P. 1
MANAJEMEN PERKEBUNAN PALA

MANAJEMEN PERKEBUNAN PALA

|Views: 80|Likes:
Published by utuhnaruto
MANAJEMEN PERKEBUNAN PALA
MANAJEMEN PERKEBUNAN PALA

More info:

Published by: utuhnaruto on Feb 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/22/2013

pdf

text

original

dsb.ARTI KEBUN DAN PERKEBUNAN Pengertian dasar/asalnya (kamus umum bahasa Indonesia)  Kebun : sebidang tanah yang ditanami dengan pohon-pohonan seperti buah-buahan. kopi. karet.  Perkebunan : hal tanam menanam di kebun atau dengan pengertian lain kegiatan tanam menanam pohon-pohonan pada sebidang tanah tertentu .

apakah tanaman musiman/annual ataukah tanaman tahunan/parennial  Biasanya tanahnya berupa tanah/tanah kering  Berlokasi bisa disekitar/dekat pemukiman. bisa pula jauh dari pemukiman .PENGERTIAN UMUM YANG BERKEMBANG SAAT INI Kebun  Sebidang tanah yang ditanami dengan tanaman apa saja.

Perkebunan  Kebun dalam skala besar.  Umumnya berupa lahan kering . yang tanahnya luas dan diusahakan atau diselenggarakan secara khusus  Bila diartikan sebagai kumpulan banyak kebun dengan pengertian lain suatu perkebunan mencakup sekumpulan kebun  Sebidang tanah yang luas yang ditanami dengan tanaman baik tanaman setahun ataupun tanaman tahunan.

APA YANG TERMASUK (DAN DISEBUT) TANAMAN PERKEBUNAN Tanaman yang diusahakan oleh usaha perkebunan (tanaman perkebunan) pada dasarnya adalah tanaman yang hasilnya (salah satu atau kombinasi dari)  Umumnya tidak bisa langsung dikonsumsi atau tidak langsung untuk dikonsumsi terlebih dahulu melalui proses pengolahan (bukan tanaman pangan/hortikultura)  Dimaksudkan utk perdagangan (dalam skala besar/jumlah besar. melalui kegiatan ekspor atau perdagangan antarpulau  Dimaksudkan utk bahan baku bahan setengah jadi bagi kegiatan industri .

dan budaya yang melingkupi perkebunan dimana ia berada . sosial.Yang ditemukan dalam sebuah kebun  Sejumlah luasan lahan yang terbagi ke dalam beberapa      petak bidang lahan Sejumlah/sekumpulan tanaman (disebut tanamn kebun atau tanaman perkebunan yang diusahakan diatas lahan tersebut diatas Seperangkat bangunan kebun Seperangkat alat/sarana kebun Sejumlah orang (manusia) yang tercakup dalam organisasi kebun Kondisi ekonomi.

Tanggal 22 Oktober 1996  Usaha perkebunan dilakukan/ diselenggarakan oleh perkebunan rakyat dan perkebunan besar.Penyelenggaraan usaha perkebunan  Menurut keputusan menteri pertanian No. 786/kpts/kb120/10/96.  Perkebunan rakyat : usaha budidaya perkebunan yang diusahakan oleh perorangan diatas tanah milik (salama tdk melebihi batas maks hak milik menurut UUDA) atau HGU dengan luas areal kurang dari 25 Ha  Perkebunan Besar : usaha budidaya perkebunan yang diusahakan oleh perusahaan perkebunan dan dilakukan diatas lahan HGU dengan luas areal minimum 25 Ha .

Usaha perkebunan Besar (BUMN/BUMD & PBS) Perusahaan Perkebunan Besar Swasta (PBS) dalam bentuk :  Perusahaan perseorangan : suatu bentuk badan usaha (berbadan hukum)milik perseorangan yang modalnya hanya dimiliki satu orang saja. segala tanggungjawab dan kewajiban perusahaan ditanggung sepenuhnya oleh perseorangan .

 Perusahaan Komanditer (CV/ Comanditaire Vannotschaap) : mirip Firma hanya salah seorang tanggungjawabnya terhadap perusahaan hanya terbatas pada modal yangdimasukkan saja. Dalam akte pendirian ditentukan besarnya modal masing-masing anggota serta syarat-syarat yang ditentukan. Perusahaan Firma (Fa) : badan usaha yang didirikan & dimiliki oleh 2 orang atau lebih yang memasukkan modalnya dalam perusahaan dan bertanggung jawab penuh. . Anggota tersebut dinamakan anggota “diam atau komanditer”.

 Perusahaan perseorangan terbatas (PT) : Modal perusahaan terdiri atas saham yang diterbitkan dengan nilai nominal tertentu. Setiap orang yang membeli saham menjadi pemilik perusahaan yang tanggungjawab terbatas pada yang dimiliki.  Badan usaha berbentuk koperasi .

Arti “manajemen” dalam penyelenggaraan usaha Perkebunan  Menurut Encyclopedia of the social science : suatu proses (artinya suatu langkah atau tindakan yg sistematis. berurutan & berkelanjutan) dimana suatu tujuan tertentu dapat terselenggara & terawasi. .  Menurut Haiman : sebagai fungsi untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang dilakukan oleh individu yang terlibat dan berkaitan didalamnya yang dimaksudkan untuk dapat tercapainya tujuan bersama.  Menurut George R Terry : sebagai usaha untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan organisasi.

Pengawasan atau pengendalian Langkah-alangkah dlm proses pengambilan keputusan :  Identifikasi masalah  Kumpulkan data yang relevan  Lakukan analisi data  Memilih alternatif pemecahan  Mendapatkan berbagai alternatif pemecahan yang dapat diambil  Melakukan alternatif pemecahan .Pengorganisasian .Perencanaan .Pengarahan .Penetapan/penyusunan personalia .Aktivitas-aktivitas manajemen : .

Manajemen Perkebunan  Penerapan aktivitas atau fungsi manajemen dalam penyelenggaraan usaha perkebunan  Telaah atau studi bagaimana mengelola sumberdaya usaha perkebunan.  Kumpulan dari semua aktivitas manajemen yang ada pada masing-masing kegiatan sejak awal sampai dengan berakhirnya usaha perkebunan tersebut. .

akn tansi Fungsi manaje men : Perenca naan. Adm.Hubungan antara lingkungan perusahaan. Pembela njaan. prosesperusahaan. Koordin asi. tujuan strategis kebijaksanaan taktik perusaahn Startegi Kebijakan/taktik Lingkungan perusahaan Politik Ekonomi Sosial budaya Hukum Agama Pertahanan keamanan internasional Perusahaan perkebunan Proses perush. Pengara han. fungsi manajemen. : Produksi Pemasar an. Personali a. Organis asi. pengawa san TUJUAN .

AGRIBISNIS Kegiatan usaha yang sifatnya menghasilkan/ menyediakan sarana/masukan bagi kegiatan pertanian Kegiatan Pertanian Kegiatan usaha yang sifatnyaa menggunakan hasil-hasil pertanian sebagai masukan objek kegiatan Input sector Farm sector output sector .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->