P. 1
ciuz

ciuz

|Views: 7|Likes:
Published by Yusran Fajar
miapi
miapi

More info:

Published by: Yusran Fajar on Feb 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/17/2014

pdf

text

original

::: MENENTUKAN STRATEGI PRODUK Inti merek yang hebat adalah produk yang hebat.

Produk adalah elemen kunci dalam penawaran pasar. Pemimpin pasar biasanya menawarkan produk dan jasa bermutu tinggi yang memberikan nilai pelanggan yang paling unggul. Perencanaan pemasaran dimulai dengan merumuskan sebuah penawaran untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan pasaran. Pelanggan akan menilai pebawaran berdasarkan tiga elemen dasar yaitu: fitur dan kualitas produk, bauran dan kualitas layanan, serta harga.

::: Karakteristis Dan Klasifikasi Produk Banyak orang menganggap produk adalah suatu penawaran nyata. Tetapi produk itu bisa lebih dari itu. Secara luas, Produk (produc) adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk meluaskan suatu keingginan dan kebutuhan, temasuk barang fisik, jasa, pengalaman, acara, orang, tempat, properti, organisasi, informasi dan ide. Hirarki Nilai Pelanggan Dalam merencanakan penawaran pasarnya, pasar harus melihat lima tingkat produk. Setiap tingkat menambah nilai pelanggan yang lebih besar dan kelimanya merupakan bagian dari hirarki nilai pelanggan (costumer-value-hierarchy)  Pada tinggi dasar adalah Manfaat inti (core benefit): layanan atau manfaat yang benar-benar dibeli pelangan  Pada tingkat kedua, pemasar harus mengubah manfaat inti menjadi produn dasar (basic produk)  Pada tingkat ketiga, pemasar mempersiapkan produk yang diharapkan (augmented product) sekelompok atribut dan kondisi yang biasanya diharapkan pelanggan.  Pada tingkat keempat, pemasar menyiapkan produk tambahan (argumented produk) yang melebihi harapan pelanggan

bervariasi. sabun dan surat kabar. jasa memerlukan kendali kualitas. Contoh prabot. Barang belanja heterogen mempunyai fitur produk dan jasa yang berbeda mungkin lebih penting daripada harga. dan tidak dicari Konsumen biasanya sering membeli barang sehari-hari (convenience goods) dengan segera dan dengan usaha minimum. dan dapat misnah. Contoh mobil. Lalu terbagi lagi menjadi barang belanja homogen mempunyai kualitas yang serupa tetapi harganya cukup berbeda sehingga memberikan alasan kuat bagi perbandingan balanja. komponen stereo peralatan fotografi dan busana pria. harga. KETAHANAN (DURABILITY) DAN KEBERWUJUDAN (TANGIBILIY) Pemasar menggolongkan produk menjadi tiga kelompok menurut ketahanan dan keberwujudannya : 1. belanja. Contoh minuman ringan. Tingkat kelima adalah produk potensial (potensial product). yang mencakup semua kemungkinan tambahan dan transformasi yang mungkin dialami sebuah produk atau penawaran dimasa depan. kualitas. Barang tahan lama (durable goods) adalah barang-barang berwujud biasanya dapat digunkan dalam waktu lama 3. Akibatnya. Barang-barang tidak tahan lama (nodurable goods) adalah barang-barang berwujud yang biasanya dikomsumsi dalam satu atau beberapa kali penggunaan. pakaian. 2. Barang belanja (shopping goods) adalah barang yang secara karakteristik dibandingkan oleh konsumen berdasarkan kecocokan. dan kemampuan adaptasi yang lebih besar. Jasa (service) adalah produk yang tak berwujud. kredibilitas pemasok. dan gaya. KLASIFIKASI BARANG KONSUMEN Barang konsumen dibedakan menjadi barang sehari-hari. pembeli . Barang khusus (specialty goods) mempunyai karakteristik atau identifikasi merek yang unik bersedia melakukan usaha pembelian khusus. tak terpisahkan. khusus. Barang khusus tidak memiliki perbandingan. mobil bekas dan peralatan rumah tangga utama.

Barang yang tak dicari (unsought goods) adalah barang tidak dikenal konsumen atau biasanya tidak terpikir untuk dibeli. Bahan baku suku cadang manufaktur Barang Modal (capital items) adalah barang tahan lama yang menfasilitasi pengembangan atau pengelolaan produk jadi. komputer mainframe. Bahan dan suku cadang dibagi menjadi dua kelas : bahan mentah serta bahan dan suku cadang manufaktur. Layanan bisnis pasokan (supplies and business service) adalah barang dan jasa jangka pendek yang menfasilitasi pengembangan atau pengelolaan produk jadi. seperti detektor asap. Produk fisik mempunyai potensi diferensiasi yang beragam. sapu) dan pasokan operasi (pelumas. paku. lift). batu nisan. Disini penjual menghadapi sejumlah kemungkinan . meja) jenis perlengkapan ini tidak menjadi bagian produk jadi. Instalasi terdiri dari bangunan (pabrik. Bahan Suku Cadang (materials and parts) adalah barang yang seluruhnya menjadi bagian dari produk produsen.ereka dan bagaimana mereka memasuki proses produksi : bahan dan suku cadang. pensil) ::: Diferensiasi Agar dapat menjadi merek. kantor) dan peralatan berat (generator. Ada dua macam pasokan: barang pemeliharaan dan perbaikan (cat. KLASIFIKASI BARANG INDUSTRI Barang industri dapat diklasifikasikan berdasarkan biaya relatif . truk pengangkat) dan perlengkapan kantor (komputer pribadi. produk harus didiferensiasikan. daerah pemakaman. serta pasokan dan layanan bisnis. Peralatan meliputi perlengkapan dan peralatan pabrik portabel (perkakas. Barang modal mencakup dua kelompok instalasi dan peralatan. Mereka mempunyai umur yang lebih pendek dibandingkan instalasi tetapi umur yang lebih panjang daripada pasokan operasi. mesin pancang. kertas tulis. batu bara.hanya menginvestasikan waktu untuk menjangkau penyalur yang menjual produk-produk yang diinginkan. barang modal. Contoh klasik barang yang dikenal tetapi tidak adalah asuransi jiwa. dan ensiklopedia.

kualitas kesesuaian. program. mereka telah meningkatkan kemampuan mereka untuk mengindividualisasikan penawaran pasar. termasuk bentuk. bentuk. Kualitas menjadi dimensi yang semakin penting untuk diferensiasi ketika perusahaan menerapkan sebuah model nilai dan memberikan kualitas yang lebih tinggi dengan uang yang lebih rendah. (pemasok. FITUR sebagian besar produk dapat ditawarkan dengan memvariasikan fitur (feature) yang melengkapi fungsi dasar mereka. tinggi dan unggul. pengecer) dan ketika pabrik mereka dirancang lebih fleksibel.diferensiasi. distributor. PENYESUAIAN pemasar dapat mendiferensiasikan produk dengan menyesuaikan produk tersebut dengan keinginan perorangan. fitur. Untuk menghindari “kelelahan fitur” peusahaan juga harus cermat dalam memprioritaskan fitur-fitur yang tercakup dan menemukan cara yang jelas untuk memberikan informasi tentang bagaimana konsumen dapat menggunakan dan memanfaatkan fitur tersebut. kualitas kinerja. Kualitas kinerja (perfomance quality) adalah tingkat dimana karakteristik utama produk beroperasi. Ketika perusahaan semakin pandai mengumpulkan informasi tentang pelanggan perorangan dan mitra bisnis. (customization). Penyesuaian massal (mass customization) adalah kemampuan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan setiap pelanggan_untuk menyiapkan produk . pesan. dan komunikasi berbasis massalyang dirancang secara individual. Perusahaan dapat mengidentifikasi dan memilih fitur baru yang tepat dengan mensurvei pembeli terbaru dan kemudian menghitung perbandingan nilai pelanggan dengan biaya perusahaan untuk setiap fitur potensial. keandalan. rata-rata. penyesuaian. kemudahan perbaikan dan gaya.atau struktur fisik produk. dan media. Diferensiasi Produk BENTUK banyak produk dapat didiferensiasikan berdasarkan bentuk (form) ukuran. KUALITAS KINERJA sebagian besar produk ditetapkan pada satu dari empat tingkat kinerja: rendah. . jasa. ketahanan. Setiap perusahaan harus memutuskan apakah mereka akan menawarkan penyesuaian fitur pada biaya yang lebih tinggi atau beberapa kemasan standar pada biaya yang lebih rendah.

dipasang. yaitu tingkat dimana semua unit yang diproduksi identik dan memenuhi spesifikasi yang dijanjikan. Harga tida boleh berlebihan. Bagi pelanggan. KEMUDAHAN PERBAIKAN Kemudahan Perbaikan (repairability) adalah ukuran kemudahan perbaikan produk ketika produk tidak berfungsi atau gagal. DESAIN Ketika persangan semakin kuat. Pembeli biasanya akan membayar lebih untuk kendaraan dan peralatan dapur yang mempunyai reputasi mengagumkan karena tahan lama. Desain (design) adalah totalitas fitur yang mempengaruhi tampilan. Desain sangat penting terutama dalam pembuatan dan pemasaran jasa eceran. gaya yang kuat tidak selalu berarti kinerja tinggi. KETAHANAN Ketahanan (durability). barang kemasan. Gaya adalah kelebihan dalam menciptakan perbedaan yang sulit ditiru. Pada sisi negatifnya. dan disingkirkan. rasa.KUALITAS KESESUAIAN Pembeli mengharapkan produk mempunyai kualitas kesesuaian (conformance quality) yang tinggi. desain menawarkan suatu cara potensial untuk mendiferensiasikan serta memposisikan produk dan jasa perusahaan. peratutran ini mempunyai beberapa kualifikasi. Meskipun demikian. dan peralatan tahan lama. merupakan atribut berharga untuk produk-produk tertentu. Desainer harus memperhitungkan semua faktor ini. . Kemudahan perbaikan yang ideal terjadi ketika pengguna dapat memperbaiki sendiri produk tersebut dengan sedikit biaya dan waktu GAYA gaya (style) menggambarkan penampilan dan rasa produk kepada pembeli. diperbaiki. KEANDALAN Pembeli biasanya akan membeyar lebih untuk produk yang lebih dapat diandalkan. dan funsi produk berdasarkan kebutuhan pelanggan. busana. digunakan. Keandalan (reliability) adalah ukuran probabilitas bahwa produk tidak akan mengalami mal fungsi atau gagal dalam periode waktu tertentu. ukuran umur operasi harapan produk kondisi biasa atau penuh tekanan. produk yang dirancang dengan baik adalah produk yang penampilannya menyenangkan dan mudah dibuka.

. Banyak institusi jasa keuangan menawarkan situs online yang aman untuk membentu pelanggan mendapatkan informasi dan melakukan transaksi secara lebih efisien.Dalam orientasi budaya yang semakin visual. penerjemahan arti dan positioning merek melalui desain adalah hal yang penting. kunci keberhasilan kompetitif mungkin terletak pada menambah layanan yang bernilai dan meningkatkan kualitas mereka. Pembeli peralatan berat mengharapkan layanan intalasi yang baik. KEMUDAHAN PEMESANAN kemudahan pemesanan (ordering ease) mengacu pada seberapa mudah pelanggan menemparkan pesanan dengan perusahaan. serata pemeliharaan dan perbaikan. contoh pizza dihantarkan dalam waktu setengah jam.film dicetak dalam waktu satu jam dll. akurasi dan perawatan sepanjang proses. instalasi. Diferensiasi jasa Ketika produk fisik tidak mudah didiferensiasikan. konsultasi pelanggan. Kemudahan instalasi menjadi titik penjualan sebenarnya. PENGIRIMAN pengiriman (delivery) mengacu pada seberapa baik produk atau jasa dibawah ke pelanggan. Desain yang buruk juga dapat menghancurkan prospek produk. Pengiriman meliputi kecepatan. Melakukan diferensiasi dalam titik ini dalam rantai konsumsi sangat penting terutama bagi perusahaan dengan produk yang kompleks. pelatihan pelanggan. pengiriman. Saat ini pelanggan semakinmengharapkan pengiriman yang cepat. Diferensiator jasa utama adalah kemudahan pemesanan. INSTALASI instalasi (instalation) mengacu pada pekerjaan yang dilakukan untuk membuat produk beroperasi dilokasi yang direncanakan. Desain dapat mengalihkan persepsi konsumen agar pengalaman merek lebih bernilai. terutama ketika pasar sasaran masih awam dengan teknologi. PELATIHAN PELANGGAN pelatihan pelanggan (customer training) mengacu pada pelatihan karyawan pelanggan ntuk menggunakan peralatan pemasok dengan benar dan efisien.

produsen. dengan menggunakan asuransi jiwa sebagai contohnya: . pelanggan dapat menggunakan bernagai sarana online untuk menemukan solusi. dan distributor. pengecer. Ada enem tingkat hierarki produk. Kita dapat memikirkan pengembalian produk dalam dua cara:  Pengembalian dapat dikensdalikan ang dihasilkan dari masalah.KONSULTASI PELANGGAN konsultasi pelanggan (customer consulting) mengacu pada data. pengembalian juga menjadi realitas tak terhindarkan dari bisnis. dan layanan nasihat yang ditawarkan penjual kepada pembeli. Salah satu strategi pengembalian dasar yang dapat diterapkan perusahaan adalah berusaha menghilangkan akar penyebab proses penanganan untuk pengembalian produk yang tidak dapat dikendalikan sementara pada saat yang sama mengembangkan proses penanganan untuk pengembalian produk yang tidak dapat dikendalikan. PEMELIHARAAN PERBAIKAN pemeliharaan perbaikan (maintenance and rapair) menggambarkan program layanan untuk membantu pelanggan mempertahankan produk yang dibeli dalam kondisi yang baik. sistem informasi. ::: HUBUNGAN PRODUK DAN MEREK Hirarki produk Hirarki produk membentang dari kenbutuhan dasar sampai barang tertentu yang memuaskan kebutuhan tersebut.  Pengembalian yang tidak dapat dikendalikan tidak dapat dihilangkan oleh perusahaan dalam jangka panjang melalui sarana apapun. PENGEMBALIAN meski pengembalian produk pasti merisaukan pelanggan. kesulitan atau kesalahan penjual atau pelanggan dan sebagian besar dapat dihilangkan dengan strategi dan program yang tepat oleh perusahaan atau mitra rantai pasokannya. Meskipun tingkat pengambilan rata-rata penjualan online hanya sekitar 5% tingkat pengembalian dan kebijakan penukaran diperkirakan bertindak sebagai pembatas bagi sepertiga sampai setengah pembeli online. Jika terjad masalah layanan. terutama pembelian online.

Contoh: Tabungan dan Penghasilan 3. atau masuk dalam kisaran harga tertentu. tampilan. kedalaman. panjang. Untuk produk konsument procter dan gamble terpilih  Lebar bauran produk mengacu pada berapa banyak produk berbeda yang dijual perusahaan   Panjang bauran produk mengacu pada jumlah produk dalam bauran Kedalaman bauran produk mengacu pada banyaknya varian yang ditawarkan masing-masing produk dalam lini . dan konsistensi tertentu. dipasarkan melalui gerai atau saluran yang sama. Contoh: Asuransi jiwa 5. Barang (item) disebut juga unit penyimpan stok (stockkeeping unit) atau varian produk (product variant) unit yang berada didalam lini produk atau merek yang dibedakan berdasarkan ukuran. Keluarga kebutuhan (need family) kebutuhan inti yang mendasari keberadaan keluarga produk. Kelas produk (product class) kelompok produk didalam keluarga produk yang dikenal memiliki funsional tertentu dan koheren.1. Lini produk (product line) kelompok produk didalam kelas produk yang berhubungan erat karena mempunyai fungsi yang serupa. atau beberapa atribut lain. Jenis produk (product type) sekelompok barang di dalam lini produk yang berbagi satu dari beberapa kemungkinan bentuk produk. Contoh: Instrumen keuangan 4. Dikenal sebagai kategori produk. Contoh: keamanan 2. Contoh: Asuransi jiwa berjangka 6. Keluarga produk (product family) semua kelas produk yang dapat memuaskan kebutuhan inti dengan efektifitas yang masuk akal. harga. Contoh: Asuransi jiwa berjangka prudential yang dapat diperbaruhi Sistem Dan Bauran Produk Sistem produk (product system) adalah kelompok barang yang berada tetapi berhubungan dan fungsi dan cara yang kompatibel. Bauran produk (product mix). dijual kepada kelompok pelanggan yang sama. disebut juga pilihan produk (product assortment) adalah kumpulan semua produk dan barang yang ditawatkan untuk dijual oleh penjual tertentu Bauran produk perusahaan mempunyai lebar.

memperlebar bauran produknya.  Produk inti (core products) komputer laptop dasar yang menghasilkan volume penjualan tinggi dan dipromosikan besar-besaran tetapi dengan margin rendah karena produk ini dipandang sebagai komoditas yang tidak terdiferensiasi. Komsumen cenderum membeli item-item tersebut ditempat dimana mereka membeli peralatan pertama karena lebih nyaman dibandingkan bila mereka harus melakukan perjalanan belanja lebih jauh Penetapan Harga Bauran produk Dalam penetapan harga bauran produk (product-mix pricing). saluran distribusi. seperti CPU yang lebih cepat atau memori yang lebih besa. Perusahaan dapat menambah lini produk. Empat dimensi bauran produk mengizinkan perusahaan untuk memperluas bisnis mereka dengan empat cara. atau dengan cara lain. Perusahaan dapat memperpanjang tiap lini produk.  Produk dasar (staples) item-item dengan volume penjualan rendah dan tanpa promosi. seperti peralatan pembuat film digital. Perusahaan dapat menambah varian produk pada masing-masing produk dan memperdalam bauran produknya Penjualan Dan Laba Perusahaan dapat mengklasifikasi produknya menjadi empat tipe yang menhasilkan berbagai margin kotor. Item-item ini menghasilkan margin yang lebih tinggi  Produk khusus (specialties) item-item dengan volume penjualan rendah tetapi dipromosikan secara besar-besaran. Kita dapat membedakan enam situasi yang membutuhkan penetapan harga bauran produk. Konsistensi dari bauran produk mengacu seberapa dekat hubungan dari berbagai lini produk pada pengguna akhir.  Barang sehari-hari (convenience items) item-item dijual dengan volume tinggi tetapi kurang mendapatkan promosi. perusahaan mencari sekumpulan harga yang dimaksimalkan laba keseluruhan bauran. tergantung pada volume dan promosi penjualan. . persyaratan produksi.

Penetapan harga produk sampingan. Tugas penjual adalah menentukan perbedaan kualitas anggapan yang mengesahkan perbedaan harga. semua laba yang dihasilkan dari produk sampingan akan mempermudah perusahaan mengenakan harga yang lebih rendah untuk produk utamanya jika persaingan memaksa perusahaan melakukannya. karena perusahaan harus memutuskan item mana yang akan dimasukan dalam harga standar dan mana yang ditawarkan sebagai pilihan. Penetapan harga fitur opsional Banyak perusahaan menawarkan produk opsional. fitur dan layanan beserta produk utama mereka. juka suku cadang dan pelayanan terlalu mahal. Penetapan harga paket produk. Penetapan harga dua bagian (two-partpricing) yang terdiri dari biaya tetap ditambah biaya penggunaan variable. buatlah produk tersebutmenjadi pengecualian absolut dan lakukan dengan berbeda.Penetapan larha lini produk Perusahaan biasanya mengembangkan lini produk alih-alih mengembangkan produk tunggal serta memperkenalkan jenjang harga. . atau produk terikat (captive product). seberapa besar biaya yang dikenakan untuk jasa dasar dan seberapa besar biaya untuk menggunakan variabelnya. pemalsuan dan subtitusi dapat mengganggu penjualan. Ada bahaya dalam menetapkan harga produk terikat yang terlalu tinggi dipurnapasar. riset ini menyarankan panduan berikut untuk mengimplementasikan strategi pemaketan dengan benar. Penetapan harga adalah masalah yang sulit.  Jangan mempromosikan produk individual dalam satu paket dengan frekwensi sesering dan semurah paketnya.biaya tetap harus cukup rendah untuk menghasilkan pembelian jasa. Perusahaan jasa menghadapi masalah yang sama dengan penetapan harga produk terkait yaitu. Harga paket harus jauh lebih rendah dari pada jumlah seluruh produk individual atau konsumen tidak akan memperhatikan daya tariknya. lalu laba dihasilkan dari fee penggunaan.  Batasi promosi menjadi satu item saja dalam bauran jika anda masih ingin mempromosikan produk individual  Jika anda memutuskan untuk menawarkan rabat yang besar pada produk individual. Penetapan harga produk terikat Beberapa produk harus menggunakan produk tambahan.

dan Garansi Sebagian besar produk fisik harus dikemas dan diberi label. Pelabelan. Syarat yang paling penting adalah penyesuaian logis antara kedua merek. kedua merek itu harus memiliki ekuitas merek yang terpisah_kesadara merek yang cukup besar dan citra merek yang cukup pasitif. kelebihan utama co-branding adalah bahwa sebuah produk dapat diposisikan secara meyakinkan melalui kelebihan bernagai merek lainnya. komponen. paparan yang berlebihan dapat mendilusi pentrasferan setiap asosiasi. PENETAPAN MEREK BAHAN BAKU (ingredient branding) adalah kasua khusus cobranding. Hal menarik pada penetapan merek bahan baku adalah “penetapan merek-sendiri” di mana perusahaan beriklan dan bahkan memberi merek dagang pada bahan bermerek mereka sendiri. Jika merek lain masuk dalam jumlah pengaturan co-branding. co-branding dapat menhasilkan penjualan yang lebih besar dari pasar sasaran yang ada dan juga membuka peluang tambahan bagi konsumen dan saluran baru. atau suku cadang yang selalu terkandung dalam produk bermerek lainnya.CO-BRANDING DAN PENETAPAN MEREK DAN BAHAN BAKU Co-Branding (penetapan merek bersama). seperti gabungan kegiatan merek atau kegiatan pemasaran yang memaksimalkan kelebihan masing-masing sekaligus memaksimalkan kekurangan mereka. ::: Pengemasan. Agar co-branding dapat berhasil. Kekurangan potensial co-branding adalah risiko dan kurangnya kendali untuk terhubung dengan merek lain dalam pikiran konsumen. . disebut juga penetapan dua merek (dual branding) atau penetapan merek gabungan menjadi satu produk bersama atau dipasarkan bersama dalam beberapa cara.penetapan merek bahan baku menciptakan ekuitas merek bagi bahan. Jaminan. beberapa kemasan seperti botol Coke dan kemasan L’eggs_terkenal di seluruh dunia.

Perusahaan bahan dan fitur unik seperti lubang dan bukaan yang dapat disegel kembali. 5. Dari prespektif perusahaan dan konsumen. Mengidentifikasi merek Mengekspresikan informasi deskriptif dan persuasif Menfasilitasi transportasi dan perlindungan produk Membantu penyimpanan di rumah Membantu konsumsi produk . Mengingat 50% sampai 70% dari semua pembelian dilakukan ditoko. kemasan harus mencapai sejumlah tujuan: 1. Kemasan yang dirancang dengan baik dapat membengun ekuitas merek dan mendorong penjualan. penampilan. Kemasan juga mempengaruhi pengalaman produk konsumen dikemudian hari. dan membuat kesan keseluruhan yang menyenangkan. Di toko.  Perusahaan dan citra merek kemasan mempunyai andil terhadap pengakuan segera atas perusahaan atau merek. Kemasan adalah bagian pertama produk yang dihadapi pembeli dan mampu menarik atau menyingkirkan pembeli. menggambarkan fitur produk. Beberapa faktor mempunyai kontribusi terhadap semakin banyaknya penggunaan kemasan sebagai alat pemasaran.  Peluang inovasi kemasan inovatif dapat membawa manfaat besar bagi konsumen dan laba bagi produsen. dan gengsi kemasan yang lebih baik. menciptakan keyakinan konsumen.  Kekayaan konsumen peningkatan kekayaan konsumen berarti konsumen bersedia membeyar sedikit lebih besar untuk kenyamanan. kemasan merek dapat menjadikan efek papan iklan yang mudah dilihat. 3. kemasan yang efektif harus melaksanakan banyak tugas penjualan: menarik perhatian. keandalan.Pengemasan Pengemasan (packaging) sebagai semua kegiatan merancang dan memproduksi wadah untuk sebuah produk. Kemasan dapat mencakup sampai tiga tingkat bahan.  Swalayan semakin banyak jumlah produk yang dijual berdasarkan prinsip swalayan. 2. 4.

Garansi menunjukan bahwa produk itu bermutu tinggi dan bahwa perusahaan serta kinerja layanannya dapat diandalkan. baik tertulis maupun tersirat jaminan tunduk pada hukum. Garansi bisa sangat membantu ketika perusahaan atau produk tidak begitu terkenal atau ketika kualitas produk tidak lebih unggul dari pesaing. Jaminan dan garansi Semua penjual bertanggung jawab secara hukum untuk memenuhi harapan normal atau rasional pembeli. perusahaan harus memperhatikan semakin meningkatnya kepedululian lingkungan dan keamanan untuk mengurangi kemasan. pelabelan Label bisa berupa gantungan sederhana yang ditempelkan pada produk atau gambar yang dirancang secara rumit dan menjadi bagian kemasan. Meskipun pengembangan kemasan yang efektif dapat menelan biaya beberapa ratus ribu dolar dan membutuhkan beberapa bulan waktu penyelesaian. atau sejumlah besar informasi. Garansi mengurangi risiko anggapan pembeli. Label bisa membawa nama merek saja. Jaminan (warranties) adalah persyaratan resmi kinerja produk yang diharapkan oleh produsen. warna.Untuk mencapai tujuan pemasaran merek dan memuaskan keinginan konsumen. bahan. pemasar harus memilih komponen estetika dan fungsional kemasan dengan tepat. teks dan grafis. Produk dengan jaminan dapat diekmbalikan kepada produsen atau dibawah kepusat perbaikan untuk diperbaiki. . Pertimbangan estetika berhubungan dengan ukuran kemasan serta bentuk. diganti atau dikembalikan uangnya.

dan produk potensial.dipanen. dan didivestasikan. 2. serta pengemasan dan pelabelan. barang khusus atau barang yang tidak dicari. Produk dapat digolongkan dalam beberapa cara. ketahanan. Dalam merencanakan penawaran pasarnya. gaya. dan konsistensi. 3. Berdasarkan ketahanan dan keandalannya. produk adalah elemen pertama dan terpenting dalam bauran pemasaran. produk digolongkan dalam satu dari tiga kategori: bahan dan suku cadang (bahan mentah serta bahan dan suku cadang manufaktur). dalam. Bauran produk dapat diklasifikasikan menurut lebar. konsultasi pelanggan. pemasar harus berpikir melalui lima tingkat produk: manfaat inti. produk tambahan. produk yang diharapkan. pengiriman. produk dasar. manajer lini produk harus melihat penjualan dan laba serta profil pasar.RANGKUMAN 1. produk terdiri dari barang sehari-hari (barang kebutuhan pokok/staple. dipertahankan. Empat dimensi ini merupakan alat untuk mengembangkan strategi peasaran perusahaan dan memutuskan lini produk mana yang akan ditumbuhkan. 5. item pemeliharaan dan perbaikan. Untuk menganalisis lini produk dan memutuskan beberapa banyak sumber daya yang harus diinvestasikan dalam lini itu. produk bisa berupa barang tidak tahan lama. kinerja. . atau jasa. barang modal (instalasi dan peralatan). keandalan. fitur.barang darurat) barang belanja (homogen dan heterogen). Dalam kategori barang industri. lini produk. pelatihan pelanggaan. Merek dapat diferensiasikan berdasarkan sejumlah dimensi produk atau jasa yang berada: bentuk produk. atau jasa pasokan dan bisnis (pasokan operasi. Dalam kategori barang konsumen. Sebagian besar perusahaan menjual lebih dari satu produk. Strategi produk membutuhkan pengambilan keputusan yang terkoordinasi dalam bauran produk. kesesuaian. instalasi. serta dimensi jasa seperti kemudahan pemesanan. serta jasa nasihat bisnis) 4. barang impuls. kemudahan perbaikan. serta pemeliharaan dan perbaukan. barang tahan lama. yang mencakup semua tambahan dan transformasi yang mungkin dialami pada akhirnya. dan desain. jasa pemeliharaan dan perbaikan. panjang.

Kemasan yang dirancang degan baik dapat menciptakan nilai kenyamanan bagi pelanggan dan nilai promosi bagi produsen. 7. dengan pengambilan produk tertentu dan dengan mengurangi produknya guna menghilangkan produk yang paling tidak menuntungkan. Produk fisik harus dikemas dan diberi label. dan dengan mengurangi produknya. keatas pasar. Akibatnya. dengan mengasumsikan merek-merek tersebut mempunyai ekuitas dan dianggap benar-benar sesuai 8. Jaminan dan garansi dapat menawarkan kepastian lebih lanjut bagi konsumen . dengan memodernisasikan produknya. atau keduanya) atau pengisian lini. Merek bahan baku dan merek bersama dapat menambah nilai. Merek sering dijual atau dipasarkan secara bersama dengan merek lain. kemasan dapat bertindak sebagai “iklan lima detik” bagi produk. Perusahaan dapat merubah komponen produk dari bauran pemasarannya dengan memperpanjang produknya melalui perpanjangan lini (ke bawah pasar.6.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->