PENGERTIAN TERUMBU KARANG

Mungkin teman-teman ada yang belum tau apa itu pengertian terumbu karang? Terumbu karang adalah kumpulan dari binatang karang yang melakukan simbiosis dengan zooxanhellae atau lebih dikenal dengan nama tumbuhan alga.

Koloni dari terumbu karang terbentuk oleh ribuan binatang kecil bernama Polip, sedangkan kalau kita lihat bentuk sederhana dari karang adalah hanya terdiri dari satu buah polip yang bentuknya menyerupai tabung dengan mulutnya berada di bagian atas dan dikelilingin oleh Tentakel. Tapi pada sebagian besar spesies terumbu karang, satu buah polip karang akan mengembangbiakkan diri menjadi banyak individu yang kemudian membentuk sebuah koloni. Terumbu karang memiliki bentuk yang unik dan cukup menarik sehingga sering dijadikan wahana dalam wisata bawah laut. Itulah sedikit pembahasan mengenai pengertian terumbu karang atau definisi terumbu karang, pada kesempatan mendatang kita akan melanjutkan pembahasan tentang jenis-jenis terumbu karang.

Ciri-ciri : Koloni dapat terhampar sampai beberapa meter. juga perairan lagun yang jernih. Cayman. tersusun dari cabang-cabang yang silindris. formosa. A. Kemiripan : A. Koloni arborescens. Warna : Coklat muda.JENIS JENIS TERUMBU KARANG ARCROPORA CERVICORNIS Family : Acroporidae Genus : Acropora Spesies : Acropora cervicornis Kedalaman : Karang ini banyak dijumpai hidup pada kedalaman 3-15 meter.. prolifera. Koralit berbentuk pipa. Habitat : Lereng karang bagian tengah dan atas. Distribusi : Perairan Indonesia. dan Kep. Jamaika. . Aksial koralit dapat dibedakan.

Solomon. A abrotanoides. Ciri-ciri : Koloni bercabang. Kemiripan : A. Warna : Biru muda atau coklat.Family : Acroporidae Genus : Acropora Spesies : Acropora acuminata Kedalaman : Karang ini banyak dijumpai hidup pada kedalaman 3-15 meter. Australia. Koralit mempunyai 2 ukuran. Papua New Guinea dan Philipina. Distribusi : Perairan Indonesia. .Habitat : Pada bagian atas atau bawah lereng karang yang jernih atau pun keruh. Ujung cabangnya lancip. hoeksemai.

exquisita. perairan keruh dan lagun berpasir . Solomon. Vaughani. Warna : Abu-abu muda. Parilis. copiosa. dan A.Family : Acroporidae Genus : Acropora Spesies : Acropora micropthalma Kedalaman : Karang ini banyak dijumpai hidup pada kedalaman 3-15 meter. A. Australia. Papua New Guinea. berjumlah banyak dan ukurannya sama. Distribusi : Perairan Indonesia. kadang coklat muda atau krem. Kemiripan : A. Ciri-ciri : Koloni bisa mencapai 2 meter luasnya dan hanya terdiri dari satu spesies. A. A. Horrida.Habitat : Reef slope bagian atas. Radial koralit kecil.

prostrata. . Warna : Umumnya berwarna hijau. Ciri-ciri : Koloni berupa korimbosa berbentuk bantalan dengan cabang pendek yang seragam. pulchra. convexa. aspera dan A. Distribusi : Tersebar dari Perairan Indonesia. dan biru. Kemiripan : Sepintas karang ini mirip dengan A.Family : Acroporidae Genus : Acropora Spesies : Acropora millepora Kedalaman : Karang ini banyak dijumpai hidup pada kedalaman 3-15 meter. Philipina dan Australia. A. A. merah muda. orange. Radial koralit tersusun rapat.Habitat : Karang ini umumnya banyak hidup di perairan yang dangkal. Aksial koralit terpisah.

Habitat : Karang ini umumnya banyak hidup di perairan dangkal. Aksial koralit biasanya terpisah. valid. coklat. Warna : Umumnya berwarna krem. dendrum.Family : Acroporidae Genus : Acropora Spesies : Acropora latistella Kedalaman : Karang ini banyak dijumpai hidup pada kedalaman 3-15 meter. nana dan A. hijau dan kuning. Kemiripan : Sepintas karang ini mirip dengan A. keabu-abuan. Distribusi : Tersebar dari Perairan Indonesia. . subulata. A. Ciri-ciri : Koloni berbentuk korimbosa atau bergumpal. Papua New Guinea dan Australia. Philipina. Radial koralit melingkar. Tentakel biasanya setiap hari bertambah panjang. A.

sebagian besar terumbu karang di wilayah Indonesia saat ini sudah mengalami kerusakan yang sangat parah. Akibat kombinasi dampak negatif langsung dan tidak langsung pada terumbu karang Indonesia. disamping hutan mangrove dan padang lamun. keindahan serta keanekaragaman kehidupan bawah laut dari kepulauan Indonesia yang membentang luas masih banyak menyimpan misteri dan tantangan terhadap potensinya. sehingga perlu dilakukan langkah-langkah pencegahan. Langkah dan kebijakan yang perlu dilakukan untuk mengurangi ancaman terhadap terumbu karang di Indonesia adalah dengan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap perlunya menjaga kelestarian terumbu karang dan mengadakan perencanaan pengelolaan wilayah pesisir yang baik dengan cara mengidentifikasi tingkat kerawanan dari terumbu karang dan meningkatkan pengelolaan yang berkesinambungan. Salah satunya adalah sumberdaya terumbu karang. Peningkatan kegiatan manusia sepanjang garis pantai semakin memperparah kondisi terumbu karang. Karena keberadaan terumbu karang tersebut sangat penting dalam pengembangan berbagai sektor termasuk sektor pariwisata.000 km2 lebih. Bagaimanapun juga. mempunyai andil yang sangat besar. . Terumbu karang sangat mudah terpengaruh oleh kondisi lingkungan sekitarnya baik secara fisik juga biologis. Terumbu karang dan segala kehidupan yang ada didalamnya merupakan salah satu kekayaan alam yang dimiliki bangsa Indonesia yang tak ternilai harganya. Apabila sumberdaya terumbu karang ini dikaitakan dengan pengembangan wisata bahari.CARA MElESTARIKAN TERUMBU KARANG Keunikan. tekanan terhadap keberadaan terumbu karang paling banyak diakibatkan oleh kegiatan manusia. Indonesia dikenal sebagai pusat distribusi terumbu karang untuk seluruh IndoPasifik. Terumbu karang merupakan salah satu komponen utama sumber daya pesisir dan laut utama. Indonesia memiliki areal terumbu karang seluas 60. Oleh karena itu merupakan kebutuhan mendesak untuk menerapkan konservasi dan rencanarencana pengelolaan yang baik untuk melindungi terumbu karang dari kerusakan yang semakin parah. Sejauh ini telah tercatat kurang lebih 354 jenis karang yang termasuk kedalam 75 marga.

dan tumbuhan alga dapat menempel pada koloni karang keras. Terumbu karang juga merupakan ekosistem dengan biodiversitas tertinggi dibandingkan ekosistem pesisir dan laut lainnya. Selain itu dengan begitu banyaknya spesies maka akan dapat dimanfaatkan untuk sebagai sumber pangan dan obat-obatan. maka ia menunjang kehidupan berbagai jenis makhluk hidup yang ada di sekitar terumbu karang.400 spesies (Tomascik dkk. Artinya dalam luas 1 km2 di wilayah terumbu karang mengandung lebih banyak spesies dibandingkan dengan 1 km2 di wilayah laut dalam. Ikan-ikan dapat mencari makan dan bersembunyi dari incaran hewan pemangsa di balik koloni karang keras. Dengan adanya keanekaragaman genetik yang tinggi maka akan ditemukan banyak variasi dalam makhluk hidup sehingga tingkat ketahanan terhadap penyakit dan kemampuan bertahan hidup suatu makhluk hidup dapat menjadi lebih tinggi..MANFAAT TERUMBU KARANG    Ekologi Ekonomi Sosial A. b. Penunjang Kehidupan Oleh karena terumbu karang merupakan suatu ekosistem. Dari sekitar 800 spesies karang keras yang berhasil diidentifikasi di dunia. dalam unit skala tertentu. maka itu akan menjadi sumber keanekaragaman genetik dan spesies. Dengan adanya terumbu karang maka tumbuhan dan hewan laut lainnya dapat tinggal. 1997). sekitar 450 di antaranya ditemukan di Indonesia. terumbu karang memiliki biodiversitas tertinggi dalam tingkatan filum. . MANFAAT EKOLOGI a. Mengandung Keanekaragaman Hayati yang Tinggi Jika hutan hujan tropis memiliki biodiversitas tertinggi dibandingkan ekosistem lainnya dalam tingkatan spesies. Mengapa biodiversitas menjadi penting ? Dengan memiliki biodiversitas yang tinggi. mencari makan dan berkembang biak di terumbu karang. cacing. Spesies ikan karang Indonesia sendiri mencapai lebih dari 2. kerang. Contohnya hewan-hewan laut seperti lili laut. Terumbu karang di Indonesia terkenal dengan kekayaan dari biodiversitasnya.

Serangan hewan pemangsa (Bulu Seribu) berakibat mematikan karang . akan diubah menjadi zat kapur yang menjadi bahan baku terumbu (Muller-Parker & D‟Elia. 1997). Penyakit antara lain akibat infeksi oleh bakteri berakibat mematikan karang 5. Kemudian ombak tiba di padang lamun maka energinya akan diperkecil lagi oleh daun-daun tumbuhan lamun. Terumbu karang pun dinilai memiliki peran yang sama. FAKTOR PENGANCAM KELESTARIAN TERUMBU KARANG 1. d.PENUNJANG WILAYAH PANTAI Terumbu karang. FAKTOR DARI ALAM Bencana alam dan kejadian lainnya yang terjadi secara alamiah dapat merusak terumbu karang. agar tidak merusak daratan. Dengan demikian kehidupan di sekitar pantai akan terlindung. Kenaikan suhu air laut dan kenaikan permukaan air laut pada tahap tertentu dapat mematikan karang 4. Terumbu karang bermanfaat dalam menghalangi pengikisan akibat energi ombak dan arus. Mengurangi Pemanasan Global Mungkin kita telah mengetahui bahwa hutan hujan tropis merupakan “paru-paru dunia” dimana menyerap gas CO2 hasil pembakaran sehingga mengurangi pemanasan pada bumi.C. Terumbu karang-lah yang pertama kali menghalau ombak besar dari laut. sehingga ombak tidak merusak pantai. sehingga masalah abrasi pantai akan lebih mudah diatasi. Gempa bumi berakibat memporak-porandakan terumbu karang 2. antara lain ialah: 1. Dalam proses yang disebut kalsifikasi ini. Bagaimana hal itu dapat terjadi akan diterangkan di bagian Biolog Karang. Badai di laut seperti halnya tsunami berakibat menghancurkan terumbu karang 3. karena gas CO2 juga banyak diserap oleh air laut. dan selanjutnya melalui reaksi kimia dan bantuan karang. maka akar dan batang pohon-pohon mangrove akan memperkecil lagi energi ombak. padang lamun dan hutan bakau merupakan ekosistem yang saling berhubungan. karang juga dibantu oleh zooxanthellae (tumbuhan bersel satu yang hidup di dalam jaringan tubuh karang). Di bawah ini tercantum hal-hal yang dapat merusak terumbu karang yang terjadi secara alamiah. Ketika ombak tiba di dekat pantai.

maka jumlah Bulu Seribu menjadi banyak dan ini merugikan. Terumbu karang adalah rumah bagi tumbuhan dan hewan laut. Pengambilan biota laut secara berlebihan juga dapat mengganggu keseimbangan jaring-jaring makanan di terumbu karang. termasuk ikan-ikan. maka jika ia habis diambil. seperti kima yang menempel pada koloni karang juga akan merusak terumbu karang. Bom yang dilemparkan di terumbu karang akan menghancurkan koloni karang dan biota laut lainnya di sekitar terumbu karang. Menuang racun di sekitar terumbu karang untuk menangkap ikan hias juga akan mematikan karang dan biota laut lainnya. termasuk perairan di sekitar terumbu karang. Pembuangan Sampah Ke Laut Sampah yang dibuang dari tepi pantai. Sampah juga akan mematikan karang. seperti Penyu Sisik. yakni sejenis keong laut yang ukurannya besar. Jika karang tidak ada maka terumbu karang tidak akan terbentuk. Sampah plastik dapat membunuh hewan-hewan laut.2. Keong laut ini memakan Bulu Seribu. sehingga zooxanthellae dapat mati dan akhirnya si hewan karang juga dapat mati. Contohnya jika kita banyak mengambil keong triton (Charonia tritonis). . Pengambilan Biota Laut Untuk Diperdagangkan Pengambilan karang untuk diperdagangkan akan sangat merusak terumbu karang. Penangkapan Ikan Dan Biota Laut Lainnya Dengan Cara Yang Merusak Contohnya menangkap ikan dan hasil laut lainnya dengan menggunakan bom dan racun potasium sianida. Pengambilan biota laut di terumbu karang. ataupun dari tengah laut (dari atas kapal misalnya). karena Penyu Sisik akan mengira sampah plastik sebagai makanannya. FAKTOR DARI KEGIATAN MANUSIA   Secara Langsung Tidak Langsung a. maka akan terjadi gangguan. akan mencemari perairan laut. yakni ubur-ubur. Selain itu sampah juga akan membuat lingkungan di sekitar laut menjadi buruk dan kotor. sehingga sampah itu ditelannya dan mengakibatkan kematian. Oleh karena ketika mengambil biota laut mereka menginjak-injak dan mencongkel karang. untuk cenderamata. b. maka Bulu Seribu tidak mempunyai pemangsa. c. sehingga zooxanthellae (tumbuhan bersel satu yang hidup di jaringan tubuh si hewan karang) tidak dapat berfotosintesis. Jika terumbu karang hancur maka ikan-ikan akan sulit ditemukan. karena Bulu Seribu memangsa karang. karena sampah menutupi dan menempel pada koloni karang keras.

jika tidak dikelola dengan baik. snorkeling. dapat merusak terumbu karang. Wisatawan akan membuang sampah tidak pada tempatnya. ataupun dan mengambil karang dan biota laut lainnya. . ataupun menyelam di terumbu karang.d. berenang. Mereka juga dapat menginjak-injak. Kegiatan Wisata Yang Tidak Memperdulikan Lingkungan Kegiatan wisata baik itu berupa kegiatan jalan-jalan di pantai. menyentuh. membunuh.

Ada pula pula yang mengatakan berasal dari bahasa Malay.Pengertian mangrove menurut bahasa memiliki banyak versi. Mac Nae (1968) kata mangrove digunakan untuk menyebut jenis pohon – pohon atau semak – semak yang tumbuh di antara batas air tertinggi saat air pasang dan batas air terendah sampai di atas rata – rata 3. Ada yang mengatakan bahwa istilah tersebut kemungkinan merupakan kombinasi dari bahasa Portugis dan Inggris. Snedaker (1978) hutan mangrove adalah suatu kelompok jenis tumbuhan berkayu yang tumbuh di sepanjang garis pantai tropika dan subtropika yang terlindung dan memiliki semacam bentuk lahan pantai 4. permukaan laut. Sedangkan pengertian mangrove menurut ahli mangrove yaitu : 1. yang menyebut jenis tanaman ini dengan „mangimangi‟ atau „mangin‟. Manakah yang benar??. bila disatukan akan menjadi „mangrove‟ atau „mangrave‟. Bangsa Portugis menyebut salah satu jenis pohon mangrove sebagai „mangue‟ dan istilah Inggris „ grove‟. Kostermans (1982) menyebut mangrove sebagai vegetasi berjalan yang cenderung mendorong terbentuknya tanah timbul melalui suksesi alami atau buatan dengan terbentuknya vegetasi baru pada tanah timbul tersebut. 2. Nybakken (1988) mangrove adalah sebutan umum yang digunakan untuk menggambarkan suatu komunitas pantai tropic yang didominasi oleh beberapa spesies pohon yang khas atau semak-semak yang mempunyai kemampuan untuk tumbuh dalam perairan asin. dengan tipe tanah anaerob. .

Kawasan hutan bakau biasanya tumbuh rapat dan padat dan memiliki akar udara yang berserabut menonjol dari dalam air. Bulu pada daun menyimpan air dengan menangkap lapisan udara dan dengan itu mengurangi kehilangan air melalui penguapan. Pada masa ini Malaysia menerapkan sistem penebangan secara clear-felling menurut giliran yaitu dalam jangka waktu 20 sampai 30 tahun. keseluruhan populasi ikan dan industri nelayan di daerah tersebut akan terancam karena tidak lagi tempat untuk anak ikan berlindung dan berkembang. Kayu bakau tanah mampu berendam dalam air tanpa perawatan rumit dan tahan lama.. Hutan bakau juga terbukti mampu bertindak sebagai pemampan tsunami karena sifatnya yang tumbuh secara padat dan akarnya yang kokoh dipersisiran kuala. Pohon bakau ini merupakan salah satu spesies cepat tumbuh dan yang digunakan dalam penanaman kembali hutan bakau untuk melindungi pesisir (yang lain adalah Sonneratia dan Rhizophora). hutan bakau juga merupakan habitat Kera Bekantan dan Bali memiliki kawasan bakau terbesar dibandingkan dengan negaranegara bagian lain di Malaysia. Pohon Bakau biasanya memiliki buahnya yang berbulu dan bagian bawah daun yang berbulu. dan udang. dan Sikat Bruguiera spp. kadang ia dijual sebagai sayuran. Di beberapa tempat. Di Malaysia. Jika hutan bakau di suatu tempat itu pupus atau tercemar. Proses ini mampu untuk menebus guna tanah dan menghasilkan pantai baru. Bunganya wangi dan menghasilkan madu dan penyerbukan oleh serangga. Ia jarang dijadikan arang dan biasanya digunakan untuk memanggang ikan atau karet. Avicennia menghasilkan antara madu yang terbaik. Hutan bakau juga bertindak sebagai penahan erosi ombak. dengan itu membenarkan benda asing dan lumpur halus yang terapung dalam air untuk mendak membentuk daerah berlumpur. Bakau Kurap Rhizophora spp. Hutan bakau ini mampu memperlambat aliran air. buahnya direbus dan dimakan. Di Bali. antara tabrakan air tawar dan air laut. hutan Bakau biasanya dilindungi dan daerah hutan Bakau Simpan yang telah digazetkan dikelola oleh Departemen Kehutanan untuk produksi kayu secara berkelanjutan. Pohon bakau terdiri dari berbagai spesies diantaranya termasuk spesies Api-api Avicennia spp. Oleh karena itu hutan bakau juga ditanam kembali di Malaysia. Perepat Sonneratia spp. Hutan bakau juga merupakan sumber kayu bakau yang tahan untuk pembangunan di daerah rawa dan dalam air. Selain itu hutan bakau juga digunakan oleh ratusan jenis burung hijrah sebagai tempat perlindungan untuk bertelur dan beristirahat. Ini karena akarnya yang berserabut membantu memperkuat dan mengikat tanah dari erosi ombak. Hutan bakau penting sebagai tempat anak ikan berlindung. dan Indonesia ..PENGERTIAN BAKAU Pohon Bakau merujuk pada tumbuhan yang hidup di daerah berpayau di muara sungai. bahkan mampu memperluas wilayah tanah karena daun dan sampah yang terperangkap di akarnya yang berserabut mendap dan menimbun. Selain itu ia menjadi habitat penting untuk berbagai jenis kepiting seperti kepiting Nipah.

2. Adapun ciri-ciri tumbuhan lamun antara lain : 1. Dalam satu tumbuhan hanya ada bunga jantan saja atau bunga betina saja. Penyebaran Tanaman Lamun . Pada perairan yang sangat jernih. berpasir atau berlumpur. Tanaman lamun memiliki bunga dan buah yang kemudian berkembang menjadi benih. Tumbuhan lamun terdiri dari rhizoma. beberapa jenis lamun ditemukan tumbuh dalam kedalaman 8 – 15 meter. 5. Pertubuhan lamun sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor internal seperti kondisi fisiologis dan metabolisme serta faktor eksternal seperti zat-zat hara dan tingkat kesuburan perairan. Daunnya mengandung banyak udara agar mudah mengapung di bawah permukaan air laut. Rhizoma adalah batang yang terbenam dan mendatar di atas permukaan dasar laut. Mampu hidup dan dapat menyesuaikan diri terhadap air asin atau garam. Hampir semua substrat dapat ditumbuhi lamun. pasir. A. Dapat hidup dan berkembang biak di air 3. Mampu melakukan penyerbukan di dalam air. Lamun memiliki perbedaan yang nyata dengan tumbuhan yang hidup terbenam dalam laut lainnya. 1. C. Namun padang lamun yang luas lebih sering ditemukan disubstrat Lumpur berpasir yang tebal antara hutan mangrove dan terumbu karang. 7. Apa itu Padang Lamun Padang lamun merupakan hamparan tumbuhan seperti rumput atau alang-alang yang terbenam di dalam laut yang dangkal. Lamun biasanya terdapat dalam jumlah yang melimpah dan sering membentuk padang yang lebat dan luas diperairan tropis. B. Padang lamun terbentuk di dasar laut yang masih ditembusi cahaya matahari yang cukup untuk pertumbuhannya. Habitat Padang Lamun Lamun tumbuh subur terutama pada daerah terbuka pasang surut dan perairan pantai atau goba yang dasarnya berupa lumpur.PADANG LAMUN 1. tenang. mulai substrat berlumpur sampai berbatu. daun dan akar. 4. seperti makro alga atau rumput laut(seaweats). 6. kerikil dan patahan karang mati dengan kedalaman 4 meter. 1. Buahnya terendam dalam air. Memiliki system perakaran yang kuat dan kokoh.

Kedalaman substrat berperan dalam menjaga stabilitas sedimen yang mencakup dua hal. Salah satu factor yang menyebabkan rusaknya ekosistem padang lamun adalah meningkatnya salinitas. Temperatur Walaupun padang lamun secara geografis tersebar luas yang diindikasikan oleh adanya kisaran toleransi yang luas terhadap temperatur. Kadang juga terlihat pola penyebaran yang berkelompok-kelompok. Kecepatan Arus Perairan . Kecerahan Lamun membutuhkan intensitas cahaya yang tinggi untuk melaksanakan proses fotosintesis. Hala ini terbukti dari hasil observasi yang menunjukkan bahwa distribusi padang lamun hanya terbatas pada perairan yang tidak terlalu dalam.Zona penyebaran lamun secara umun berkesinambungan. 1. kandungan nutrient dasar perairan. 1. Pada kenyataannya sepsis lamun di daerah tropic mempunyai toleransi yang rendah terhadap perubahan temperatur. . dan beberapa faktor fisik dan kimia lainnya. Pola penyebaran lamun sangat tergantung pada tofografi dasar pantai. namun sebagian besar memiliki kisaran yang lebar yaitu antara. Substrat Padang lamun hidup pada berbagai macam tipe substrat.0 1. Kadang terlihat pola penyebaran yang tidak merata dengan kepadatan merata yang relatif rendah dan bahkan terdapat semacam ruang-ruang kosong di tengah padang lamun yang tidak tertumbuhi oleh lamun. mulai dari Lumpur sampai sedimen dasar yang terdiri dari endapan Lumpur halus sebesar 40%. namun biasa terdapat perbedaan pada komposisi jenisnya maupun luas daerah penutupannya. Salinitas Spesies lamun memiliki kemampuan toleransi yang berbeda-beda terhadap salinitas. 1. Kisaran temperatur optimal bagi spesies lamun adalah 28 – 30oC. yaitu pelindung tanaman dari arus laut. 10 dan 400/00. Namun juga terdapat banyak pola penyebaran yang merata tumbuh hampir pada seluruh garis pantai dengan kepadatan yang sedang dan bahkan tinggi. dan tempat pengolahan serta pemasok nutrient. Parameter lingkungan utama yang mempengaruhi distribusi dan pertumbuhan ekosistem padang lamun adalah sebagai berikut : 1.

Secara ekonomis lamun dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak bahan baku kertas. Bali. E. Di padang lamun terdapat beberapa biota laut sebagai berikut : 1. Jika dibandingkan. masing-masing ada 11 spesies. Di seluruh dunia diperkirakan terdapat sebanyak 55 jenis lamun. 6. pupuk dan bahan obat-obatan serta dapat dijadikan tempat rekreasi. Juntaian lamun juga berguna sebagai pelindung dari sengatan matahari bagi penghuni ekosistem lamun. Dari seluruh jenis. 3. Selai itu. maka keanekaragaman hayati lamun diperairan Indonesia bagian timur ternyata lebih tinggi dibandingkan bagian barat. melahirkan dan menyusui anaknya.Produktivitas padang lamun juga dipengaruhi oleh kecepatan arus perairan. Penyebaran padang lamun di Indonesia cukup luas. dan dugong. Sedangkan secara ekologis lamun memainkan peran antara lain sebagai berikut : 1. jenis Turtle grass mempunyai kemampuan maksimal untuk tumbuh. bulu babi. Ikan baronag atau lingkis banyak sekali dijumpai di padang lamun 4. 4. jenis Talassia haemprichii merupakan yang paling dominan di Indonesia. Maluku. . Sumber makanan bagi penyu hijau. padang lamun juga dapat dijadikan tempat kegiatan budidaya laun berbagai jenis ikan(misalnya ikan beronang). bulu babi. tempat berpijah dan mencari makan. Nusa Tenggara. mencakup hampir sluruh perairan nusantara yakni jawa. dan Irian Jaya. dimana di Indonesia ditemukan sekitar 12 jenis dominan yang terdiri dari 7 marga. Kepiting dan udang banyak dijumpai di padang lamun karena merupakan daerah asuhan. Keanekaragaman hayati lamun yang paling tinggi ada diperairan teluk Flores dan Lombok. 2. tetapi berinteraksi dengan ekosistem lain di sekitarnya. Kalimantan. 3. 1. biota ini sering ditemukan di padang lamun termasuk kelompok mamalia yang bernafas dengan paru-paru. Duyung. bahan kerajinan. Sumatra. Begitu pula tanaman lamun atau padang lamun. penyu sisik. Hewan-hewan tak bertulang belakang seperti bintang laut. keong laut. 5. Penyu laut. Sulawesi. 2. teripang. khususnya penyu sisik dan penyu hijau yang sangat menyukai tumbuhan laut sebagai makanannya. bintang laut. Interaksi terpenting ekosistem padang lamun adalah dengan ekosistem padang mangrove dan terumbu karang. Biota Padang Lamun Ekosistem padang lamun bukan merupakan komunitas yang terisolasi. Fungsi dan peran padang lamun dalam suatu perairan dapat ditinjau dari segi ekonomis maupun ekologis. Pada saat kecepatan arus sekitar 0.5 m/detik. Penghasil detritus dan zat hara yang berguna sebagai makanan bagi mahluk hidup lainnya. kerang-kerangan dan tiram. siput laut dan cacing. D. Sebagai habitat bagi berbagai biota laut. Peranan dan Fungsi Padang Lamun Tak ada satupun jenis tumbuhan dan hewan di dunia ini yang diciptakan Allah tanpa memiliki fungsi dan peran.

. 7. Disamping itu. Hal ini bisa memancing meledaknya pertumbuhan perifiton. serta dapat menimbulkan eutrofikasi. Melindungi dasar perairan dari erosi. Ini mengakibatkan rusak totalnya padang lamun. 6. industri dan saluran navigasi. Di kawasan pantai. Pupuk yang masuk ke perairan laut dimana padang lamun terbentag juga memancing timbulnya eutrofikasi. manusia melakukan pengerukan dan pengurugan demi pembangunan pemukiman pantai. F. Adapula pencemaran limbah pertanian terutama pestisida yang mematikan hewan-hewan yang hidup di padang lamun. Tindakan manusia yang suka membuang sampah sembarangan ke laut mengakibatkan turunnya kandungan oksigen terlarut di kawasan padang lamun. sejenis organisme yang hidup menempel di organisme lain. Daun lamun yang lebat dapat memperlambat gerakan air yang disebabkan oleh ombak dan arus sehingga menyebabkan perairan disekitarnya menjadi tenang. Perusakan habitat di lokasi pembuangan hasil pengerukan akhirnya terjadi. Rentan Kerusakan Padang Lamun Ekosistem padang lamun amat rentan terhadap kemerosotan lingkungan yang diakibatkan kegiatan manusia. Hewan-hewan air tersiksa dan akhirnya mati.5. terdapat dampak sekunder pada perairan laut yaitu meningkatnya kekeruhan air serta terlapisnya insang hewan air oleh Lumpur dan tanah hasil pengerukan. Ancaman juga datang dari pencemaran limbah industri yang mengakibatkan terjadinya akumulasi logam berat padang lamun melalui proses yang disebut magnifikasi biologis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful