P. 1
MAKALAH BOKASHI

MAKALAH BOKASHI

|Views: 980|Likes:
Published by Denny Yuga SenDhara

More info:

Published by: Denny Yuga SenDhara on Feb 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/02/2014

pdf

text

original

KKN POSDAYA DESA KEMRANGGON KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN BANJARNEGARA PEMANFAATAN KOTORAN TERNAK DAN LIMBAH CAIR TAHU

UNTUK PEMBUATAN PUPUK ORGANIK

pestisida sintetis serta hormon tumbuh dalam produksi pertanian, ternyata berdampak negatif terhadap kesehatan manusia dan lingkungan hidup. Oleh karena itu usaha pertanian organik sangat perlu dikembangkan. Mengapa perlu pertanian organik?
1. Penggunaan bahan kimia terhadap tanaman dan tanah terus

menerus 2. Mikro-organisme/Mikroba pengurai tanah mati
3. Sifat Fisika, Kimia dan Biologi tanah rusak 4. Kesuburan tanah menurun 5. Terjadi pencemaran pada produk pertanian oleh residu bahan kimia

dan lingkungan. Disusun Oleh: Paradigma baru kesuburan tanah yang bersifat berkelanjutan, bahwa tanah bukanlah benda statis melainkan dinamis, karena tanah merupakan medium kehidupan (organisme makro/mikro, termasuk akar KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN PURWOKERTO 2012 I. PENDAHULUAN A. Latar Belakang Gaya hidup sehat dengan slogan ‘Kembali ke alam’ telah menjadi trend baru masyarakat dunia. Orang semakin menyadari bahwa penggunaan bahan kimia tak alami, seperti pupuk anorganik dan tanaman). Dengan demikian yang menjadi fokus perhatian bukan haya pengolahan tanah (sifat fisik) dan pupuk (sifat kimia) saja, melainkan juga kehidupan organism tanah (sifat biologis) sehingga bahan organik merupakan hal yang penting. Permasalahan umum di lahan kering adalah miskinnya bahan organik tanah, selain itu umumnya unsur P tersedia sangat rendah sampai rendah, dan unsure N dapat rendah tergantung pola pemupukkan, sedangkan unsure K sedang sampai rendah.

Unsur P (Fosfor) sangat membantu tanaman agar tumbuh dengan perakaran yang baik dan kuat. Bokashi digunakan untuk berbagai jenis tanaman. Bahan-bahan: 1. Limbah sampah organik yang melimpah merupakan potensi yang belum termanfaatkan Berkembangnya tuntutan Global tentang Green Consumer. bisa diganti dengan EM4) 5. Setelah tanaman dewasa. 3. 2. Memanfaatkan limbah ternak maupun limbah cair tahu untuk 6. buah yang masih muda mudah gugur. unsure ini membantu menghasilkan bunga dan buah yang sehat dan normal. lemah. meningkatkan daya tumbuh tanaman. 3. Tujuan 1. Jamur Trichoderma sp. penyakit tanaman dan memperbaiki mutu buah (menambah rasa manis dan buah yang tidak mudah busuk). Pupuk Bokashi Pupuk bokashi yaitu pupuk organik yang dapat digunakan sebagai pupuk dasar ataupun pupuk susulan. Kekurangan unsur ini mengakibatkan tanaman kerdil. 2. SO-Kontan Lq (Larutan aktivator. PERUMUSAN MASALAH 1. 2. menghambat II. Tanah 5.B. Potensi alam yang melimpah untuk mendukung program pertanian organik 4. . Menambah bahan organik ke dalam tanah Mengurangi penggunaan pupuk anorganik pembuata pupuk organik. PUPUK BOKASHI DAN PUPUK ORGANIK CAIR (POC) A. Kotoran hewan Gedebong pisang 4. Cara pembuatan pupuk Bokashi: Cara I Keseimbangan sistem alam Pembangunan Pertanian yang berkelanjutan 3. Abu sekam Manfaat pupuk bokashi yaitu menyuburkan dan memperbaiki struktur tanah. 3. Manfaat unsur-unsur yang terkandung dalam bokashi yaitu: 1. warna daun hijau pucat. III. 2. Unsur N (Nitrogen) sangat diperlukan untuk pertumbuhan tanaman. Unsur K (Kalium) berfungsi member kekuatan pada batang serta merangsang pertumbuhan daun pada tanaman.

2 dan 3 dicampur hingga homogen 5. Jerami dipotong-potong kecil-kecil dan ditumpuk berlapis-lapis ± 1 6. Abu sekam (2 bagian) 4. Tutup rapat dg plastik putih dan diaduk setiap 1-2 mg sekali . Setiap lapisan ditaburi kotoran ternak secukupnya dan siram dengan larutan aktivator (s0-kontan lq) kons. 4 ml/l air 8. 4 ml/l 4. Setiap lapisan ditaburi kotoran ternak secukupnya dan siram dengan larutan aktivator (s0-kontan lq) kons. Bahan 1. Kotoran ternak (3 bagian) 3. tutup rapat dengan plastik putih dan diaduk setiap 1-2 minggu sekali Catatan : Jika perlu menggunakan alat cetak dari papan dan tambahkan jamur antagonis spt Trichoderma sp. sapi. Setiap lapisan diberi potongan kecil batang pisang kemudian disiram air secukupnya dan dipadatkan 3. Kotoran ternak (kambing. Setiap lapisan diberi potongan kecil disiram air secukupnya dan dipadatkan batang pisang kemudian 7. sekali Catatan: Jika perlu mengg alat cetak dr papan dan tambahkan jamur antagonis spt trichoderma sp.5 m (12-16 lapisan) 2. kerbau yg sudah tercampur jerami hasil lemprakan) atau kotoran ayam ditumpuk berlapis-lapis ± 11. Setiap lapisan ditaburi kotoran ternak secukupnya dan siram disiram air secukupnya dan dipadatkan 3. Seresah dedaunan (5 bagian) atau limbah padat industri tahu 2. Setiap lapisan diberi potongan kecil batang pisang kemududian m (10-12 lapisan) 2.1. Tutup rapat dengan plastik putih dan diaduk setiap 1-2 minggu dengan larutan aktivator (SO-kontan lq) konsentrasi 4 ml/l air. Cara III Cara II 1. Ditumpuk berlapis-lapis ± 1 m (10-12 lapisan) 1.

Manfaat POC yaitu Pupuk cair lebih mudah terserap oleh tanamn karena unsur-unsur di dalamnya sudah terurai. dan penggunaan pupuk cair berarti kita melakukan tiga macam proses dalam sekali pekerjaan. Limbah cair industri tahu dimasukkan ke dalam drum atau ember plastik (vol. tapi juga di atas daundaun. 4-5 liter) 2. Manfaat unsur2 yang terkandung dalam POC yaitu: 1. Dosis bokashi sebagai pupuk dasar sebanyak 1. Aplikasi bokashi pada tanaman padi sebagai pupuk dasar dan pupuk susulan. Setelah tanaman dewasa. Masukan irisan hati pisang . Sehingga ada manfaatnya apabila pupuk cair tidak hanya diberikan di sekitar tanaman. Tanaman menyerap hara terutama melalui akar. menyiram tanaman dan mengobati tanaman. Cara pembuatan pupuk POC 1. Pupuk Organik Cair (POC) POC yaitu pupuk organik berbentuk cair yang dapat menyediakan nitrogen dan unsur mineral lainnya yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman. namun daun juga punya kemampuan menyerap hara. Penggunaan pupuk cair lebih memudahkan pekerjaan. seperti halnya pupuk nitrogen kimia. Unsur P (Fosfor) sangat membantu tanaman agar tumbuh dengan perakaran yang baik dan kuat. yaitu memupuk tanaman. unsure ini membantu menghasilkan bunga dan buah yang sehat dan normal.Catatan : Jika perlu menggunakan alat cetak dr papan dan tambahkan jamur antagonis spt trichoderma sp.5 kg/m2 dan sebagai pupuk susulan ditaburkan disela-sela tanaman padi sebanyak 1 genggam/4 tanaman. B.

Tutup rapat dengan plastik selama 2 minggu Baahan-bahan yang digunakan untuk membuat perbanyakan Trichoderma sp. berikut: 1. 5. ke dalam plastic. 4 ml/l air 4. setelah itu diperas menggunakan kain mori Ampas tahu tersebut dimasukkan ke dalam plastik kecil. Biofungisida merupakan jenis pestisida dari organisme tertentu yang digunakan untuk mengendalikan penyakit yang disebabkan oleh jamur pada tanaman. sebaiknya 1 minggu sekali dan apabila malai sudah tumbuh maka penyemprotan dihentikan karena dapat menyebabkan malai padi menjadi rontok. Disaring dan siap diaplikasikan 2. yaitu: 1. D. Trichoderma sp selain bersifat sebagai biofungsida juga bisa digunakan sebagai dekomposer pada pembuatan pupuk organik. Persiapan Lahan a. Trichoderma sp. Tambahkan bibit jamur Trichoderma sp. yaitu sebagai Catatan: perlu menggunakan alat cetak dari papan dan tambahkan jamur antagonis seprti trichoderma sp. Ampas tahu Air secukupnya Cara memperbanyak jamur Trichoderma sp. juga mempunyai sifat berlawanan dengan beberapa jamur penyebab penyakit tanaman. Trichoderma sp. Perbanyakan Jamur Trichoderma sp. merupakan sejenis jamur yang dapat bersifat sebagai biofungisida. Penyemprotan selanjutnya dilakukan sesuai dengan kondisi tanaman. Aplikasi POC pada tanaman padi yaitu pada 10 hari setelah tanam. Ampas tahu dicuci menggunakan air. Tambahkan larutan aktivator (SO-kontan lq) kons. Lahan sawah sesudah panen jika masih ada jerami dihambarkan tipis secara merata dan ditambah irisan tipis batang pisang secukupnya .3. kemudian tunggu sampai 1-2 minggu. 3. 3. disemprotkan pada tanaman dengan perbandingan POC dan air sebanyak 1 : 10. Budidaya Padi Organik 1. kemudian dikukus selama 30 menit menggunakan dandang Setelah dikukus. C. 2. Bibit Jamur Trichoderma sp. tunggu sampai ampas tahu dalam plastik menjadi dingin 4.

Semprotkan POC jenis SO-Kontan Lq dengan kon-sentrasi 4 3. Setiap lubang tanaman terdiri dari 3 – 4 batang . Biarkan selama 2 minggu dan usahakan kondisi air selalu macak-macak e. Tanah dibajak dengan traktor kemudian disemprot lagi dengan POC jenis SO-Kontan Lq dgn konsentrasi 4 ml/l dan biarkan dalam kondisi macak-macak selama 1 minggu f. Sistem legowo 4-1 (4 baris tan. Pemanenan Pemanenan dilakukan setelah bulir masak 80%. atau menggunakan pestisida hayati dan menggalakan pengelolaan habitat. Tanah digaru dan disemprot lagi dgn POC jenis SO-Kontan Lq hama dan penyakit. dgn konsentrasi 4 ml/l. Sistem konvensional diatur dalam baris dan kolom dengan ukuran 20 x 20 cm atau 23 x 23 cm b. Sistem legowo wayang. Jika ada pupuk kandang sebaiknya ditaburkan secara merata dengan dosis 5 ton/Ha c. Sebaiknya hindari menggunakan herbisida b. Penanaman a. yaitu baris dan kolom berukuran 25 x 25 Cm dan di antara baris tambahkan 1 (satu) titik rumpun padi c. Pemeliharaan a. dan dihindari memanen pada saat turun hujan.b. Pengaturan air dan pengendalian gulma dilakukan seperti biasa. 5. 1 kosong degn lebar 2 baris) d. kemudian ditaburi jamur antagonis Trichoderna sp. 4. Pemupukkan Aplikasikan POC SO-Kontan Lq sekali lagi pada umur 10 Hst via tanah. Pengendalian ml/l (dosis 70 ml/1000m2) d. sebaiknya dengan menggunakan pestisida nabati yang telah ada atau membuat sendiri. 10 ons/100m2 2.

TERIMA KASIH .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->