BIOKIMIA TANAMAN

Click to edit Master subtitle style

2/4/13

Materi kuliah
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7.

PENDAHULUAN SEL ENZIM METABOLISME KARBOHIDRAT METABOLISME LIPID ASAM NUKLEAT METABOLISME PROTEIN

2/4/13

Distribusi penilaian
Presensi Kuis Tugas UTS UAS 20 % 10 % 25 %: 20 % 25% 20% 10% 25% 20% 25%

2/4/13

PENDAHULUAN 2/4/13 .

Apa itu biokimia ?  Definisi: ◦ ◦ Webster’s dictionary: Bios = Yunani.“ 2/4/13 . artinya “hidup” “Kimia mahluk hidup. sebagai upaya untuk memahami proses kehidupan dari sisi kimia.” WebNet dictionary: “Biokimia adalah kimia dari bahan-bahan dan proses-proses yang terjadi dalam tubuh mahluk hidup. Kimia yang terjadi dan menjadi ciri kehidupan.

biokimia Bios Chemios Hidup/hayati organik biologi Kimia/senyawa kimia organik ilmu kimia hayati (biokimia) 2/4/13 .

2.Pengertian Biokimia 1.Susunan. proses dan sifat zat kimia yang terdapat dalam jasad hidup serta senyawa yang diproduksinya. Fungsi dan tranfortasi zat kimia didalam organisme hidup sehubungan dengan aktifitas kehidupan 2/4/13 .

tersusun darl molekul-molekul yang tidak bernyawa. 1993). 2/4/13 . namun teratur dengan baik (Girindra. molekul-molekul ini tidak bertentangan dengan hukum fisika dan kimia. yang berlaku juga bagi bendabenda mati. Bila komponen jasad hidup (benda hidup) diisolasi dan diteliti.JAZAD HIDUP § § § adalah sekumpulan zat tak hidup yang dapat berbaur dan bereaksi serta berinteraksi satu sama lain dengan cara dan susunan yang sangat rumit.

Tujuan mempelajari biokimia Pemahaman bentuk dan fungsi biologis dari sudut pandang kimia Ø Bertujuan untuk memahami interaksi molekul-molekul tak hidup yang menghasilkan fenomena kompleks dan efisien yang menjadi ciri-ciri kehidupan serta menjelaskan keseragaman kimia dari kehidupan yang beragam. Ø 2/4/13 .

Sejarah Biokimia  Pertama. 7. 2/4/13 . 4. 28% Si.5% Ca).9% Al. identifikasi unsur kimia penyusun mahluk hidup  Unsur kimia utama penyusun mahluk hidup adalah bahan minor penyusun kerak bumi (kandungan utama 47% O. O. dan 3. H.5% Fe. dan S. N. P.  Enam unsur utama penyusun sel hidup adalah: C.

kedua. identifikasi tipe molekul yang ditemukan dalam mahluk hidup 2/4/13 .

ketiga memahami mekanisme biomolekul membuat mahluk hidup menjadi hidup 2/4/13 .

Termodinamika.PERKEMBANGAN BIOKIMIA Dalton 1804 : Analisis kuantitatif • Senyawa kimia yang terdapat didalam jasad hidup. manusia. 2/4/13 . Enzim Hubungan antara mikroba. Kimia dinamika. Hukum kekekalan energi . hewan. sintesa dan degradasinya • Biokimia struktur . tumbuhan.

Robert Hooke pada Abad xv § observasi terhadap sel-sel : struktur sel yang kompleks. § Pengembangan mikroskop elektron pada pertengahan Abad XX organel § serta fungsi organel-organel tersebut dalam proses biokimia yang berlangsung dalam sel. 2/4/13 .

 Tahun 1869 asam nukleat telah dijsolasi Friedrich Miescher. Gregor Mendel pada pertengahan Abad XIX gen terdapat pada kromosom. 2/4/13 . namun belum dapat mengisolasi mengetahui struktur kimianya.

Tahun 1953.§ § § Barn pada pertengahan Abad XX (DNA) adalah senyawa pembawa informasi genetika. informasi genetika “ Yang teIjadi dalam -sel hidup. James Watson dan Francis Crick struktur DNA yang berbentuk heliks ganda. 2/4/13 .

lemak dan protein. sekunder.  Penemuan hasil antara dalam metabolisme karbohidrat.  Penemuan struktur primer. tersier dan kuartemer protein  Struktur DNA dan RNA 2/4/13 . Penelitian dalam masalah gizi (vitamin) metode analisis kromatogrcw.

2. yang terdiri dari anabolisme (Reaksi pembentukan) dan katabolisme (Reaksi pemecahan). Kimia organik terutama mempelajari struktur. bahan alam misalnya cara pembentukan dan peran biologisnya.kimia oganik vs biokimia 1. sifat-sifat dan fisika secara sintesisnya baik secara alami atau in vivo dari zat-zat kimia. Biokimia terutama menekankan pada proses metabolisme primer. 2/4/13 .

Hubungan antara Biokimia dan ilmu lainnya Kimia Organik : sifat-sifat biomolekul. Ø Biofisika : teknik-teknik fisika untuk mempelajari struktur biomolekul. Ø Nutrisi : kebutuhan makanan bagi mahluk hidup mempertahankan kehidupan normalnya. Ø Kesehatan : yang mencari pemahaman tentang keadaan sakit dari sudut pandang molekular Ø 2/4/13 .

yang mempelajari proses kehidupan pada tingkat jaringan dan organisme.  Genetika. 2/4/13 .  Biologi sel. organisme sel tunggal dan virus cocok untuk digunakan sebagai sarana mempelajari jalur-jalur metabolisme dan mekanisme pengendaliannya. yang mempelajari pembagian kerja biokimia dalam sel. Mikrobiologi. yang mempelajari mekanisme penyusunan identitas biokimia sel.  Fisiologi.

ternak dan perikanan 4) Pemuliaan hewan dan tumbuhan 5) Pakan ternak 2/4/13 .Manfaat biokimia di Bidang pertanian 1) Teknologi produksi. pasca panen 2) Penggunaan pestisida 3) Perbenihan tumbuhan.

N (secara kovalen dengan ikatan rangkap maupun tunggal.BIOMOLEKUL DAN KEHIDUPAN SEL (Biomol) yaitu semua senyawa yang terdapat di dalam sel hidup. ataupun siklik. O. mereka saling mengadakan interaksi yang terarah dan teratur. cabang. rantai lurus. 2/4/13  Biomolekul .  Atom C (Utama)  berikatan dengan atom C. H. sehingga menampakkan ciri hidup.

tiap komponen mempunyai fungsi yang sangat spesifik.ciri-ciri hidup (1) (2) (3) Sangat terorganisasi dan sangat komplek. dan Dapat menurunkan sifat atau merepleksikan dirinya sendiri dengan tepat dan terencana 2/4/13 . Mempunyai kemampuan untuk mengektrak energi dari sekelilingnya.

Bagan Organisasi molekuler sel hidup 2/4/13 .

sel  Suatu unit struktural yang memiliki organelorganel dan mempunyai fungsi-fungsi bagi kehidupannya serta mempunyai sifat reproduksi + hereditas guna kelangsungan hidupnya  Merupakan bagian terkecil dari organisme hidup  Satuan kehidupan terkecil yang menyusun tubuh mahluk hidup  Tempat terselenggaranya fungsi kehidupan 2/4/13 .

000 sel atau sekitar 100 macam sel 2/4/13 . Manusia (tersusun dari kurang lebih 60. MULTISELULER Makhluk hidup yang terdiri dari banyak sel contoh.000. Amuba & Paramaecium 2.000.000.JENIS MAKHLUK HIDUP 1. UNISELULER Makhluk hidup yang terdiri dari satu sel contoh.

Struktur umum sel 2/4/13 .

Komponen kimia sel Air metabolisme Karbohidrat dinding sel Lemak dinding sel Protein dinding sel + organel Asam nukleat nukleus 2/4/13 .

SEL PROKARIOT sel yang tidak mempunyai dinding atau selaput inti dan biasanya organelnya belum lengkap contoh sel BAKTERI SEL EUKARIOT sel yang mempunyai dinding atau selaput inti dan biasanya organelnya lengkap contoh sel TUMBUHAN dan HEWAN 2.PEMBAGIAN KELOMPOK SEL 1. 2/4/13 .

PERBEDAAN PROKARIOT EUKARIOT 2/4/13 .

Perbedaan tumbuhan & hewan 2/4/13 .

Ø Memperolehnya Ø Mengubahnya Ø Memanfaatkannya 2/4/13 .Tiga hal yang dibutuhkan sel 1) ENERGI.

   Mengubahnya Mempolimerisasikannya Mendegradasinya 2/4/13 .2) MOLEKUL SEDERHANA .

3) MEKANISME KIMIA  Memperoleh energi  Menjalankan reaksi kimia secara berurutan  Mensintesis & mendegradasi makromolekul  Mempertahankan suatu keadaan steady state yang dinamis  Swarakit kembali struktur yang kompleks  Menggandakan diri secara akurat dan efisien  Mempertahankan keteraturan proses biokimia 2/4/13 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful