P. 1
Ilmu Lingkungan

Ilmu Lingkungan

|Views: 23|Likes:
Published by Ozil Afindra Putra
Iling
Iling

More info:

Published by: Ozil Afindra Putra on Feb 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/02/2013

pdf

text

original

Ass. Wr. Wb.

ILMU LINGKUNGAN
(Environmetal Science)

Afrizal S 2011

Ilmu Lingkungan
Ilmu mempelajari tentang Lingkungan Hidup dg memadukan konsep/azas berbagai ilmu, terutama Ekologi, yang bertujuan untuk mempelajari dan memecahkan masalah yang menyangkut hubungan antara MH dan Lingkungannya Ilmu Lingkungan: Sangat berkaitan dg perilaku manusia sebagai kompnen Lingkungan yg paling dominan, sebab manusia senantiasa mengambil, mengolah dan mengembangkan sesuatu yang ada (SDA) di alam. Agar tercapai keseimbangan lingkungan, maka diperlukan kesadaran manusia agar merasa memiliki dan mencintai segenap MH dan alam / lingkungan sebagai tempat hidupnya. Plato (abat ke IV SM) telah mangamati kerusakan alam disebabkan oleh perilaku manusia

Ilmu Lingkungan
Mempelajari hubungan interaksi yang sangat kompleks antar komponen lingkungan: fisika, kimia, dan biologi (biota termasuk manusia) yang ada di lingkungan, serta memadukan dg aspeks ilmu terapan (teknik, dll) dan atau sosial untuk mengkaji hal2 yang berhungan dg sebab (penyebab) dan akibat (dampak) suatu ekses dalam lingkungan.
A Lingkn. Fisik Manusia B Lingkn. Kimia E Organisme: Flora & Fauna

C D

Lingkungan : Segala sesuatu yang terdapat di sekitar makhluk (di luar individu MH) baik berupa faktor biotik dan abiotik yang dapat mempengaruhi kehidupan MH secara individual / berkelompok dlm satu atau keseluruhan siklus hidupnya Atau Bila mengacu pd Lingkungan alam: semua bentuk kehidupan dan non hidup yang terdapat di bumi .

termasuk MANUSIA & PERILAKUNYA. yang mempengaruhi kelangsungan PERIKEHIDUPAN & KESEJAHTERAAN manusia serta makhluk hidup lainnya .LINGKUNGAN HIDUP: UU NO 4 TAHUN 1982 dan Revisinya KETENTUAN-KETENTUAN POKOK PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP Lingkungan Hidup: KESATUAN RUANG dengan semua BENDA DAYA KEADAAN MAKHLUK HIDUP.

dan lingkungan sosial. lingkungan alam non-hayati lingkungan buatan. yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya . Merupakan SISTEM yg meliputi lingkungan alam hayati.LINGKUNGAN HIDUP LH.

SUMBER DAYA Non Hayati MAKHLUK HIDUP SUMBER DAYA ALAM SUMBER DAYA Hayati/ tmsk SD-Buatan LINGKUNGAN HIDUP .

SUMBERDAYA UNSUR LINGKUNGAN HIDUP yang terdiri atas: sumberdaya MANUSIA SUMBERDAYA ALAM HAYATI SUMBERDAYA ALAM NON-HAYATI. . dan SUMBERDAYA BUATAN.

Lingkungan Terbangun Lingkungan buatan manusia yang dapat digunakan untuk aktivitas manusia termasuk lingkungan publik sampai lingkungan personal Lingkungan Sosial: Budaya dalam kehidupan individual. dan masyarakat serta institusi yang berinteraksi sesamanya baik diwariskan atau diadopsi sehingga menjadi norma dalam kehidupan manusia tersebut .

harus jelas batas wilayah wewenang pengelolaannya LHI (Lingkungan Hidup Indonesia) adalah Kawasan Nusantara Wawasan dalam pengelolaan LH Indonesia adalah Wawasan Nusantara . LH dalam kaitannya dengan pengelolaannya. baik wilayah negara maupun wilayah administratif.PENGERTIAN LINGKUNGAN HIDUP LH dalam arti ekologi : tidak mengenal batas wilayah.

Tapi Lingkungan hidup itu menyangkut kualitas kehidupan dan masa depan anak cucu kita . tanah yang kita tanami.Lingkungan Hidup: adalah warisan/ amanah dari anak cucu kita yang harus diperlihara/jaga Lingkungan hidup tidak hanya sekedar udara yang kita hirup. huni dan taman tempat bermain.

Alam Sumberdaya Alam Sumberdaya Manusia Sumberdaya Buatan . atau selalu menjaga keeimbangan antara lingkungan alam. mengefektifkan SDM untuk menfaatkan dukungan dari SD Buatan Lingk.Environmentalism: Konsen dengan memelihara lingkungan alam. dengan pemanfaatan SDA Alam.

Kualitas Lingkungan: Mempertemukan suatu Regulasi inisiatif dengan konsen industry. tanah dan udara) Kualitas Lingkungan Degradasi Lingkungan Pengelolaan Lingkungan Baku Mutu Lingkungan . atau “kegiatan manusia” dengan lingkungan standar tertentu (cnth: air.

Zat. atau. Komponen yang ada atau harus ada.BAKU MUTU LINGKUNGAN BATAS atau KADAR : Makhluk hidup (organisme). yang ditenggang dalam suatu sumberdaya tertentu sebagai unsur lingkungan hidup . dan/atau Unsur pencemar. energi.

kimia. geologi) dan ilmu terapan (“pertanian”. Fisika. . politik dan hukum. injenering dan kedokteran) serta Ilmu Sosial seperti ekonomi.Jadi Ilmu Lingkungan Ilmu interdisipliner yang memanfaatkan konsep ilmu alam/Ilmu dasar seperti biologi (ekologi). sosial-budaya.

Perbedaannya. kimia tanah.dan respons biologi akibat pengaruh anthropogenic . walau dalam beberapa hal ada yang overlap disebakan multidisiplin dari ilmu lingkungan itu sendiri. Ecologi adalah ilmu interaksi dari organisme hidup apakah yang meilputi tingkat populasi. kimia air.Terminologi “Ilmu Lingkungan " dan “Ekologi" adalah berbeda lingkup studinya. ilmu lingkungan lebih luas dan variatif meliputi metedologi. linkup kimia. komunitas. or ekosistem . pencemaran.

A. 1. Bersifat monodisiplin (kajian biologi) 2. Dasar ilmu dalam mempelajari ilmu lingkungan . Aspeks kajiannya: Meliuti identifikasi dan analisis kondisi eksisting (faktor2 abiotik dan biotik) yg berpengaruh pada kehidupan biota pada suatu habitat/ ekosistem 3. Ekologi : Ilmu yang mempelajari interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya (biotik dan abiotis).

melakukan prediksi tentang perubahannya atau dampak yang akan terjadi di masa datang dan cara-cara antisipasinya/pengelolaannya 2.identifikasi proses atau penomena / kejadian yang sedang terjadi di suatu habitat/ekosistem dan melakukan pengukuran/ pengamatan . Fisika. Geologi) dan Ilmu Terapan Lainnya : Pertanian. Politik dan Hukum ) Aspeks kajiannya meliputi : .B. sehinga diketahui (kondisi eksisting) . Merupakan ilmu bersifat multi/interdisiplin (intergited) Gabungan Ilmu Dasar ( Biologi. Jadi Ilmu Lingkungan sangat konsen dengan dunia manusia dgn segala bentuk aktivitas dan dampaknya terhadap lingkungan sekitarnya dan upaya pengelolaannya.kedokteran dan Injenerng serta ilmu sosial: ( Ekonomi. Kimia. Ilmu Lingkungan : 1.mengnalisis kemungkinan penyebab dan . . Sosial-budaya.

Perlunya Mempelajari Ilmu Lingkungan .

TANPA MORAL MANUSIA TAPI KAYA DGN SUMBER MORAL DARI ALAM DENGAN MORAL/ KEARIFAN MANUSIA DENGAN MORAL MANUSIA YANG BERSUMBER DARI ALAM Perlunya menciptakan sebuah lingkungan Hiudup akan Seimbang/ equilibrium dengan membnetuk manusia yang penuh kearifan/moral .

KEBUTUHAN MANUSIA Terjadinya penurunan kualitas lingkungan hidup SDA Daya Dukung Terlampaui DEGRADASI LINGKUNGAN Kurangnya KEARIFAN MANUSIA DAYA DUKUNG Masalah2 Lingkungan .

Daya dukung .

ekosistem) untuk: MENDUKUNG perikehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Kemampuan lingkungan (habitat.H.DAYA DUKUNG L. .

tapi kondisi demikian Masih dapat ditolerir oleh ikan lele. .Daya dukung untuk suatu lingkung-an /spesies tdk sama dg lain Contoh : suatu spesies ikan mas tidak tahan terhap bahan pencemar sampai Oksigen turun 4 ppm.

Perubahan Iklim dan glabal warming b.Klassifikasi Masalah Linkungan  Pertumbuhan/ledakan penduduk      Pencemaran (Industrialisasi/Transportsi) Peristiwa/ bencana alam Sumberdaya alam yang tidak merata dan (pemanfaatan SDA yang berlebihan) Perubahan Global a. makhluk lainnya) . Pemusnahan spesies Peperangan (Pemusnahan manusia.

Pengertian Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Menurut UU 23/1997: •Daya dukung lingkungan hidup adalah kemampuan lingkungan hidup untuk mendukung perikehidupan manusia dan makhluk hidup lain •Daya tampung lingkungan hidup adalah kemampuan lingkungan hidup untuk menyerap zat. energi dan/atau komponen lain yang masuk atau dimasukkan ke dalamnya .

6 juta 9 . K dN dt = rN (K .Daya Dukung (carrying capasity) Lingkungan Daya dukung lingkungan : jumlah individu suatu populasi yang dapat didukung oleh habitat.N) K K = daya dukung lingkungan Nilai K dalam grafik sekitar 1.

kerusakan habitat.Mengapa Terjadi Masalah Lingkungan Degradasi lingkungan Sumber Daya Alam (melimpah) -Renewable Resources .Unrenewable Resources Pencemaran. munculnya spesies invasif/ pengganggu. perubahan perilaku. hilang spesies. muncul berbagai macam penyakit d B E R U B A H Manusia -Pemenuhan Sandang dan pangan -Peningkat kesejahteraan/budaya .Alih fungsi lahan meningkat . tergangg Rentai makana. dan penurunan diversitas.Pemanfaatan SDH dan SDA meningkat . global an resistensi hama penyakit Warming.Limbah domestik dan Non domestik . fragmentasi habitat. penurunan populasi. penyu buran dan pendangkalan Perairan.

Penyusutan SDA/H Over Ekploitasi M A S A L A H L I N G K U N G A N Ilmu Pengetahuan Manusia Untuk hidup & Sejahtera Teknologi Industrialisasi /Modernisasi K E I N G I N A N Pencemaran Lingkungan Bahaya-bahaya Lingkungan Konsumerisme Individualisme Kesenjangan Sosial Pemerosotan Nilai-nilai Sosial Timbulnya Masalah Lingkungan Hidup .

Contoh : Pembukaan Kawasan Hutan Untuk aktivitas Peladangan/Perkebunan /Pertanian Dll Dapat Berdampak pada ekosistem itu sendiri dan ekosistem lainnya .

.

Pengurukan dan Pembangunan di Pantai/Dermaga Pengambilan karang untuk Bhn Bangunan .

Udara Oleh Aktivitas Industri Dan Transportasi .

Pencemaran dan kerusakan Habitat Perairan .

Ledakan Penduduk: yang dpt menguras SDA/H dan ruang .

perkebunan.Habisnya sumberdaya alam Oleh alih fungsi lahan : Hutan /Ekosistem Pantai ke ekosisem binaan (perkotaan). perikanan dll .

Perubahan Iklim Global .

Bencana Kekeringan .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->