P. 1
Modul 6 Membaca dan Menulis di Kelas Tinggi

Modul 6 Membaca dan Menulis di Kelas Tinggi

|Views: 1,319|Likes:
Published by didjital
Materi UKA (Ujian Kompetensi Awal) Bahasa Indonesia Modul 6 Membaca dan Menulis di Kelas Tinggi
Materi UKA (Ujian Kompetensi Awal) Bahasa Indonesia Modul 6 Membaca dan Menulis di Kelas Tinggi

More info:

Published by: didjital on Feb 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

11/18/2014

$0.99

USD

pdf

text

original

i http://rpp-online.blogspot.

com/

KATA PENGANTAR

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, menyatakan bahwa jabatan guru sebagai pendidik merupakan jabatan profesional. Dengan demikian profesionalisme guru dituntut terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kebutuhan masyarakat. Peraturan Pemerintah No.19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Bab VI pasal 28 ayat 1, menyatakan bahwa pendidik harus memenuhi kualifikasi akademik dan memiliki kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Sebagai agen pembelajaran, guru dituntut untuk memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Keempat kompetensi tersebut harus dikembangkan secara utuh, sehingga terintegrasi dalam kinerja guru. Untuk meningkatkan kualitas guru, mulai tahun 2012 Badan PSDMPK dan PMP memberlakukan kebijakan baru yaitu (1) semua guru yang akan mengikuti Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG) diwajibkan mengikuti Uji Kompetensi Awal (UKA), (2) Hasil UKA sebagai gambaran kondisi kompetensi guru digunakan sebagai dasar pelaksanaan PLPG. Guru yang dinyatakan belum memenuhi standar minimal UKA diwajibkan untuk mengikuti pendidikan dan latihan yang di selengarakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) atau Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP). Dalam rangka penyelenggaran diklat guru SD Pasca-UKA agar memenuhi kompetensi yang diharapkan maka dipandang perlu adanya bahan ajar atau modul. Bahan ajar atau modul yang dipersiapkan didasarkan atas hasil analisi kebutuhan para peserta uji kompetensi awal yang belum memenuhi standar minimal UKA. Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu menyiapkan bahan ajar ini. Jakarta, Juni 2012 Kepala Badan PSDMPK dan PMP

Syawal Gultom NIP 19620203 198703 1 002

DAFTAR ISI i http://rpp-online.blogspot.com/

....................................................................... DAFTAR ISI............................................. Tujuan Belajar................... 2) Metode PQRST (Thomas F... G...................... 3) Metode OK5R (Walter Pauk) ..................... Menyusun Perangkat Penilaian Membaca dan Menulis ............... 4.................... Uraian Materi.......... E.. Langkah 2 ................................................................. Merancang Kegiatan Pembelajaran Membaca dan Menulis ...................... Evaluasi Belajar..................................................... Staton) ........................................................... Rangkuman.......... Pengantar................... F.......................... Menentukan Metode Pembelajaran Membaca .. 1) Metode SQ3R (Francis P...................... 3.................................................................................. 2................................ H............................ Langkah 1............................................ DAFTAR PUSTAKA........................................................................................................... A.. Langkah 3 ............................... Robinon) ................................... Memilih Materi Ajar Aspek Membaca dan Menulis Permulaan............................ Panduan (Alur)....................................................................................Halaman KATA PENGANTAR.............................................................................................................blogspot.....................................................................................com/ ..... Media /Sumber Belajar....... B....................... 4) Metode STUDY (William Resnick & David Heller) .................. C...................................... D................................................................................................................ i ii 1 1 2 2 2 3 7 9 12 12 12 12 12 13 16 18 19 19 23 iii ii http://rpp-online.......................................... 1.................. Glosarium..............................................

Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti pendidikan dan pelatihan pasca-uji kompetensi awal: 1. Peserta mampu memilih materi ajar aspek membaca di kelas tinggi dengan tepat. disajikan pula contoh rancangan kegiatan pembelajaran menulis di sekolah dasar kelas tinggi.blogspot. Untuk mencapai tujuan pembelajaran diklat. Peserta mampu menyusun perangkat penilaian menulis dengan benar. B. Peserta mampu memilih materi ajar aspek menulis di kelas tinggi dengan tepat. latihan. Pada akhir kegiatan belajar ini juga dibahas penyusunan perangkat penilaian. Peserta mampu merancang kegiatan pembelajaran membaca di kelas tinggi yang meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. dan glosarium. Pengantar Kegiatan belajar 2 membahas pemilihan materi ajar membaca dan menulis bahasa Indonesia kelas tinggi. 2. modul ini juga memberikan rangkuman.MODUL 6 PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS DI KELAS TINGGI A. 6. 1 http://rpp-online.com/ . Kegiatan belajar ini juga menyajikan prosedur perancangan kegiatan pembelajaran membaca dan menulis. Peserta mampu merancang kegiatan pembelajaran menulis di kelas tinggi yang meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. 4. 5. 3. Selain itu. Peserta mampu menyusun perangkat penilaian membaca dengan benar.

C. penguatan. refleksi. dan tindak lanjut 2 http://rpp-online. Panduan (Alur) Kegiatan 1 Pengantar Penjelasan topik yang akan dipelajari Kegiatan 2 Curah Pendapat Mengidentifikasi permasalahan tentang materi membaca dan menulis di kelas tinggi Kegiatan 4 Tugas Kelompok Mengkaji bahan bacaan membaca dan menulis di kelas tinggi serta pengajarannya Kegiatan 3 Penjelasan Menjelaskan materi membaca dan menulis di kelas tinggi serta pengajarannya Kegiatan 5 Presentasi Melaporkan hasil diskusi dan menanggapinya Kegiatan 6 Penutup Tanya jawab.com/ .blogspot.

Langkah ketiga adalah mengembangkan materi pokok dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar. Memilih Materi Ajar Aspek Membaca dan Menulis Ada tiga langkah pokok yang perlu dilakukan guru dalam memilih materi ajar. Uraian Materi 1.blogspot. 3 http://rpp-online. Langkah 1: menetapkan standar kompetensi dan kompetensi dasar Standar kompetensi dan kompetensi dasar baik aspek membaca dan menulis dapat ditemukan di dalam standar isi KTSP. Langkah pertama adalah menetapkan standar kompetensi dan kompetensi dasar sesuai dengan standar isi.D. dan V semester 1 dan 2. Langkah kedua adalah menentukan materi pokok setiap standar kompetensi dan kompetensi dasar. V.com/ . Berdasarkan standar isi. berikut ini disajikan daftar standar kompetensi dan kompetensi dasar aspek membaca Kelas IV.

2 Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak.2 Menemukan informasi secara cepat dari berbagai teks khusus (buku petunjuk telepon. dll.Kelas IV smt 1 Standar Kompetensi 1.1 Menemukan makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif 7. dan membaca puisi 2 2.2 Mengidentifikasi berbagai unsur . makna kata dalam kamus/ensiklopedi Kompetensi Dasar 3.blogspot. dll.) yang dilakukan melalui membaca memindai 7.com/ dengan membaca intensif dan 2 4 7.3 Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus/ensiklopedi melalui membaca memindai 7. koran.2 Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata per menit 3.) 2.3 Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat 7. Memahami teks melalui membaca intensif. Memahami teks dengan membaca teks percakapan. petunjuk pemakaian. daftar menu.1 Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif 7. dan membaca cerita anak VI 1 1. membaca memindai. jadwal perjalanan.1 Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat 3.2 Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca 3.1 Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan 3.3 Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat 2 2.1 Membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas 7. membaca cepat 75 kata/menit. membaca nyaring. Memahami teks http://rpp-online. Memahami teks agak panjang (150200 kata).1 Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas 3. dan membaca pantun V 1 1.2 Membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat 7. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas 3. daftar susunan acara. Memahami teks dengan membaca sekilas.3 Membaca pantun anak secara berbalasan dengan lafal dan intonasi yang tepat 3.

5 http://rpp-online.blogspot.com/ .Berikut ini disajikan daftar standar kompetensi dan kompetensi dasar aspek menulis Kelas IV. V. dan VI semester I dan 2.

dll.) 8. dan surat Kompetensi Dasar 4.2 Menulis surat undangan (ulang tahun. Mengungkapkan pikiran. dan pantun anak V 1 3. dll. tanda titik.3 Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan menggunakan kata/kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu 4. kegiatan sekolah. perasaan. Mengungkapkan pikiran.3 Membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema (persahabatan. dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan. dll. tanda titik.1 Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan ejaan (tanda titik dua. kepatuhan. acara agama. dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan. perasaan.1 Menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar. ketekunan.1 Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan 4. kenaikan kelas.com/ .) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan 6 ejaan 4.2 Menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan 8. perasaan. surat undangan. Mengungkapkan pikiran. pengumuman. petunjuk. dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan.Kelas IV smt 1 Standar Kompetensi 3.3 Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya 2 4. informasi. dan tanda petik) 4. dan dialog tertulis http://rpp-online.2 Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu 4.blogspot.) sesuai dengan ciri-ciri pantun 4. cerita. tanda koma. dll.4 Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar.) 8. tanda koma.

ulang tahun. Alur f. Perwatakan c.1 Menyusun naskah pidato/sambu tan (perpisahan. Amanat Memahami teks 7. Tokoh b. perayaan Contoh Pidato/sambutan a. latar. guru dapat menentukan materi pokok. Perayaan sekolah Cara menyusun naskah pidato.2 makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif 7 http://rpp-online. tema. Berikut ini disajikan contoh penentuan materi pokok aspek membaca dan menulis. sifat.blogspot. Latar d. Penentuan materi pokok didasarkan analisis secara mendalam atas pernyataan kompetensi dasar. dan amanat) dari teks drama anak VI/2 Mengungkapk an pikiran dan informasi secara tertulis dalam bentuk naskah pidato dan surat 8. Ulang tahun c. jalan cerita.com/ .1 Menemukan dengan membaca intensif dan membaca teks drama 7. Kelas/ Semester VI SK KD Materi Pokok Teks nonsastra/artikel dari media massa Makna tersirat Teks drama anak Mengidentifika si berbagai unsur (tokoh. Perpisahan b. yaitu: Unsur-unsur intrinsik a. Tema e.Langkah 2: menentukan materi pokok setiap standar kompetensi dan kompetensi dasar Berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar pada standar isi.

grafik dari media massa cetak. d. dan buku pelajaran. Membuat kerangka. 8 http://rpp-online. misalnya teks. Bagian-bagian Langkah 3: mengembangkan materi pokok dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar Setelah guru menentukan materi pokok. langkah selanjutnya adalah mengembangkan materi pokok. Menentukan tema. Struktur kalimat b. Merevisi. Pengembangan materi pokok dilakukan guru dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar.2 Menulis surat resmi dengan memperhatika n pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju Surat resmi a.) dengan bahasa yang baik dan benar. menumbuhkan kreativitas. guru semestinya tidak hanya mengandalkan satu sumber belajar yaitu buku teks saja. serta memperhatik an penggunaan ejaan a. Peran guru sangat penting dalam pengembangan materi yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Pilihan kata c. dll. serta mendorong kegemaran menulis. ensiklopedi. kamus. majalah anak. Kaidah Bahasa a. b. gambar. Berikut ini disajikan contoh pengembangan materi pokok yang memanfaatkan sumber belajar. Untuk mewujudkan hal itu. Mengembangkan kerangka pidato. dan meningkatkan minat baca. Ejaan 8. Ejaan surat d. c.blogspot.resmi sekolah. Pilihan kata c.com/ . Struktur kalimat b.

Misalnya.com/ . dan Tahap 1: Guru menjelajah berbagai sumber belajar hingga menemukan bahan yang relevan standar kompetensi dan kompetensi dasar. perasaan. pilihan kata. ejaan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran. dan dialog tertulis Kompetensi Dasar Materi Pokok : Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan : Karangan. 9 http://rpp-online.Contoh pengembangan materi ajar aspek menulis Kelas/Semester : V/1 pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan. informasi. surat undangan. guru dapat memanfaatkan mind map dari buku seperti contoh di bawah ini.blogspot.

10 http://rpp-online. pilihan kata.Tahap 2: guru menunjukkan contoh pengembangan mind map menjadi sebuah karangan yang utuh dengan memperhatikan struktur kalimat.blogspot. dan penggunaan ejaan. Berikut ini disajikan contoh pengembangan karangan berdasarkan mind map.com/ .

Staton) a) Preview (menyelidiki) b) Question (menanyakan) c) Read (membaca) d) State (menyatakan) e) Test (menguji) 3) Metode OK5R (Walter Pauk) a) Overview (menyelidiki) b) Key ideas (ide-ide kunci) c) Read (membaca) d) Recite (mendaras) e) Review (mengulangi) f) Reflect (merenungkan) 4) Metode STUDY (William Resnick & David Heller) a) Survey (menyelidiki) b) Think of question (memikirkan pertanyaan) c) Understand your reading (memahami makna bacaan) d) Demonstrate your understanding (menunjukkan pemahaman) e) You review the entire assigment (mengulangi seluruh tugas baca) 11 http://rpp-online.2.blogspot.Robinson) a) Survey (menyelidiki) b) Question (menanyakan) c) Read (membaca) d) Ricite (mendaras) e) Review (mengulang) 2) Metode PQRST (Thomas F. Menentukan Metode Pembelajaran Membaca 1) Metode SQ3R ( Francis P.com/ .

Kegiatan awal bukan sekadar mengucapkan salam. Untuk itu. Bentuk kegiatan elaborasi dapat berupa pemberian tugas atau diskusi untuk memunculkan gagasan-gagasan baru. Perancangan kegiatan pembelajaran ini tidak terlepas dari acuan standar proses. (2) menentukan materi pokok setiap standar kompetensi dan kompetensi dasar. Perancangan ini dilakukan dengan memilih metode atau model pembelajaran yang berorientasi pada student active learning. Selain itu. kegiatan inti. elaborasi.3. atau penjelajahan dengan tujuan memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru dari materi yang akan dipelajari. kegiatan pembelajaran perlu mengakomodasi pendekatan yang mampu mengembangkan karakter. Merancang Kegiatan Pembelajaran Membaca dan Menulis yang Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Setelah guru memilih materi ajar melalui tiga langkah. dan kegiatan akhir. mengecek kehadiran siswa. yaitu (1) menetapkan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Kegiatan inti pembelajaran meliputi kegiatan eksplorasi. kemampuan berpikir kritis.com/ . Kegiatan eksplorasi merupakan kegiatan penyelidikan. kini guru dapat merancang kegiatan pembelajaran. guru melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. melainkan juga memotivasi. dan (3) mengembangkan materi pokok dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar. sikap empati. memberikan kesempatan siswa untuk 12 http://rpp-online. menciptakan pembelajaran yang memungkinkan siswa bekerja secara kooperatif dan kolaboratif. menciptakan interaksi antarsiswa. siswa dengan lingkungan. menganalisis. dan konfirmasi. serta mengaitkan materi dengan kehidupan nyata merupakan hal yang jauh lebih penting. guru perlu memilih metode yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. yang meliputi kegiatan awal. Kegiatan elaborasi merupakan kegiatan penggarapan secara tekun dan cermat materi yang dipelajari. menyampaikan tujuan pembelajaran. Kegiatan eksplorasi dapat dilakukan guru melalui kegiatan seperti membaca untuk mencari informasi dari berbagai sumber.blogspot. siswa dengan guru. memecahkan masalah. mengajak berdoa. penjajagan. dan pengembangan kreativitas. pemberian kesempatan untuk berpikir.

perasaan. Berikut ini disajikan contoh rancangan kegiatan pembelajaran menulis di sekolah dasar. membuat rangkuman pembelajaran melakukan refleksi atas materi yang dipelajari. pilihan kata. misalnya memberikan umpan balik positif. dan memberikan kesempatan melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri. Kegiatan konfirmasi merupakan kegiatan untuk memberikan peneguhan atau penegasan tentang karya siswa dari materi yang dipelajari.mengekspresikan produk hasil kreativitasnya. mengungkapkan waktu sudah habis. Misalnya. melainkan kegiatan yang lebih bermakna dari hal-hal tersebut. surat undangan. dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan. memberikan klarifikasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi. dan dialog tertulis Kompetensi Dasar : Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran : Kegiatan Awal 1) Mengaitkan materi menulis karangan tentang pengalaman sendiri atau orang lain dengan kehidupan nyata. menjawab pertanyaan siswa yang mengalami kesulitan.com/ : Karangan.blogspot. pengalaman berlibur. dan memberikan informasi untuk bereksplorasi lebih jauh. memberikan dorongan psikologis yang memotivasi siswa untuk mempelajari lebih lanjut. ejaan . membantu menyelesaikan masalah. Kelas/Semester Standar Kompetensi : V/1 : Mengungkapkan pikiran. Kegiatan konfirmasi dapat dilakukan guru dalam bentuk. informasi. 13 http://rpp-online. materi sudah diselesaikan. Kegiatan akhir bukan sekadar mengucapkan salam. Kegiatan yang seharusnya dilakukan guru adalah memberikan penguatan.

14 http://rpp-online.pengalaman yang menakutkan. 2) Siswa mendiskusikan sekilas tentang isi mind map dalam kelompok. dan penggunaan ejaan secara individual. pilihan kata. dan ejaan. pengalaman yang menyenangkan. Konfirmasi 1) Siswa memajang karangan siswa di papan pajang 2) Kelompok lain memberikan tanggapan secara tertulis pada karya siswa. 5) Siswa saling memberikan koreksi atas karangan yang dibuat temannya. 5) Guru memberikan penekanan tentang proses menulis karangan. 6) Setiap siswa memperbaiki karangannya berdasarkan masukan dari teman. dan manfaat kegiatan menulis bagi siswa. c. Elaborasi 1) Siswa men-sharing-kan gagasan atau ide-ide tentang pengalamannya masing-masing. 2) Siswa memilih satu satu pengalaman teman yang di-sharing-kan. termasuk struktur kalimat. 3) Siswa membuat mind map tentang gagasan-gagasan pengalaman yang dipilih. 4) Siswa menulis karangan secara individu sesuai dengan mind map yang dibuat bersama. 2) Memberikan motivasi tentang pentingnya kemampuan menulis bagi siswa. struktur kalimat. pilihan kata. Kegiatan Inti a.com/ . 3) Siswa menceritakan gagasan-gagasan pokok tentang isi mind map. 4) Siswa membaca contoh pengembangan karangan dari mind map tentang “Rumah Kosong” dengan mengidentifikasi organisasi karangan. Eksplorasi 1) Siswa mencermati contoh mind map tentang “Rumah Kosong” yang disiapkan guru secara individual. b.blogspot. dan pengalaman yang tak terlupakan.

objektivitas merupakan prinsip yang penting pula. Salah satu prinsip penting dalam penyusunan perangkat penilaian adalah prinsip komprehensif. guru harus menyiapkan rubrik penilaian. 3) Siswa ditugasi membaca karangan di rumah 4. dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan.com/ . 2) Siswa diminta membuat catatan hasil refleksinya terhadap materi yang telah dipelajari secara tertulis.3) Penegasan guru atas karya siswa dan tanggapan yang diberikan oleh siswa lainnya. Prinsip ini menghendaki aspek yang dinilai dalam suatu kompetensi harus menyeluruh. Berikut ini disajikan contoh rubrik penilaian untuk menilai karangan siswa. dan dialog tertulis Kompetensi Dasar : Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan Materi Pokok : Karangan. Menyusun Perangkat Penilaian Membaca dan Menulis Penyusunan perangkat penilaian merupakan bagian yang sangat penting dalam keseluruhan proses pembelajaran. Selain prinsip komprehensif. surat undangan. dan afektif. yaitu kognitif.blogspot. perasaan. ejaan 15 http://rpp-online. Kelas/Semester : V/1 Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran. pilihan kata. Guru harus memberikan fokus perhatian pada bentuk-bentuk penilaian yang tepat dan relevan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar sehingga penilaian yang dilakukan guru sungguh-sungguh mencerminkan kompetensi siswa yang sebenarnya. psikomotorik. Untuk menghindari unsur subjektivitas pada penilaian kemampuan membaca terutama yang menuntut jawaban uraian dan kemampuan menulis. informasi. Kegiatan Akhir 1) Guru memberikan apresiasi atas karangan siswa dan memberikan motivasi agar siswa memiliki kebiasaan menulis.

2 = Cukup. acuh 3 Sangat cermat Mau menerima 16 http://rpp-online. isi. memperhatikan struktur kalimat. atau penutup Logikanya tidak runtut Sebagian struktur kalimat tidak lengkap Sebagian sesuai dengan konteks Sebagian besar penggunaan ejaan benar Sesuai tetapi tidak kreatif memuat pendahuluan.Soal : Buatlah sebuah karangan dari suatu pengalaman yang menarik dengan kata.blogspot.com/ . 1 Komponen Penilaian Organisasi Karangan Bobot 1 2 Jika tidak ada pendahuluan dan penutup 2 3 Isi Karangan Struktur Kalimat 2 2 Tidak logis Banyak kesalahan struktur kalimat 4 Pilihan Kata 1 Sama sekali tidak sesuai 5 Ejaan 2 konteks Hampir semua penggunaan 6 Relevansi Judul dengan Isi Karangan JUMLAH 10 1 ejaan salah Tidak sesuai Skala Penilaian 2 Jika tidak ada pendahuluan. 1 2 Komponen Penilaian Kecermatan Bersedia 1 Kurang cermat Marah Skala Penilaian 2 Cukup cermat Apatif. 3 = Baik Rubrik Penilaian Afektif Menulis Karangan tentang Pengalaman No. dan penutup Logikanya runtut Semua atau sebagian besar struktur kalimat lengkap Pilihan kata sesuai dengan konteks Seluruh penggunaan ejaan benar Sesuai dan kreatif 3 Karangan Keterangan: 1 = Kurang. dan ejaan. pilihan Rubrik Penilaian : Rubrik Penilaian Menulis Karangan tentang Pengalaman No.

dan pengembangan kreativitas. dan (3) mengembangkan materi pokok dengan memanfaatkan berbagai sumber. kegiatan inti. Media/Sumber Belajar 1. dan kegiatan akhir. kemampuan berpikir kritis.menerima kritik terhadap kritik kritik E. yaitu mencakup aspek kognitif. 9) Untuk menekan faktor subjektivitas dalam penilaian karangan siswa. psikomotorik. 6) Perancangan kegiatan pembelajaran ini tidak terlepas dari acuan standar proses. 4) Kegiatan pembelajaran juga harus mengakomodasi pendekatan yang mampu mengembangkan karakter. kegiatan inti. 5) Perancangan kegiatan pembelajaran ini harus mengacu pada standar proses. dan afektif. yaitu (1) menetapkan standar kompetensi dan kompetensi dasar. sikap empati. 2) Ada tiga langkah yang perlu diperhatikan guru dalam pemilihan materi ajar. Rangkuman 1) Pemilihan materi ajar harus mempertimbangkan standar kompetensi dan kompetensi dasar. 7) Penyusunan perangkat penilaian harus mengacu pada standar kompetensi dan kompetensi dasar. yang meliputi kegiatan awal. yang meliputi kegiatan awal. dan kegiatan akhir.com/ . 8) Penyusunan perangkat penilaian harus memperhatikan prinsip komprehensif.blogspot. (2) menentukan materi pokok setiap standar kompetensi dan kompetensi dasar. Gambar 17 http://rpp-online. F. 3) Perancangan kegiatan pembelajaran harus memperhatikan pemilihan metode atau model pembelajaran yang berorientasi pada student active learning. guru perlu membuat rubrik penilaian.

Berikut ini pertimbangan perancangan kegiatan pembelajaran. a. kecuali … . Materi kegiatan pembelajaran dapat berupa pengetahuan. Percakapan yang utuh b. Kegiatan pembelajaran dan penilaian memperhatikan perkembangan IPTEK. sikap. Manakah materi pokok yang sesuai dengan kompetensi dasar “Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan ejaan (tanda titik dua. b. d. Penggalan percakapan 2. Teks G. Teks drama lengkap c. dan tanda petik)”? a. Evaluasi Belajar Latihan Soal Pilihan Ganda Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat! 1. Pengalaman belajar siswa dirancang untuk mencapai kompetensi dasar. Kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa (student centered learning).com/ . dan keterampilan. 3. Materi pokok yang relevan dengan kompetensi dasar “Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa 18 http://rpp-online.blogspot. c. Teks narasi yang rumpang d.2.

a. Menulis surat dan menulis ejaan. a. a. Bahan penyusunan butir soal secara langsung dikembangkan dari … .blogspot. Membaca surat dari teman sebaya. c.)” adalah … . a.com/ . Meringkas laporan kunjungan 6. Elaborasi 19 http://rpp-online. Surat dan penggunaan ejaan. tanda koma. Menulis cara membuat anyaman tikar d. Standar Kompetensi c. Indikator Pembelajaran 5. Standar Kompetensi Lulusan b. Pengalaman menulis surat. b. Apersepsi c. Identifikasi materi ajar yang sesuai dengan kompetensi dasar “Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu” adalah … . Menulis pengumuman lomba deklamasi c. Pengembangan pola interaksi antara guru-siswa dalam kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan tahap … . 4. Kompetensi Dasar d.yang baik dan benar dan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar. tanda titik. dll. d. Membaca cara-cara menggunakan KIT IPA b.

Konfirmasi 7. Koran d. mengembangkan materi pokok. Sumber belajar yang paling tepat untuk mencapai kompetensi dasar “Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas” adalah … . SK dan KD. Menetapkan Standar Penilaian. menetapkan SK dan KD.blogspot. b. mengembangkan materi pokok. Kamus b. Kegiatan pemajangan karya siswa termasuk kegiatan pembelajaran tahap … . Eksplorasi d. Menentukan materi pokok.com/ . Kegiatan penutup 8. Menetapkan SK dan KD. Kegiatan akhir d. Urutan langkah yang paling logis dalam memilih materi ajar adalah … . Kegiatan inti c. 20 http://rpp-online. dan menentukan materi pokok. a. Ensiklopedia c. Tesaurus 9. c.b. a. Kegiatan awal b. a. menentukan materi pokok.

Informatif d.d.com/ . a. kemudian tentukan materi ajar yang sesuai dengan kompetensi dasar tersebut! 21 http://rpp-online.blogspot. dan menentukan materi pokok. Mengembangkan materi pokok . Pembelajaran yang menekankan pengembangan aspek afektif sosial dapat diakomodasi melalui pendekatan pembelajaran … . Kooperatif c. menetapkan SK dan KD. Cermatilah kompetensi dasar berikut ini. 10. Integratif b. Direktif Latihan Esai 1.

blogspot.1 Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat 2. membaca cepat 75 kata/menit.com/ . membaca cepat 75 kata/menit. dan membaca puisi Kompetensi Dasar 3.Kelas V Semester 1 Standar Kompetensi Memahami teks dengan membaca teks percakapan. Glosarium Apersepsi : Kegiatan awal pembelajaran yang berfungsi untuk memotivasi siswa. kemudian buatlah rubrik penilaian yang sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar tersebut! Kelas V Semester 1 Standar Kompetensi Memahami teks dengan membaca teks percakapan. Eksplorasi : Kegiatan inti pembelajaran yang dimaksudkan untuk 22 http://rpp-online.3 Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat H. Cermatilah kompetensi dasar berikut ini. dan membaca puisi Kompetensi Dasar 3.

Konfirmasi : Kegiatan pembelajaran yang berfungsi untuk memberikan penegasan atas hasil belajar siswa. Elaborasi : Kegiatan inti pembelajaran yang ditandai dengan penggarapan secara tekun dan cermat materi yang dipelajari.com/ .blogspot. Rubrik Penilaian : komponen kompetensi yang dinilai beserta deskripsinya.menjajaki sekaligus menjelajahi materi yang dipelajari. 23 http://rpp-online.

com/ .blogspot.24 http://rpp-online.

Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Mind Map. Jakarta: Pusat Bahasa. Tony. 2006. Jakarta: Depdiknas. 2007.com/ . Dirjendikdasmen. Depdiknas. Dendy. Kamus Besar Bahasa Indonesia.blogspot. 2006. 2008. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.Daftar Pustaka Buzan. iii http://rpp-online. Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses. Depdiknas. Sugono. Jakarta: Depdiknas. Jakarta: Depdiknas. 2008.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->