Cara Mengembalikan File yang Hilang Karena Virus

Cara Mengembalikan Data yang Hilang Karena Virus-Belum lama ini saya menemukan kejanggalan saat saya mengoperasikan komputer saya. Tepatnya saat saya mencolok USB Flash Disk saya ke komputer. File yang ada di dalam Flash Disk saya semuanya hilang, sedangkan pada saat saya properties, ternyata space datanya masih ada. Setelah saya cari tau, ternyata file pada Flash Disk saya di hide oleh virus atau bisa di bilang terkena Super Hidden. Nah, kali ini saya akan memberitahu anda bagaimana caranya membuka file yang di hide oleh virus tersebut. Sebenarnya ada berbagai macam cara, tapi mari kita mulai dengan cara yan paling sederhana. 1. Buka windows explorer anda pilih Tools--> Folder and search options --> dan pilih tab View 2. Lalu pilih Show Hidden Files, Folders, and Drives dan buang centang pada Hide Protected Operating System file, Hide Extension For Known Type File, dan Hide Empty Drives in Computer Folder

3. Setelah itu klik Apply dan Klik Ok

Bila cara di atas masih belum bisa juga. file saya yang hilang berada di flash disk sedangkan flash disk saya berada didirektori "I") Maka yang harus di ketikan adalah " I: " (Tanpa tanda petik) Setelah menuju direktori " I " ketikanlah kode sebagai berikut "attrib -s -h /s /d" ( tanpa tanda petik) kemudian tekan ENTER . Caranya mudah hanya tinggal Klik Start dan Tuliskan perintah "CMD" di kolom search . silahkan anda buka Command Prompt anda. Setelah Command Prompt terbuka silahkan ketikan direktori file yang hilang (dalam kasus ini.

. silahkan buka kembali directory tempat file anda berada dan Refresh halaman tersebut .Setelah prosesnya selesai.

saran saya download Total Commander kemudian setting. namun jika komputer yang anda gunakan terinfeksi juga virusnya maka percuma saja anda gunakan explorer. pilih Apply --> OK Selesai . Configuration --> Option --> Display --> lalu centang Show hidden/system files (for expert only) untuk mengembalikannya buka Flashdisk pake total commander pilih semua yang akan dikembalikan (tekan tombol INS) atau klik kanan semua folder yang disembunyikan virus Klik File --> Change Attributes Kososngkan semua centang yang ada. lebih tepatnya disembunyikan alias HIDE.Sebenarnya data anda sama sekali tidak hilang.

Walaupun begitu. folder yang tersembunyi tersebut akan muncul tapi masih samar-samar. Dan ketika coba di bersihkan menggunakan antivirus dari salah satu vendor./S untuk proses penyamaan file di dalam folder sebelumnya dan semua subfolder yang ada di komputer . Awalnya. kita akan mencoba mengembalikan file dan folder yang hilang tadi dengan mengetikkan attrib –s –h *. sekarang./D untuk proses yang akan dilakukan terhadap folder itu sendiri 5. atau mungkin dengan cara itu terlalu lama.* /S /D pada drive flashdisk kita melalui command promt 6. lakukan pengecekan dengan menggunakan attrib/? . Cara kerja virus tipe ini adalah merubah setiap file dan folder yang ada di komputer atau flashdisk menjadi file applikasi dengan kapasitas yang digandakan menjadi 32 Kb. unceklist hide extensions for known file types. yaitu melalui windows explorer dan command promt. file dan folder tersebut bisa kita kembalikan dengan dua cara.huruf A untuk Archive file attribute . dan unceklist hide protected operating system files. virus tersebut bisa di hilangkan tetapi effect yang ditimbulkan dari scanning tadi adalah folder-folder yang terserang virus ini menjadi terprotect hidden. kapasitasnya banyak yang terpakai tetapi file dan foldernya hilang.Cara Mengembalikan File dan Folder yang Hilang Karena Virus OPINI | 26 March 2010 | 16:03 Dibaca: 4534 Komentar: 15 Nihil Banyak dari teman-teman saya di kampus yang mengeluh bahwa data mereka di flashdisk hilang. Cara kedua: ada beberapa langkah: 1. Lihat hasilnya. file dan folder tersebut tidak hilang.huruf S untuk System file attribute .huruf R untuk read-only file attributes . Tapi setelah cek kapasistas memalui properties. tapi di protect hidden oleh virus sehingga tidak dapat di akses secara langsung.exe. pindah ke drive flashdisk yang kita inginkan. kemudian kita ketik –s –h –r * /S /D . Cara pertama: pada windows explorer pilih menubar tools -> folder options -> view -> centang show hidden files and folders. flashdisk tersebut terkena virus dengan extensi *. maka kita bisa exit dulu dari command promt dan kemudian ulangi langkah 1 sampai 3. Sehingga kita mengasumsikan bahwa file dan folder tersebut hilang.tanda (– ) untuk Clears an attribute .tanda (+) untuk sets an attribute . start->run 2. kita bisa melakukan akses terhadap file dan folder yang hilang tadi.huruf H untuk Hidden file attribute . Sebenarnya. maka pada command promt kita dapat mengetikkan F: lalu enter contoh: C:documents and settingUserName>F: 4. Jangan khawatir. misal flashdisk kita berada pada drive F. ketik “cmd” (tanpa tanda kutip) lalu enter 3.scr atau *.

exe.scr atau *. PASTIKAN BAHWA KOMPUTER YANG DI PAKAI. . . 100% BERSIH DARI VIRUS .!! Cara ini juga bisa dilakukan untuk hardisk yang datanya terprotect hidden. Jadi sekarang kita nggak perlu khawatir lagi dengan file dan folder yang hilang karena terserang virus dengan extensi *. Refresh computer dan JRENGNGNGNGNGNGNG!!! Hasilnya file dan folder yang hilang tadi kembali dengan sendirinya. . UNTUK MELAKUKAN CARA-CARA DI ATAS.7.