P. 1
Perangkat IPS SMK

Perangkat IPS SMK

|Views: 638|Likes:
Published by Agung Sucip
semua untuk smk
semua untuk smk

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Agung Sucip on Feb 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/27/2014

pdf

text

original

Program Tahunan (PROTA

)

Mata Pelajaran Tingkat Pendidikan
No. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13 14. 15.

: IPS : SMK

Kelas : X Tahun Pelajaran : 2011/2012
Bab/Subbab

Alokasi Waktu ...x 1 jam pelajaran …x 1 jam pelajaran ... x 1 jam pelajaran ... x 1 jam pelajaran ...x 1 jam pelajaran ...x 1 jam pelajaran ...x 1 jam pelajaran ...x 1 jam pelajaran ...x 1 jam pelajaran ...x 1 jam pelajaran ...x 1 jam pelajaran ...x 1 jam pelajaran ...x 1 jam pelajaran ...x 1 jam pelajaran ...x 1 jam pelajaran

Mengidentikasi interaksi sebagai proses sosial. Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian. Mengidentikasi bentuk-bentuk interaksi sosial. Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah. Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia dan pergerakan kebangsaan Indonesia. Mengidentikasi kebutuhan manusia. Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Mengidentikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi. Mendeskripsikan berbagai kegiatan ekonomi dan pelaku-pelakunya. Membedakan prinsip ekonomi dan motif ekonomi. Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen. Mengidentikasi faktor-faktor yang memengaruhi permintaan dan penawaran. Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya. Mendeskripsikan pengertian harga keseimbangan dan elastisitas. Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang dan jasa.

Mengetahui, Kepala Sekolah

....,.................... 20.... Guru Mata Pelajaran

NIP.

NIP.

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

i

ii

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

iii

iv

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

v

vi

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

vii

viii

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Karakter
Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar .... IPS X (Sepuluh)/2 (Dua) 3. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi. : 3.1 Mengidentikasi kebutuhan manusia. 3.2 Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas. 3.3 Mengidentikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi. : 3.1.1 Mendeskripsikan kebutuhan manusia sesuai dengan pengertiannya. 3.1.2 Mendeskripsikan kebutuhan manusia sesuai dengan macamnya. 3.1.3 Mengidentikasi faktor yang memengaruhi kebutuhan sesuai dengan sifatnya. 3.2.1 Mengidentikasi benda pemuas kebutuhan manusia sesuai dengan jenis dan kegunaan. 3.2.2 Mendeskripsikan kelangkaan sesuai dengan pengertiannya. 3.2.3 Mengidentikasikan kelangkaan sesuai dengan faktor-faktor penyebabnya. 3.2.4 Mengidentikasikan biaya peluang sesuai dengan pengertiannya. 3.2.5 Menunjukkan contoh biaya peluang sesuai dengan penyebabnya. 3.3.1 Mengidentikasikan barang dan jasa sesuai dengan apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi. 3.3.2 Mendeskripsikan sistem ekonomi sesuai dengan pengertian dan macamnya. 3.3.3 Mengidentikasikan sistem ekonomi sesuai dengan caranya dalam memecahkan masalah ekonomi. : 12 x 45 menit (6 x pertemuan) : : : :

Indikator

Alokasi Waktu

I.

Tujuan Pembelajaran Pendidikan karakter harus bisa bertujuan untuk pendidikan semua masyarakat pendidikan, dalam hal ini yang dibidik adalah guru dalam skala sempit dan murid dalam skala luas. A. Tujuan untuk Guru Dalam setiap pertemuan guru diharapkan mampu: 1. Mentransfer ilmu yang terangkum dalam materi-materi pembelajaran secara lebih sabar dan mengerti karakter siswa. 2. Memberikan teladan yang baik kepada para siswa agar bersemangat dalam belajar. 3. Memberikan metode-metode pembelajaran yang tidak membosankan kepada para siswa, artinya ada inovasi-inovasi dari guru. 4. Memberikan reward kepada siswa-siswa yang berprestasi serta memberikan bimbingan kepada para siswa yang masih tertinggal dengan cara yang halus dan baik. 5. Memberikan pembahasan-pembahasan soal terutama soal-soal sulit kepada siswa.
Karakter yang dituju: Guru cerdas, teladan, peduli siswa.

B.

Tujuan untuk Siswa Setelah mempelajari materi pada pertemuan 1 s.d 6 diharapkan siswa mampu: 1. Mengidentikasi secara cerdas kebutuhan hidup manusia. 2. Mengidentikasi alat pemuas kebutuhan. 3. Mengidentikasi kelangkaan sumber daya. 4. Mengidentikasi biaya peluang dan hilangnya kesempatan tenaga kerja jika memproduksi barang lain. 5. Mengidentikasi masalah pokok ekonomi. 6. Mengidentikasi sistem perekonomian.
Karakter yang dituju: Siswa yang cerdas, terampil, analitis, kritis, dan berwawasan luas.

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

ix

II.

Materi Pembelajaran Pertemuan 1 A. Kebutuhan hidup manusia (lihat Buku Materi IPS SMK Kelas X pegangan guru dan buku pendukung lainnya, BKS IPS Kelas X SMK penerbit SMS (Suara Media Sejahtera). Pertemuan 2 B. Alat pemuas kebutuhan (lihat Buku Materi IPS SMK Kelas X pegangan guru dan buku pendukung lainnya, BKS IPS Kelas X SMK penerbit SMS (Suara Media Sejahtera). Pertemuan 3 C. Kelangkaan sumber daya (lihat Buku Materi IPS SMK Kelas X pegangan guru dan buku pendukung lainnya, BKS IPS Kelas X SMK penerbit SMS (Suara Media Sejahtera). Pertemuan 4 D. Biaya peluang dan hilangnya kesempatan tenaga kerja jika memproduksi barang lain (lihat Buku Materi IPS SMK Kelas X pegangan guru dan buku pendukung lainnya, BKS IPS Kelas X SMK penerbit SMS (Suara Media Sejahtera). Pertemuan 5 E. Masalah pokok ekonomi (lihat Buku Materi IPS SMK Kelas X pegangan guru dan buku pendukung lainnya, BKS IPS Kelas X SMK penerbit SMS (Suara Media Sejahtera). Pertemuan 6 F. Sistem perekonomian (lihat Buku Materi IPS SMK Kelas X pegangan guru dan buku pendukung lainnya, BKS IPS Kelas X SMK penerbit SMS (Suara Media Sejahtera). Model dan Strategi Pembelajaran 1. Model Pembelajaran: CTL. 2. Strategi: studi pustaka, diskusi, ceramah, tanya jawab, penugasan, dan lain-lain. Langkah-Langkah Pembelajaran A. Pertemuan Pertama (Alokasi Waktu: 2 × 45 Menit)
No. Kegiatan Pembelajaran

III.

IV.

1.

Kegiatan Pendahuluan a. Siswa berdoa berdasarkan keyakinannya masing-masing. Dampak: Berdoa adalah kegiatan komunikasi vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa setiap hari guru dan siswa akan lebih dekat dengan Sang Pencipta dan bisa mempunyai pola pikir bahwa segala sesuatu adalah karena pertolongan Tuhan. (5 menit) Karakter yang akan terbentuk: manusia yang percaya kepada Tuhan. b. Siswa diajak bertegur sapa dan ditanyakan kabar hari ini. (1 menit) Dampak: siswa akan merasa diperhatikan, sehingga mereka akan mendapat awalan yang nyaman untuk belajar. Karakter yang akan terbentuk: rasa hormat kepada guru.

x

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

2.

Kegiatan Inti a. Eksplorasi 1) Disediakan modul belajar dan para siswa membaca sebentar isi modul. (10 menit) 2) Siswa menutup modul, mengeluarkan buku tulisnya dan mengerjakan soal pretest (tes awalan) tentang isi modul. Metode pretest mencongak. (10 menit) Dampak: memberikan bayangan materi yang akan dipelajari oleh siswa. Siswa akan merasa tertantang seberapa besar daya serapnya dalam mempelajari materi dalam waktu singkat. 3) Siswa dijelaskan materi tentang kebutuhan hidup manusia (14 menit) Karakter yang akan terbentuk: rasa serta sikap siap dalam segala kondisi. 4) Tanya jawab tentang materi. Siswa yang aktif dalam kegiatan tanya jawab ini diberi poin tersendiri dalam penilaian. (5 menit) b. Elaborasi 1) Disediakan soal-soal tentang kebutuhan hidup manusia. Siswa mengerjakannya dengan sungguh-sungguh. (Soal-soal lebih bersifat analisis) (10 menit) 2) Siswa mempresentasikan jawabannya di depan kelas. (10 menit) Karakter yang akan terbentuk: rasa keyakinan dalam hati dan percaya diri. 3) Saat salah satu siswa presentasi, siswa lain memberikan tanggapan. (10 menit) Karakter yang akan terbentuk: berani berpendapat. 4) Diskusi hasil presentasi. (10 menit) c. Konrmasi Menguji siswa satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa tanya jawab atau diberi soal-soal. (5 menit) Kegiatan Penutup Menyimpulkan isi materi, dan pengumuman agar siswa mempelajari materi berikutnya tentang alat pemuas kebutuhan untuk persiapan pretest serta salam penutup. (5 menit)

3.

B.

Pertemuan Kedua (Alokasi Waktu: 2 × 45 Menit)
No. Kegiatan Pembelajaran

1.

Kegiatan Pendahuluan a. Siswa berdoa berdasarkan keyakinannya masing-masing. (5 menit) Dampak: Berdoa adalah kegiatan komunikasi vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa setiap hari guru dan siswa akan lebih dekat dengan Sang Pencipta dan bisa mempunyai pola pikir bahwa segala sesuatu adalah karena pertolongan Tuhan. Karakter yang akan terbentuk: manusia yang percaya kepada Tuhan. b. Siswa diajak bertegur sapa dan ditanyakan kabar hari ini. (1 menit) Dampak: siswa akan merasa diperhatikan, sehingga mereka akan mendapat awalan yang nyaman untuk belajar. Karakter yang akan terbentuk: rasa hormat kepada guru.

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

xi

2.

Kegiatan Inti a. Eksplorasi 1) Mengerjakan soal pretest untuk materi yang akan diajarkan. (10 menit) Dampak: memberikan bayangan materi yang akan dipelajari oleh siswa. Hal ini juga akan memudahkan penerimaan materi yang akan diajarkan. 2) Membahas materi lanjutan tentang alat pemuas kebutuhan. (10 menit) 3) Tanya jawab tentang isi materi. Siswa yang aktif dalam kegiatan tanya jawab ini diberi poin tersendiri dalam penilaian. (10 menit) b. Elaborasi Siswa menutup bukunya dan maju satu-per satu untuk melaksanakan tes lisan. (Urutan maju berdasarkan kebijakan guru). (44 menit) Karakter yang akan terbentuk: siswa memiliki rasa keyakinan dan percaya diri. c. Konrmasi Menguji siswa satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa tanya jawab atau diberi soal-soal. (5 menit) Kegiatan Penutup Menyimpulkan isi materi, dan pengumuman agar siswa mempelajari materi berikutnya tentang kelangkaan sumber daya untuk persiapan pretest serta salam penutup. (5 menit)

3.

C.

Pertemuan Ketiga (Alokasi Waktu: 2 × 45 Menit)
No. Kegiatan Pembelajaran

1.

2.

Kegiatan Pendahuluan a. Siswa berdoa berdasarkan keyakinannya masing-masing. (5 menit) Dampak: Berdoa adalah kegiatan komunikasi vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa setiap hari guru dan siswa akan lebih dekat dengan Sang Pencipta dan bisa mempunyai pola pikir bahwa segala sesuatu adalah karena pertolongan Tuhan. Karakter yang akan terbentuk: manusia yang percaya kepada Tuhan. b. Siswa diajak bertegur sapa dan ditanyakan kabar hari ini. (1 menit) Dampak: siswa akan merasa diperhatikan, sehingga mereka akan mendapat awalan yang nyaman untuk belajar. Karakter yang akan terbentuk: rasa hormat kepada guru. Kegiatan Inti a. Eksplorasi 1) Mengerjakan soal pretest untuk materi yang akan diajarkan. (10 menit) Dampak: memberikan bayangan materi yang akan dipelajari oleh siswa. Hal ini juga akan memudahkan penerimaan materi yang akan diajarkan. 2) Membahas materi lanjutan tentang kelangkaan sumber daya. (10 menit) 3) Tanya jawab tentang isi materi. Siswa yang aktif dalam kegiatan tanya jawab ini diberi poin tersendiri dalam penilaian. (10 menit) b. Elaborasi Siswa menutup bukunya dan maju satu per satu untuk melaksanakan tes lisan. (Urutan maju berdasarkan kebijakan guru). (44 menit) Karakter yang akan terbentuk: siswa memiliki rasa keyakinan dan percaya diri. c. Konrmasi Menguji siswa satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa tanya jawab atau diberi soal-soal. (5 menit)

xii

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

3.

Kegiatan Penutup Menyimpulkan isi materi, dan pengumuman agar siswa mempelajari materi berikutnya tentang biaya peluang dan hilangnya kesempatan tenaga kerja jika memproduksi barang lain untuk persiapan pretest serta salam penutup. (5 menit)

D.

Pertemuan Keempat (Alokasi Waktu: 2 × 45 Menit)
No. Kegiatan Pembelajaran

1.

Kegiatan Pendahuluan a. Siswa berdoa berdasarkan keyakinannya masing-masing. (5 menit) Dampak: Berdoa adalah kegiatan komunikasi vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa setiap hari guru dan siswa akan lebih dekat dengan Sang Pencipta dan bisa mempunyai pola pikir bahwa segala sesuatu adalah karena pertolongan Tuhan. Karakter yang akan terbentuk: manusia yang percaya kepada Tuhan. b. Siswa diajak bertegur sapa dan ditanyakan kabar hari ini. (1 menit) Dampak: siswa akan merasa diperhatikan, sehingga mereka akan mendapat awalan yang nyaman untuk belajar. Karakter yang akan terbentuk: rasa hormat kepada guru. Kegiatan Inti a. Eksplorasi 1) Mengerjakan soal pretest untuk materi yang akan diajarkan. (10 menit) Dampak: memberikan bayangan materi yang akan dipelajari oleh siswa. Hal ini juga akan memudahkan penerimaan materi yang akan diajarkan. 2) Membahas materi lanjutan tentang biaya peluang dan hilangnya kesempatan tenaga kerja jika memproduksi barang lain. (10 menit) 3) Tanya jawab tentang isi materi. Siswa yang aktif dalam kegiatan tanya jawab ini diberi poin tersendiri dalam penilaian. (10 menit) b. Elaborasi Siswa menutup bukunya dan maju satu per satu untuk melaksanakan tes lisan. (Urutan maju berdasarkan kebijakan guru). (44 menit) Karakter yang akan terbentuk: siswa memiliki rasa keyakinan dan percaya diri. Konrmasi Menguji siswa satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa tanya jawab atau diberi soal-soal. (5 menit) Kegiatan Penutup Menyimpulkan isi materi, dan pengumuman agar siswa mempelajari materi berikutnya tentang masalah pokok ekonomi untuk persiapan pretest serta salam penutup. (5 menit) c.

2.

3.

E.

Pertemuan Kelima (Alokasi Waktu: 2 × 45 Menit)
No. Kegiatan Pembelajaran

1.

Kegiatan Pendahuluan a. Siswa berdoa berdasarkan keyakinannya masing-masing. (5 menit) Dampak: Berdoa adalah kegiatan komunikasi vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa setiap hari guru dan siswa akan lebih dekat dengan Sang Pencipta dan bisa mempunyai pola pikir bahwa segala sesuatu adalah karena pertolongan Tuhan. Karakter yang akan terbentuk: manusia yang percaya kepada Tuhan. b. Siswa diajak bertegur sapa dan ditanyakan kabar hari ini. (1 menit) Dampak: siswa akan merasa diperhatikan, sehingga mereka akan mendapat awalan yang nyaman untuk belajar. Karakter yang akan terbentuk: rasa hormat kepada guru.

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

xiii

2.

Kegiatan Inti a. Eksplorasi 1) Mengerjakan soal pretest untuk materi yang akan diajarkan. (10 menit) Dampak: memberikan bayangan materi yang akan dipelajari oleh siswa. Hal ini juga akan memudahkan penerimaan materi yang akan diajarkan. 2) Membahas materi lanjutan masalah pokok ekonomi. (10 menit) 3) Tanya jawab tentang isi materi. Siswa yang aktif dalam kegiatan tanya jawab ini diberi poin tersendiri dalam penilaian. (10 menit) b. Elaborasi Siswa menutup bukunya dan maju satu per satu untuk melaksanakan tes lisan. (Urutan maju berdasarkan kebijakan guru). (44 menit) Karakter yang akan terbentuk: siswa memiliki rasa keyakinan dan percaya diri. c. Konrmasi Menguji siswa satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa tanya jawab atau diberi soal-soal. (5 menit) Kegiatan Penutup Menyimpulkan isi materi, dan pengumuman agar siswa mempelajari materi berikutnya tentang sistem perekonomian untuk persiapan pretest serta salam penutup. (5 menit)

3.

F.

Pertemuan Keenam (Alokasi Waktu: 2 × 45 Menit)
No. Kegiatan Pembelajaran

1.

2.

Kegiatan Pendahuluan a. Siswa berdoa berdasarkan keyakinannya masing-masing. (5 menit) Dampak: Berdoa adalah kegiatan komunikasi vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa setiap hari guru dan siswa akan lebih dekat dengan Sang Pencipta dan bisa mempunyai pola pikir bahwa segala sesuatu adalah karena pertolongan Tuhan. Karakter yang akan terbentuk: manusia yang percaya kepada Tuhan. b. Siswa diajak bertegur sapa dan ditanyakan kabar hari ini. (1 menit) Dampak: siswa akan merasa diperhatikan, sehingga mereka akan mendapat awalan yang nyaman untuk belajar. Karakter yang akan terbentuk: rasa hormat kepada guru. Kegiatan Inti a. Eksplorasi 1) Mengerjakan soal pretest untuk materi yang akan diajarkan. (10 menit) Dampak: memberikan bayangan materi yang akan dipelajari oleh siswa. Hal ini juga akan memudahkan penerimaan materi yang akan diajarkan. 2) Membahas materi lanjutan sistem perekonomian. (10 menit) 3) Tanya jawab tentang isi materi. Siswa yang aktif dalam kegiatan tanya jawab ini diberi poin tersendiri dalam penilaian. (10 menit) b. Elaborasi Siswa menutup bukunya dan maju satu per satu untuk melaksanakan tes lisan. (Urutan maju berdasarkan kebijakan guru). (44 menit) Karakter yang akan terbentuk: siswa memiliki rasa keyakinan dan percaya diri. c. Konrmasi Menguji siswa satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa tanya jawab atau diberi soal-soal. (5 menit)

xiv

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

3.

Kegiatan Penutup Menyimpulkan isi materi, dan pengumuman agar siswa berlatih mengerjakan soal-soal pada BKS dan mempelajari materi berikutnya mengenai kegiatan ekonomi dan pelaku-pelaku ekonomi untuk bahan pretest berikutnya serta salam penutup. (5 menit)

V.

VI.

Sumber Pembelajaran dan Alat Pembelajaran A. Sumber Pembelajaran 1. Buku IPS X SMK 2. BKS penerbit SMS (Suara Media Sejahtera) 3. Internet 4. Buku-buku referensi yang lain 5. Modul B. Alat Pembelajaran Peta konsep Penilaian A. Penugasan (Tes Lisan BKS IPS Kelas X hal. 5) Pelajarilah materi alat pemuas kebutuhan. Guru akan mengadakan tes lisan mengenai materi tersebut. Persiapkan dirimu dan percaya dirilah untuk menjawab pertanyaan dari guru. Siswa yang aktif akan mendapat poin plus sebagai nilai pertimbangan dalam ulangan harian. B. Pengamatan Proses 1. Unjuk Kerja No. Nama Siswa Karakter yang diamati
Mandiri Percaya Diri Kreatif Rajin Tanggung Jawab

2.

Catatan: kolom karakter bisa ditambah sesuai dengan jenis karakter yang ada. Uji Kompetensi Aspek Kognitif (BKS IPS Kelas X hal 11) 1. Pilihan Ganda Contoh: 1. Pencetus sistem ekonomi pasar adalah .... a. J.B. Colbert d. Karl Marx b. Adam Smith e. David Ricardo c. Thomas Robert Malthus 2. Pemerintah dan masyarakat bekerja sama untuk kelancaran pembangunan bangsa. Masyarakat memegang peranan aktif dalam kegiatan pembangunan, sedangkan pemerintah bertindak sebagai .... a. pembimbing dan pengarah b. penentu c. penguasa d. pemberi informasi e. penyandang dana 2. Isian Contoh: 1. Sistem ekonomi campuran merupakan gabungan atau campuran dari sistem ekonomi komando dengan sistem ekonomi liberal disebut sistem ekonomi .... 2. Inisiatif dan daya kreasi individu tidak berkembang merupakan kelemahan dari sistem ekonomi ....

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

xv

3.

Uraian Contoh: 1. Pemerintah bertanggung jawab atas jalannya sistem ekonomi pada negara tersebut. Apakah sistem ekonomi yang diterapkan berpengaruh terhadap keberhasilan pembangunan suatu negara? 2. Setiap pemerintahan hendaknya berpikir rasional untuk menentukan sistem ekonomi apa yang akan digunakan. Apakah ada suatu negara yang benar-benar murni menganut suatu sistem ekonomi?

Aspek Afektif (BKS IPS Kelas X hal 13) Negara Singapura merupakan negara yang tergolong maju dan negara kaya di dunia dengan pendapatan per kapita tinggi. Apakah hal ini berarti Negara Singapura tidak mengalami kelangkaan? Setujukan kalian jika dalam menghadapi masalah ekonomi menggunakan sistem ekonomi yang sesuai akan dapat mengatasi masalah ekonomi tersebut? Kemukakan pendapat kritis kalian secara logis! Aspek Psikomotorik (BKS IPS Kelas X hal 14) Sistem ekonomi merupakan cara suatu masyarakat untuk menyelesaikan berbagai masalah pokok ekonominya, yaitu apa, bagaimana, dan untuk siapa barang itu diproduksi. Untuk mendiskusikan bagaimana masing-masing sistem ekonomi menjawab pertanyaan tersebut, bagilah kelas kalian menjadi lima kelompok. Tugas masing-masing kelompok adalah membahas penyelesaian masalah pokok ekonomi untuk satu sistem ekonomi yang baru kita pelajari. Beranikan diri kalian untuk mempresentasikan hasil diskusi tersebut di depan kelas dan mintalah kepada teman-teman kalian untuk memberi tanggapan dan melengkapi informasi. VII. Pengawasan Proses Pembelajaran Pemantauan Supervisi Evaluasi Pelaporan Tindak Lanjut

*) Diisi oleh guru

Mengetahui, Kepala Sekolah

....,.................... 20.... Guru Mata Pelajaran

NIP.

NIP.

xvi

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Karakter
Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Alokasi Waktu .... IPS X (Sepuluh)/2 (Dua) 4. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen termasuk permintaan, penawaran, keseimbangan harga, dan pasar. : 4.1 Mendeskripsikan berbagai kegiatan ekonomi dan pelaku-pelakunya. : 4.1.1 Mendeskripsikan kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi sesuai dengan pengertiannya. 4.1.2 Mengidentikasikan pelaku-pelaku ekonomi sesuai dengan peran dan pola interaksi. : 2 x 45 menit (1 x pertemuan) : : : :

I.

Tujuan Pembelajaran Pendidikan karakter harus bisa bertujuan untuk pendidikan semua masyarakat pendidikan, dalam hal ini yang dibidik adalah guru dalam skala sempit dan murid dalam skala luas. A. Tujuan untuk Guru Dalam setiap pertemuan guru diharapkan mampu: 1. Mentransfer ilmu yang terangkum dalam materi-materi pembelajaran secara lebih sabar dan mengerti karakter siswa. 2. Memberikan teladan yang baik kepada para siswa agar bersemangat dalam belajar. 3. Memberikan metode-metode pembelajaran yang tidak membosankan kepada para siswa, artinya ada inovasi-inovasi dari guru. 4. Memberikan reward kepada siswa-siswa yang berprestasi serta memberikan bimbingan kepada para siswa yang masih tertinggal dengan cara yang halus dan baik. 5. Memberikan pembahasan-pembahasan soal terutama soal-soal sulit kepada siswa.
Karakter yang dituju: Guru cerdas, teladan, peduli siswa.

B.

Tujuan untuk Siswa Setelah mempelajari materi pada pertemuan 7 diharapkan siswa mampu: 1. Mengidentikasi secara cerdas kegiatan produksi. 2. Mengidentikasi kegiatan distribusi. 3. Mengidentikasi kegiatan konsumsi. 4. Mengidentikasi pelaku-pelaku kegiatan ekonomi.
Karakter yang dituju: Siswa yang cerdas, terampil, analitis, kritis, dan berwawasan luas.

II.

Materi Pembelajaran Pertemuan 7 A. Produksi (lihat Buku Materi IPS SMK Kelas X pegangan guru dan buku pendukung lainnya, BKS IPS Kelas X SMK penerbit SMS (Suara Media Sejahtera). B. Distribusi (lihat Buku Materi IPS SMK Kelas X pegangan guru dan buku pendukung lainnya, BKS IPS Kelas X SMK penerbit SMS (Suara Media Sejahtera). C. Konsumsi (lihat Buku Materi IPS SMK Kelas X pegangan guru dan buku pendukung lainnya, BKS IPS Kelas X SMK penerbit SMS (Suara Media Sejahtera). D. Pelaku-pelaku kegiatan ekonomi (lihat Buku Materi IPS SMK Kelas X pegangan guru dan buku pendukung lainnya, BKS IPS Kelas X SMK penerbit SMS (Suara Media Sejahtera). Model dan Strategi Pembelajaran 1. Model Pembelajaran: CTL. 2. Strategi: studi pustaka, diskusi, ceramah, tanya jawab, penugasan, dan lain-lain.

III.

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

xvii

IV.

Langkah-Langkah Pembelajaran Pertemuan Ketujuh (Alokasi Waktu: 2 × 45 Menit)
No. Kegiatan Pembelajaran

1.

Kegiatan Pendahuluan a. Siswa berdoa berdasarkan keyakinannya masing-masing. Dampak: Berdoa adalah kegiatan komunikasi vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa setiap hari guru dan siswa akan lebih dekat dengan Sang Pencipta dan bisa mempunyai pola pikir bahwa segala sesuatu adalah karena pertolongan Tuhan. (2 menit) Karakter yang akan terbentuk: manusia yang percaya kepada Tuhan. b. Siswa diajak bertegur sapa dan ditanyakan kabar hari ini. (1 menit) Dampak: siswa akan merasa diperhatikan, sehingga mereka akan mendapat awalan yang nyaman untuk belajar. Karakter yang akan terbentuk: rasa hormat kepada guru. Kegiatan Inti a. Eksplorasi 1) Disediakan modul belajar dan para siswa membaca sebentar isi modul. (10 menit) 2) Siswa menutup modul, mengeluarkan buku tulisnya dan mengerjakan soal pretest (tes awalan) tentang isi modul. Metode pretest mencongak. (7 menit) Dampak: memberikan bayangan materi yang akan dipelajari oleh siswa. Siswa akan merasa tertantang seberapa besar daya serapnya dalam mempelajari materi dalam waktu singkat. 3) Siswa dijelaskan materi tentang produksi, distribusi, konsumsi, dan pelaku-pelaku kegiatan ekonomi. (20 menit) Karakter yang akan terbentuk: rasa serta sikap siap dalam segala kondisi. 4) Tanya jawab tentang materi. Siswa yang aktif dalam kegiatan tanya jawab ini diberi poin tersendiri dalam penilaian. (5 menit) b. Elaborasi 1) Disediakan soal-soal tentang kegiatan ekonomi dan pelaku-pelaku kegiatan ekonomi. Siswa mengerjakannya dengan sungguh-sungguh. (Soal-soal lebih bersifat analisis) (10 menit) 2) Siswa mempresentasikan jawabannya di depan kelas. (10 menit) Karakter yang akan terbentuk: rasa keyakinan dalam hati dan percaya diri. 3) Saat salah satu siswa presentasi, siswa lain memberikan tanggapan. (5 menit) Karakter yang akan terbentuk: berani berpendapat. 4) Diskusi hasil presentasi. (10 menit) c. Konrmasi Menguji siswa satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa tanya jawab atau diberi soal-soal. (5 menit) Kegiatan Penutup Menyimpulkan isi materi, dan pengumuman agar siswa berlatih mengerjakan soal-soal pada BKS dan mempelajari materi berikutnya mengenai prinsip ekonomi dan motif ekonomi untuk bahan pretest berikutnya serta salam penutup. (5 menit)

2.

3.

V.

Sumber Pembelajaran dan Alat Pembelajaran A. Sumber Pembelajaran 1. Buku IPS SMK Kelas X 2. BKS Penerbit SMS (Suara Media Sejahtera) 3. Internet 4. Buku-buku referensi yang lain 5. Modul

xviii

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

B. VI.

Alat Pembelajaran Peta konsep

Penilaian A. Penugasan (Kerja Mandiri BKS IPS Kelas X hal. 17) Pak Sholeh adalah seorang pengusaha handal yang memiliki usaha produksi perikanan, dan berusaha melakukan perluasan produksi untuk meningkatkan jumlah produk ikannya. a. Apabila ia menggunakan cara perluasan ekstensikasi, apa yang harus ia lakukan? b. Apabila ia menggunakan cara perluasan intensikasi, apa yang harus ia lakukan? B. Pengamatan Proses 1. Unjuk Kerja No. Nama Siswa Karakter yang diamati
Mandiri Percaya Diri Kreatif Rajin Tanggung Jawab

2.

Catatan: kolom karakter bisa ditambah sesuai dengan jenis karakter yang ada. Uji Kompetensi Aspek Kognitif (BKS IPS Kelas X hal 23) 1. Pilihan Ganda Contoh: 1. Prasetya berinisiatif mendirikan industri rumah tangga berupa batik tulis. Berikut bukan faktor produksi yang dapat disediakan oleh rumah tangga keluarga, yaitu .... a. pengangguran d. modal b. tenaga kerja e. kewirausahaan c. keahlian 2. Masyarakat sangat produktif dalam menyediakan faktor produksi. Faktor produksi yang dapat disediakan masyarakat, yaitu .... a. tenaga kerja d. tanah b. keahlian e. uang c. modal 2. Isian Contoh: 1. Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Oleh sebab itu, kita wajib menjaga dan melestarikannya. Tanah, air, barang, tambang, iklim, dan sebagainya merupakan faktor produksi .... 2. Penyaluran barang atau jasa hasil produksi dari produsen ke konsumen melalui perantara terlebih dahulu, seperti agen, pedagang besar, pedagang eceran, dan koperasi disebut .... 3. Uraian Contoh: 3. Para produsen bertanggung jawab terhadap kualitas maupun kuantitas produk yang dihasilkan. Misalnya dengan diversikasi dan intensikasi. Jelaskan perbedaan antara peningkatan jumlah dan mutu hasil produksi dengan cara diversikasi dan intensikasi! 4. Pemerintah berlaku sangat demokratis dan bijaksana dalam mengatur perekonomian Indonesia. Sebutkan tiga contoh kebijaksanaan secara langsung yang dilakukan pemerintah dalam mengatur kegiatan ekonomi!

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

xix

Aspek Afektif (BKS IPS Kelas X hal 25) Harga ataupun distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) sering menjadi permasalahan yang pelik terhadap penggunanya, terutama pelaku ekonomi yang sebagian besar dilakukan oleh masyarakat. Manajemen PT Pertamina Tbk menyatakan, keterlambatan distribusi dipicu dua hal, yaitu kondisi jalan yang rusak dan macet sehingga membuat waktu kirim dua kali lebih lama serta tingginya konsumsi solar dan premium. Dari artikel tersebut, setujukah kalian bahwa yang pantas disalahkan sehingga terjadi keterlambatan distribusi adalah PT Pertamina Tbk? Jelaskan alasan kalian secara logis! Aspek Psikomotorik (BKS IPS Kelas X hal 25) Latihlah kemandirianmu dengan melakukan tugas berikut. Kunjungilah pasar di daerah sekitarmu. Cermatilah kegiatan distribusi yang terjadi. Bagaimana arus distribusi dari produsen ke konsumen? Catatlah penelitian kalian dalam bentuk makalah maksimal 10 halaman. Percaya dirilah untuk mempresentasikan di depan kelas. Bukalah sesi tanya jawab untuk meningkatkan pemahamanmu mengenai materi ini. VII. Pengawasan Proses Pembelajaran Pemantauan Supervisi Evaluasi Pelaporan Tindak Lanjut

*) Diisi oleh guru

Mengetahui, Kepala Sekolah

....,.................... 20.... Guru Mata Pelajaran

NIP.

NIP.

xx

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Karakter
Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator .... IPS X (Sepuluh)/2 (Dua) 4. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen termasuk permintaan, penawaran, keseimbangan harga, dan pasar. : 4.2 Membedakan prinsip ekonomi dan motif ekonomi. : 4.2.1 Mendeskripsikan motif ekonomi sesuai dengan fungsinya sebagai landasan kegiatan ekonomi. 4.2.2 Mendeskripsikan contoh tindakan manusia sesuai dengan prinsip ekonomi. 4.2.3 Mendeskripsikan contoh tindakan manusia sesuai dengan motif ekonimi. : 2 x 45 menit (1 x pertemuan) : : : :

Alokasi Waktu

I.

Tujuan Pembelajaran Pendidikan karakter harus bisa bertujuan untuk pendidikan semua masyarakat pendidikan, dalam hal ini yang dibidik adalah guru dalam skala sempit dan murid dalam skala luas. A. Tujuan untuk Guru Dalam setiap pertemuan guru diharapkan mampu: 1. Mentransfer ilmu yang terangkum dalam materi-materi pembelajaran secara lebih sabar dan mengerti karakter siswa. 2. Memberikan teladan yang baik kepada para siswa agar bersemangat dalam belajar. 3. Memberikan metode-metode pembelajaran yang tidak membosankan kepada para siswa, artinya ada inovasi-inovasi dari guru. 4. Memberikan reward kepada siswa-siswa yang berprestasi serta memberikan bimbingan kepada para siswa yang masih tertinggal dengan cara yang halus dan baik. 5. Memberikan pembahasan-pembahasan soal terutama soal-soal sulit kepada siswa.
Karakter yang dituju: Guru cerdas, teladan, peduli siswa.

B.

Tujuan untuk Siswa Setelah mempelajari materi pada pertemuan 8 diharapkan siswa mampu: 1. Mengidentikasi dan menerapkan secara cerdas motif ekonomi. 2. Mengidentikasi dan menerapkan prinsip ekonomi.
Karakter yang dituju: Siswa yang cerdas, terampil, analitis, dan kritis

II.

Materi Pembelajaran Pertemuan 8 A. Motif ekonomi (lihat Buku Materi IPS SMK Kelas X pegangan guru dan buku pendukung lainnya, BKS IPS Kelas X penerbit SMS (Suara Media Sejahtera). B. Prinsip ekonomi (lihat Buku Materi IPSi Kelas X pegangan guru dan buku pendukung lainnya, BKS IPS Kelas X penerbit SMS (Suara Media Sejahtera). Model dan Strategi Pembelajaran 1. Model Pembelajaran: CTL. 2. Strategi: studi pustaka, diskusi, ceramah, tanya jawab, penugasan, dan lain-lain.

III.

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

xxi

IV.

Langkah-Langkah Pembelajaran Pertemuan Kedelapan (Alokasi Waktu: 2 × 45 Menit)
No. Kegiatan Pembelajaran

1.

Kegiatan Pendahuluan a. Siswa berdoa berdasarkan keyakinannya masing-masing. Dampak: Berdoa adalah kegiatan komunikasi vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa setiap hari guru dan siswa akan lebih dekat dengan Sang Pencipta dan bisa mempunyai pola pikir bahwa segala sesuatu adalah karena pertolongan Tuhan. (5 menit) Karakter yang akan terbentuk: manusia yang percaya kepada Tuhan. b. Siswa diajak bertegur sapa dan ditanyakan kabar hari ini. (1 menit) Dampak: siswa akan merasa diperhatikan, sehingga mereka akan mendapat awalan yang nyaman untuk belajar. Karakter yang akan terbentuk: rasa hormat kepada guru. Kegiatan Inti a. Eksplorasi 1) Disediakan modul belajar dan para siswa membaca sebentar isi modul. (10 menit) 2) Siswa menutup modul, mengeluarkan buku tulisnya dan mengerjakan soal pretest (tes awalan) tentang isi modul. Metode pretest mencongak. (10 menit) Dampak: memberikan bayangan materi yang akan dipelajari oleh siswa. Siswa akan merasa tertantang seberapa besar daya serapnya dalam mempelajari materi dalam waktu singkat. 3) Siswa dijelaskan materi tentang motif ekonomi dan prinsip ekonomi. (14 menit) Karakter yang akan terbentuk: rasa serta sikap siap dalam segala kondisi. 4) Tanya jawab tentang materi. Siswa yang aktif dalam kegiatan tanya jawab ini diberi poin tersendiri dalam penilaian. (5 menit) b. Elaborasi 1) Disediakan soal-soal tentang motif ekonomi dan prinsip ekonomi. Siswa mengerjakannya dengan sungguh-sungguh. (Soal-soal lebih bersifat analisis) (10 menit) 2) Siswa mempresentasikan jawabannya di depan kelas. (10 menit) Karakter yang akan terbentuk: rasa keyakinan dalam hati dan percaya diri. 3) Saat salah satu siswa presentasi, siswa lain memberikan tanggapan. (10 menit) Karakter yang akan terbentuk: berani berpendapat. 4) Diskusi hasil presentasi. (10 menit) c. Konrmasi Menguji siswa satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa tanya jawab atau diberi soal-soal. (5 menit) Kegiatan Penutup Menyimpulkan isi materi, dan pengumuman agar siswa berlatih mengerjakan soal-soal latihan tengah semester pada BKS dan mempelajari materi berikutnya mengenai perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi untuk bahan pretest berikutnya serta salam penutup. (5 menit)

2.

3.

xxii

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

V.

VI.

Sumber Pembelajaran dan Alat Pembelajaran A. Sumber Pembelajaran 1. Buku IPS SMK Kelas X 2. BKS penerbit SMS (Suara Media Sejahtera) 3. Internet 4. Buku-buku referensi yang lain 5. Modul B. Alat Pembelajaran Peta konsep Penilaian A. Penugasan (Kerja Mandiri BKS IPS Kelas X hal. 28) Kerjakan di buku tugasmu secara mandiri. Berdasarkan beberapa contoh tindakan ekonomi berikut, beri tanda (ü) pada kolom yang sesuai dengan motifnya. a. Motif mencari keuntungan b. Motif mendapatkan kekuasaan ekonomi c. Motif memperoleh penghargaan d. Motif ingin berbuat sosial e. Motif mencukupi kebutuhan hidup dan meningkatkan kemakmuran.
No. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. Tindakan Ekonomi Seorang siswa belajar dengan rajin dan tekun. Petani menggunakan pupuk buatannya sendiri Pengusaha tas memperluas daerah pemasarannya. Perusahaan memberikan beasiswa kepada pelajar. Memberi bantuan kepada warga agar terpilih jadi lurah. Berlatih untuk lebih meningkatkan prestasi. Mengikuti lomba karya ilmiah. Menjadi anggota relawan. Menawar barang yang akan dibeli. Bekerja keras untuk meningkatkan pendapatan. Motif Ekonomi a b c d e

B.

Pengamatan Proses 1. Unjuk Kerja No. Nama Siswa Karakter yang diamati
Mandiri Percaya Diri Kreatif Rajin Tanggung Jawab

2.

Catatan: kolom karakter bisa ditambah sesuai dengan jenis karakter yang ada. Uji Kompetensi Aspek Kognitif (BKS IPS Kelas X hal 41) 1. Pilihan Ganda Contoh: 1. Motif yang mendorong seseorang dengan kesadarannya sendiri untuk melakukan tindakan ekonomi disebut .... a. motif mencukupi kebutuhan hidup b. motif intrinsik c. motif memperoleh penghargaan

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

xxiii

2.

d. motif ekstrinsik e. motif non ekonomi Pak Somad bertanggung jawab menghidupi keluarganya. Pak Somad menjual ayamnya di pasar untuk memperoleh uang belanja bagi kehidupan keluarganya. Alasan yang menggerakan Pak Somad menjual ayamnya disebut... a. kegiatan ekonomi d. hukum ekonomi b. motif ekonomi e. tindakan ekonomi c. prinsip ekonomi

2.

3.

Isian Contoh: 1. Menyusun skala prioritas kebutuhan dengan mendahulukan kebutuhan yang paling mendesak dan seterusnya sampai pada yang tidak mendesak merupakan salah satu prinsip ekonomi yang diterapkan oleh .... 2. Tindakan yang memperhitungkan apakah pengorbanan yang dikeluarkan akan memperoleh keuntungan disebut .... Uraian Contoh: 1. Savira melakukan tindakan ekonomi secara rasional. Berikan beberapa contoh tindakan ekonomi yang rasional! 2. Berikan contoh penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan sehari-hari di rumah!

Aspek Afektif (BKS IPS Kelas X hal 35) Perhatikan gambar tersebut! Berdasarkan gambar tersebut, dapat diketahui bahwa seorang pembeli menerapkan prinsip ekonomi. Terletak dimanakah prinsip ekonomi yang dilakukan oleh seorang pembeli tersebut? Berikan alasan logis untuk meningkatkan pemahaman kalian mengenai penerapan prinsip ekonomi. Aspek Psikomotorik (BKS IPS Kelas X hal 35) Penerapan prinsip ekonomi di pasar sangat terlihat jelas. Untuk meningkatkan produktivitas kalian, bentuklah kelompok yang terdiri dari 3 (tiga) orang dan kunjungilah pasar di sekitar tempat tinggal kalian. Amatilah kegiatan ekonomi yang berdasarkan pada prinsip ekonomi tersebut. Ambillah gambarnya untuk mendukung pengamatan kalian. Buatlah laporan dalam bentuk ketikan komputer minimal 5 halaman. Lampirkan foto-foto yang menunjukkan prinsip ekonomi tersebut untuk menunjang kelengkapan tugas kalian. VII. Pengawasan Proses Pembelajaran Pemantauan Supervisi Evaluasi Pelaporan Tindak Lanjut

*) Di isi oleh guru
Mengetahui, Kepala Sekolah ....,.................... 20.... Guru Mata Pelajaran

NIP.

NIP.

xxiv

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Karakter
Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator .... Ekonomi X (Sepuluh)/2 (Dua) 4. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen termasuk permintaan, penawaran, keseimbangan harga, dan pasar. : 4.3 Mendeskripsikam perilaku konsumen dan produsen beserta faktor-faktor yang memengaruhinya. : 4.3.1 Mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang sesuai dengan macamnya. 4.3.2 Mendeskripsikan faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen sesuai dengan pembagiannya. : 4 x 45 menit (2 x pertemuan) : : : :

Alokasi Waktu

I.

Tujuan Pembelajaran Pendidikan karakter harus bisa bertujuan untuk pendidikan semua masyarakat pendidikan, dalam hal ini yang dibidik adalah guru dalam skala sempit dan murid dalam skala luas. A. Tujuan untuk Guru Dalam setiap pertemuan guru diharapkan mampu: 1. Mentransfer ilmu yang terangkum dalam materi-materi pembelajaran secara lebih sabar dan mengerti karakter siswa. 2. Memberikan teladan yang baik kepada para siswa agar bersemangat dalam belajar. 3. Memberikan metode-metode pembelajaran yang tidak membosankan kepada para siswa, artinya ada inovasi-inovasi dari guru. 4. Memberikan reward kepada siswa-siswa yang berprestasi serta memberikan bimbingan kepada para siswa yang masih tertinggal dengan cara yang halus dan baik. 5. Memberikan pembahasan-pembahasan soal terutama soal-soal sulit kepada siswa.
Karakter yang dituju: Guru cerdas, teladan, peduli siswa.

B.

Tujuan untuk Siswa Setelah mempelajari materi pada pertemuan 9 s.d. 10 diharapkan siswa mampu: 1. Mengidentikasikan perilaku produsen dan konsumen beserta faktor-faktor yeng memengaruhinya. 2. Mengidentikasikan manfaat dan nilai suatu barang
Karakter yang dituju: Siswa yang cerdas, terampil, analitis, dan kritis

II.

Materi Pembelajaran Pertemuan 9 A. Perilaku produsen dan faktor-faktor yang memengaruhinya (lihat Buku Materi IPS SMK Kelas X pegangan guru dan buku pendukung lainnya, BKS IPS Kelas X penerbit SMS). Pertemuan 10 B. Perilaku konsumen dan faktor-faktor yang memengaruhinya (lihat Buku Materi IPS SMK Kelas X pegangan guru dan buku pendukung lainnya, BKS IPS SMK Kelas X penerbit SMS). Model dan Strategi Pembelajaran 1. Model Pembelajaran: CTL. 2. Strategi: studi pustaka, diskusi, ceramah, tanya jawab, penugasan, dan lain-lain.

III.

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

65

IV.

Langkah-Langkah Pembelajaran A. Pertemuan Kesembilan (Alokasi Waktu: 2 × 45 Menit)
No. Kegiatan Pembelajaran

1.

Kegiatan Pendahuluan a. Siswa berdoa berdasarkan keyakinannya masing-masing. Dampak: Berdoa adalah kegiatan komunikasi vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa setiap hari guru dan siswa akan lebih dekat dengan Sang Pencipta dan bisa mempunyai pola pikir bahwa segala sesuatu adalah karena pertolongan Tuhan. (5 menit) Karakter yang akan terbentuk: manusia yang percaya kepada Tuhan. b. Siswa diajak bertegur sapa dan ditanyakan kabar hari ini. (1 menit) Dampak: siswa akan merasa diperhatikan, sehingga mereka akan mendapat awalan yang nyaman untuk belajar. Karakter yang akan terbentuk: rasa hormat kepada guru. Kegiatan Inti a. Eksplorasi 1) Disediakan modul belajar dan para siswa membaca sebentar isi modul. (10 menit) 2) Siswa menutup modul, mengeluarkan buku tulisnya dan mengerjakan soal pretest (tes awalan) tentang isi modul. Metode pretest mencongak. (10 menit) Dampak: memberikan bayangan materi yang akan dipelajari oleh siswa. Siswa akan merasa tertantang seberapa besar daya serapnya dalam mempelajari materi dalam waktu singkat. 3) Siswa dijelaskan materi tentang perilaku produsen. (14 menit) Karakter yang akan terbentuk: rasa serta sikap siap dalam segala kondisi. 4) Tanya jawab tentang materi. Siswa yang aktif dalam kegiatan tanya jawab ini diberi poin tersendiri dalam penilaian. (5 menit) b. Elaborasi 1) Disediakan soal-soal tentang perilaku produsen. Siswa mengerjakannya dengan sungguh-sungguh. (Soal-soal lebih bersifat analisis) (10 menit) 2) Siswa mempresentasikan jawabannya di depan kelas. (10 menit) Karakter yang akan terbentuk: rasa keyakinan dalam hati dan percaya diri. 3) Saat salah satu siswa presentasi, siswa lain memberikan tanggapan. (10 menit) Karakter yang akan terbentuk: berani berpendapat. 4) Diskusi hasil presentasi. (10 menit) c. Konrmasi Menguji siswa satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa tanya jawab atau diberi soal-soal. (5 menit) Kegiatan Penutup Menyimpulkan isi materi, dan pengumuman agar siswa mempelajari materi berikutnya tentang perilaku konsumen untuk persiapan pretest serta salam penutup. (5 menit)

2.

3.

66

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

B.

Pertemuan Kesepuluh (Alokasi Waktu: 2 × 45 Menit)
No. Kegiatan Pembelajaran

1.

2.

Kegiatan Pendahuluan a. Siswa berdoa berdasarkan keyakinannya masing-masing. (5 menit) Dampak: Berdoa adalah kegiatan komunikasi vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa setiap hari guru dan siswa akan lebih dekat dengan Sang Pencipta dan bisa mempunyai pola pikir bahwa segala sesuatu adalah karena pertolongan Tuhan. Karakter yang akan terbentuk: manusia yang percaya kepada Tuhan. b. Siswa diajak bertegur sapa dan ditanyakan kabar hari ini. (1 menit) Dampak: siswa akan merasa diperhatikan, sehingga mereka akan mendapat awalan yang nyaman untuk belajar. Karakter yang akan terbentuk: rasa hormat kepada guru. Kegiatan Inti a. Eksplorasi 1) Mengerjakan soal pretest untuk materi yang akan diajarkan. (10 menit) Dampak: memberikan bayangan materi yang akan dipelajari oleh siswa. Hal ini juga akan memudahkan penerimaan materi yang akan diajarkan. 2) Membahas materi lanjutan tentang perilaku konsumen. (10 menit) 3) Tanya jawab tentang isi materi. Siswa yang aktif dalam kegiatan tanya jawab ini diberi poin tersendiri dalam penilaian. (10 menit) b. Elaborasi Siswa menutup bukunya dan maju satu per satu untuk melaksanakan tes lisan. (Urutan maju berdasarkan kebijakan guru). (44 menit) Karakter yang akan terbentuk: siswa memiliki rasa keyakinan dan percaya diri. c. Konrmasi Menguji siswa satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa tanya jawab atau diberi soal-soal. (5 menit)

3.

Kegiatan Penutup Menyimpulkan isi materi, dan pengumuman agar siswa berlatih mengerjakan soal-soal pada BKS dan mempelajari materi berikutnya mengenai permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar untuk bahan pretest berikutnya serta salam penutup. (5 menit)

V.

Sumber Pembelajaran dan Alat Pembelajaran A. Sumber Pembelajaran 1. Buku IPS SMK Kelas X 2. BKS penerbit SMS (Suara Media Sejahtera) 3. Internet 4. Buku-buku referensi yang lain 5. Modul B. Alat Pembelajaran Peta konsep Penilaian A. Penugasan (Kerja Mandiri BKS hal. 44) Berikan contoh perilaku produsen yang merugikan kepentingan masyarakat! Berpikir kritislah untuk mengerjakan tugas tersebut. Dukunglah pendapatmu itu dengan kliping surat kabar, majalah, atau internet!

VI.

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

67

B.

Pengamatan Proses 1. Unjuk Kerja No. Nama Siswa Karakter yang diamati
Mandiri Percaya Diri Kreatif Rajin Tanggung Jawab

2.

Catatan: kolom karakter bisa ditambah sesuai dengan jenis karakter yang ada. Uji Kompetensi Aspek Kognitif (BKS IPS Kelas X hal 48) 1. Pilihan Ganda Contoh: 1. Seorang konsumen bekerja keras memenuhi bermacam-macam kebutuhan sampai keseimbangan yang sama. Tindakan konsumen tersebut sesuai .... a. teori Malthus b. Hukum Gossen I c. Hukum Gossen II d. hukum hasil lebih yang makin berkurang e. hukum keseimbangan pasar 2. Sepasang seragam sekolah dinilai oleh seorang pelajar sangat tinggi. Tetapi oleh tukang kayu dinilai lebih rendah. Penilaian itu didasarkan pada .... a. nilai marginal b. nilai tukar objektif c. nilai tukar subjektif d. nilai pakai objektif e. nilai pakai subjektif 2. Isian Contoh: 1. Penambahan hasil produksi dapat dilakukan dengan menambah faktor produksi yang digunakan. Peningkatan hasil produksi dengan cara tersebut dinamakan .... 2. Kurva yang menunjukkan berbagai kombinasi faktor produksi yang menghasilkan tingkat produksi yang sama dinamakan kurva .... 3. Uraian Contoh: 1. Uraikan perbedaan antara the law of diminishing marginal returns dan the law of diminishing returns! 2. Perhatikan tabel penambahan tenaga kerja dan penambahan hasil produksi berikut.
Tenaga Kerja Hasil Produksi Tam ba ha n Hasil

5 5 1 15 20 2 30 50 3 25 75 4 80 5 15 Berilah penjelasan mengenai berlakunya hukum tambahan hasil yang semakin berkurang seperti yang dikemukakan oleh David Ricardo!

68

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

Aspek Afektif (BKS IPS Kelas X hal 50) Kalian mempunyai keinginan untuk menabung guna mencukupi kebutuhan mendatang yaitu biaya untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Namun, saat ini banyak iklan-iklan yang menawarkan barang-barang yang cukup menggiurkan, baik dari segi harga maupun juga kuantitas. Sikap apa yang akan kalian lakukan agar tujuan melanjutkan ke perguruan tinggi tersebut tercapai di tengah-tengah godaan yang menggiurkan tersebut? Berpikir kritislah untuk menjawab pertanyaan tersebut. Aspek Psikomotorik (BKS IPS Kelas X hal 51) Perilaku produsen ada yang menguntungkan masyarakat tetapi juga ada yang merugikan masyarakat. Berikanlah contoh perilaku produsen yang merugikan kepentingan masyarakat. Jawaban dapat kalian temukan dengan mengamati lingkungan sekitar atau dengan mencari di internet atau surat kabar. Untuk melatih produktivitas kalian, buatlah kliping contoh-contoh perilaku produsen yang merugikan masyarakat tersebut. VII. Pengawasan Proses Pembelajaran Pemantauan Supervisi Evaluasi Pelaporan Tindak Lanjut

*) Diisi oleh guru

Mengetahui, Kepala Sekolah

....,.................... 20.... Guru Mata Pelajaran

NIP.

NIP.

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

69

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Karakter
Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar .... Ekonomi X (Sepuluh)/2 (Dua) 4. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen termasuk permintaan, penawaran, keseimbangan harga, dan pasar. : 4.4 Mengidentikasikan faktor-faktor yang memengaruhi permintaan dan penawaran. 4.5 Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya. 4.6 Mendeskripsikan pengertian harga keseimbangan dan elastisitas. 4.7 Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang dan jasa. : 4.4.1 Mendeskripsikan pengertian, faktor-faktor yang memengaruhi permintaan dan penawaran, serta menggambarkan kurva permintaan dan penawaran. 4.5.1 Menerapkan hukum permintaan dan penawaran dalam kehidupan sehari-hari. 4.5.2 Mendeskripsikan hukum serta fungsi permintaan dan penawaran. 4.6.1 Mendeskripsikan proses terbentuknya harga keseimbangan dan pergeseran titik keseimbangan. 4.6.2 Mendeskripsikan elastisitas permintaan dan penawaran. 4.7.1 Mendeskripsikan pasar dan bentuk-bentuk pasar barang dan jasa. : 12 x 45 menit (6 x pertemuan) : : : :

Indikator

Alokasi Waktu

I.

Tujuan Pembelajaran Pendidikan karakter harus bisa bertujuan untuk pendidikan semua masyarakat pendidikan, dalam hal ini yang dibidik adalah guru dalam skala sempit dan murid dalam skala luas. A. Tujuan untuk Guru Dalam setiap pertemuan guru diharapkan mampu: 1. Mentransfer ilmu yang terangkum dalam materi-materi pembelajaran secara lebih sabar dan mengerti karakter siswa. 2. Memberikan teladan yang baik kepada para siswa agar bersemangat dalam belajar. 3. Memberikan metode-metode pembelajaran yang tidak membosankan kepada para siswa, artinya ada inovasi-inovasi dari guru. 4. Memberikan reward kepada siswa-siswa yang berprestasi serta memberikan bimbingan kepada para siswa yang masih tertinggal dengan cara yang halus dan baik. 5. Memberikan pembahasan-pembahasan soal terutama soal-soal sulit kepada siswa.
Karakter yang dituju: Guru cerdas, teladan, peduli siswa.

B.

Tujuan untuk Siswa Setelah mempelajari materi pada pertemuan 11 s.d. 16 diharapkan siswa mampu: 1. Mengidentikasikan secara cerdas pengertian, faktor-faktor yang memengaruhi permintaan dan penawaran, serta menggambarkan kurva permintaan dan penawaran. 2. Menerapkan hukum permintaan dan penawaran dalam kehidupan sehari-hari. 3. Mendeskripsikan hukum serta fungsi permintaan dan penawaran. 4. Mendeskripsikan proses terbentuknya harga keseimbangan dan pergeseran titik keseimbangan. 5. Mendeskripsikan elastisitas permintaan dan penawaran. 6. Mendeskripsikan pasar dan bentuk-bentuk pasar barang dan jasa.
Karakter yang dituju: Siswa yang cerdas, terampil, analitis, dan kritis

II.

Materi Pembelajaran Pertemuan 11 A. Permintaan dan penawaran (lihat Buku Materi IPS SMK Kelas X pegangan guru dan buku pendukung lainnya, BKS IPS Kelas X penerbit SMS).

70

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

Pertemuan 12 A. Permintaan dan penawaran (lihat Buku Materi IPS SMK Kelas X pegangan guru dan buku pendukung lainnya, BKS IPS SMK Kelas X penerbit SMS). Pertemuan 13 B. Elastisitas permintaan dan penawaran (lihat Buku Materi IPS SMK Kelas X pegangan guru dan buku pendukung lainnya, BKS IPS SMK Kelas X penerbit SMS). Pertemuan 14 B. Elastisitas permintaan dan penawaran (lihat Buku Materi IPS SMK Kelas X pegangan guru dan buku pendukung lainnya, BKS IPS SMK Kelas X penerbit SMS). Pertemuan 15 C. Harga keseimbangan (lihat Buku Materi IPS SMK Kelas X pegangan guru dan buku pendukung lainnya, BKS IPS SMK Kelas X penerbit SMS). Pertemuan 16 D. Pasar output dan pasar input (lihat Buku Materi IPS SMK Kelas X pegangan guru dan buku pendukung lainnya, BKS IPS SMK Kelas X penerbit SMS). III. Model dan Strategi Pembelajaran 1. Model Pembelajaran: CTL. 2. Strategi: studi pustaka, diskusi, ceramah, tanya jawab, penugasan, dan lain-lain. Langkah-Langkah Pembelajaran A. Pertemuan Kesebelas (Alokasi Waktu: 2 × 45 Menit)
No. Kegiatan Pembelajaran

IV.

1.

Kegiatan Pendahuluan a. Siswa berdoa berdasarkan keyakinannya masing-masing. Dampak: Berdoa adalah kegiatan komunikasi vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa setiap hari guru dan siswa akan lebih dekat dengan Sang Pencipta dan bisa mempunyai pola pikir bahwa segala sesuatu adalah karena pertolongan Tuhan. (5 menit) Karakter yang akan terbentuk: manusia yang percaya kepada Tuhan. b. Siswa diajak bertegur sapa dan ditanyakan kabar hari ini. (1 menit) Dampak: siswa akan merasa diperhatikan, sehingga mereka akan mendapat awalan yang nyaman untuk belajar. Karakter yang akan terbentuk: rasa hormat kepada guru.

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

71

2.

Kegiatan Inti a. Eksplorasi 1) Disediakan modul belajar dan para siswa membaca sebentar isi modul. (10 menit) 2) Siswa menutup modul, mengeluarkan buku tulisnya dan mengerjakan soal pretest (tes awalan) tentang isi modul. Metode pretest mencongak. (10 menit) Dampak: memberikan bayangan materi yang akan dipelajari oleh siswa. Siswa akan merasa tertantang seberapa besar daya serapnya dalam mempelajari materi dalam waktu singkat. 3) Siswa dijelaskan materi tentang permintaan barang dan jasa. (14 menit) Karakter yang akan terbentuk: rasa serta sikap siap dalam segala kondisi. 4) Tanya jawab tentang materi. Siswa yang aktif dalam kegiatan tanya jawab ini diberi poin tersendiri dalam penilaian. (5 menit) b. Elaborasi 1) Disediakan soal-soal tentang permintaan barang dan jasa. Siswa mengerjakannya dengan sungguh-sungguh. (Soal-soal lebih bersifat analisis) (10 menit) 2) Siswa mempresentasikan jawabannya di depan kelas. (10 menit) Karakter yang akan terbentuk: rasa keyakinan dalam hati dan percaya diri. 3) Saat salah satu siswa presentasi, siswa lain memberikan tanggapan. (10 menit) Karakter yang akan terbentuk: berani berpendapat. 4) Diskusi hasil presentasi. (10 menit) c. Konrmasi Menguji siswa satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa tanya jawab atau diberi soal-soal. (5 menit)

B.

Kegiatan Penutup Menyimpulkan isi materi, dan pengumuman agar siswa mempelajari materi berikutnya tentang penawaran barang dan jasa untuk persiapan pretest serta salam penutup. (5 menit) Pertemuan Keduabelas (Alokasi Waktu: 2 × 45 Menit)
No. Kegiatan Pembelajaran

3.

1.

Kegiatan Pendahuluan a. Siswa berdoa berdasarkan keyakinannya masing-masing. (5 menit) Dampak: Berdoa adalah kegiatan komunikasi vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa setiap hari guru dan siswa akan lebih dekat dengan Sang Pencipta dan bisa mempunyai pola pikir bahwa segala sesuatu adalah karena pertolongan Tuhan. Karakter yang akan terbentuk: manusia yang percaya kepada Tuhan. b. Siswa diajak bertegur sapa dan ditanyakan kabar hari ini. (1 menit) Dampak: siswa akan merasa diperhatikan, sehingga mereka akan mendapat awalan yang nyaman untuk belajar. Karakter yang akan terbentuk: rasa hormat kepada guru. Kegiatan Inti a. Eksplorasi 1) Mengerjakan soal pretest untuk materi yang akan diajarkan. (10 menit) Dampak: memberikan bayangan materi yang akan dipelajari oleh siswa. Hal ini juga akan memudahkan penerimaan materi yang akan diajarkan. 2) Membahas materi lanjutan tentang perilaku konsumen. (10 menit) 3) Tanya jawab tentang isi materi. Siswa yang aktif dalam kegiatan tanya jawab ini diberi poin tersendiri dalam penilaian. (10 menit) b. Elaborasi Siswa menutup bukunya dan maju satu per satu untuk melaksanakan tes lisan. (Urutan maju berdasarkan kebijakan guru). (44 menit) Karakter yang akan terbentuk: siswa memiliki rasa keyakinan dan percaya diri. PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

2.

72

c.

Konrmasi Menguji siswa satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa tanya jawab atau diberi soal-soal. (5 menit)

C.

Kegiatan Penutup Menyimpulkan isi materi, dan pengumuman agar siswa mempelajari materi berikutnya tentang elastisitas permintaan dan penawaran untuk persiapan pretest serta salam penutup. (5 menit) Pertemuan Ketigabelas (Alokasi Waktu: 2 × 45 Menit)
No. Kegiatan Pembelajaran

3.

1.

2.

Kegiatan Pendahuluan a. Siswa berdoa berdasarkan keyakinannya masing-masing. (5 menit) Dampak: Berdoa adalah kegiatan komunikasi vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa setiap hari guru dan siswa akan lebih dekat dengan Sang Pencipta dan bisa mempunyai pola pikir bahwa segala sesuatu adalah karena pertolongan Tuhan. Karakter yang akan terbentuk: manusia yang percaya kepada Tuhan. b. Siswa diajak bertegur sapa dan ditanyakan kabar hari ini. (1 menit) Dampak: siswa akan merasa diperhatikan, sehingga mereka akan mendapat awalan yang nyaman untuk belajar. Karakter yang akan terbentuk: rasa hormat kepada guru. Kegiatan Inti a. Eksplorasi 1) Mengerjakan soal pretest untuk materi yang akan diajarkan. (10 menit) Dampak: memberikan bayangan materi yang akan dipelajari oleh siswa. Hal ini juga akan memudahkan penerimaan materi yang akan diajarkan. 2) Membahas materi lanjutan tentang elastisitas permintaan barang dan jasa. (10 menit) 3) Tanya jawab tentang isi materi. Siswa yang aktif dalam kegiatan tanya jawab ini diberi poin tersendiri dalam penilaian. (10 menit) b. Elaborasi Siswa menutup bukunya dan maju satu per satu untuk melaksanakan tes lisan. (Urutan maju berdasarkan kebijakan guru). (44 menit) Karakter yang akan terbentuk: siswa memiliki rasa keyakinan dan percaya diri. c. Konrmasi Menguji siswa satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa tanya jawab atau diberi soal-soal. (5 menit) Kegiatan Penutup Menyimpulkan isi materi, dan pengumuman agar siswa mempelajari materi berikutnya tentang elastisitas penawaran barang dan jasa untuk persiapan pretest serta salam penutup. (5 menit)

3.

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

73

D.

Pertemuan Keempatbelas (Alokasi Waktu: 2 × 45 Menit)
No. Kegiatan Pembelajaran

1.

2.

Kegiatan Pendahuluan a. Siswa berdoa berdasarkan keyakinannya masing-masing. (5 menit) Dampak: Berdoa adalah kegiatan komunikasi vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa setiap hari guru dan siswa akan lebih dekat dengan Sang Pencipta dan bisa mempunyai pola pikir bahwa segala sesuatu adalah karena pertolongan Tuhan. Karakter yang akan terbentuk: manusia yang percaya kepada Tuhan. b. Siswa diajak bertegur sapa dan ditanyakan kabar hari ini. (1 menit) Dampak: siswa akan merasa diperhatikan, sehingga mereka akan mendapat awalan yang nyaman untuk belajar. Karakter yang akan terbentuk: rasa hormat kepada guru. Kegiatan Inti a. Eksplorasi 1) Mengerjakan soal pretest untuk materi yang akan diajarkan. (10 menit) Dampak: memberikan bayangan materi yang akan dipelajari oleh siswa. Hal ini juga akan memudahkan penerimaan materi yang akan diajarkan. 2) Membahas materi lanjutan tentang elastisitas penawaran barang dan jasa. (10 menit) 3) Tanya jawab tentang isi materi. Siswa yang aktif dalam kegiatan tanya jawab ini diberi poin tersendiri dalam penilaian. (10 menit) b. Elaborasi Siswa menutup bukunya dan maju satu per satu untuk melaksanakan tes lisan. (Urutan maju berdasarkan kebijakan guru). (44 menit) Karakter yang akan terbentuk: siswa memiliki rasa keyakinan dan percaya diri. c. Konrmasi Menguji siswa satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa tanya jawab atau diberi soal-soal. (5 menit)

B.

Kegiatan Penutup Menyimpulkan isi materi, dan pengumuman agar siswa mempelajari materi berikutnya tentang harga keseimbangan untuk persiapan pretest serta salam penutup. (5 menit) Pertemuan Kelimabelas (Alokasi Waktu: 2 × 45 Menit)
No. Kegiatan Pembelajaran

3.

1.

Kegiatan Pendahuluan a. Siswa berdoa berdasarkan keyakinannya masing-masing. (5 menit) Dampak: Berdoa adalah kegiatan komunikasi vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa setiap hari guru dan siswa akan lebih dekat dengan Sang Pencipta dan bisa mempunyai pola pikir bahwa segala sesuatu adalah karena pertolongan Tuhan. Karakter yang akan terbentuk: manusia yang percaya kepada Tuhan. b. Siswa diajak bertegur sapa dan ditanyakan kabar hari ini. (1 menit) Dampak: siswa akan merasa diperhatikan, sehingga mereka akan mendapat awalan yang nyaman untuk belajar. Karakter yang akan terbentuk: rasa hormat kepada guru.

74

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

2.

Kegiatan Inti a. Eksplorasi 1) Mengerjakan soal pretest untuk materi yang akan diajarkan. (10 menit) Dampak: memberikan bayangan materi yang akan dipelajari oleh siswa. Hal ini juga akan memudahkan penerimaan materi yang akan diajarkan. 2) Membahas materi lanjutan tentang harga keseimbangan. (10 menit) 3) Tanya jawab tentang isi materi. Siswa yang aktif dalam kegiatan tanya jawab ini diberi poin tersendiri dalam penilaian. (10 menit) b. Elaborasi Siswa menutup bukunya dan maju satu per satu untuk melaksanakan tes lisan. (Urutan maju berdasarkan kebijakan guru). (44 menit) Karakter yang akan terbentuk: siswa memiliki rasa keyakinan dan percaya diri. c. Konrmasi Menguji siswa satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa tanya jawab atau diberi soal-soal. (5 menit)

B.

Kegiatan Penutup Menyimpulkan isi materi, dan pengumuman agar siswa mempelajari materi berikutnya tentang pasar output dan pasar input untuk persiapan pretest serta salam penutup. (5 menit) Pertemuan Keenambelas (Alokasi Waktu: 2 × 45 Menit)
No. Kegiatan Pembelajaran

3.

1.

2.

Kegiatan Pendahuluan a. Siswa berdoa berdasarkan keyakinannya masing-masing. (5 menit) Dampak: Berdoa adalah kegiatan komunikasi vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa setiap hari guru dan siswa akan lebih dekat dengan Sang Pencipta dan bisa mempunyai pola pikir bahwa segala sesuatu adalah karena pertolongan Tuhan. Karakter yang akan terbentuk: manusia yang percaya kepada Tuhan. b. Siswa diajak bertegur sapa dan ditanyakan kabar hari ini. (1 menit) Dampak: siswa akan merasa diperhatikan, sehingga mereka akan mendapat awalan yang nyaman untuk belajar. Karakter yang akan terbentuk: rasa hormat kepada guru. Kegiatan Inti a. Eksplorasi 1) Mengerjakan soal pretest untuk materi yang akan diajarkan. (10 menit) Dampak: memberikan bayangan materi yang akan dipelajari oleh siswa. Hal ini juga akan memudahkan penerimaan materi yang akan diajarkan. 2) Membahas materi lanjutan tentang pasar output dan pasar input. (10 menit) 3) Tanya jawab tentang isi materi. Siswa yang aktif dalam kegiatan tanya jawab ini diberi poin tersendiri dalam penilaian. (10 menit) b. Elaborasi Siswa menutup bukunya dan maju satu per satu untuk melaksanakan tes lisan. (Urutan maju berdasarkan kebijakan guru). (44 menit) Karakter yang akan terbentuk: siswa memiliki rasa keyakinan dan percaya diri. c. Konrmasi Menguji siswa satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa tanya jawab atau diberi soal-soal. (5 menit) Kegiatan Penutup Menyimpulkan isi materi, dan pengumuman agar siswa berlatih mengerjakan soal-soal latihan semester pada BKS dan mempelajari materi berikutnya mengenai permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar untuk bahan pretest berikutnya serta salam penutup. (5 menit)

3.

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

75

V.

Sumber Pembelajaran dan Alat Pembelajaran A. Sumber Pembelajaran 1. Buku IPS SMK Kelas X 2. BKS penerbit SMS (Suara Media Sejahtera) 3. Internet 4. Buku-buku referensi yang lain 5. Modul B. Alat Pembelajaran Peta konsep Penilaian A. Penugasan (Kerja Mandiri BKS hal. 55) Untuk melatih produktivitas kalian, kerjakan tugas berikut secara teliti. Jumlah penawaran gula pasir dengan berbagai tingkat harga tampak sebagai berikut.
No. 1. 2. 3. 4. 5. Harga Barang (rupiah) 2.000 2.250 2.500 2.750 3.000 Jumlah Barang yang Ditawarkan (unit) 100 150 200 250 300

VI.

B.

Buatlah kurva penawaran berdasarkan data di atas! Pengamatan Proses 1. Unjuk Kerja No. Nama Siswa Karakter yang diamati
Mandiri Percaya Diri Kreatif Rajin Tanggung Jawab

2.

Catatan: kolom karakter bisa ditambah sesuai dengan jenis karakter yang ada. Uji Kompetensi Aspek Kognitif (BKS IPS Kelas X hal 60) 1. Pilihan Ganda Contoh: 1. Di bawah ini merupakan rumus permintaan dan penawaran yang benar adalah .... a. fungsi permintaan Qd = a - bP b. fungsi permintaan Qd = - a + bP c. fungsi penawaran Qs = a + bP d. fungsi permintaan Qd = a + bP e. fungsi permintaan Qd = a - bP 2. Diketahui fungsi penawaran Qs = -4 + 5P. Ber dasarkan fungsi tersebut, jumlah barang yang ditawarkan pada saat harga P= 10 yaitu .... a. 50 unit d. 45 unit b. 54 unit e. 46 unit c. 40 unit 2. Isian Contoh: 1. Berdasarkan strukturnya, pasar dapat dibedakan menjadi 4 (empat) yaitu .... 2. Adanya pasar monopolistik dapat memacu kreativitas produsen karena harga sangat dipengaruhi oleh .... PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

76

3.

Uraian Contoh: 1. Perhatikan data tentang besarnya permintaan dan penawaran barang berikut ini!
Harga (P) Rp1.500,00 Rp1.000,00 Rp 800,00 Rp 750,00 Rp 500,00 Rp 250,00 Permintaan (Qd) 100 300 450 950 1200 1500 Penawaran (Qs) 1000 750 450 300 200 100

2.

Diminta: Gambarkan grafk keseimbangan pasar! Jelaskan interaksi permintaan dan penawaran tenaga kerja pada pasar pada pasar monopoli!

Aspek Afektif (BKS IPS Kelas X hal 61) Di Indonesia jasa pendidikan dari mulai SD sampai dengan Perguruan Tinggi dikelola oleh negara dan swasta. Khusus tingkat Sekolah Dasar jumlah pengelolanya mencapai ribuan. Nah, menurut kalian pasar jasa pendidikan SD tersebut tergolong dalam struktur pasar yang mana? Pasar persaingan sempurna ataukah pasar persaingan tidak sempurna? Jika menurut kalian tergolong pasar persaingan tidak sempurna, termasuk bentuk yang mana; monopoli, oligopoli, atau pasar persaingan monopolistik? Jelaskan pendapat kalian! Aspek Psikomotorik (BKS IPS Kelas X hal 62) Carilah pasar input yang ada di sekitarmu dengan mengunjungi pasar tersebut bersama kelompok kalian. Bekerjasamalah dalam mengerjakan tugas ini. Kalian dapat membagi tugas dengan anggota kelompok kalian untuk mempermudah mendapatkan jawaban dari pertanyaan berikut. a. Jenis input apakah yang diperjualbelikan dalam transaksi di pasar input tersebut? b. Bagaimana dengan harga yang tercapai dalam transaksi tersebut? VII. Pengawasan Proses Pembelajaran Pemantauan Supervisi Evaluasi Pelaporan Tindak Lanjut

*) Diisi oleh guru

Mengetahui, Kepala Sekolah

....,.................... 20.... Guru Mata Pelajaran

NIP.

NIP.

PG SMK Ilmu Pengetahuan Sosial X/2/SMS

77

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->