P. 1
PRESENTASI BIOLOGI - DAMPAK POSITIF BIOTEKNOLOGI DI BERBAGAI BIDANG

PRESENTASI BIOLOGI - DAMPAK POSITIF BIOTEKNOLOGI DI BERBAGAI BIDANG

|Views: 432|Likes:
Buat teman-teman yang lagi butuh presentasi biologi tentang bioteknologi
Buat teman-teman yang lagi butuh presentasi biologi tentang bioteknologi

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: Natalia Herasti Kolobinti on Feb 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/18/2015

pdf

text

original

dampak

POSITIF

BIDANG PANGAN
Bioteknologi mempunyai peranan penting dalam bidang pangan seperti dalam proses produksi makanan (tempe, tape, roti, keju, yoghurt, kecap, dll) dengan bantuan mikroba.

BIDANG KESEHATAN
Bioteknologi juga dapat dimanfaatkan dalam bidang kesehatan seperti pembuatan antibodi monoklonal, pembuatan vaksin, terapi gen dan pembuatan antibiotik. Proses penambahan DNA asing pada bakteri merupakan prospek untuk memproduksi hormon atau obat-obatan di dunia kedokteran. Contohnya produksi hormon insulin, hormon pertumbuhan dan zat antivirus yang disebut interferon. Orang yang menderita diabetes melitus membutuhkan suplai insulin dari luar tubuh. Dengan menggunakan teknik DNA rekombinan, insulin dapat dipanen dari bakteri.

BIDANG LINGKUNGAN
Bioteknologi dapat digunakan untuk perbaikan lingkungan misalnya dalam hal mengurangi pencemaran dengan adanya teknik pengolahan limbah dengan memanipulasi mikroorganisme.

Bidang Pertanian

Adanya perbaikan sifat tanaman dapat dilakukan dengan teknik modifikasi genetik dengan bioteknologi melalui rekayasa genetik untuk memperoleh varietas unggul, produksi tinggi, tahan hama, patogen, dan herbisida

BIDANG PETERNAKAN
Peningkatan produksi ternak, meningkatnya efisiensi dan kualitas pakan seperti manipulasi mikroba rumen , menghasilkan embrio yang banyak dalam satu kali siklus reproduksi, menciptakan jenis ternaik unggul, dan dapat memproduksi asam amino tertentu.

Bidang Hukum
Dengan teknologi DNA, menawarkan aplikasi bagi kepentingan forensik. Pada kriminalitas dengan kekerasan, darah atau jaringan lain dalam jumlah kecil dapat ditemukan dalam tubuh korban.
Misalnya pada pengujian sidik jari DNA (DNA fingerprint), dapat diidentifikasi pelaku dengan derajat kepastian yang tinggi karena urutan DNA setiap orang itu unik . Sampel darah atau jaringan lain yang dibutuhkan dalam tes DNA sangat sedikit (kira-kira 1000 sel)

TERIMA KASIH....

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->