Anomali Oksigen 1.

Stabilitas ikatan ganda dan sifat katenasi Ikatan rangkap dua pada oksigen jauh lebih besar daripada ikatan tunggalnya, ikatan tunggal O-O sangat lemah kaitannya dengan pembentukan katenasi. Dalam golongan karbon (golongan 14), kemampuan katenasi menurun dengan naiknya nomor atom, tetapi dalam golongan 16, belerang mampu membentuk rantai yang tepanjang (S8). Kenyataannya, ikatan tunggal O-O paling lemah daripada ikatan tunggal atom oksigen dengan atom-atom lain, O-X. Dengan demikian, atom oksigen lebih suka membentuk ikatan dengan atom-atom lainnya daripada dengan dirinya sendiri. 2. Absennya orbital d Oksigen membentuk hanya satu senyawa denga flourin yaitu OF 2, tetapi belerang mampu membentuk beberapa senyawa dengan flourin termasuk SF6. Untuk mencapai hingga enam ikatan kovalen ini atom belerang harus melibatkan orbital d. Dengan demikian, tidak ditemuinya senyawa oksigen-flourin yang analog dengan SF6 berkaitan dengan tidak tersedianya orbital d dalam atom oksigen. Keelektronegatifan yang tinggi dari atom oksigen yakni 3,5, menunjukkan kecendrungan yang besar dari oksigen untuk membentuk senyawa dengan ikatan ion maupun kovalen polar. Umumnya, reaksi dengan oksigen unsur memberikan produk oksida, yang mana keadaan oksigen-oksigen adalah 2. Contoh pembentukan oksida mencakup reaksi dengan logam-logam tertentu, bukan-logam, dan senyawa organik. Pada temperatur yang cukup tinggi tiap reaksi berlangsung dengan cepat dan membebaskan kalor maupun cahaya. Bila ini terjadi, maka reaksi ini dirujuk sebagai suatu pembakaran.

Oksigen dalam udara terus menerus bersentuhan dengan zat-zat seperti kayu, kertas, bensin. Batubara, zink, dan aluminium. Namun pada suhu kamar, bahan yang mudah terbakar ini bereaksi sangat lambat atau praktis tak bereaksi sama sekali. Perilaku ini melukiskan suatu azaz yang penting yaitu : tak ada hubungan antara kecepatan suatu reaksi dan perubahan energi yang terlibat dalam reaksi itu.

Pada suhu 4 derajat. Berikut ini beberapa catatan “keuntungan adanya anomali air”. sampai empat derajat celcius. Tentu pula kita harus memperhatikan sifat lainnya dari air seperti tegangan air (yang memungkinkan tanaman “minum” air). Sifat “anomali air” juga mempengaruhi cuaca. ukuran air (volume) paling kecil. Jadi kemampuan air untuk masuk pada celah-celah bebatuan. Karena itu pula. molekul H2O (es) akan merapat lebih dahulu. mulai pada suhu 0-4 derajat celcius akan mengembang (volume membesar). Meskipun namanya anomali (menyimpang). Air pada kondisi dingin mendekati titik beku.maka justru akan memperkecil energi yang dipancarkan. menjadi gunungan es akan mengapung di permukaan laut.Bahkan mencapai nol. Namun pada titik tertentu karena sistem panjang phonon (l) makin besar tatkala λ mengecil dan kecepatan „zat‟ atau dalam arti frekuensi membesar. memungkinkan proses penghancuran batuan terjadi secara alamiah dan terbentuklah tanah untuk kehidupan. volumnya akan menyusut. Kita lebih beruntung dengan adanya anomali air. Hal ini karena molekul H2O dalam bentuk padat (es) penuh dengan rongga. Pada umumnya. keseimbangan iklim sehingga cuaca di muka bumi tidak terlalu panas. air dalam kondisi ini membuat :”dingin lebih nikmat”. Kemampuan air ini. kandungan oksigen dalam air lebih banyak dari pada temperatur kamar. DASAR Tatkala panjang gelombang besar(dalam sistem fibrasi molekul sistem air) maka yang berpengaruh dalam „hal ini‟ λ . Maka dengan faktor λ(Ω/c^2 +l) v^2 . Air yang mendingin atau membeku. karena volumenya membesar maka mampu memecahkan bebatuan.akan mengakibatkan energi yang dihasilkan pada saat terjadi perpendekan panjang gelombang akan semakin besar. Jika air dipanaskan antara suhu nol derajat celcius. Air yang membeku. Pengetahuan tentang ini dibahas lebih mendalam pada kondisi anomali air hangat/panas (warm water anomaly). jika volume air ketika membeku sama saja berat massanya dengan cair. es juga terapung di air. kemudian akan membesar sampai ke titik beku. Dengan demikian. suatu zat akan memuai jika dipanaskan dan akan menyusut jika didinginkan. Tentu akan kehidupan akan lebih sulit terjadi di laut. Oleh karena itu. Sifat termal air ini dikenal sebagai anomali air. tetapi air mempunyai sifat khas. membesar karena setiap 6 molekul air membentuk heksagonal dan dapat menangkap molekul udara lebih banyak. tidak terlalu dingin. sedangkan dalam bentuk cair (air) lebih rapat. Air yang membeku dalam bebatuan. namun karena sifat inilah maka kehidupan mahluk hidup lebih sempurna. dengan begitu mineral dalam batuan bisa keluar dan memberikan manfaat bagi kehidupan (tumbuhan dan lain-lain).PERISTIWA ANOMALI AIR Definisi anomali air adalah sifat kekecualian air. pada saat dipanaskan. akibatnya volumnya menyusut.

Kita memang hanya bisa membuat simulasi karena „membaca‟ peta jagung nasional sungguh sangat sulit dan membingungkan. Yang pasti. Jangankan masyarakat awam. petani juga juga bersuara keras karena jagung mereka selalu dihargai rendah dan kalah dengan jagung impor. Kemungkinan pertama yang akan terjadi. Namun faktanya. Sebaliknya. Data produksi jagung nasional menunjukkan angka sekitar 17-18 juta ton padahal kebutuhan produksi jagung nasional hanya 5 juta ton. . “Produksi jagung dalam negeri masih banyak. namun pabrik pakan ternak masih terus mengimpor jagung. Artinya. jagung justru sering sulit didapat dan para pengelola industri pakan sering mengeluh kesulitan mendapat jagung. Berarti ada jagung melimpah dan membanjiri pasar domestik luar biasa banyak. pasokan jagung dalam negeri untuk sementara akan berkurang. Dia menyatakan heran mengapa pabrik pakan masih mengimpor jagung dalam jumlah besar. Kemungkinan kedua. namun tidak salah bila kita lakukan.” tanyanya heran. dan kemudian diikuti dengan kesungguhan para pengusaha menaatinya dengan tidak melakukan impor. Menteri Pertanian saja menyatakan keheranannya melihat fakta jagung nasional sekarang ini.Anomali Jagung Mari membuat simulasi dengan asumsi pemerintah membuat kebijakan pembatasan impor jagung pada beberapa bulan ke depan. dan stok jagung impor yang masih ada di gudang perusahaan pakan dan peternak masih cukup banyak. tidak akan terjadi gejolak dan perubahan sama sekali karena produksi jagung dalam negeri memang melimpah. Simulasi ini memang belum tentu benar. dan tentunya diikuti dengan kenaikan harga jagung lokal. produksi jagung nasional surplus 12 juta ton namun kita masih impor 2 juta ton. Sementara impor jagung nasional tahun lalu mencapai 2 juta ton. Ini membuktikan ada anomali dan kerancuan data produksi dan kebutuhan jagung nasional. padahal produksi jagung nasional sebenarnya mencukupi. tidak akan terjadi kekurangan pasokan jagung karena diperkirakan stok jagung di tangan perusahaan pakan dan peternak masih cukup banyak.

Orang yang menderita anomali Enstein mungkin tidak memperlihatkan gejala apapun.Anomali Ebstein Anomali Ebstein adalah suatu kerusakan katup kongenital yang jarang terjadi yang ditandai dengan trikuspid yang tidak berfungsi dengan baik dikarenakan lokasinya yang abnormal di jantung. Katup trikuspid adalah katup jantung yang terletak diantara ruang jantung kanan atas (atrium kanan) dan ruang jantung kanan bawah (ventrikel kanan). sehingga memungkinkan terjadinya aliran balik darah dan menyebabkan jantung tidak memompa dengan efisien. Katup ini akan menutup ketika ventrikel kanan sedang berkontraksi untuk mencegah mengalirnya kembali darah dari ventrikel kanan ke atrium kanan. . kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi seperti sianosis dan gagal jantung kongestif. masuk ke dalam ventrikel kanan sehingga menyebabkan bagian atas dari ventrikel kanan menjadi bagian dari atrium kanan. Pada Anomali Ebstein. Pada kasus yang berat. Kelainan ini memperlebar atrium kanan dan menyebabkan katup ini tidak berfungsi dengan baik. posisi katup trikuspid ini lebih bawah.

penyimpangan dari normal. yang ditimbulkan dari suatu proses. Untuk menormalkan perlu adanya Normalisasi.Anomali database Anomali database menurut istilah berarti ketidaknormalan. Dua terminologi ini perlu untuk dipelajari terlebih dahulu sebelum kita mendekomposisi atau menyelesaikan anomali database diatas. bagaimana untuk mengatasi ketidak nrmalan itu? perlu dilaksanakan normalisasi.Perancis 80000 10 Bhs. Nah. . ialah: a. b.Jepang 70000 Kondisi ini terjadi ketika akan dibuka kursus baru yaitu Bhs.Jerman dengan biaya 75000 akan tetapi belum ada seorangpun yang ikut kursus ini. Berarti perlu untuk di normalkan.Jerman 75000 Ini ada baris yang kosong. Sebagai contoh Anomali database ini terjadi pada saat penambahan data dalam sebuah tabel. Untuk memahami proses normalisasi.Jepang 70000 Bhs. sehingga bila ditambahkan tabel akan menjadisebagai berikut. Seperti yang pernahdi tulis di site ini. yang terjadi apabila dilakukan pengubahan data yang mengakibatkan pengubahan data lain yang tidak mempunyai hubungan secara logika. kenyataan ini bila langsung dimasukkan kedalam tabel akan terjadi anomali database penyisipanatau anomali penyisipan. Lihat tabel dibawah ini.dengan demikian kalau hanya satu data yang berubah. Anomali Peremajaan. maka anomali database memungkinkan untuk terjadi.Jepang 70000 15 Bhs. ternyata ada elemen yang kosong dan elemen. Anomali ini terjadi apabila dalam satu baris/ tuple ada data yang akan dihapus sehingga akibatnya terdapat data lain yang hilang. perlu diketahui dua terminologi yang terkait ialah: ketergantungan fungsional (functional dependencies) dan kunci. dan mengacu pada cara data item dikelompokkan ke dalam struktur record. Contoh pada table kursus data NoSiswa 20 akan dihapus karena sudah tidak ikut kursus lagi sehingga akibatnya data kursus bhs jepang dan biaya 70000 akan ikut terhapus. Tapi dalam beberapa hal penyimpangan juga bisa berarti positif karena konormalan yang kita temui ternyata memiliki standard negatif.Inggris 60000 10 Bhs. Proses ini seringkali dilakukan dengan memecah relasi menjadi dua atau lebih relasi baru yang dibentuk dari relasi semula. Pengubahan tersebut dilakukan didalam suatu proses yang disebut dengan proses normalisasi. Tepatnya Normalisasi data. yang terjadi apabila dilakukan penambahan atau penyisipan data yang mengakibatkan perlunya penambahan atau penyisipan data lain yang tidak mempunyai hubungan secara logika. d. Ndak normal atau menyimpang biasanya berkonotasi negatif karena pada dasarnya manusia itu pengennya hidup dalam standard yang bernilai positif. kelainan. Karena tidak semua data ubah. pada baris ke tiga. Anomali Penghapusan. Anomali database ini dapat dieliminasi dengan mengganti format dari relasi. Contoh : Tabel Pesanan Pemasok Kota Barang Jumlah Kartika Jakarta Mouse 5 Citra Bandung Monitor 2 Yudi Medan CPU 2 Citra Bandung Printer 1 Perhatikan tabel kedua.Perancis 80000 10 Bhs. field yang kosong. citra dengan kota bogor. Terdapat tiga macam anomali database. Contoh misalnya ada update atau peremajaan yang terjadi pada tabel dibawah ini. Misal dalam database ada record atau catatan yang mengalami perubahan. misal “citra” pada baris kedua ternyata pindah ke semarang. Misalkan tabel pertama seperti dibawah ini: NoSiswa Kursus Biaya 10 Bhs.Inggris 60000 20 Bhs. yang terjadi apabila dilakukan penghapusan data yang mengakibatkan hilangnya data lain yang tidak mempunyai hubungan secara logika. artinya mengganti komposisi tabel. Anomali Penyisipan.Inggris 60000 10 Bhs.Inggris 60000 20 Bhs.sedangkan pada baris ke lima citra masih kotanya Bandung. Normalisasi data merupakan suatu proses untuk mendapatkan struktur tabel atau relasi yang efisien dan bebas dari anomali database. Pemasok Kota Barang Jumlah Kartika Jakarta Mouse 5 Citra Semarang Monitor 2 Yudi Medan CPU 2 Citra Bandung Printer 1 Dari hasil disini terlihat bahwa data tentang pemasok Citra tidak sama yang menyebabkan ketidakkonsistenan data.Jepang 70000 15 Bhs. NoSiswa Kursus Biaya 10 Bhs. kalau hanya ada satu data saja yang di update maka Anomali database ini akan terjadi. “Ni agak mbulet penjelasannya” anomali database Didalam database anomali database merupakan efek samping yang tidak diharapkan. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia disebutkan bahwa anomali berarti ketidaknormalan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful