P. 1
Peradaban Lembah Sungai Eufrat Dan Tigris

Peradaban Lembah Sungai Eufrat Dan Tigris

4.4

|Views: 14,191|Likes:
Published by rizkinugraha

More info:

Published by: rizkinugraha on Feb 15, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT or read online from Scribd
See more
See less

04/26/2013

original

PERADABAN LEMBAH SUNGAI EUFRAT DAN TIGRIS

TUGAS SEJARAH KELOMPOK 3 Kelas X-8 SMAN 2 Tasikmalaya

Poin penting peradaban di lembah sungai eufrat dan tigris
 Mesopotamia terletak di antara dua sungai besar, Eufrat dan Tigris. Daerah yang kini menjadi Republik Irak itu di zaman dahulu disebut Mesopotamia, yang dalam bahasa Yunani berarti "(daerah) di antara sungai-sungai"

 Salah satu warisan peradaban Mesopotamia Kuno yang amat bernilai bagi umat manusia adalah kumpulan hukum yang biasa disebut Codex Hammurabi. Kumpulan hukum yang berbentuk balok batu hitam itu ditemukan di Susa tahun 1901 dalam suatu ekspedisi yang dilakukan arkeolog Perancis di bawah pimpinan M de Morgan.

RAJA HAMURABI

 Kini, pada milenium ketiga, tanah yang sudah memberi banyak sumbangan bagi umat manusia ternyata masih mengalami penganiayaan, entah sampai kapan. Mungkin Hammurabi sendiri akan menangis melihat kenyataan yang bertentangan dengan apa yang pernah ditulisnya dalam Epilog codex-nya yang menggambarkan tujuannya menuliskan hukum:

 "Di dadaku kubawa rakyat Sumeria dan Akkadia; mereka berkembang di bawah perlindunganku; aku selalu memerintah mereka dalam kedamaian; aku menaungi mereka dengan kebijaksanaanku.Agar yang kuat tidak menindas yang lemah; agar para yatim piatu dan para janda mendapatkan keadilan; di Babilonia, kota di mana Anum dan Elil menengadahkan kepalanya; di Esagila, kuil yang dasarnya kokoh kuat seperti langit dan bumi; aku menulis kata-kataku yang berharga ini pada monumenku; dan di hadapan patungku, sebagai raja keadilan, aku menetapkannya untuk mengatur hukum di negeri ini; untuk menentukan peraturan bagi negeri ini; untuk memberi keadilan bagi yang tertindas."

MAA F BANG ET !!!
MUNGKIN ADA KATA-KATA TADI YANG KURANG DIMENGERTI,KARENA KAMI JUGA KURANG MENGERTI. Di ULIK LEBIH JAUH,KELAMAAN. JADI...HARAP MAKLUM!

Foto – foto Mesopotamia kuno PETA PERADABAN MESOPOTAMI A HUKUM RAJA HAMURABI (HAMURABI CODE)

Yang Unik dari sungai eufrat dan tigris
 Lembah sungai eufrat dan tigris diprediksi adalah tempat dimana banjir Nabi Nuh AS terjadi  Sungai eufrat menjadi ciri datangnya Imam Mahdi bila airnya mengering, seperti dalam video berikut:

Peradaban Sungai eufrat dan tigris masa kini

Masa kini sungai eufrat

Masa Kini Peradaban Sungai eufrat dan tigris

• Namanya kini adalah republik irak.
Republik yang dianggap banyak mendapatkan konflik di tanahnya. • Sebelumnya bagian dari Kekaisaran Ottoman, Irak telah dikuasai oleh Inggris selama selama Perang Dunia I, pada 1920, ia dinyatakan League of Nations di bawah mandat Inggris administrasi.

• Secara bertahap selama belasan tahun,
Irak dicapai dengan kemerdekaan sebagai kerajaan pada tahun 1932, dan berubah menjadi republik pada tahun 1958.

Kesimpulan
• Nama peradaban di lembah sungai eufrat
dan tigris adalah peradaban masa mesopotamia, yaitu sekitar tahun 3500 sebelum masehi • Dan kini peradaban itu berubah menjadi Republik Irak.

TERIMA KASIH PERHATIANNYA!

Totoh Mutoharoh Muhammad Rizki Nugraha  Anjang Asmara  Sylvia

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->