P. 1
Contoh Proposal

Contoh Proposal

|Views: 67|Likes:
Published by Sellen Gurusmatika
PKL
PKL

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Sellen Gurusmatika on Feb 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/13/2013

pdf

text

original

I. Latar Belakang Seiring berjalannya waktu, begitu banyak perkembangan yang terjadi, termasuk di bidang teknologi informasi.

Perkembangan tersebut mengakibatkan meningkatnya

persaingan dalam segala bidang terutama menuju era globalisasai. Agar tidak mengalami ketertinggalan, diperlukan suatu strategi pengembangan bidang teknologi informasi dalam pembangunan yang berkesinambungan diberbagai bidang. Diperlukan juga Sumber Daya Manusia yang berkualitas yang memiliki penguasaan terhadap teknologi informasi. Program Studi Sistem Informasi merupakan salah satu Program Studi yang ada di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya. Dalam Program Studi Sistem Informasi terdapat tiga jenis bidang minat pilihan yang dipelajari oleh mahasiswa. Bidang minat itu adalah : 1. 2. 3. Bidang Minat Sistem Informasi Perbankan; Bidang Minat Sistem Informasi Industri; dan Bidang Minat Sistem Informasi Kesehatan.

dimana setiap mahasiswa diperbolehkan mendalami salah satu bidang yang tersedia, sesuai dengan minat masing-masing. Dengan adanya kemajuan teknologi khususnya dalam bidang informasi yang berkembang pesat, masyarakat dituntut siap dan mampu menyikapi kemajuan tersebut. Hal ini perlu diperhatikan sehingga nantinya Bangsa Indonesia tidak hanya sebagai pemakai, tetapi juga dapat menjadi khususnya yang pencipta suatu teknologi berkepentingan dalam

informasi. Sumber Daya Manusia Indonesia

pembangunan dan aplikasi teknologi diharapkan mampu terlibat lebih jauh, baik melalui penelitian, eksperimen-eksperimen, ataupun dengan memberikan iklim yang kondusif bagi berkembangnya teknologi. Diharapkan melalui usaha-usaha tersebut nantinya kreatifitas

II. Tujuan Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Kerja Praktek ini adalah sebagai berikut : 1. Untuk memperoleh gambaran nyata tentang penerapan / implementasi dari ilmu atau teori yang selama ini . Untuk mewujudkan hal tersebut penerapan di bidang industri sangat diperlukan untuk melatih kemampuan analisa mahasiswa. Semen Baturaja (Persero) adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri semen dan merupakan salah satu pemasok semen terbaik di Indonesia. Maka Kerja Praktek ini akan dispesifikkan pada bidangSistem Informasi Industri. Departemen yang dipilih untuk pelaksanaan Kerja Praktek adalah departemen yang berhubungan dengan IT (Information Technology). Dalam kegiatan operasionalnya. dapat dijadikan sebagai sarana bagi mahasiswa untuk memahami bagaimana ilmu yang selama ini didapatkan di bangku kuliah diaplikasikan di perindustrian. Semen Baturaja (Persero) sangatlah Sistem relevan sebagai tempat pelaksanaan Kerja Praktek bagi mahasiswa Informasi Universitas Sriwijaya.dan inovasi teknologi akan muncul dan mampu memberi nilai tambah bagi Bangsa dan Negara.Lokasi PT yang terjangkau dari tempat tinggal peserta Kerja Praktek juga menjadi pertimbangan dalam pengajuan proposal ini. Dunia perindustrian dan civitas akademika sebagai pihak yang berkepentingan dalam perkembangan dan aplikasi teknologi harus sejalan dan saling mendukung untuk mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu PT. perusahaan tidak terlepas dari teknologi Sistem Informasi. Kerja Praktek merupakan salah satu mata kuliah wajib dari jurusan Sistem Informasi Universitas Sriwijaya yang harus diikuti oleh setiap Mahasiswa sebagai syarat kelulusan. PT.

2. Untuk melatih mahasiswa berpikir secara praktis dan sistematis dalam menghadapi suatu persoalan dalam bidang komputer di lapangan yang sebenarnya. Manfaat Manfaat yang diharapkan dalam kegiatan ini adalah : 1. III. 4. . Bagi Perusahaan Hasil analisa dan penelitian yang dilakukan selama Kerja Praktek dapat menjadi bahan masukan bagi pihak Perusahaan untuk menentukan kebijakasanaan Perusahaan di masa yang akan datangkhusunya di bidang teknologi informasi. 2. Untuk melakukan analisis mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukan serta sistem yang berjalan di lapangan. Bagi Perguruan Tinggi Sebagai tambahan referensi khususnya mengenai perkembangan teknologi informasi dan industri di Indonesia yang dapat digunakan oleh pihak-pihak yang memerlukan serta mampu menghasilkan sarjana-sarjana yang handal dan memiliki pengalaman di bidangnya dan dapat membina kerja sama yang baik antara lingkungan akademis dengan lingkungan kerja.diperoleh di bangku kuliah dan membandingkannya dengan kondisi nyata yang ada di lapangan. Untuk memperkaya perbendaharaan pengetahuan dan referensi data-data yang dapat digunakan untuk membantu penyusunan Tugas Akhir sesuai dengan bidang minat yang dipilih. 5. Untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang akan membuka cakrawala berpikir yang lebih luas mengenai disiplin ilmu yang ditekuni selama ini. 3.

e) Mahasiswa dapat mengetahui secara lebih mendalam gambaran tentang kondisi nyata dunia kerja sehingga nantinya diharapkan mampu menerapkan ilmu yang telah didapat dalam aktivitas dunia kerja yang sebenarnya.3. Nama Kegiatan Kegiatan ini diberi nama “Kerja Praktek di PT. IV. serta sebagai upaya untuk memperluas cakrawala wawasan kerja. Akan . Bagi Mahasiswa a) Mahasiswa dapat menyajikan pengalaman dan data-data yang diperoleh selama Kerja Praktek kedalam sebuah Laporan Kerja Praktek. c) Mahasiswa dapat mengembangkan dan mengaplikasikan pengalaman di kerja lapangan untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan Tugas Akhir. Waktu dan Tempat Pelaksanaan 5. d) Mahasiswa dapat mengenalkan dan membiasakan diri terhadap suasana kerja sebenarnya sehingga dapat membangun etos kerja yang baik. b) Mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang akan membuka cakrawala berpikir yang lebih luas mengenai disiplin ilmu yang ditekuni selama ini. maka calon peserta mengusulkan untuk melaksanakan Kerja Praktek mulai tanggal21 Juni 2010 hingga 21 Juli 2010. Semen Baturaja (Persero)”. V.1 Waktu Pelaksanaan Berdasarkan Kalender akademik Universitas Sriwijaya Semester Genap tahun ajaran 2009/2010.

6.tetapi keputusan yang diambil mengenai jadwal dimulai dan berakhirnya Kerja Praktek ini seluruhnya diberikan kepada pihak PT. 819. NIM Program Studi :6 : Jambi. Palembang. Simanjuntak No. Palembang Nama : 09071003036 : Sistem Informasi : Dewi Apriana : 09071003053 : Sistem Informasi Nama : Fransiska . Semen Baturaja (Persero)Berhubungan dengan Information Technology(IT) VI.Tanggal Lahir Alamat b.1 Tempat Pelaksanaan Kerja Praktek akan dilaksanakan di : Nama Perusahaan Alamat Perusahaan Bagian : PT. 30111 : Tergantung pihak PT. Semen Baturaja (Persero). Peserta Peserta dalam Kerja Praktek ini merupakan mahasiswa Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya. Abikusno CS Kertapati. yang terdiri dari : a. 14 Juni 1988 : Jl. Prihatini Sihotang NIM Program Studi Semester Tempat. Semen Baturaja (Persero) : Jl.

Pada proses pelaksanaan Kerja Praktek di lapangan. Setiawan No. c. Jadwal Kegiatan Tahap Pelaksanaan Kerja Praktek 1. pihak PT. Semen .Tanggal Lahir Alamat :6 : Sridadi. Setelah mempertimbangkan tahap pelaksanaan yang telah ditetapkan oleh Jurusan Sistem Informasi Universitas sriwijaya. berikut ini tabel perencanaan Jadwal laporan Kerja Praktek pada pihak PT. d. yaitu penilaian dari pihak Perusahaan tempat Kerja Praktek dilaksanakan dan pihak Jurusan Sistem Informasi Universitas Sriwijaya. b. Pembuatan laporan Kerja Praktek beserta bimbingan laporan.Semester Tempat. Penyerahan Baturaja (Persero). Palembang VII. 2. 3. Pelaksanaan kegiatan Kerja Praktek di lapangan. Penilaian Kerja Praktek terdiri dari dua unsur. Pelaksanaan Kerja Praktek akan dibagi dalam beberapa tahapan kegiatan antara lain: a. Srijaya Negara Lrg. terutama penyerapan pengetahuan aplikatif di Perusahaan. yang akan dilakukan oleh seorang dosen penguji. 155 Bukit Besar. 12 April 1989 : Jl. Setelah Kerja Praktek di lapangan selesai. mahasiswa wajib membuat laporan Kerja Praktek yang dibimbing oleh dosen pembimbing Kerja Praktek. Semen Baturaja (Persero) mempunyai wewenang penuh terhadap proses pendidikan mahasiswa. Pembuatan proposal Kerja Praktek yang dikonsultasikan dengan dosen pembimbing.

Semen Baturaja (Persero). Tuhan Yang Maha Esa selalu melimpahkan rahmat dan petunjuk-Nya kepada kita semua. Namun besar harapanapabila usulan jadwal ini dapat dipertimbangkan. Atas bantuan dan kerja sama semua pihak yang terkait diucapkan terima kasih. VIII. Semua keputusan diserahkan pada kebijakan dari pihak Perusahaan.Pelaksanaan Kerja Prakteksebagai pertimbangan untuk pelaksanaan Kerja Praktek di PT. . Penutup Demikian proposal ini dibuat sebenar-benarnya dengan harapan dapat memberikan gambaran singkat dan jelas tentang maksud dan tujuan besar Semoga diadakannya Kerja Praktek di Perusahaan yangBapak/Ibu harapan peserta untuk dapat pimpin. melaksanakan Kerja Praktek di Perusahaan ini. Rencana Jadwal Pelaksanaan Kerja Praktek : Semua jadwal perencanaan yang dibuat hanya berupa usulan dan masih bersifat sementara.

Tugas √ √ √ Khusus Penulisan & 5 Konsultasi √ √ √ √ √ √ Laporan 6 Ujian √ 7 Revisi √ √ √ 8 Pengumpulan √ √ . Kondisi Umum. Tata Letak. √ √ √ peralatan dan mesin. 19 April 2010 Atas Nama Peserta Kerja Praktek Fransiska Prihatini S NIM 09071003053 8 Tabel 1. struktur Organisasi.Palembang. Jadwal Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan Pelaksanaan Bulan/Minggu keN Keterang Nama Kegiatan Januari Februari Maret April o an 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 Kontak Pendahuluan dan 1 √ √ √ √ Persetujuan dari Perusahan Mitra Penulisan Proposal dan 2 √ √ Konsultasi Proposal Seminar dan 3 Perbaikan √ Proposal Aktivitas 4 Lapang a. b.

Laporan Jadwal perencanaan yang dibuat hanya berupa usulan dan masih bersifat sementara yang masih perlu disesuaikan dengan kebijakan dari pihak Perusahaan Mitra. . Namun besar harapan apabila usulan jadwal ini dapat dipertimbangkan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->