P. 1
Gaya Gesek

Gaya Gesek

|Views: 103|Likes:
Published by Neng Wulan Thea

More info:

Published by: Neng Wulan Thea on Feb 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/28/2013

pdf

text

original

Gaya gesekan tersebut akan menghambat gerakan kardus. Coba dorong sebuah kardus di lantai! Ketika kamu mendorong kardus terjadi gesekan antara permukaan kardus dengan lantai. Jadi. gaya gesek merupakan gaya yang menimbulkan hambatan ketika dua permukaan benda saling bersentuhan. . Kekuatan hambatan akibat gesekan inilah yang disebut gaya gesek.

.

Hal ini berarti gerakan benda semakin terhambat jika gaya gesekan semakin besar. Akibatnya. Semakin kasar permukaan benda. benda itu semakin mudah bergerak pada permukaan tersebut. Pada permukaan licin. Demikian sebaliknya jika permukaan licin. semakin besar pula gaya geseknya. gaya gesekan yang terjadi juga kecil. .

2. . 4. Memberikan pulumas (oli. lilin atau vaselin) pada permukaan benda yang bergesekan. Membuat bentuk pesawat terbang yang ramping untuk mengurangi gaya gesek antara badan pesawat dengan udara. Menaburkan bedak atau tepung kanji di atas meja karambol agar biji karambol dapat bergerak lancar. Melapisi meja biliar dengan kain agar bola dapat bebas menggelinding. 3.Cara memperkecil gaya gesek : 1.

Membuat alur pada permukaan ban untuk mengingkatkan daya cengkeram ban dengan permukaan tanah. 2. .cara memperbesar gaya gesek : Memasang paku-paku pada alas sepatu bola agar pemain bola tidak mudah tergelincir ketika berlari di lapangan rumput. 1.

Manfaat Gaya Gesek pada Kehidupan Sehari-hari :  Menghasilkan panas.  Mengikis benda. contoh gaya gesek yang timbul dari ampelas terhadap kayu dapat membuat kayu menjadi halus. . misalnya gaya gesek yang timbulketika kita menggosokkan kedua belah tangan kita dapat menghangatkan badan.  Mencegah benda tergelincir. contoh gaya gesek antara sepatu dan lantai membuat kita tidak tergelincir.

 Menahan benda-benda agar tidak bergeser Gaya gesek mampu menahan benda agar tidak tergelincir. Menghentikan benda yang sedang bergerak Apa yang akan terjadi apabila sepeda yang kamu naiki tidak memiliki rem? Rem pada sepeda digunakan agar sepeda yang kita naiki dapat berhenti ketika sedang bergerak. Gesekan antara karet rem dengan peleg membuat laju sepeda akan semakin lambat ketika di rem. kursi. perabotan rumah seperti meja. . Tanpa adannya gaya gesek. dll akan mudah tergeser.

Hal ini menunjukkan bahwa gaya gesekan menghambat gerakan suatu benda. Contoh gaya gesek antara udara dengan pembalap sepeda membuat pembalap sepeda harus mengeluarkan tenaga yang besar. Adanya gesekan antara ban sepeda dengan aspal membuat kita harus mengayuh sepeda dengan tenaga yang lebih besar.Kerugian gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari  Gaya gesek menghambat gerak sehingga memboroskan energi. .  Menghambat gerakan Gaya gesekan menyebabkan benda yang bergerak akan terhambat gerakannya.

Jadi. Menyebabkan aus Ban sepeda kita menjadi gundul atau sepatu yang kita pakai untuk sekolah bagian bawahnya menjadi tipis diakibatkan oleh gesekan antara ban atau sepatu dengan aspal. . gesekan menyebabkan bendabenda menjadi aus.

Disebut apakah gaya yang timbul akibat dua benda saling bersentuhan? Sebutkan dua keuntungan adanya gaya gesek! Sebutkan dua kerugian adanya gaya gesek Sebutkan dua hal yang dapat dilakukan untuk memperkecil gaya gesek! Sebutkan dua hal yang dapat dilakukan untuk memperbesar gaya gesek! . 5.Exercise 1. 4. 3. 2.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->