Gizi

Gizi Remaja

Periode remaja merupakan salah satu tahapan kehidupan seseorang dimana pertumbuhan berat badan dan tinggi badan mengalami puncaknya. Untuk mendukung proses pertumbuhan yang cepat ini maka seorang remaja membutuhkan dukungan zat gizi yang cukup. Remaja yang memiliki asupan gizi yang cukup akan memiliki kondisi tubuh yang lebih sehat, menjalani aktifitas sehari-hari dengan baik apakah di rumah maupun di sekolah serta jarang mengalami sakit. Lalu bagaimana cara mengetahui kebutuhan gizi remaja?, berikut uraian siangkatnya.

Karakteristik
Usia 12-18 tahun Masa pertumbuhan yang bervariasi Meningkatnya kemandirian prilaku Diit/ makan dipengaruhi factor social dan psikologi

Pertumbuhan
Puncak pertumbuhan tertinggi kedua setelah bayi, yaitu 20% TB dewasa dan 50% BB dewasa. Pertumbuhan remaja digambarkan oleh 1 jumlah sel ukuran sel dan kematangan reproduksi Sampai dengan 9 tahun pertumbuhan laki laki dan perempuan hamper sama Pertumbuhan pre puberitas perempuan 2 tahun le3bih cepat dari laki laki.

Energi sangat dibutuhkan oleh remaja untuk mendukung aktifitas sehari-hari serta dibutuhkan untuk proses matabolisme tubuh. Ada banyak cara yang bisa anda gunakan untuk menghitung kebutuhan gizi remaja, antara lain :

Cara pertama : Menggunakan tabel Angka Kecukupan Gizi (AKG)
Indonesia sudah memiliki table AKG yang terdiri atas kecukupan beberapa zat gizi bagi orang Indonesia mulai umur bayi sampai lansia. Berdasarkan table AKG, remaja memiliki kebutuhan energy sebesar :

akan tetapi juga sebagai cadangan energy jika asupan energy terbatas atau kurang.   Umur 10-12 tahun : 2050 kkal Umur 13-15 tahun : 2400 kkal Umur 16-18 tahun : 2600 kkal Cara kedua : Menggunakan rumus berdasarkan berat badan Salah satu cara untuk menghitung kecukupan energy remaja ialah dengan menggunakan rumus berikut : Remaja putri   Umur 10-12 tahun : 50-60 kkal/kg berat badan/hari Umur 13-18 tahun : 40-50 kkal/kg berat badan/hari Remaja putra Umur 10-12 tahun : 55-60 kkal/kg berat badan/hari Umur 13-18 tahun : 45-55 kkal/kg berat badan/hari   Kebutuhan Protein Protein tidak hanya digunakan untuk proses pertumbuhan pada remaja. Kecukupan protein pada remaja bisa diketahui dengan dua cara yaitu sebagai berikut : Cara pertama : Menggunakan tabel Angka Kecukupan Gizi (AKG)    Umur 10-11 tahun : 50 gr Umur 13-15 tahun : 60 gr Umur 16-18 tahun : 65 gr Cara kedua : Menggunakan pedoman berikut    Umur 10-12 tahun : 40 gr/hari (putra) | 50 gr/hari (putri) Umur 13-15 tahun : 60 gr/hari (putra) | 57 gr/hari (putri) Umur 16-18 tahun : 65 gr/hari (putra) | 50 gr/hari (putri) .

Kebutuhan Lemak dan Karbohidrat Kebutuhan lemak bagi remaja sebesar 25-30% dari kebutuhan kalori. Pada pria dewasa bias menurunkan libido. Kurang gizi dan obesitas biasa mempengaruhi hormone sex.55 x 2050 kkal)/4 = 281. maka kebutuhan lemak dan karbohidrat sebagai berikut :   Kebutuhan lemak : (0.3 gr Kebutuhan karbohidrat : (0. Jika ia memiliki kebutuhan energy sebesar 2050 kkal. defisiensi - Pada wanita jika cadangan energy tubuh berkurang bias menyebabkan mens bias mengakibatkan mens tidak teratur.jarang dan kemungkinan bias berhenti.9 gr Kebutuhan vitamin dan Mineral Remaja membutuhkan vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup karena sangat berhubungan dengan proses pertumbuhan remaja serta kondisi pubertas yang dialami saat ini. defisiensi zink dapat menurunkan jumlah sperma . anda bisa menggunakan table AKG. menarche tertunda atau jika terjadi setelah . yodium bias mengurangi libido dan produksi androsteron. Nah saudarakau. ayo di hitung ya agar kamu bisa mengatur asupan makanan sehari-hari.30 x 2050 kkal)/9 = 68. dan anda mmeilih kebutuhan lemak sebesar 30% dan karbohidrat sebesar 55%. Misalnya seorang remaja putri berusia 12 tahun. tentunya agar kamu bisa tetap sehat dan menjalani aktifitas sehar-hari dengan baik. sudah tau kebutuhan gizimu. sedangkan untuk karbohidrat sekitar 55-70% dari kebututhan kalori. Khusus untuk kebutuhan vitamin dan mineral. Gizi dan Fertilitas Pada pria kuraqng gizi bias mempengaruhi tertundanya puberitas.

FE Sering makan makanan yang siap saji yang umumnya padat kalori dan rendah serat Faktor yang mempengaruhi konsumsi makanan Body image (takut gemuk) Faktor stress Faktor temen (sering kumpul kumpul banyak ngemil atau lupa makan) Media masa (terlalu asyik nonton tv atau baca) Jenis kel/umur Energi(kal) Protein (gr) Zat besi( mg) Kalsium (mg) KEBUTUHAN ENERGI DAN ZAT GIZI REMAJA L 13-15 th L 16-19 th P 13-15 th P 16-19 th 2400 2500 2100 2000 64 66 62 51 17 23 19 25 700 600 700 600 .C.Masalah makan yang sering terjadi pada remaja Tidak sarapan pagi bila mau sekolah/ kuliah Suka jajn yang le3bih banyak mengandung karbo hidrat dan kurang vitaminA.Ca.

2010 by fafaferary a. sebaiknya remaja wanita mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. sehingga status gizinya baik. 1996). Identifikasi jenis nutrisi yang dapat mengakibatkan perubahan asupan energi belum didapatkan data yang pasti. Sebagai bahan perbandingan dibawah ini akan diuraikan tentang asupan energi total dan keragaman komponene diet. mineral. selain olahraga yang teratur (Brunner. 1996) Gizi kurang atau terbatas selain akan mempengaruhi pertumbuhan. Seberapa jauh pengaruh status gizi terhadap terjadinya menarke belum ada yang melakukan penelitian. Hal ini dapat berdampak pada gangguan haid. Estrogen berfungsi mengatur siklus haid. Asupan energi bervariasi sepanjang siklus haid.1996). Status gizi dikatakan baik. Tetapi beberapa remaja keluhan-keluhan tersebut tidak dirasakan. Menarke Menarke adalah haid yang pertama terjadi. yang lain berp[endapat bahwa . Agar menarke tidak menimbulkan keluhan-keluhan. Ada yang berpendapat karbohidat merupakan sumber asupan kalori selama fase luteal. Status gizi remaja wanita sangat memengaruhi terjadinya menarke baik faktor usia terjadinya menarke. maupun air digunakan oleh tubuh secara keseluruhan (Krummel. Hormon yang berpengaruh terhadap terjadinya menarke adalah pestrogen dan progesteron. adanya keluhankeluhan selam menarke maupun lamanya hari menarke. terjadi peningkatan asupan energi pada fase luteal dibandingkan fase folekuler. fungsi organ tubuh.Hubungan Status Gizi dengan Menstruasi Posted on December 21. dammengeluh perutnya terasa begah. kurang nyaman. Secara psikologis wanita remaja yang pertama sekali mengalami haid akan mengeluh rasa nyeri. Hal ini dipengaruhi nutrisi yang adekuat yang biasa dikonsumsi. apabila nutrisi yang diperlukan baik protein. Kesimpulannya bahwa estrogen mengakibatkan efek penekanan atau penurunanterhadap nafsu makan (Krummel. Peningkatan konsumsi energi premenstruasi dengan ekstra penambahan 87-500 Kkal/hari. lemak.selam siklus haid. karbohidrat. tetapi akan membaik bila asupan nutrisinya baik. sedangkan progesteron berpengaruh pada uterus yaitu dapat mengurangi kontraksi. juga akan menyebabkan terganggunya fungsi reproduksi. yang merupakan ciri khaskedewasaan seorang wanita yang sehat dan tidak hamil.

kopi. . serat dan nutrien lainnya (Krummel. sakit pinggang. dan rokok. walaupun tidak secara khusus jenis nutrisisnya apa. Sedangkan yang perlu . Dengan demikian selama fase luteal terjadi peningkatan asupan makanan atau energi (Krummel. letih. dianggap memengaruhi siklus menstruasi dan reproduksi.9 hari. b. C Diet Rendah Lemak Hasil penelitian pada diet rendah lemak dibanding tinggi lemak. 1996).5 hari. Sindrom premenstrual adalah kombinasi gejala yang terjadi sebelum haid dan menghilang setelah haid keluar. lemak hewani. masih jarang penelitian yang menggunakan diet sebagai metoda perlakuan. Apabila hal ini diabaikan maka dampaknya akan terjadi keluhan yang menimbulkan rasa ketidaknyamanan selama siklus haid. 1996). Tetapi timbul pertanyaan seberapa sering faktor diet dipandang sebagai penyebab timbulnya amenore. kesimpulannya tidak mempunyai pengaruh pada kadar hormon seks. dan uraiannya sering tidak lengkap atau tumpang tindih. Gejala utama meliputi sakt kepala. Pada remaja wanita perlu mempertahankan status gizi yang baik. Menstruasi Komposisi diet baik secara kuantitatif maupun kualittatif. gula. garam. pembesaran dan sakit pada payudara dan perasaan begah pada perut. Siklus menstruasi dipengaruhi bukan saja oleh diet vegetarian tetapi diet yang bervariasi dalm hal lemak. Dengan demikian maka bagi wanita yang bukan vegetarian bila berubah ke diet rendah lemak akan memperpanjang siklus menstruasi sebagai akibat dari memanjangnya fase menstruasi dan fase folikuler. Selain itu juga ada yang berpendapat bahwa asupan lemak dan protein akan meningkat pada fase luteal. daging. lamanya waktu menstruasi meningkat rata-rata 0. Sedangkan pada diet rendah lemak akan menyebabkan tiga efek utama. yaitu panjang siklus menstruasi meningkat rata-rata 1. dengan cara mengkonsumsi makanan seimbah karena sangat dibutuhkan pada saat haid. terbukti pada saat haid tersebut terutama pada fase luteal yang terjadi peningkatan kebutuhan nutrisi. alkohol. Secara umum anjuran diet meliputi pembatasan. ternyata pada diet tinggi lemak tidak memberikan perbedaan kadar hormon dalam plasma dan urin.konsumsi softdrink yang mengandung gula cenderung meningkat selama fase luteal. dan fase folekuler meningkat rata-rata 0.3 hari. Tindakan yang dilakukan untuk menangani kasus sindrom premenstrual adalh menganjurkan perubahan diet selain menambah suplemen nutrisi.

Erna Francin. . dkk. 2005. Denan mengkonsumsi rendah lemak. dan tinggi karbohidrat akan mengurangi pembengkakan payudara. roti.ditambah komsumsinya adalah jenis ikan. hal ini berhubungan dengan pembentukan seretonin di dalam otak. karbohidrat kompleks. Sedangkan konsumsi tinggi karbohidrat dan rendah protein dapat memperbaiki gangguan perasaan yang tidak nyaman. kacang-kacangan. Referensi: Paath. Jakarta:EGC. 1996). sayuran daun hijau dan sereal (Krummel. unggas. Gizi dalam Kesehatan Reproduksi. Kebanyakan klien sindrome premenstrual mengkonsumsi susu dan produknya sebanyak lima kali lipat untuk gula halus.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful