase puncak kepala Apa bila derajat dafleksinya ringan dimana ubun-ubun besar merupakan bagian terendah maka ini disebut presentase puncak kepala atau presentase sinsiput. .A.

-kepala janin yang kecil dan bulat .ETIOLOGI PRESENTASE PUNCAK KEPALA : Penyebab tidak terjadinya fleksi pada kepala adalah : -panggul antropoid -panggul android -otot dasar panggul yang sudah lembek pada multipara.

Fleksi kepala yang tidak maksimal dapat mengakibatkan kepala lahir melalui pintu bawah panggul dengan sirkumferensia frontooksipitalis yang lebih besar dibandingkan dengan sirkumferensia suboksipsto brekmatika.diikuti bagian kepala yang lain.oksiput akan lahir melalui perineum.dengan ubun-ubun besar tersebut sebagai hipomoklion.Kepala janin akan lahir dalam keadaan muka dibawa simfisis dengan mekanisme sebagai berikut: setelah kepala mencapai dasar panggul dan ubun-ubun besar berada dibawah simfisis. .hal ini disebabkan karena kepalayang sudah dalam keadaan fleksi maksimal tidak menambah fleksinya lagi.Kedua keadan tersebut dapat menimbulkan kerusakan pada vagina dan perineum yang luas.MEKANISME PERSALINAN: .Kelahiran janin dengan ubun-ubun kecil dibelakang menyebabkan regangan yang besar pada vagina dan perineum.

• Dilakukan ekstraksi vacum atau cunam.PENANGANAN : • Dilakukan pengawasan persalinan yang seksama dengan harapan dapat lahir spontan. • Dilakukan episiotomi medio lateral .

Presentase muka dikatakan primer apabila sudah terjadi sejak masa kehamilan.dan dikatakan sekunder bila baru terjadi pada waktu persalinan. . PRESENTASE MUKA : • Presentase muka ialah :keadaan dimana kepala dalam kedudukan defleksi maksimal.sehingga oksiput tertekan pada panggul dan muka merupakan bagian terendah menghadap kebawah.B.

ETIOLIGI PRESENTASE MUKA : Dapat terjadi pada ibu dengan : -panggul sempit -anak besar -multiparitas dan perut gantung -janin dengan anencefalus dan tomor leher bagian depan -pada kematian janin intrauterin .

Kesulitan lahirnya kepala yt.ubun-ubun besar.Setelah muka mencapai dasar panggul terjadi putaran paksi dalam. .dan tetap berada di belakang.Dengan daerah submentum sebagai hipomoklion.MEKANISME PERSALINAN : Kepala turun melalui pintu atas panggul dengan sirkumferensia trakeloparietalis dan dengan dagu melintang atau miring.Keadan ini disebut posisi mento posterior persistens.kepala lahir dengan gerakan fleksi sehingga dahi.dan belakang kepala lahir melewati perineum.karena kepala sudah berada dalam defleksi maksimal dan tidak mungkin menambah defleksi lagi.Oleh karena itu bila dijumpai presentase muka dengan dagu dibelakang perlu segera dilakukan tindakan untuk menolong persalinan.Setelah kepala lahir terjadi putaran luar dan badan janin lahir seperti pada presentase belakang kepala.sehingga dagu memutar kedepan dan berada dibawah arkus pubis.kecuali bila janin kecil atau mati.padawaktu putaran dalam dagu harus melewati jarak yang lebih jauh supaya dapat berada didepan.dan janin tidak dapat lahir spontan.hingga kepala dan bahu terjepit dalam panggul dan persalinan tidak maju.Kadang dagu tidak dapat berputar ke depan.

Bila selama pengamatan kala II terjadi posisi mento posterior persistens maka diusahakan lebih dahulu untuk memutar dagu kedepan dengan satu tangan yang dimasukan kedalam vagina.Bila dagu tidak berada didepan maka bisa diharapkan partus spontan 2.Apabila tidak berhasil atau di dapatkan disproporsi sefalopelvik sebaiknya dilakukan tindakan seksio caesaria. 4. . 3.kemudian menekan muka pada daerah mulut dan dagu atas.PENANGANAN 1.sedangkan tangan yang lain berusaha meniadakan ekstensi tubuh janin dengan menekan dada dari luar.Dapat juga di coba untuk mengubah presentase muka menjadi presentase belakang kepala dengan cara memasukan tangan penolong kedalam vagina.Dapat juga dipakai perasat Thorn : Bagianbelakang kepala dipegang oleh tangan penolong yang dimasukan kedalam vagina kemudian ditarik kebawah.

pada pembukaan yang cukup besar akan teraba :orbita.mulut dan dagu. .Dalam persalinan bila dilakukan pemeriksaan dalam.hidung.tulang pipi.

Dalam mengubah presetase muka menjadi presentase belakang kepala ada syarat yang harus dipenuhi : 1.Kepala belum turun kedalam rongga panggul dan masih mudah didorong ke atas. . 2.Dagu harus berada dibelakang.

Pada umumnya presentase dahi ini merupakan kedudukan yang bersifat sementara.sehingga dahi merupakan bagian terendah.C. PRESENTASE DAHI • Presentase dahi ialah keadan dimana kedudukan kepala berada diantara fleksi maksimal dan defleksi maksimal.dan sebagian besar akan berubah menjadi presentase muka atau presentase belakang kepala. .

ETIOLOGI: • Sebab terjadinya presentase dahi pada dasarnya sama dengan sebab terjadinya presentase muka .

Kemudian terjadi defleksi.yangmenghalangi presentase dahi untuk berubah menjadipresentase muka.dengan fossa kanina sebagai hipomoklion.MEKANISME PERSALINAN PRESENTASE DAHI : kepala masuk melalui pintu atas panggul dengan sirkumferensia maksilloparietalis serta sutura frontalis melintang atau miring.terjadifleksi sehingga ubun-ubun besar dan belakang kepala lahir melewati perineum.Sesudah dagu berada didepan.sehingga mulut dan dagu lahir dibawah simfisis.sehingga sulit terjadi penambahan defleksi. .dan ukuran terbesar kepala telah melalui pintu atas panggul.dagu memutar kedepan.Setelah terjadi moulage.biasanya karena terjadi moulagedan kaput suksedaneum yang besar pada dahi waktu kepala memasuki panggul.

sedangkan persalinan per vaginam berakibat perlukaan luas pada perineum dan jalan lahir lainnya.Angka kematian perinatal lebih dari 20%.• .Persalinan membutuhkan waktu lama dan hanya 15% berlangsung spontan. .

dengan memakai perasat thorn.jika tidak ada kemajuan maka ibu dianjurkan untuk sectio caesaria. .pada panggul dan janin normal. .juga pada persalinan kala II.bisa lahir spontan.PENANGANAN : -pada panggul luas dan janin kecil penanganannya sama dengan penanganan persalinan letak muka.