FAKTOR KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN USAHA

DISUSUN OLEH : ENY TARBIYATUN SR, S. PD

 Menerima gagasan baru di dalam dunia usaha atau bisnis  Intropeksi diri  Mendengarkan saran orang lain  Bersemangat dan bergaul .Keberhasilan usaha  Keberhasilan usaha dipengaruhi beberapa hal :  Percaya dan yakin bahwa usaha atau bisnisnya dapat dilaksanakan.

 Karakteristik profil wirausaha .

 Keberhasilan seorang wirausaha dapat diidentifikasi pada hal-hal berikut :      Sikap dan kemauan serta tindakan yang nyata Keberanian untuk berinisiatif Kecakapan atau keahlian Kreatifitas dan percaya diri Pengalaman dan pendidikan .

 Modal utama untuk meraih keberhasilan  Pola pikir yang mengarah pada sikap dan kemampuan untuk sukses  Kepribadian yang kuat untuk sukses  Kecakapan dalam mengola usaha  Menerapkan manajemen usaha yang baik  Berani memikul segala risiko dalam usaha atau bisnis .

 Keberhasilan dalam bidang usaha merupakan suatu kondisi persesuaian antara rencana. proses pelaksanaan dan hasil yang dapat dicapai dengan :   Meumuskan tujuan usaha Pemahaman tentang hakikat dan makna berusaha .

Kegagalan usaha  Menjalankan usaha atau bisnis diwarnai kesukaran atau kesulitan dan hambatan  Seorang wirausaha harus pandai belajar dari pengalaman  Seorang wirausahawan yang dapat mempelajari kegagalan dalam berusaha.akan mendapatkan kemajuan dan keberhasilan yang lebih besar  Kegagalan usaha pada umunya disebabkan oleh pemimpin.pemilik atau pengelola usaha itu sendiri .

.

. sehingga manusia dapat mengaktualisasikan dirinya ke dalam lingkunganya  Inovasi adalah suatu proses pengubahan peluang menjadi gagasan atau ide yang dapat dijual. dan bukan selalu berupa ide yang sangat rumit tetapi bisa datang dari hal yang sepele.Pemanfaatan peluang secara kreatif dan inovatif  Kreatifitas merupakan salah satu kemampuan manusia yang dapat memberi kepuasan dan keberhasilan dalam hidup.

 Ada beberapa peluang usaha yang bisa dimanfaatkan secara kreatif antara lain :    Memanfaatkan barang bekas Memanfaatkan barang yang tersedia/disediakan oleh alam Memanfaatkan kejadian atau peristiw yang ada disekitanya .

 Menurut Kuratko (1995) ada empat jenis inovasi yang bisa dikembangkan. yaitu sebagai berikut:     Invensi (penemuan) Ekstensi (pengembangan) Duplikasi (penggandaan) Sintesis .