P. 1
presentasi

presentasi

|Views: 128|Likes:
Published by elvanilatanjung
ga tw isinya tentang apa,,lupa
ga tw isinya tentang apa,,lupa

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: elvanilatanjung on Feb 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/17/2013

pdf

text

original

UNSUR GOLONGAN VA (UNSUR NITROGEN, FOSFOR DAN ARSEN) Tugas Kelompok Mata Kuliah Kimia Unsur

Kelompok I Amalia Ratnaputri U 0910920003 Fadillah Mufida Ivone Fatmawati 0910920009 0910920013

JURUSAN KIMIA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2012

Pada suhu yang rendah. tidak berasa. Pengelompokkan unsur tersebut berdasarkan sifat kimianya. pada perairan berupa persenyawaan ion – ion yang larut dan yang paling sedikit diantara ketiganya yaitu pada lapisan kerak bumi. logam dan non logam. hanya mempunyai valensi maksimum +3 (Gould. mereka kekurangan 3 (tiga) elektron di kulit terluarnya (Lee. 1955). amoniak. Energi ikatnya cukup tinggi sehingga sangat sabil dan sulit bereaksi. Antimon (Sb) dan Bismut (Bi). Nitrogen dan persenyawaannya sangatlah melimpah dialam. Unsur-unsur yang lain adalah Fosfor (P). Unsur-unsur pada golongan VA adalah Nitrogen (N). yaitu tersebar di atmosfer berupa molekul diatomiknya gas N2 dan mempunyai ikatan yang kuat serta stabil. Oleh karena itu. Arsen (As). Unsur nitrogen itu sendiri cenderung inert pada temperatur kamar. Nitrogen merupakan molekul diatomik yang memiliki ikatan rangkap tiga. 1991). sehingga akan mempengaruhi keberadaannya pada atmosfer.BAB I PENDAHULUAN Pada tahun 1789 Antoine Lavoisier mengelompokkan 33 unsur kimia. Molekul nitrogen ini sangat ringan dan nonpolar sehingga gaya van der waals antar . nitrogen dapt berbentuk cairan atau bahkan kristal padat yang tidak berwarna (bening). Unsur-unsur kimia di bagi menjadi 4 (empat) kelompok. terdapat dilapisan kerak bumi sebagai NaNO3 dan garam–garam serta oksidanya yang banyak larut didaerah perairan. protein dan beberapa (Sugiyarto. Pengelompokan ini masih terlalu umum karena ternyata dalam kelompok unsur logam masih terdapat berbagai unsur yang memiliki sifat berbeda. Nitrogen merupakan unsur yang relatif stabil. dan tidak beracun. dimana bentuk diatomik dari nitrogen adalah unsur yang paling utama dalam udara. kebanyakan entalpi dan energi bebas pembentukan senyawa nitrogen bertanda positif. Oleh karena itu. Selain itu nitrogen terdapat dalam bentuk senyawa nitrat. Unsur-unsur golongan ini menunjukkan bahwa semua komponen-komponen dari unsur ini mempunyai 5 (lima) e l e k t r o n p a d a kulit terluarnya. Nitrogen adalah salah satu unsur golongan VA yang merupakan unsur non logam dan gas yang paling banyak di atmosfir bumi. lapisan kerak bumi maupun perairan. Nitrogen sebagai anggota golongan VA yang seharusnya mempunyai valensi maksimum +5. nitrogen terdapat dalam bentuk gas N2 yang tidak berwarna dan tidak berbau. tanah. yaitu gas. 2003). 2 (dua) elektron terletak di subkulit s dan 3(tiga) e l e k r o n t e r l e t a k d i subkulit p. tetapi membentuk isotop-isotop yang 4 di antaranya bersifat radioaktif. Di alam. Yang mana di atmosfer terdapat sebagai gas N2 yang cukup stabil.

Pada suhu yang tinggi nitrogen memnjadi lebih reaktif khususnya bilamana diberi katalis pada reaksinya. Bentuknya yang murni tidak memiliki warna dan transparan. Reaksi fosfor dengan halogen Fosfor putih P4 bereaksi keras dengan semua halogen pada temperatur ruang untuk membentuk fosfor (III) trihalides P4(s) + 6F2(g) P4(s) + 6Cl2(g) P4(s) + 6Br2(g) 4PF3(g) 4PCl3(g) 4PBr3(g) . P4(s) + 5O2(g) P4O10(s) 3. Secara spontan bila menyatu di udara pada suhu kamar dapat membentuk “fosfor pentoksida” tetraphosporus desaoksida P4O10. Sifat kimia fosfor adalah sebagai berikut (Mohsin. N2(g) + 3H2(g) b. dan dengan bakteri fiksasi Nitrogen. Reaksi fosfor dengan udara Fosfor putih harus ditangani dengan hati-hati. N2(g) + O2(g) c.molekul sangat kecil. tetapi larut dalam karbon disulfida. N2(g) + CaC2(s) 2NH3(g) 2NO(g) Mg3N2 C(s) + CaCNC(s) Fosfor (P) terdapat dalam tigaatau lebih bentuk alotropi yaitu putih (atau kuning). merah. Reaksi fosfor dengan air Fosfor putih bersinar dalam gelap saat terkena udara lembab yang disebut dengan proses chemiluminescence 2. industri logam. N2(g) + 3Mg(g) d. Fosfor putih memiliki 2 (dua) modifikasi yaitu alfa dan beta dengan suhu transisi pada -3. Fosfor tidak terlarut dalam air. 2003) : a.8 derajat Celcius. 2006): 1. dan dalam pembuatan komponen elektronika. 1999). Reaksi yang khas adalah (Sugiyarto. Karena kestabilan yang tinggi. Gas ini masuk dan keluar tubuh manusia sewaktu bernafas tanpa berubah. Fosfor dapat terbakar dengan mudah di udara dan membentuk pentaoksida. Nitrogen sangat diperlukan digunakan sebagai pembuatan senyawa penting seperti amonia dan urea. Fosfor biasa merupakan benda putih seperti lilin. nitrogen dipakai untuk gas pelindung gas oksigen dalam pabrik kimia. Gas ini tidak berbau dan tidak berasa. Nitrogen cair juga di gunakan untuk membekukan makanan secara cepat (Syukri. Satu-satunya reaksi N2 pada suhu ruangan adalah logam Li meghasilkan Li3N dan komponen logam transisi tertentu. dan hitam (atau ungu).

arsenik menyatu membentuk “arsen pentoksida” tetra-arsenik decaoxide 4As(s) + 5O2(g) 4As(s) + 3O2(g) As4O10(s) As4O6(s) 3.2006). dengan berat jenis 1. Lambangnya diambil dari bahasa Latin Stibium. herbisida. Bentuk stabil antimon adalah logam biru- . kuning. Arsenik dan beberapa senyawa arsenik juga dapat langsung tersublimasi.97 dan 5.P4(s) + 3I2(g) 2PI3(g) 4. Sifat kimia Arsenik adalah sebagai berikut (Sugiyarto. Arsenik secara kimiawi memiliki karakteristik yang serupa dengan Fosfor. dan dalam berbagai aloy. Reaksi Arsenik dengan udara Arsenik stabil pada udara kering dan ketika dipanaskan dalam udara. arsenik akan cepat teroksidasi menjadi oksida arsenik. Zat dasar arsenik ditemukan dalam dua bentuk padat yang berwarna kuning dan metalik. 2003): 1. dan sering dapat digunakan sebagai pengganti dalam berbagai reaksi biokimia dan juga beracun. Reaksi Arsenik dengan halogen Arsenik bereaksi dengan Fluor untuk membentuk gas arsen(V)fluoride 2As(s) + 5F2(g) 2AsF5(g) Arsenik bereaksi dalam kondisi yang terkendali dengan halogen fluorin. Reaksi Arsenik dengan air Arsenik tidak bereaksi dengan air dalam ketiadaaan udara pada kondisi normal 2. bromin dan yodium untuk membentuk arsen (III) trihalides 2As(s) + 3F2(g) 2As(s) + 3Cl2(g) 2As(s) + 3Br2(g) 2As(s) + 3I2(g) 2AsF3(l) 2AsCl3(l) 2AsBr3(l) 2AsI3(l) Antimon adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Sb dan nomor atom 51. Ketika dipanaskan. arsenik menyatu membentuk “arsenik trioksida” tetra-arsenik hexaoxide. klorin. yang berbau seperti bau bawang putih. berubah dari padat menjadi gas tanpa menjadi cairan terlebih dahulu. Reaksi fosfor dengan asam Fosfor tidak bereaksi dengan larutan asam non oksidasi Unsur Arsen (As) merupakan unsur kimia bahan metaloid yang terkenal beracun dan memiliki tiga bentuk alotropik. Antimon merupakan metaloid dan mempunyai empat alotropi bentuk. insektisida. Arsenik dan senyawa arsenik digunakan sebagai pestisida. hitam.73 (Mohsin. dan abu-abu. Sedangkan ketika dipanaskan dengan oksigen.

unsur ini paling bersifat diamagnetik dan merupakan unsur kedua setelah raksa yang memiliki konduktivitas termal terendah. Sebagai sebuah metaloid. dan karet. Antimon tidak bereaksi dengan asam klorida jika tidak terdapat oksigen. bismut tidak berbahaya seperti unsur-unsur tetangganya seperti Timbal. Reaksi Antimon dengan asam Antimon larut dalam asam sulfat pekat panas atau asam nitrat untuk membentuk larutan yang mengandung Sb (III). Bismut adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Bi dan nomor atom 83. elektronik. Dulunya. antimon menyerupai logam dari penampilan fisiknya tetapi secara kimia ia bereaksi berbeda dari logam sejati. cat. 2003): 1. Reaksi asam sulfat menghasilkan sulfur (IV) gas dioksida. Reaksi Antimon dengan air Antimon merah panas akan bereaksi dengan air untuk membentuk antimon(III)trioksida 2Sb(s) + 3H2O(g) Sb2O3(s) + 3H2(g) 2. Antimon merupakan unsur dengan warna putih keperakan. Antimon digunakan sebagai bahan tahan api. Di antara logam berat lainnya. Reaksi Antimon dengan halogen Antimon bereaksi dengan kondisi yang terkendali dengan semua halogen untuk membentuk antimon (III) dihalides 2Sb(s) + 3F2(g) 2Sb(s) + 3Cl2(g) 2Sb(s) + 3Br2(g) 2Sb(s) + 3I2(g) 2SbF3(s) 2SbCl3(s) 2SbBr3(s) 2SbI3(s) 4. Sifat kimia pada antimon adalah sebagai berikut (Sugiyarto.putih. Daya hantar listrik (konduktivitas) dan panasnya lemah. keramik. Zat ini menyublim (menguap dari fase padat) pada suhu rendah. dan Antimoni. Dari semua jenis logam. berbentuk kristal padat yang rapuh. Thallium. Reaksi Antimon dengan udara Ketika antimon dipanaskan maka akan bereaksi dengan oksigen di udara untuk membentuk trioksida antimon (III) 4Sb(s) + 3O2(g) 2Sb2O3(s) 3. Logam dengan kristal trivalen ini memiliki sifat kimia mirip dengan arsen dan antimoni. Senyawa bismut bebas timbal sering digunakan sebagai bahan kosmetik dan dalam bidang medis. Antimoni kuning dan hitam adalah logam tak stabil. bismut dikenal sebagai elemen dengan isotop .

bromin dan iodin bismut (III) trihalides 2Bi(s) + 3F2(g) 2Bi(s) + 3Cl2(g) 2Bi(s) + 3Br2(g) 2Bi(s) + 3I2(g) 4. Sifat kimia dari bismut adalah sebagai berikut (Sugiyarto. Dengan asam klorida yang ditambah dengan oksigen. Reaksi asam sulfat menghasilkan sulfur (IV) gas dioksida. Tidak ada material lain yang lebih natural diamaknetik dibandingkan bismut. Reaksi Bismut dengan air Ketika bismut merah panas bereaksi dengan air akan membentuk bismut (III) trioksida 2Bi(s) + 3H2O(g) 2. bismut terbakar dengan nyala yang berwarna biru. Reaksi dengan asam 2BiF3(s) 2BiCl3(s) 2BiBr3(s) 2BiI3(s) Bismut larut dalam asam sulfat pekat atau asam nitrat untuk membentuk larutan yang mengandung Bi (III).Bismut mempunyai ketahanan listrik yang tinggi.yang stabil.Ketika terbakar dengan oksigen. akan menghasilkan bismut (III) klorida 4Bi(s) + 3O2(g) + 12 HCl(aq) 4BiCl3(aq) + 6H2O(l) . klorin. Reaksi Bismut dengan udara Bi2O3(s) + 3 H2(g) Setelah pemanasan bismut akan bereaksi dengan oksigen di udara untuk membentuk bismut (III) trioksida 4Bi(s) + 3O2(g) 2Bi2O3(s) 3. 2003): 1. namun sekarang diketahui bahwa itu tidak benar. Reaksi Bismut dengan halogen Bismut bereaksi dengan fluor untuk membentuk bismut (V) fluoride 2Bi(s) + 5F2(g) 2BiF5(s) Bismut bereaksi dalam kondisi yang terkendali dengan halogen fluorin.

Mengapa Fosfor yang terbakar atau terpapar pemanasan di udara dapat berbahaya bagi manusia? . Mengapa Nitrogen merupakan molekul diatomik yang sangat stabil dan sulit bereaksi? 3. Mengapa Nitrogen hanya mempunyai bilangan oksidasi maksimum +3 padahal Nitrogen merupakan unsur golongan V yang seharusnya mempunyai bilangan oksidasi +5? 2.BAB II PERMASALAHAN 1. Bagaimana sifat-sifat alotropi dari fosfor (P)? 4. Bagaimana reaksi Arsenik (As) dengan udara? 5.

2. untuk melepaskan elektron pada orbital s dibutuhkan energi yang besar sehingga hanya elektron pada orbital p yang akan dilepaskan atau digunakan untuk berikatan. Oleh karena itu. :N≡N: Nitrogen mempunyai energi ikat yang cukup tinggi sehingga sangat stabil dan sulit bereaksi. 1955). Mengapa Nitrogen hanya hanya mempunyai bilangan oksidasi maksimum +3 padahal Nitrogen merupakan unsur golongan V yang seharusnya mempunyai bilangan oksidasi +5? Jawab: Nitrogen mempunyai 5 elektron pada kulit terluarnya. bukan valensi lima (Gould. Oleh karena itu. kebanyakan entalpi dan energi bebas pembentukan senyawa nitrogen bertanda positif.BAB III JAWABAN PERMASALAHAN 1. dengan konfigurasi 2s2 2p3. Molekul nitrogen ini sangat ringan dan . orbital s terisi penuh yaitu 2 elektron yang berpasangan. Mengapa Nitrogen merupakan molekul diatomik yang sangat stabil dan sulit bereaksi? Jawab: Nitrogen merupakan molekul diatomik yang memiliki ikatan rangkap tiga. Karena adanya pengaruh tersebut. hanya dihasilkan nitrogen dengan valensi tiga. 2s2 2p3 Pada Nitrogen. Pasangan elektron pada orbital s tersebut cenderung inert (efek pasangan inert).

Gas ini tidak berbau dan tidak berasa. 3. Fosfor mempunyai alotrop dalam 3 (tiga) bentuk.nonpolar sehingga gaya van der waals antar molekul sangat kecil. Berikut ini adalah gambar struktur dari fosfor putih (Hendarson. fosfor putih harus ditangani dengan hati-hati. 1991). 2000): . Berikut ini adalah gambar dari alotrop fosgor yaitu fosfor putih. dan dalam pembuatan komponen elektronika. yaitu fosfor putih. fosfor merah dan fosfor hitam. 2003): Fosfor putih memiliki titik leleh rendah (mp 44.Karena fosfor putih piroforik dan sangat beracun. industri logam. Nitrogen cair juga di gunakan untuk membekukan makanan secara cepat (Miessler. Karena sifat nitrogen yang mempunyai kestabilan yang tinggi. fosfor merah dan fosfor hitam (Sugiyarto. Gas ini masuk dan keluar tubuh manusia sewaktu bernafas tanpa berubah. Bagaimana sifat-sifat alotropi dari fosfor (P)? Jawab: Fosfor diproduksi dengan mereduksi kalsium fosfat Ca3(PO4)3 dengan bantuan kuarsa dan batu bara.10C) dan larut dalam benzen atau karbon disulfida. Nitrogen sangat diperlukan digunakan sebagai pembuatan senyawa penting seperti amonia dan urea. nitrogen dipakai untuk gas pelindung gas oksigen dalam pabrik kimia.

tetapi permukaan mengoksidasi perlahan di udara lembab untuk memberikan perunggu menodai dan akhirnya penutup pendar hitam. 2000).Ketika dipanaskan di udara. fosfor hitam menunjukkan sifat logam pada tekanan tinggi (10 GPa) (Hendarson. dan digunakan dalam jumlah yang sangat banyak untuk memproduksi korek dan sebagainya (Hendarson. arsenik menyatu "arsenik trioksida" tetra-arsenik h e x a o x i d e . arsenik menyatu untuk membentuk "arsen pentoksida" tetra-arsenik decaoxide (Heslop. Bagaimana reaksi Arsenik (As) dengan udara? Jawab: Arsenik stabil di udara kering. Mengapa Fosfor yang terbakar atau terpapar pemanasan di udara dapat berbahaya bagi manusia? Jawab: Pembakaran fosfor di udara berlangsung sangat eksotermis yaitu menghasilkan suhu sekitar 800°C. Suhu yang tinggi inilah yang akan merusak jaringan tubuh seperti luka bakar ketika mengenai organ-organ tubuh. 4. Fosfor hitam dalah isotop yang paling stabil dan didapatkan dari fosfor putih p a d a t e k a n a n t i n g g i ( s e k i t a r 8 G P a ) . Walaupun fosfor hitam bersifat semikonduktor pada tekanan normal. Sedangkan hasil pembakaran fosfor putih yaitu berupa P2O5 dalam bentuk asap. F o s f o r hitam memiliki kilap logam d a n berstruktur lamelar.Fosfor merah berstruktur amorf dan strukturnya tidak jelas. 4As (s) + 5O2(g) 4As (s) + 3O2(g) As4O10(s) As4O6(s) 5. Asap yang . 2000). Fosfor merah tidak bersifat piroforik dan tidak beracun. Hal ini disertai dengan dibawah beberapa kondisi. 1961). Komponen utamanya diasumsikan berupa rantai yang dibentuk dengan polimerisasi molekul P 4 sebagai hasil pembukaan satu ikatan PP.Ketika dipanaskan dalam oksigen. A s 4O6.

2010).dihasilkan sangat berbahaya karena selain beracun asap inipun bersifat korosif atau dapat pula bereaksi dengan organ-organ tubuh manusia. jika mengenai kulit maka akan menyebabkan luka bakar dan akan lebih parah lagi jika terkena dalam jumlah banyak (Seran. fosfor merah dan fosfor hitam? dipanaskan dalam tanur listrik pada suhu sekitar 900oC dengan kokas dan silika (SiO2). Pertanyaan Usyqi Salsabila (0910923061) Jawaban Fadillah Mufida (0910920009) Bagaimana cara mendapatkan fosfor Fosfor Putih: diperoleh dari batu fosfat yang putih.E. Fosfor Merah: diperoleh dengan mereaksikan . Misalnya jika mengenai mata maka akan menyebabkan kebutaan. Oleh sebab itu jika fosfor ditembakan atau yang digunakan sebagai bom ketika terbakar akan merusak sebagian besar jaringan tubuh. BAB IV SESI TANYA JAWAB Penyaji Moderator Notulen : Kelompok 1 : Dita Anggarini : Henny Prianto No 1. kemudian diembunkan pada kondensor sehingga diperoleh cairan fosfor putih. Pemanasan ini menyebabkan fosfor menjadi uap. jika dihirup akan merusak kerongkongan bahkan paruparu jika dalam jumlah yang lebih banyak..

Akibatnya. Ivone Fatmawati (0910920013) VA Perbedaan sifat dari golongan VA disebabkan basa karena perbedaan sifat keelektronegativitas. Hastini Artha Dewi (0910923063) paling stabil? dan stibina (SbH3) bersifat netral. Yang mana. dilakukan melalui empat proses berikut : 1. ikatan kovalen N-H sangat polar sehingga ammonia bersifat basa sedangkan senyawa hidrida anggota yang lain. Penangkapan electron untuk membentuk anion nitride (N3-). ion ini hanya terdapat pada senyawasenyawa nitride mirip garam dari logam-logam yang sangat elektropositif. Seruni Swasti P (0910923057) Mengapa senyawa netral? pada NH3 golongan bersifat sifat seperti logam. 2. sifat polaritas ikatan dalam senyawa mitrogen sering berlawanan dengan sifat polaritas ikatan dalam senyawa anggota lainnya. fosfina (PH3). tetapi pada tekanan tinggi fosfor hitam menunjukkan 2. arsina (AsH3) 3. Pembentukan pasangan electron ikatan sebagai tunggal seperti NH3 dan ikatan ganda 3 seperti dalam N2 atau rangkap dua seperti dalam gugus N= N 3.antara fosfor putih dengan oksigen pada temperatur tinggi. Fosfor Hitam: diperoleh dari pemanasan fosfor putih pada tekanan tinggi dan memiliki kilau seperti logam serta bersifat semikonduktor. sedangkan AsH3 dan SbH3 bersifat Nitrogen memiliki harga elektronegativitas yang jauh lebih tinggi dibanding dengan anggotaanggota lainnya dalam golongannya. [ N= N .. Untuk mencapai kestabilan tersebut. Ivone Fatmawati (0910920013) 15 Bagaimana isotop nitrogen yang Isotop nitrogen yang paling stabil adalah 14N dan N. Pembentukan pasangan electron ikatan disertai penangkapan electron seperti dalam NH2.

dan NH2. Klorin atau Belerang dikenal sebagai Arsen Inorganik. Ikatan pπ kemudian dibentuk dengan menggunakan orbital 5. Senyawa Arsen yang berikatan dengan Carbon dan hidrogen dikenal sebagai Arsen Organik. nitrogen membentuk cenderung berikatan pπ. nitrogen menggunakan orbital hibrida sp2. Arsen Inorganik lebih berbahaya daripada Arsen Organik karena Arsen Inorganik ATP dimana mampu ATP menghambat produksi merupakan sumber energi bagi makhluk hidup dalam berbagai mekanisme. Hastini Artha Dewi (0910923063) pz nitrogen. . Arsen Inorganik dapat larut dalam air atau berbentuk gas dan dapat terpapar pada manusia. Arsen Inorganik adalah Arsen yang berupa substansi inorganik dan sulit terdegradasi.pπ (orbital p dinitrogen (N2) dimana dihasilkan kekuatan ikatan – ikatan π)? yang sangat besar dan jarak intinya yang pendek (1. Pada Siklus Krebs.] .094Å) sehingga nitrogen dapat membentuk satu ikatan tunggal dan satu ikatan rangkap dua. Oleh karena itu. [H-N]24. tebentuklah molekul tidak linear. Fadillah Mufida (0910920009) Apa yang dimaksud dengan senyawa Arsen Organik adalah Arsen dalam bentuk organik Arsen Organik dan Arsen Inorganik? yang dapat terdegradasi dan terakumulasi pada Dan manakah yang lebih berbahaya? ikan dan kerang-kerangan yaitu Arsenobetaine dan Arsenokolin yang mempunyai sifat non-toksik. Pembentukan pasangan electron ikatan disertai pelepasan electron seperti dalam NH4+ dan ion-ion 4. dua diantaranya membentuk ikatan σ sedangkan yang ketiga menyimpan ikatannya sendiri. Seruni Swasti (0910923057) ammonium tersubtitusi [NR4]+ Amalia Ratnaputri (0910920003) Jelaskan yang dimaksud nitrogen Dalam wujud unsurnya. Senyawa Arsen yang berikatan dengan Oksigen.

Dengan rantai yang panjang itu. terbentuk rantai panjang (dalam Kimia Organik dikenal sebagai polimer. Hidrogen Peroksida ini merupakan oksidator yang sangat reaktif terhadap sel hidup sehingga sel-sel hidup tersebut akan diserang oleh H2O2 secara terus menerus maka sel tersebut akan mengalami 6. Ivone Fatmawati (0910920013) Penyebab perbedaan tersebut dikarenakan pada fosfor hitam. Fadillah Mufida (0910920009) Michaelis-Arbusov merupakan reaksi Apa yang dimaksud dengan reaksi Reaksi bagaimana mekanisme reaksinya? Michaelis-Arbusov pada fosfor dan antara alkil halida dan asam fosfat untuk membentuk dialkil fosfonat dengan mekanisme sebagai berikut: P(OR)3 + R’X 7. Jika. terbentuk sudut ikat yang relatif besar sehingga masing-masing atom fosfor membentuk geometri piramida segitiga. Ranny Cahya R (0910920017) Mengapa N2 bersifat inert? [(RO)3PR’]X R2O3PR’ + RX Intermediat Fosfortium Amalia Ratnaputri (0910920003) Karena N2 mempunyai ikatan rangkap tiga sehingga stabil dan mempunyai ikatan yang kuat sehingga tidak mudah putus dan bereaksi dengan 8. dalam kimia anorganik hanya disebut rantai). Hal tersebut disebabkan sudut ikat yang terlalu kecil antara atom-atom fosfor sehingga terjadi daya tolakan yang relatif . Tatik Yunita (0910920069) Apa yang menyebabkan perbedaan sifat dari alotrop fosfor ditinjau dari ikatan dan lain-lain? unsur lain. dibandingkan dengan fosfor merah. Usyqi Salsabila (0910923061) rekrosis sehingga dapat berdampak pada kematian. Fosfor merah lebih rekaitf dan mudah meledak bila bersentuhan dengan udara bebas.Arsen Inorganik mampu menghambat enzim Piruvat Dehidrogenase sehingga sintesis ATP menjadi berkurang dan pada kondisi ini dapat meningkatkan produksi hidrogen peroksida.

Fosfor merah dan fosfor putih tidak dapat Apakah fosfor merah dan fosfor mengalami phosporesensi seperti fosfor putih hitam dapat berphosforesensi seperti karena hanya fosfor putih yang dapat mengalami fosfor tersebut? putih? Apa perbedaan yang eksitasi elektron. Disamping itu.besar pada atom-atom yang berdekatan. menyebabkan misalnya pemanasan oleh pembakaran ataupun ekposur terhadap sinar matahari). satu lebih tinggi dan satu lebih rendah. elektron berpindah dari orbital bernenergi lebih rendah ke orbital yang berenergi lebih tinggi. yang mana pada fosfor putih tersusun atas 4 atom P dengan bentuk tetrahedral. putih dan hitam memiliki perbedaan dalam proses pembentukan setiap alotrop fosfor tersebut sehingga setiap alotrop fosfor mempunyai 9. pada . dapat pula disebabkan dari bentuk strukturnya. Pada saat elektron tereksitasi. Eksitasi elektron melibatkan dua sifat orbital yang memiliki tingkat energi yang berbeda. Fadillah Mufida (0910920009) Fosfor merah. Anggap saja jumlah energi yang diperlukan untuk mengeksitasi elektron tersebut adalah sejumlah X kJ. yang merupakan reaksi yang nonspontan (dibutuhkan sebuah "driving force" untuk menyebabkan elektron tereksitasi. Alfita Safitri (0910920021) ikatan. Nah. sedangkan fosor merah dan fosfor hitam struktur yang dimiliki belum diketahui secara jelas namun diduga polimer atau gabungan dari molekul P4. struktur molekul dan sifat yang berbeda.

energi sejumlah X kJ itu dilepaskan kembali.pπ karena fosfor cenderung membentuk molekul P4 atau struktur lapis tertentu dengan ikatan tunggal. Energi yang dilepaskan ini berada dalam bentuk photon (cahaya). Yuniar Ponco Prananto berikatan nitrogen? rangkap tiga ikatan. Itulah sebabnya sebuah warna akan berpendar dari zat tersebut. Disamping itu. Nitrogen mempunyai ikatan rangkap tiga karena seharusnya nitrogen dapat mempromosikan salah satu elektron 2s. yang panjang gelombangnya berada di range "visible" (warna yang dapat dilihat mata manusia).saat elektron yang tereksitasi ingin kembali ke orbital asalnya (yang memiliki energi lebih rendah). dapat pula disebabkan pemanfaatan orbital 3d pada fosfor lebih rendah daripada nitrogen. 1955). Nitrogen memiliki struktur elektronik 1s22s22px12py12pz1. Fosfor merah. . Bpk. tidak terdapat elektron orbital ke 2d untuk dan mempromosikan dalamnya perbedaan energi ke tingkat berikutnya (orbital 3s) terlalu besar sehingga nitrogen tidak mampu untuk membentuk 5 (lima) ikatan dengan ligan seperti fosfor sehingga cenderung membentuk ikatan pπpπ (Gould. struktur molekul dan sifat yang berbeda Fosfor tidak mempunyai kemampuan untuk dikarenakan fosfor tidak dapat Mengapa unsur fosfor tidak dapat membentuk ikatan rangkap tiga seperti pada seperti nitrogen membentuk ikatan ganda pπ. putih dan hitam memiliki perbedaan dalam proses pembentukan setiap alotrop fosfor tersebut sehingga setiap alotrop fosfor mempunyai 10. Akan tetapi.

New York. T u t o r i a l C h e m i s t r y T e x t s M a i n G r o u p C h e m i s t r y ..DAFTAR PUSTAKA Gould. Hendarson. 1955.W. University Of Waikato. Holt Reinehart and Winstone.S. . 2000. E.. Inorganic Reaction and Structure.

Fosfor dan Bahaya Bom Fosfor. Lee. Golongan VA.Universitas Negeri Yogyakarta.Y. http://wanibesak. Concise Inorganic Chemistry. Prentice Hall International Inc. London. Robinson.or g/tabel _periodik /golonganVA/. 1999.. http://www. L. Inorganic Chemistry.. T. London.Heslop. T. 1961.com/2010/11/27/fosfor-dan-bahaya-bom-fosfor/. 1991. Kristian H. G. 2003. Bandung. dan P L. Inorganic Chemistry. ITB.E. Elsevier Publishing Company. Capmann & Hall. J. Sugiyarto. 2010. Seran.wordpress. Kimia Dasar.Kimia Anorganik I . 1991. . Miessler. diakses tanggal 11 Mei 2012. Yogyakarta Syukri..B. a guide to advance study. 2006. dan Donaltd A. London. diakses tanggal 10 Mei 2012. Mohsin..D.chem-is-try..

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->