2011

Nama: Kelas: No.absen:

10/11/2011

Masalah sosial dapat dikategorikan menjadi 4 (empat) jenis faktor.Keluhan yang paling sering disampaikan mengenai pemukiman masayarakat miskin tersebut adalah rendahnya kualitas lingkungan yang dianggap sebagai bagian kota yang mesti disingkirkan. Kita semua menyadari bahwa kemiskinan merupakan salah satu masalah sosial di Indonesia yang tidak mudah untuk diatasi. masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat. keracunan makanan. dan lain sebagainya. dsb. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat. pemerintah. dsb. aliran sesat.Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan. 2.Faktor Ekonomi : Kemiskinan. Masalah sosial yang sangat terasa di saat sekarang ini adalah realita kemiskinan yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Faktor Biologis : Penyakit menular. tetapi tidak semua juga orang miskin itu pengganguran. Faktor Budaya : Perceraian. salah satu kekurangan dalam memerangi hal tersebut adalah materi yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok masyarakat saat ini belum diberikan secara baik oleh pemerintah. Artikel Masalah Sosial JAKARTA. Jadi dua-duanya tentu menjadi perhatian kita . yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Pemerintah telah membuat peraturan tentang akan memberi denda pada orang yang bersedekah pada pengemis. dll. Menurutnya. Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. tidak semua penggangguran itu miskin. 4.com . dll. Faktor Psikologis : penyakit syaraf. pengangguran. Kredit Usaha Rakyat (KUR). 3. Beragam upaya dan program dilakukan untuk mengatasinya tetapi masih banyak kita temui permukiman masyarakat miskin hamper di setiap sudut kota. yakni antara lain : 1. Masalah sosial di Indonesia terjadi seperti lingkaran setan. "Yang perlu diperhatikan. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. organisasi sosial. tantangan berat bangsa saat ini adalah memerangi kemiskinan dan pengangguran yang tumbuh di masyarakat. kenakalan remaja.Menurut Soerjono Soekanto. musyawarah masyarakat. dan pemerintah juga sibuk dengan kebijakan-kebijakan yang telah dan akan dibuat yang berkaitan dengan masalah sosial yang terjadi di Indonesia seperti PNPM Mandiri. KOMPAS. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.

Kebijakan ini memang tidak mudah. "Jumlah ini cukup besar. saat ini banyak indikator yang digunakan untuk menjelaskan pengangguran. Persoalannya karena hasilnya lebih kecil dari kebutuhannya. Oleh karena itu. karena seseorang yang tidak efesien cenderung mempunyai tingkat pendidikan yang rendah." papar Kalla. pemerintah juga harus memperbaiki sektor ekonomi. Dan apa sebabnya? Karena pribadi. Ini yang mengakibatkan menjamurnuya pengangguran. lanjutnya. untuk ukuran kemiskinan bangsa ini. seperti memberikan subsidi. baik dari sisi ekonomi maupun masyarakatnya sendiri." kata Kalla. Jakarta. Namun. kekayaan tersebut harus terus ditingkatkan dengan efektif. Kalla mengungkapkan. namun sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan bangsa. atau Bantuan Langsung Tunai (BLT). Atau bisa juga karena kemiskinan struktural. namun bagi mereka sendiri belum bisa mencukupi ekonominya. petani masih diliputi kekurangan pendapatan. yang memang tidak mau bekerja keras. Selain itu. "Kita ambil contoh." ujar Kalla saat memberikan orasi ilmiah dalam acara Dies Natalis Universitas Nasional. pemerintah harus memberikan kesempatan kerja atau memberikan bantuan yang mudah bagi masyarakat. . Pengangguran. adalah orang yang bekerja kurang dari 20 jam per minggu.semua.5 persen atau kurang lebih 30 juta dari total penduduk Indonesia. Selasa (11/10/2011). terang Kalla. pasti akan dapat mengentaskan kemiskinan dan pengganguran. untuk keluar dari persoalan kemiskinan dan pengangguran tersebut. di JCC. Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai kekayaan ekonomi yang cukup. Bantuan itu dapat bersifat langsung. Setiap pengangguran cenderung menambah kemiskinan. Kalla menilai. "Selama kebijakan itu mempunyai kebijakan yang adil dan makmur. Adapun. Misalnya mereka menghasilkan beras lima setengah ton perhektar. meningkatkan produkvitas para petani. khususnya dalam bidang pertanian. Ini yang harus juga diperhatikan. sudah mencapai 12. menurut Kalla. menurut dia.

seperti universitas-universitas untuk menyesuaikan dengan iklim ekonomi dan teknologi dunia yang semakin hari semakin maju. pemerintah dapat bekerja sama dengan lembaga-lembaga pendidikan. Ia menambahkan. saya yakin kita bisa mengatasi kemiskinan bangsa ini. perbaikan kualitas bibit-bibit pertanian dan peningkatan sektor teknologi juga cukup penting. Dan kalau kita berhasil dalam hal ini." papar Ketua Palang Merah Indonesia ini. sehingga bangsa ini tidak bergantung lagi dari negara lain. tetapi kita juga harus bekerja keras. . Tidak ada bangsa yang maju hanya dengan mengkritik.untuk menyelesaikan kebutuhan pokok beras. Dalam hal ini." tegas Kalla. Suatu demokrasi dan kerja keras bersama baik yang mempertemukan bangsa kita. "Jadi untuk menuntaskan kemiskinan ini bukan hanya dengan berteriak.