P. 1
Lokakarya Pemutakhiran Data Alumni

Lokakarya Pemutakhiran Data Alumni

|Views: 2|Likes:
Published by Rob Sembiring
Membahas tentang cara yang dapat dilakukan dalam mencatat dan senantiasa memutakhirkan data alumni.
Membahas tentang cara yang dapat dilakukan dalam mencatat dan senantiasa memutakhirkan data alumni.

More info:

Published by: Rob Sembiring on Feb 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/08/2014

pdf

text

original

Loka Karya Tentang Pemutakhiran Data Alumni

l. Latar belakang : Dalam era golalisasi saat ini, pasar kerja yang semakin kompetitif menuntut adanya kompetensi sumber daya manusia yang cerdas, terampil dan ahli khususnya dalam bidang softskill, teknologi informasi (ICT), Bahasa Inggrsserta kemarnpuan entrepreneurship. Hal itu disebabkan oleh perkembanganilmu pengetahuan dan teknologi serta sistem perdagangan bebas intemasionalyang tidak mengenal batas negara. Oleh karena itu sangat diperlukan pengembangan dan peningkatan kualitas lulusan agar mampu menjawabtuntutan pasar kerja dan tantangan dalam era perdagangan bebas. Dalam melaksanakan proses pembelajaran dan implementasi kurikulum berbasis kompetensi, perlu ditingkatkan kemampuan mahasiswa baik di bidang akademis maupun kemampuan softskill, penguasaan kemampuan ICT, Bahasa Inggris dan entrepreneurship. Dalam era globalisasi yang menuntut SDM yang terampil dan kompetitif dalam dunia kerja institusi pndiriikan perlumengembangkan softskill mahasiswa dengan menumbuhkan kepribadian,sikap dan budaya kerja yang diperlukan oleh organisasi dalam rangka menghadapi tantangan perubahan dan kemajuan zaman. Dewasa ini, goodcoorporate culture merupakan nilai-nilai kepribadian dan sikap yang mutlakdiperlukan dalam mengembangkan organisasi di tengah persaingan globaluntuk itu diperlukan penanaman nilai-nilai ini kepada para mahasiswa sebelummereka memasuki pasar kerja. Saat ini ICT banyak diaplikasikan di berbagai bidang seperti e-business, e-banking, e-commerce dan egovernment. Bahasa Inggris merupakan bahasa intemasional yang banyak digunakan dalam komunikasi global khususnya dalan era perdagangan bebas saat ini dan juga penggunaan teknologi menggunakan Bahasa Inggris. Jiwa dan semangat kewirausahaan sangat penting dimiliki oleh setiap lulusan khususnya kejeliandalam membaca dan memanfaatkan peluang yang ada. Oleh karena itu dalam implementasi Kurikulum yang berbasis kompetensi,PSIAN, PSIT, PSIB dan PSIP USU mencoba untuk memasukkan program e-learning serta tugas-tugas dalam dua bahasa (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggns). Selain itu USU juga telah menyediakan akses internet (wifi) yangmemungkinkan mahasiswa memproleh infomrasi, bahan bacaan, jurnal danpenelitian dari berbagai sumber baik nasional maupun internasional. Berdasarkan hasil tes TOEFL yang dilakukan PSIAN, PSIT, PSIB dan PSIP,nilai rata-rata mahasiswa sangat rendah, dimana sebagian besar mahasiswatidak mencapai standar minimal kelulusan (450). Selain itrg sampai saat inimdrasiswa di PSIAN, PSIT, PSIB dan PSIP USU belum pernah mendapatpelatihan untuk meningkatkan keterampilan di bidang teknologi komunikasi daninformasi (ICT). Untuk memupuk jiwa dan semangat kewirausahaan tidaklahcukup dengan memberikan mata kuliah kewirausahaan

Page 1 of 6

namun perlu aplikasi nyata untuk lebih mengoptimalkan potensi yang ada pada diri masing-masing mahasiswa. PSIB dan PSIP USU untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas perlu dilakukanPengembangan Metode Pelatihan Softskill. perlu dilakukan Lokakarya pemutakhiran data alumni. PSIT. Hal ini dilakukan untuk menjawab tuntutandan kebutuhan stakeholder di pasar kerja yang semakin kompetitif.semata. prestasi kerja dan jenjang karir dan keketatanpersaingan dengan upaya pengembangan mutu dan relevansi eksternal yang sampai saat ini masih dilakukan di Universitas Sumatera Utara. Bahasa Ingris serta model Peningkatan kemampuan Entrepreneurship melalui pengayaan dan pengefektifan matakuliah kewirausahaan dipadukan dengan praktik pada dunia usaha (baik barang dan jasa) yang sesuai dengan masukan informasi alumni ditempat bekerja Page 2 of 6 . Menyadari pentingnya ketersediaan data alumni beserta spesifikasi kebutuhan lulusan di tempatnya bekerja PSLAN. Menyadari pentingnya penguasaan softskill seperti kemampuan ICT. Tujuan: Untuk mengintegrasikan informasi dari pihak alumni yang mencakup masa tunggu Iulusan mendapat pekerjaan pertama sebaran daerah dan bidanglapangan kerja baik di pemerintahan maupun swasta. Alumni Universitas Sumatera Utara yang berjumlah lebih dari 100. Namun sampai saat ini potensi alumnitersebut belum dapat dimanfaatkan sepenuhnya karena data dan keberadaanalumni belum tersedia secara komprehensif di tingkat universitas walaupunbeberapa upaya telah dilakukan Universitas Sumatera Utara untukmendapatkan data alumni yang lengkap seperti melalui penyebaran kartualumni dan menyiapkan portal alumni pada WEB Universitas. kesesuaian bidang ilmu dengan pekerjaan. ICT. gaji pertama. sertaKemampuan Entrepreneurship berbasis data alumni (mencakup alumni ditempat bekerja) yang komprehensif. Para alumni tersebut bekerja pada berbagai institusibaik pemerintah maupun swasta. selain itu untuk mempersingkat masa tunggu lulusan dan meningkatkan efisiensi eksternal progam studi. 2. Sasaran Sasaran dilaksanakannya lokakarya ini adalah mendapatkan suatu model pendayagunaan data alumni yang ada secara reguler untuk pengembangan kemampuan softskill.000 orangpada saat ini adalah merupakan salah satu modal dasar dalam membantupengembangan pendidikan Universitas Sumatera Utara baik secara langsungmaupun tidak langsung. 3. penggunasaan ICT mahasiswa tahun akhir yang sesuai dengan kebutuhan stakeholder. PSIB dan PSIP USU untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas. Bahasalnggris dan kemampuan entrepreneurship bagi mahasiswa PSIAN. Bahasa Inggris. PSIT. selain ituuntuk mempersingkat masa tunggu lulusan dan meningkatkan efisiensi ekstrnalprogram studi. Hal ini dilakukan untrrk menjawab tuntutan dan kebutuhan stakeholder di pasar kerja yang semakin kompetitif.

Outcome Secara umum pelaksanaan ini akan berdampak kepada terjaminnya mutu dan relevansi lulusan Universitas Sumatera Utara dalam persaingan di dunia kerja. prestasi kerja dan jenjang karir.kesesuaian bidang ilmu dengan pekerjaan. 6. Tindak Lanjut Kegiatan Data yang terinventarisasi tentang masa tunggu lulusan mendapat pekerjaanpertam sebaran daerah dan bidang lapangan kerja baik di pemerintahanmaupun swasta. Sebagai salah satu wujud nyata atas komitmen Universitas Sumatera Utara dalam menjalankan Program PHK-I 2A09 . Data yang diperlukan mencakup: masa tunggu lulusan mendapat pekerjaan pertama sebaran daerah dan bidang lapangan kerja baik di pemerintahan maupun swasta. Output Untuk mendapatkan hasil rumusan tentang model pemutakhiran data alumni yang akan dilaksanakan secara reguler setiap tahun.2011. gaji pertama kesesuaian bidang ilmu dengan pekerjaan. 7. dan keketatan persaingan. maka kegiatan ini juga akandihadiri oleh Unsur Pimpinan di Universitas Sumatera Utara serta Penanggungjawab Program Hibah Kompetisi berbasis Institusi 2009 – 2011. 8. Lingkup Kegiatan Page 3 of 6 . gaji pertama. Biologi yang terpilih sebagaipeserta Pelaksanaan Program PHK-I Universitas Sumatera Utara Tahun 2009 -2011. dan keketatan persaingan.prestasi kerja dan jenjang karir. Sistem informasialumni akan dikembangkan dan diintegrasikan ke dalam Renstra Institusi sertadipublikasikan melalui media online yang selama ini berperan di UniversitasSumatera Utara.4. Pihak pengelola Institusi Tenaga Kerja serta paradosen/ Staf pengajar di lingkungan Program Studi Ilmu Administrasi Negara PS.Ilmu Perpustakaan. Peserta dan Undangan Lokakarya Peserta lokakarya ini adalah Alumni di tempat bekerja yang direpresentatifkan kepada setiap angkatan. PS llmu Tanah dan PS. 5. Sistem informasi alumni akan dikembangkan dandiintegrasikan ke dalam beberapa media online yang selama ini telahdilaksanakan di Universitas Sumatera Utara.

00 15.d 15.00 – 09.3O WIB dengan perincianseperti terlihat pada jadwal berikut: Waktu 08.Lokakarya Pemutakhiran data alumni ini mencakup kegiatan-kegiatan sebagai berikut: 1.30 09. Mempersiapkan bahan/materi lokakarya 4.up (Coffe Break) Pelaksana Panitia Panitia.30 – 11. Undangan dan Seluruh Peserta Undangan dan Peserta Materi Lokakarya Speaker dan dilanjutkan diskusi Peserta Panitia Menjadi Moderator.00 – 15.00 13.15 08.45 – 13.15 – 09. Menyusun LaporanKualifikasi Pembicara Adapun pembicara yang akan diundang pada lokakarya pemutakhiran dataalumni adatah yang memiliki kualifikasi sebagai berikut:    Berpendidikan minimal S-2 (Magister) Berpengalaman dan ahli di bidang Sistem Pemutakhiran Data Alumni. Materi Lokakarya Page 4 of 6 . Menentukan pembicara dalam lokakarya 3.Speaker dan Peserta Peserta dan Panitia 10. Mengidentifikasi Alumni yang akan dilibatkan 2. Merumuskan Sistem Pemutakhiran Data Alumni.00 – 15.00 09.30 Sub Kegiatan Registrasi Pembukaan Coffe Break Pemaparan olehSpeaker Interaktif Ishoma Pembagian Peserta 4Kelompok Panel Wrap. Waktu Pelaksanaan Kegiatan Lokakarya ini direncanakan akan berlangsung selama Satu hari dan akandilaksanakan pada Hari Kamis Tanggal 27 Oktober Tahun 2011. 9. Waktu pelaksanaan kegiatan dimulai pukul 08. Memiliki pengalaman di bidang penguatan data alumni minimat I (satu)tahun.00 s. 6.00 – 08.45 11. Melaksanakan lokakarya 5.

Robinson Sembiring. Tim Pelaksana : Peran/ Fungsi Pengarah Ketua Sekretaris Anggota Nama Personil Prof. Anwar Rangkuti MR.Sos. Davy Nanlohy Dr. 11.Sc Dadang Dharmawan. SE. Pemakalah akan menyampaikan berbagai data dan informasi tentang peran penting keberadaan data alumni yang komprehensif. Dr.Si Siswati Saragih. M. Tempat Kegiatan Lokakarya ini direncanakan akan dilaksanakan di Ruang Aula Gedung AlumniFakultas yang ada di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikUniversitas Sumatera Utara Jalan Dr. M. Ridwan Siregar. A. M. Sofyan No.20155. MSP Amar Rinanda Lubis. 12. S. S. S. SH. SE Drs. I Kampus USU Medan .Lib Drs. berbagai pengalaman dan upaya yang pernah dilakukan dan trend yang menjadi kebutuhan lulusan untuk dapat bersaing di dunia kerja khususnya sebagai salah safu komponen motivator bagi pengembangan mutu dan relevansi serta pengembangan program studi nantinya.Si Armauliza Septiawan.Sos. M.Si Pembicara Moderator Page 5 of 6 .Si Megasari Wahyuningsih. M.Lokakarya akan disampaikan dalam bentuk Pemaparan Materi dan Focus Group Discussion yang dipimpin oleh seorang moderator/ fasilitator untuk setiap kelompok.Sos. Erman Munir. M.

1 2 3 4 5 6 7 8 9 Komponen Biaya Pembicara Moderator Honor Panitia Konsumsi ATK Material Kit Sertifikat Spanduk Laporan Jumlah Orang Jumlah Satuan 2 6 Jam 1 4 Jam 1 Paket 100 Orang 1 Paket 100 Orang 100 Eks 4 Buah 20 Eks Total Keseluruhan Satuan Biaya(Rp) 500.000 25.000 700. Erman Munir.000 2.000 15.Sc NIP.600.000 500.000 350.000 26.000 Disetujui Oleh. Dr. Penanggungjawab PHK-i Universitas Sumatera Utara Prof.900.000 350.000. 19651101 199103 1 002 Page 6 of 6 .000 19.000 1.000. Rincian Biaya Kegiatan : No.400.000 5.000 700.000 3.000 3.000.000 1. M.400.13.000.000 1.000 Total (Rp) 3.000 500.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->