P. 1
bleding minyak rem

bleding minyak rem

|Views: 332|Likes:
Published by Armor Arya
tata cara membleding minyak rem
tata cara membleding minyak rem

More info:

Published by: Armor Arya on Feb 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $49.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

01/19/2015

$49.99

USD

pdf

text

original

BLEEDING MINYAK REM: Kocoook,,,kocookk…Tahaaan. Hapus Topik|Balas Topik Ini Menampilkan kesemua 2 kiriman.

Junisra Syam Oleh Junisra Syam Excellence Automotive Training International Kejadian ini lebih dari 10 tahun yang lalu tepatnya tahun 1998, ketika saya melakukan Servis Besar pada sistem rem mobil saya, tentu saja pekerjaan yang harus saya lakukan antara lain; Menguras minyak rem, mengganti repair kit silnder master dan wheel silinder rem belakang, demikian pula seal piston disk brake roda depan juga harus saya ganti…. Lalu setelah semua pekerjaan pembongkaran dan pemasangan suku cadang bereslah sudah…Maka kesulitan sudah mengintai saya waktu hendak melakukan pekerjaan “beeding minyak rem’’. Mhhmm..Siapa ya?.. Siapa yang dapat membantu untuk melakukan pekerjaan bleeding ini?.....Istri???.. Mana mungkin saya minta tolong pada istri untuk menjinjak-injak pedal rem sambil menunggu abaaba;..’Kocoookk”…”Kocoookkk”…Kocookk”..”Koooccook”,.. lalu…”Tahaann”. Lagi pula waktu itu Istri sedang sibuk di dapur, sedangkan saya bekerja dalam garasi. Lhaa, kalau tetangga dengar saya memerintah istri; ’Kocookk”.. kocookkk”.”kocookk”..dan “Taahaan”.. Mungkin saja para tetangga akan perpikir yang nggak-nggak terhadap kami berdua….Meskipun sebenarnya beleh-boleh saja dengan istri sendiri..he..he…. Makanya pekerjaan harus saya selesaikan,,,kocok-kocok,, sendiri,,,, tanpa bantuan istri. Caranya?: Saya harus punya slang bening (transparant) untuk bleeding seperti biasanya, tapi haru cukup panjang, sepanjang body mobil bila perlu, pasangkan slang transparan ke baut bleeding roda dan ujung slang yang lain sampai ke reservoir master slinder (slang bleeding sebaikknya meliwati kaca spion depan kanan agar kita dapat melihat minyak rem pada slang tersebut). Sebelumnya isi penuh terlebih dahulu minyak rem pada reservoir master silinder.

. cukup dengan menekan minyak rem pada silinder master untuk mengeluarkan udara tersebut… Penekanan minyak rem pada reservoir dapat dilakukan dengan alat…. lalu saya mulai menekan pedal rem dua-tiga kali sambil mengontrol banyaknya minyak rem dalam reservoir. Jadi kesimpulannya. ulangi kembali menekan pedal rem sampai semua stabil.) Pekerjaan yang sama terus saya lakukan sampai udara pada pipa rem habis (dapat dilihat dengan jelas pada slang bleeding). Trus pekerjaan dilanjutkan pada roda-roda yang lain….KOCOOK…....Longgarkan baut bleeding. Membleeding minyak rem berarti mengeluarkan udara yang terjebak pada saluran/pipa rem. Seharusnya pekerjaan itu dapat dilakukan sendiri tanpa berteriak-teriak pada orang lain….. “mengocok-ngocok” pedal rem sendiri tanpa harus minta bantuan orang lain….Dan berhasil.TAHAN…..KOCOOOK….Capek deeehhh… Bravo Otomotif… .. artinya volume minyak rem pada reservoir tidak mungkin berkurang lagi karena sudah ditambah secara otomatis oleh minyak rem yang datang dari slang bleeding. Selajutnya pekerjaan mengocok-ngocok terus saya lakukan sendiri (maksudnya “mengocok” itu tentu saja menekan-nekan pedal rem gitu. jika pipa rem dan semua salurannya dalam keadaan bersih..juga.Atau seperti yang saya lakukan tersebut.KOCOKK….

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->