P. 1
hukum

hukum

|Views: 227|Likes:
Published by Yani Safrizal
saol soal hukum
saol soal hukum

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Yani Safrizal on Feb 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

04/16/2015

$0.99

USD

pdf

text

original

1. BERILAH CONTOH HUKUM MENURUT ISINYA REALITASNYA DALAM MASYARAKAT.

Contoh : Surat perjanjian dalam jual beli rumah, kendaraan

2. JELASKAN HUKUM MENURUT DASAR PEMELIHARAANNYA?

- Hukum material Adalah hukum yang mengatur isi hubungan hukum dalam masyarakat. Hubungan hukum terdiri dari dua macam, yaitu hukum Privat(hukum Perdata) dan Hukum Publik (hukum Pidana). - Hukum Formal Adalah hukum yang mengatur tentang bagaimana cara mempertahankan/menegakkan hukum material. 3. JELASKAN HUKUM MENURUT WUJUDNYA DENGAN MEMBERIKAN CONTOH MASING-MASING -Hukum objektif adalah hukum dalam suatu Negara yang berlaku umum dan tidak mengenai orang atau golongan tertentu. Hukum ini untuk menyatakan peraturan yang mengatur antara dua orang atau lebih. Contohnya: kitab undang –undang hukum pidana (KUHP) -Hukum subjektif adalah hukum yang di hubungkan dengan seseorang tertentu dan dengan demikian menjadi hak. Contohnya : kitab undang –undang hukum militer. 4. HUKUM MENURUT TEMPAT BERLAKUNYA, BERIKAN CONTOH MASING-MASING Hukum Nasional Adalah hukum yang berlaku disuatu wilayah negara saja. Contoh : undang hukum pidana di Indonesia hanya berkau di indonesia Hukum Internasional Yaitu hukum yang berlaku di wilayah berbagai negara tetapi tidak di semua negara karena ada yang sudah menyepakatinya, ada yang belum. Contohnya : perjanjian perdangangan bebas. Berlaku kepada Negara yang mengakui perjanjian ini maka Negara tersebut patuh kepada aturan dari perjanjian tersebut. 5. JELASKAN PERBEDAAN ANTARA IUS CONSTITUTUM, IUS CONSTITUENDUM DAN HOKUM KODRAT -Ius Constitutum (hukum Positif) Adalah hukum yang berlaku sekarang bagi suatu masyarakat tertentu dalam suatu daerah. -Ius Constituendum (Hukum dalam angan2).

Yani safrizal Mayor toni putranto . SEBUTKAN VARIASI DARI HUKUM TERTULIS DAN HUKUM TIDAK TERTULIS 7. Contohnya : kasus persidangan yang belum ada di dasar hukumnya di undang. -Hukum Kodrat : hukum yang berlaku dimana – mana dalam segala waktu dan untuk segala bangsa di dunia. Hukum ini tidak mengenal ruang. 6. yaitu semua peraturan hukum yang berlaku pada suatu negara yang belum diterapkan terhadap suatu kasus oleh pengadilan. waktu dan tempat melainkan berlaku untuk selama-lamanya (abadi) terhadap siapa pun di seluruh tempat. Contoh : hukum yang di gunakan sesuai dengan keputusan hakim sebelum karena masalahnya sama. Hukum In concrito .undang maka pengadilan memutuskan keputusan terhadap masalah tersebut tanpa menyimpang undangundang.Yaitu hukum yang diharapkan/dicita-citakan berlaku pada waktu yang akan datang. yaitu semua peraturan hukum yang berlaku pada suatu negara yang telah diterapkan oleh pengadilan terhadap suatu kasus yang terjadi didalam masyarakat. JELASKAN DARI HUKUM IN ABSTRACTO DAN IN CONCRITO DENGAN MENYEBUTKAN CONTOHNYA Hukum in Abstracto.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->