P. 1
RESUME MUATAN, MEDAN DAN FLUKS LISTRIK

RESUME MUATAN, MEDAN DAN FLUKS LISTRIK

|Views: 50|Likes:
Published by Gilang-yoyo Rusli
RESUME MUATAN, MEDAN DAN FLUKS LISTRIK
RESUME MUATAN, MEDAN DAN FLUKS LISTRIK

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Gilang-yoyo Rusli on Feb 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

05/21/2013

$0.99

USD

pdf

text

original

RESUME FISIKA MUATAN LISTRIK, MEDAN LISTRIK DAN FLUKs LISTRIK

CREATED BY : Rusli Setiawan Halindis 2012020066

MUATAN LISTRIK DAN HUKUM COULOMB MUATAN LISTRIK Awal mula ditemukannya listrik – Sebuah batu Ambar dapat menarik benda-benda kecil setelah digosok-gosokkan dengan bulu hewan atau kain sutra. Sekelompok partikel bermuatan. Awal kata listrik di ambil dari kata electrum dari bahasa latin dan dalam Bahasa Inggris disebut electric. Dalam literatur – biasa digunakan huruf q atau Q untuk menyatakan jumlah kelebihan muatan positif atau negatif pada suatu benda. atau elektron-elektron. misalnya atom-atom.Selain Petir. Benda yang kelebihan sejumlah elektron akan bermuatan negatif dan yang kelebihan sejumlah proton dikatakan bermuatan positif. batang kaca. . Pada setiap kasus tadi. Seorang Fisikawan Inggris William Gilbert menciptakan istilah baru electricus untuk merujuk pada sifat penarikan benda-benda kecil setelah digosok. dan tertuang dalam karyanya tahun 1600 De Magnete. fenomena ini merupakan salah satu catatan terawal manusia mengenai listrik. Ini merupakan fenomena adanya listrik yang sekarang Dunia menyebutnya Listrik Statis. maka partikel bermuatan tersebut dikatakan muatan titik. jika digosok dengan sepotong kain juga akan menunjukkan “efek amber” atau listrik statis sebagaimana yang kita sebut sekarang. Jika ukuran volume yang ditempati partikel-partikel bermuatan tersebut sedemikian kecilnya di bandingkan dengan jarak-jarak lain dalam persoalan yang dibicarakan. atau penggaris plastik. suatu benda menjadi “bermuatan” listrik karena proses gosokan dan dikatakan memiliki muatan listrik. ini menjadi bahan pemikiran Orang Yunani Kuno. berasal dari bahasa Yunani ήλεκτρον (ēlektron) untuk batu ambar. selalu menempati suatu volume tertentu. Benda bermuatan listrik ialah benda yang mempunyai kelebihan sejumlah elektron atau proton. Batang karet keras.

degan nilai muatan dan jarak pisah keduanya.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap muatan Q besar atau kecil. Dikembangkan pada 1780-an oleh ahli ilmu fisika Perancis Charles Augustin de Coulomb yang merupakan orang penting pada pengembangan teori keelektromagnetan. HUKUM COULOMB Hukum Coulomb adalah satu persamaan yang menggambarkan kekuatan elektrostatik antara muatan elektrik yang terpisahkan jarak tertentu. positif atau negatif adalah merupakan kelipatan dari: e =1. Hukum Coulomb dapat dinyatakan sebagai berikut: .602 x 10-19C Di sini – e – adalah muatan untuk satu elektron dan Coulomb (C) adalah satuan muatan listrik.

Qn pada posisi tetap dalam suatu susunan salib sumbu.……. 85432 x 10-12 C2/N.. Maka gaya pada muatan QI aklbat muatan-muatan lainnya adalah : Contoh Soal : • Hitunglah besar dan arah gaya pada muatan Q3 seperti ditunjukkan dalam Gambar 1-2. maka Eodalam. Hukum Coulomb menyatakan bahwa gaya elektrostatika pada muatan Q2 akibat muatan QI adalah : dan besamya : Dengan cara matematika konstanto E0 yang disebut permitivitas ruang hampa didefinisikan sebagai Eo= 8.Q3.m2 = 8.Gambar 1 -1 Gambar 1-1 menunjukkan dua muatan titik QI dan Q2terpisah pada jarak r dengan QI terletak di pusat salib sumbu XYZ. akibat muatan Ql dan Q2. Penentuan gaya – gaya untuk Contoh 1 -2 . Q2. 85432 x 10-12 F/m Jika QI dan Q2 berada dalam medium di elektrika isotropik misalnya minyak. Gambar 1 -2. Misalnya QI. (1-1) harus diganti dengan E=KEo dan K disini adalah konstanta dielektrika medium.

• Muatan inti helium ialah + 2e dan muatan inti + 10e.60 x 10-19 C. dimana adalah muatan dasar 1. maka : . Kedua inti itu berada dalarn vakum. karena itu inti boleh dianggap sebagai muatan titik. Jawab : Jari-jari inti adalah di sekitar 10-15 m. Hitung gaya tolak antara kedua inti itu seandainya jarak pisahnya 3 nanometer (lorn=10-9m).

Pada gambar 2. micheal faraday menggambarkan arah dan besar medan listrik ini dalam bentuk garis-garis berarah yang disebut Garis-garis gaya atau garisgaris medan lsitrik. Kuat medan listrik padda lokasi dimana muatan uji berada kita definisikan sebagai besar gaya coulomb ( gaya listrik ) yang bekerja pada muatan uji dibagi dengan besar muatan uji itu sendiri E = F/qo Dimana E = kuat medan listrik ( N/m) K = Konstan ( K = 9 x 10-9) q = muatan ( coulomb) R = jarak antara muatan ( m ) beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menggambar vektor kuat medan listrik pada suatu titik adalah 1. baik besar maupun arah kuat medan listrik tentu berubah-ubah posisinya. Muatan lain yang kita taruh dalam medan listrik muatan sumber dinamakan muatan uji. Vektor E memiliki garis kerja sepanjang garis hubung antara muatan sumber dengan titik yang akan dilukiskan vektor kuat medannya Mengingat kuat medan listrik merupakan besaran vektor yang bergantung pada posisi.Medan Listrik a.1 ditunjukan bahwa diruang sekitar sumber yang bermuatan dihasilkan medan listrik. untuk memudahkannya. Vektor E menjauhi muatan sumber positif dan mendekati muatan sumber negatif 2. atau ada beberapa hal yang berkaitan dengan garis-garis gaya : . Pengertian medan listrik Medan listrik didefinisikan sebagai ruang disekitar suatu muatan sumber dimana muatan listrik lainnya dalam ruang ini mengalami gaya coulomb atau gaya listrik ( gaya tarik menarik atau tolak menolak ). Benda bermuatan yang dihasilkan medan listrik kita namakan muatan sumber.

. garis-garis gaya selalu mengarah radial keluar menjauhi muatan positif dan radial masuk atau mendekati muatan negatif 3.1 garis-garis medan listrik untuk dua muatan Misalkan terdapat beberapa muatan titik q1.qn yang tersebar dibeberapa tempat ..... besarnya kuat medan total di titik p merupakan jumlah vektor dari masing-masing medan listrikEp = E1 + E2 + E3 + ... suatu titik p akan memiliki vektor posisi yang berbeda -beda jika diukur dari masing-masing muatan titik itu... Φ = E ..... tempat dimana garis-garis medan listrik rapat menyatakan tempat medan listriknya kuat. Garis-garis gaya listrik tidak pernah berpotongan 2. untuk memahami hukum Gauss .. sedangkan tempat dimana garis-garis gaya renggang menyatakan tempat yang medan listriknya lemah Gambar 2. Banyaknya garis-garis gaya yang menembus suatu bidang disebut fluks Listrik. Hukum GausBagian ini membahas tentang suatu teknis sederhana untuk menentukan kuat medan listrik bagi distribusi muatan kontinu yang dikembangkan Karl friendrich Gauss . .. Oleh karena itu..+ En 3..1.. A cos θ Dimana Φ = Fluks listrik ( weber) E = Kuat medan listrik ( N/C) : ..kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang Fluks Listrik.. q2.

8 cm. maka E1 = E2. . Gambar 4.13 Medan listrik di titik P oleh q1 dan q2 masing-masing adalah E1 dan E2. Penyelesaian : Misalkan titik P terletak pada jarak x dari q1 (lihat gambar). diperoleh x = 5. Karena medan di P adalah nol.3 μC berada pada jarak r =13 cm. Tentukanlah letak titik yang medan listriknya nol.5 μC. Dengan memasukkan persamaan .A = Luas Bidang ( m-2) Contoh Soal Medan Listrik Dua buah muatan titik q1 = +1.1. dan q2 = +2. maka diperoleh : = x = (r – x) x= Dengan memasukkan kuantitas yang diketahui.

Dalam bentuk limitnya begitu jumlah eemen ini mendekati tak hingga dan luas setiap elemennya mendekati nol. Jika ukurannya cukup kecil. maka : Φ = E . atau normal terhadap permukaan tersebut. maka fluks ini akan berbanding lurus dengan jumlah garis gaya medan yang melewati luasan tersebut.n A = E A cos θ = En A dengan: En = E . . variasi nilai medan listrik antara elemen-elemen tersebut dapat diabaikan. n adalah komponen dari vektor medan listrik yang tidak tegak lurus. maka masing-masing elemen tersebut dapat dianggap sebagai bidang. dengan: Φ = fluks listrik (N m2/C) E = medan listrik A = luasan (m2 ) karena medan listrik ini berbanding lurus dengan jumlah garis gaya per luas satuan. maka jumlah ini akan menjadi sebuah integral. Fluks untuk medan listrik yang melewati elemen ini adalah: ∆Φi = E . Misal ńi adalah vektor satuan yang tegak lurus terhadap elemen ke.i dan ∆Ai adalah luasnya. ńi ΔAi fluks total yang melewati permukaan ini adalah jumlah dari ∆Φi terhadap senua elemen tersebut. kita dapat menggeneralisasi definisi fluks ini terhadap permukaan lengkung yang medan listriknya dapat memiliki besar serta arah yang berubah-ubah dengan membagi permukaan tersebut menjadi sejumlah besar elemen yang sangat kecil.Fluks Listrik Fluks Listrik didefinisikan sebagai perkalian medan listrik (E) dengan luasan yang dilaluinya(A) : Φ = E A .

273x10 −9 aρ = aρ = aρ 2πρ 2πρ ρ 1.ńΔAi = ⌡ E .Definisi umum fluks listrik ini dengan demikian akan menjadi: Φ = lim ∑ E . ń dA ΔAi→0 Contoh Soal 3. Hitung rapat fluks listrik di ρ = 3 m Jawab : E= D= ρL aρ 2πε o ρ → D = εoE ρL 8 x10 −9 1.424 a ρ 2 3 m ρ =3 → D= Hukum Gauss : Fluks listrik ψ yang menembus setiap permukaan tertutup sama dengan muatan total Q yang terdapat di dalam volume yang dibatasi (dilingkungi) oleh permukaan tertutup tersebut.273 x10 −9 nC a ρ = 0. ψ = Q ψ = ∫ ∫ • dS Q = ∫ ∫ ρ∫ dv D v S v D ∫ ∫ • dS = ∫ ∫ ρ∫ dv v S v ρv Rapat muatan per satuan volume C/m3 .1 Suatu muatan garis sebesar 8 nC/m terletak di sumbu z.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->