P. 1
Modul 3 Keterampilan Menulis

Modul 3 Keterampilan Menulis

|Views: 166|Likes:
Published by didjital
Materi UKA (Ujian Kompetensi Awal) Bahasa Indonesia Modul 3 Keterampilan Menulis
Materi UKA (Ujian Kompetensi Awal) Bahasa Indonesia Modul 3 Keterampilan Menulis

More info:

Published by: didjital on Feb 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

10/04/2013

$0.99

USD

pdf

text

original

http://rpp-online.blogspot.

com/

KATA PENGANTAR

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, menyatakan bahwa jabatan guru sebagai pendidik merupakan jabatan profesional. Dengan demikian profesionalisme guru dituntut terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kebutuhan masyarakat Peraturan Pemerintah No.19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Bab VI pasal 28 ayat 1, menyatakan bahwa pendidik harus memenuhi kualifikasi akademik dan memiliki kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Sebagai agen pembelajaran, guru dituntut untuk memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Keempat kompetensi tersebut harus dikembangkan secara utuh, sehingga terintegrasi dalam kinerja guru. Untuk meningkatkan kualitas guru, mulai tahun 2012 Badan PSDMPK dan PMP memberlakukan kebijakan baru yaitu (1) semua guru yang akan mengikuti Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG) diwajibkan mengikuti Uji Kompetensi Awal (UKA), (2) Hasil UKA sebagai gambaran kondisi kompetensi guru digunakan sebagai dasar pelaksanaan PLPG. Guru yang dinyatakan belum memenuhi standar minimal UKA diwajibkan untuk mengikuti pendidikan dan latihan yang di selengarakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) atau Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP). Dalam rangka penyelenggaran diklat guru SD Pasca-UKA agar memenuhi kompetensi yang diharapkan maka dipandang perlu adanya bahan ajar atau modul. Bahan ajar atau modul yang dipersiapkan didasarkan atas hasil analisi kebutuhan para peserta uji kompetensi awal yang belum memenuhi standar minimal UKA. Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu menyiapkan bahan ajar ini. Jakarta, Juni 2012 Kepala Badan PSDMPK dan PMP

Syawal Gultom NIP 19620203 198703 1 002

.......................................................................... Bentuk atau Format Surat.. Contoh Surat Pribadi dan Resmi........................... 5......................... DAFTAR ISI....................................... Eksposisi........................................................................................................................................... Jenis Surat....................... Rangkuman............................................................. Uraian Materi........ .............. D........................................................................... b...... Media/Sumber........................................................................................... A...... a....…................................................................................................. Narasi (Kisahan).................................................................................................................................................. b............................................................................................... Pengertian Surat.................. a...................................... c.. 4............................................................. Pengantar.............. Deskripsi........................................... 3............................... F.... Evaluasi............................. d........................................................ DAFTAR PUSTAKA........................................................... Manfaat Menulis........................................................................................................ i ii 1 2 2 3 3 3 5 6 7 7 8 9 10 11 11 11 12 12 12 14 15 15 19 iv 1............................. G................... Tujuan Menulis........................................................................................................ c.. Argumentasi.......... Pengertian Menulis……........................................ Pedoman Penyusunan Surat..................................................................................... Jenis-Jenis Menulis/Tulisan.............................................. B....................... Tujuan................. Argumentasi........................................ d..................................................................................... Panduan (alur) .................................................................DAFTAR ISI Halaman KATA PENGANTAR.. d......... Glosarium......................................................... 2...................... H.......... PENDAHULUAN............................ E................ C.

pengetahuan dan dan membelajarkan peserta didiknya untuk . konsep. saling mengisi. dalam pembelajaran bahasa Indonesia memiliki tanggung jawab untuk membimbing peserta didiknya agar terampil menulis. Bekal lain itu adalah prinsip. Menulis termasuk aspek kegiatan berbahasa yang dianggap sulit. Seseorang yang ingin mengembangkan kemampuan berbicara dan menulis. Hal itu dikeluhkan oleh banyak orang. mahasiswa di pendidikan tinggi. Tentu saja bekal untuk berlatih bukan hanya sekedar kemauan. Akibat keluhan itu umum. melainkan juga ada bekal lain yang perlu pengetahuan. Guru Sekolah Dasar. merupakan keterampilan. dan penuh disipilin merupakan resep yang selalu disarankan oleh praktisi untuk dapat atau terampil menulis. Berlatih secara sistematis. Apakah memang pertanyaan yang perlu dijawab sebenarnya. Peserta didik di pendidikan dasar dan menengah. Dengan modal keterampilan itulah mereka membimbing terampil menulis. berbahasa dan adalah kemampuan menggunakan bahasa. Menulis seperti halnya kegiatan berbahasa lainnya. terusmenerus. Kemampuan itu terlihat di dalam empat aspek keterampilan. dimiliki. Keempat aspek itu mendengarkan. bahwa menulis itu memang sulit. mestilah banyak mendengar dan membaca. dan saling melengkapi. menulis. berbicara. Guru diasumsikan telah memiliki pengetahuan dan keterampilan menulis. dan membaca dan menulis disebut kemamampuan reseptif sisi dinamakan kemampuan produktif. ada dua hal yang diperlukan untuk mencapai ketrampilan menulis yakni pengetahuan tentang tulis-menulis dan berlatih untuk menulis. Kemampuan mendengarkan sedangkan kemampuan berbicara Kemampuan reseptif dan kemampuan produktif dalam berbahasa merupakan dua yang saling mendukung. Jadi. dan prosedur yang harus ditempuh dalam kegiatan akhirnya menjadi opini menulis itu sulit? Inilah menulis.MODUL 3 KETERAMPILAN MENULIS PENDAHULUAN Kemampuan membaca. dan bahkan orang-orang yang sudah menamatkan perguruan tinggi pun mengeluhkan sulitnya menulis. Setiap keterampilan hanya akan diperoleh melalui berlatih.

materi dikuasai peserta didik dan apakah ada peserta didik yang menulis tentang materi yang dipelajari dari sumber lain dan lain sebagainya. Tujuan Tujuan dari belajar keterampilan menulis pada diklat kompetensi awal ini guru dapat meningkatkan kompetensi dalam aspek. sehingga dengan mudah dapat dicerna oleh guru. agar guru terampil dalam membimbing peserta didik dalam proses pembelajaran sebaiknya memahami pengertian. Menyusun berbagai bentuk/jenis tulisan surat (pribadi dan resmi) .Dalam modul ini dipaparkan pengertian menulis. peserta didik menjadi masukan berharga. Pengertian menulis 2. 5. tujuan menulis. tujuan. 1.dan memilih materi ajar. Tiap-tiap bagian dijelaskan secara ringkas. jenis-jenis menulis. Tujuan menulis 3. manfaat. Manfaat menulis 4. B. Oleh karena itu. Keterampilan menulis merupakan pendukung kegiatan pembelajaran bagi guru. Penulisan modul ini untuk pengembangan keterampilan dan pembiasaan terhadap keterampilan menulis . Modul ini membantu guru dalam kegiatan diklat pasca kompetensi awal. ini belumlah lengkap sebagai landasan untuk membelajarkan peserta didik. Jenis – jenis menulis. Tentu saja konsep-konsep yang ditampilkan pada modul untuk pengayaan bahan ini. guru masih perlu mencari sumber lain KEGIATAN BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS A. manfaat menulis. menyusun berbagai bentuk atau jenis tulisan surat. Guru dapat mengetahui apakah pembelajaran yang dilaksanakan menarik. Pengantar Dalam penulisan modul ini dijelaskan tentang keterampilan menulis untuk guru SD. menulis itu dianggap dapat membantu guru untuk mengingat kembali perihal yang diperlukan dalam membelajarkan peserta didik bidang menulis. dan jenis menulis serta berbagai bentuk atau jenis tulisan surat.

Isi ekspresi melalui bahasa itu akan dimegerti orang lain atau pembaca bila dituangkan dalam bahasa yang teratur. atau pikiran dan perasaan.1988:1) Sejalan dengan itu. Penguatan. Jadi. manfaat. jika mengetahui bahwa itu menjadi bagian dari ekspresi bahasa. dan mudah dimengerti. sistematis. dan Tindak Lanjut D. sederhana. jenis-jenis menulis dan jenis menulis surat Kegiatan 1 (10 menit) Pengantar Penjelasan topik yang akan dipelajari Kegiatan 4 (70 menit) Presentasi Melaporkan hasil diskusi dan menanggapinya Kegiatan 3 (60 menit) Diskusi Kelompok Mengkaji bahan bacaan dan membuat rangkumannya Kegiatan 5 (40 menit) Penutup Tanya Jawab. Menulis bukan sesuatu yang diperoleh secara spontan. Refleksi. menurut Lado (1964:14) menulis adalah meletakkan simbol grafis yang mewakili bahasa yang dimengerti orang lain. pendapat. Pengertian Menulis Menurut Jago Tarigan (1995:117) menulis berarti mengekpreikan secara tertulis gagasan. tetapi memerlukan usaha sadar “menuliskan” kalimat dan mempertimbangkan cara mengkomunikasikan dan mengatur (Donn Byrne. Panduan (alur) Kegiatan 2 (40 menit) Curah Pendapat Mengidentifikasi permasalahan yang berhubungan dengan keterampilan Menulis (pengertian. . ide. tujuan. Uraian Materi 1.C. orang lain dapat membaca simbol grafis itu. Sarana mewujudkan hal itu adalah bahasa.

dan dalam gaya tertentu. dikatakan merupakan komunikasi tidak langsung yang berupa pemindahan pikiran atau perasaan dengan memanfaatkan grafologi. . dan kosakata dengan menggunakan simbol-simbol sehingga dapat dibaca seperti apa yang diwakili oleh simbol tersebut. Mengkombinasikan dan menganalisis setiap unsur kebahasaan dalam sebuah karangan merupakan suatu keharusan bagi penulis. (1985:4). Berdasarkan konsep di atas. memberikan batasan bahwa kemampuan menulis atau mengarang adalah kemampuan menggunakan pola-pola bahasa dalamtampilan tertulis untuk mengungkapkan gagasan atau pesan. dan berbentuk kesatuan yang masuk akal. dan kemampuan menggunakan ejaan serta tanda baca. struktur bahasa. jalan pikiran dan perasaan penulis sangat menentukan arah penulisan sebuah karya tulis atau karangan yang berkualitas.SemI (1990:8)juga Menurut Gere mengatakan menulis bahwa dalam menulis arti pada hakikatnya ialah merupakan pemindahan pikiran atau perasaan ke dalam bentuk lambang bahasa. Byrne (1988: 1). seperti kemampuan menguasai gagasan yang dikemukakan. tetapi juga merupakan kesempatan untuk menyampaikan sesuatu tentang diri sendiri mengkomunikasikan gagasan kepada orang lain. tetapi kalimat itu diletakkan secara teratur dan berhubungan satu dengan yang lain. mungkin hanya dua atau tiga kalimat. Kosa kata dan kalimat yang digunakan dalam kegiatan menulis harus jelas agar mudah dipahami oleh pembaca. Crimmon (1984.191). kemampuan menggunaka unsur-unsur bahasa. tetapi menghasilkan serangkaian hal yang teratur. Menulis berarti mendukung ide. Kemampuan menulis mencakup berbagai kemampuan. Kegiatan 1 Untuk lebih memahami konsep di atas. Dengan kata lain hasil sebuah karangan yang ditunjang oleh keterampilan kebahasaan berkualitas umumnya yang dimiliki seorang penulis. mengatakan bahwa menulis tidak hanya membuat satu kalimat atau hanya beberapa hal yang tidak berhubungan. meminta peserta menelaah dan mengkasifikasikan permasalahan ke dalam format berikut. Rangkaian kalimat itu bisa pendek. Dari sinilah akan terlihat sejauh mana pengetahuan yang dimiliki penulis dalam menciptakan sebuah karangan yang efektif. yang berhubungan satu dengan yang lain. Lebih lanjut Rusyana (1984:191). Di samping itu. bahkan dapat mempelajari sesuatu yang belum diketahui. dapat kemampuan bahwa menggunakan menulis gaya. berpendapat bahwa menulis adalah kerja keras. komunikasi menyampaikan pengetahuan atau informasi tentang subjek.

apakah menyetujui atau mendukung yang dikemukakan. berperan dalam menghibur khalayak pembacanya. Tulisan-tulisan atau bacaan- . Membujuk. Penulis harus mampu membujuk dan meyakinkan pembaca dengan menggunakan gaya bahasa yang persuasif. a. cenderung lebih terbuka dan penuh toleransi. Atas dasar pemikiran inilah. d. Adapun tujuan menulis tersebut adalah sebagai berikut. monopoli fungsi media dan tujuan radio. data maupun peristiwa termasuk pendapat dan pandangan terhadap fakta. c. fungsi persuasi dari sebuah tulisan akan dapat menghasilkan apabila penulis mampu menyajikan dengan gaya bahasa yang menarik. Tulisan dengan demikian menjadi salah satu sarana berkomunikasi tujuan-tujuan yang cukup efektif dan efesien untuk menjangkau khalayak masa dirunut dari komunikasi yang cukup mendasar dalam konteks pengembangan yang luas. dan mudah dicerna. namun dalam media komunikasi. melalui tulisan seorang penulis mengharapkan pula pembaca dapat menentukan sikap. Orang-orang yang berpendidikan misalnya. maka tujuan menulis dapat peradaban dan kebudayaan mesyarakat itu sendiri. data dan peristiwa agar khalayak pembaca memperoleh pengetahuan dan pemahaman baru tentang berbagai hal yang dapat terjadi di muka bumi ini. Menginformasikan segala sesuatu. lebih menghargai pendapat orang lain. kecerdasanterus diasah. Menghibur. Karena dasarnya adalah sarana untuk menyampaikan pendapat atau gagasan agar dapat dipahami dan diterima orang lain. Oleh karena itu. 1 2 3 4 Jago Tarigan Donn Byrne Rusyana Crimmon Perbedaan Pengertian menulis 2. Melalui membaca hasil tulisan wawasan pengetahuan seseorang akan akan terus bertambah. baik itu fakta. yang pada akhirnya menentukan perilaku seseorang. Tujuan menulis Seorang tergerak menulis dihadapan karena publik memiliki tujuan objektif yang bisa tulisan pada dipertanggungjawabkan pembacanya. Mendidik adalah salah satu tujuan dari komunikasi melalui tulisan. bersahabat. b.No. dan tentu saja cenderung lebih rasional. cetak dapat bukan pula massa. akrab. menghibur televisi.

Seorang kontraktor perlu menuliskan suatu perincian dana pembangunan sebuah pekerjaan secara lengkap dan teliti agar mendapatkan kesempatan memenangkan suatu tender proyek. cerita dan pengalaman lucu bisa pula menjadi bacaan penglipur lara atau untuk melepaskan ketegangan setelah seharian sibuk beraktifitas. Maka sesering kali kita menulis atau seberapa banyak kita menulis. agar pembelajaran menulis bahasa Indonesia di kelas dapat meningkat. Demikan juga halnya seorang guru SD/MI. 3. • Secara metodologis menulis bermanfaat untuk melatih kita berpikir secara teratus untuk melakukan suatu tindakan yang sesuai yang dikehendaki. . • Secara psikologis menulis sangat bermanfaat dan bisa membuat kita sehat bahkan mampu membuat kita untuk mampu mengontrol diri. Adapun manfaat menulis dapat kita lihat dari berbagai segi yaitu. bahkan untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan. Konsep dasar dan tujuan menulis menjadi salah satu faktor pembelajaran bahasa. Manfaat Menulis Kemampuan menulis diperlukan semua lapangan pekerjaan. • Secara pendidikan mampu mempengaruhi kita untuk melakukan proses belajar. Seorang sekretaris perlu menuliskan surat atau laporan untuk disimpulkan kepada pemimpin perusahaan. Seorang guru hendaknya memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang menulis. salah satu caranya adalah guru harus memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang konsep dan tujuan menulis. khususnya komunikasi tulis. Melepaskan segala persoalan hidup. maka sesering itu pula kita telah melakukan proes pendidikan atau proses belajar. Misalnya seorang dokter perlu menuliskan resep obatbagi pasennya. Seorang polisi perlu menuliskan deteil suatu insiden berupa sebuah laporan penyelidikan atau introgasi untuk digunakan dalam persidangan. saking perlukan keterampilan menulis dalam menunnjang keberhasilan usaha menyebabkan munculnya pendapat. bahkan keberhasilan suatu jabatan atau pekerjaan ditenttukan oleh kemampuan yang bersangkutan berkomunikasi secara efektif. Bahkan. Seorang direktur perlu menuliskan memori.bacaan “ringan” yang kaya dengan anekdot. • Secara filosofis bermanfaat untuk melatih kita berpikir secara radikal atau berpikir secara mendalam. hasil evaluasi. Karena menulis merupakan keterampilan produktif. atau instruksi. e.

Eksposisi merupakan tulisan yang sering digunakan untuk menyampaikan uraian ilmiah. 4. desertasi.Berdasarkan hal tersebut di atas dapat kita simpulkan bahwa manfaat keterampilan menulis dari berbagai segi dan bidang pekerjaan sangat butuhkan oleh seorang. apalagi bagi seorang guru. deskripsi. a. yaitu. Ekposisi berusaha menjelaskan atau menerangkan. . teramat dipentingkan informasi yang akurat dan lengkap. seperti makalah. Sudut pandang tersebut adalah kegiatan atau aktivitas dalam melaksanakan keterampilan menulis dan hasil dari produk menulis itu. Jenis-Jenis Menulis/Tulisan Keterampilan menulis dapat kita klasifikasikan berdasarkan dua sudut pandang yang berbeda. skripsi. bagaimana membuat tempe. Klasifikasi keterampilan menulis berdasarkan sudut pandang kedua menghasilkan pembagian produk menulis atau empat kategori. menguraikan atau menganalisis suatu pokok pikiran yang dapat memperluas pengetahuan dan pandangan seseorang. Di berikut ini akan dijelaskan satu persatu. misalnya. tesis. Eksposisi Eksposisi biasa juga disebut pemaparan. eksposisi. yakni salah satu bentuk karangan yang berusaha menerangkan. cara kerja pesawat. atau artikel pada surat kabar atau majalah. Jika hendak menulis bagaimana peraturan bermain sepak bola. karangan narasi. maka jenis tulisan eksposisi sangat tepat untuk digunakan. Dalam tulisan eksposisi. Penulis berusaha memaparkan kejadian atau masalah secara analisis dan terperinci memberikan interpretasi terhadap fakta yang dikemukakan. dan argumentasi.

harus diuraikan dalam bentuk sub-bagian yang lebih rinci. 1993: 46) Tujuan deskripsi adalah membentuk. imajinasi pembaca agar dapat membayangkan suasana. dapat dipahami bahwa untuk menulis karangan eksposisi. Suatu pertanda bahwa Anda telah memasuki masa dewasa. dan bagian penutup yang merupakan penegasan ide. melalui ungkapan bahasa. Dalam karangan seperti itu. melakukan pengamatan terhadap objek dan sebagainya. 2007:10). Namun. namun merupakan suatu hal yang Anda harapkan tidak begitu tampak.Eksposisi menurut Suparno (1995: 5) adalah tulisan yang bertujuan untuk memberitahu. dan agar mereka dapat memahami suatu sensasi atau emosi (Kurniawan. Untuk itu. mengedarkan angket. peristiwa. masa itu juga merupakan saat mulai timbulnya jerawat. dan bisa juga berupa fakta dari pendirian teguh seseorang Dari uraian di atas. merekam pembicaraan orang. Jadikanlah dirimu salah satu dari berjuta-juta pemakai Clearasil di dunia dan tampilkan wajah Anda dengan banggga ! b. suatu analisis. dapat ‘ melihat’ apa yang dilihatnya. penulis harus memiliki pengetahuan memadai tentang objek yang akan digarapnya. misalnya wawancara. Untuk karangan yang bersifat kompleks. suasana atau keadaan. Untuk menghasilkan tulisan ekposisi yang baik maka pikiran utama dan pikiran penjelas harus diorganisir dalam bentuk kerangka karangan yang pada umumnya dibagi dalam tiga bagian yaitu. Contoh eksposisi : Masa remaja adalah saat yang penuh kesenangan dan kegembiraan. Deskripsi Deskrisi adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata suatu benda. ‘merasakan’ apa yang dirasakanya. dapat ‘mendengar’ apa yang didengarnya. serta sampai kepada ‘kesimpulan’ yang sama dengannnya. melalui tulisannya. maka seorang penulis harus memperluas pengetahuan dengan berbagai cara seperti membaca referensi yang berkaitan dengan masalah yang dikaji melakukan penelitian. menulis . Seorang penulis deskripsi mengharapkan pembacanya. Clearasil memiliki tiga daya ampuh yang khas untuk membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat serta membantu menghindari timbulnya jerawat baru. bagian pembuka (pendahuluan) bagian pengembangan (isi). Dari sini dapat disimpulkan bahwa deskripsi merupakan hasil dari obesrvasi melalui panca indera. Pada umumnya. Cobalah Clearasil krem pengobatan jerawat. tempat. orang. yang disampaikan dengan kata-kata (Marahimin. Dapat disusun dalam bentuk bab dan diperinci lagi menjadi sub-sub bab. Dalam eksposisi masalah yang dikomunikasikan adalah informasi yang berupa data faktual. menguraikan. atau menerangkan sesuatu. mengupas.

Belum lagi kalau kita melihat lantai di atasnya (Adisampurno. Karangan narasi berisi penyampaian rangkaian peristiwa menurut urutan kejadiannya. 2006: 4. Di lantai satu terdapat toko pakaian yang lengkap berderet-deret. Di bagian terdepan berderet toko sepatu dalam dan luar negeri. 2003: 11) c.deskripsi jarang berdiri sendiri. Bentuk tulisan tersebut selalu menjadi bagian dalam bentuk tulisan lainnya dan saling berkaitan. Di samping kiri ada pula jenis buah-buahan. Paragraf narasi itu dimaksudkan untuk memberi tahu pembaca atau pendengar tentang sesuatu yang telah diketahui atau sesuatu yang dialami oleh penulisnya.54). Pada bagian belakang kita dapat menemukan berpuluh-puluh pedagang kecil yang berjualan makanan dan minuman. Narasi lebih menekankan pada dimensi latar dan adanya alur atau konflik. Narasi (kisahan) Narasi atau kisahan merupakan corak tulisan yang bertujuan menceritakan rangkaian peristiwa atau pengalaman manusia (tokoh) berdasarkan perkembangan dari waktu ke waktu. Di sampaing kanan pasar terdapat stan-stan kecil penjual perkakas dapur. dengan maksud memberi arti pada suatu kejadian tersebut. yaitu (1) hendak memberikan informasi atau memberi wawasan dan memperluas pengetahuan kepada pembaca. Contoh deskripsi Pasar Blaura merupakan pasar perbelanjaan yang sempurna. (2) hendak memberikan pengalaman estetis kepada . Semua barang ada di sana. Tujuan menulis narasi ada dua. Narasi adalah tulisan yang menyajikan serangkaian peristiwa (Suparno.

Oleh . Argumentasi Argumentasi merupakan corak tulisan yang bertujuan membuktikan pendapat penulis meyakinkan atau mempengaruhi pembaca agar amenerima pendapanya. memperkuat atau menolak suatu pendapat. Selain itu. Seorang gadis berlari dan memelukku.2003: 47). pendirian. Jadi. setiap karangan argumentasi selalu terdapat alasan atau argumen tentang bantahan terhadap suatu pendapat atau penguatan terhadap pendapat tersebut. Rumah-rumah itu tampak tidak semewah rumah-rumah gedung yang terletak di pinggir jalan. Kemudian. bukti. kami memasuki gang kecil. atau gagasan. Contoh Argumentasi : Kedisiplinan lalu lintas masayarakat di Jakarta cenderung menurun. Ciri-ciri Narasi Contoh Narasi: Sore itu kami pergi ke rumah Puspa. atau hasil-hasil penalaran (Pusat Bahasa. Sejalan dengan itu argumentasi adalah tulisan yang berisi atas paparan alasan dan pendapat untuk membuat suatu kesimpulan (Suparno. Beberapa waktu kemudian. Sopir kusuruh memakirkan mobil. Pintu rumah yang sederhana itu terbuka pelan.56). 2006: 5. 2001: 45). Gadis itu tiba-tiba pingsan dan terkulai lemas dalam pelukanku ( Pusat Bahasa .pembaca. d. jumlah korban yang meninggal akibat kecelakaan pun juga semakin meningkat. Cara menyakinkan pembaca itu dapat dilakukan dengan jalan menyajikan data. Argumentasi berusaha meyakinkan pembaca. Argumentasi ditulis untuk memberikan alasan. Hal ini terbukti pada bertambahnaya jumlah pelanggarannya yang tercatat di kepolisian. kami sampai di sebuah rumah yang sederhana seperti rumah-rumah di sekitarnya.

kesadaran mesyarakat tentang kedisplinan berlalu lintas perlu ditingkatkan (Pusat Bahasa. ataupun berdaya himbau yang dapat membangkitkan ketergiuran pembaca untuk meyakini dan menuruti himbauan implisit maupun eksplisit yang dilontarkan oleh penulis. Kegiatan 2 Membentuk beberapa kelompok untuk membahas jenis menulis/tulisan setelah itu. Setelah setiap kelompok mengkaji dan menelaah masing-masing sumber belajar yang terkait. Setiap generasi memikul beban berupa warisan yang harus dipelihara sebaik-baiknya. surat resmi/dinas/jabatan. Kegiatan korespondensi ini muncul karena keterbatasan manusia yang tidak selamanya dapat bertemu dengan lawan bicaranya. Contoh Persuasi: Generasi 1945 telah berjuang dengan jiwa dan raga untuk merebut dan menegakkan kemerdekaan. Dengan kata lain. e.karena itu. Surat pribadi ialah surat yang dikirim oleh keluarga/sahabat/kenalan/teman dan sebagainya. mengkaji. Berdasarkan sifatnya. kita mengenal surat pribadi/keluarga. tetapi juga untuk generasi penerus. mintalah setiap kelompok membaca. 2003: 45). Surat resmi ialah surat yang dikirimkan oleh perseorangan atau kantor pemerintah/swasta kepada perseorangan atau kantor pemerintah/swasta yang isinya masalah kedinasan. Apa yang mereka lakukan bukan semata-mata untuk diri sendiri. Pengertian Surat Salah satu wujud pemanfaatan bahasa Indonesia dalam tulisan ialah korespondensi. Persuasi Persuasi adalah karangan yang berisi paparan berdaya-ajuk. dan surat niaga/dagang. Adapun sumber belajar yang dirujuk adalah bahan bacaan berikut dan sumber belajar lainnya yang relevan. Hal ini yang tidak boleh dilakukan oleh generasi mana pun. Melecehkan amanat sama maknanya dengan memalsukan sumpah. Ciri kedinasan suatu surat tidak hanya ditandai oleh isi dan . persuasi berurusan dengan masalah mempengaruhi orang lain lewat bahasa. Sifat surat ini terasa adanya hubungan yang santai dan sering diwarnai unsur humor yang menyenangkan. mereka diminta mempresentasikannya dan ditanggapi oleh kelompok lain. 5. dan menelaah sumber belajar yang berhubungan dengan hal yang ingin mereka pahami tersebut. Warisan adalah amanat. Jenis Surat a.

penulisannya. (2)alamat surat. salam pembuka. . Adikku yang manis bagaimana kabar sudah lama tidak berjumpa. hal. (5)salam penutup. lampiran. jangan lupa bawa bekal yang banyak. tetapi juga ditandai oleh bentuk dan segala formalitasnya (kebakuan bahasa. Adikku Yulanda Wulandari Di SD Percobaan 1 Yogyakarta Salam Manis.bentuk lurus (block style) . alamat surat. salam penutup. sebentar lagi sudah akan ujian semester. Sampai bertemu besok. 20 Juni 2012 Kepada Yth. tembusan. nomor. (3)salam pembuka. Jaga kesehatan dan jangan lupa berdoa. isi surat. Tetapi bagian yang terdapat pada surat resmi tidak terdapat dalam surat pribadi. Bentuk atau Format Surat Berdasarkan bentuk surat (style). Contoh Surat Pribadi dan Resmi Sem arang. Surat niaga ialah surat yang ditulis oleh suatu badan perusahaan perdagangan yang isinya membicarakan masalah niaga atau perdagangan.bentuk lekuk (indented style) dan . kakak di sini sehat selalu. tanggal surat. kop surat. Kita akan rekreasi ke Candi Borobudur sesudah ujian semester.bentuk lurus penuh (full block style) . Apakah sehat. dan aturan penulisannya). Bagian surat pribadi adalah. ketepatan ejaan. Adapun bagian surat resmi adalah. Pedoman Penyusunan Surat Surat pribadi mempunyai bagian surat yang hampir sama dengan surat resmi. (4)isi surat dan. (1)tempat dan tanggal surat.bentuk resmi (official style) c. d. b.sehat saja.bentuk setengah lurus (semi block style) . susunan atau tata letak bagian surat pada setiap jenis surat dapat dikategorikan sebagai berikut. semoga adik sehat dan sukses . Jangan lupa belajar ya. Surat ini dapat ditujukan kepada semua pihak.

dalam belajar. Salam manis Temanmu tercinta Murtiningsih .

manfaat. E. Dikembangkan berdasarkan Kegiatan Belajar yang mencakup. uraian materi yang menjelaskan lingkup materi yang dipaparkan pada modul. Agar guru terampil dalam membimbing peserta didik dalam proses pembelajaran tersebut sebaiknya memahami pengertian. jenis menulis.Kegiatan 3 Perhatikan dua contoh surat pribadi dan surat resmi! Dengan mengisi format berikut! No. dan jenis surat sehingga dapat mengembangkan komunikasi akademis di antara peserta didik dengan guru atau pihak yang lain yang berkepentingan dengan pembelajaran di sekolah. rangkumat. Keterampilan menulis yang disusun berdasarkan kompetensi profesional dan disesuaikan dengan kisi-kisi UKA. Modul ini diharapkan guru mengatasi masalah terutama dalam materi UKA dan juga dapat motivasi diri untuk selalu melakukan perbaikan kompetensi hingga dicapai predikat guru profesional sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan serta prestasi belajar siswa. Anda dapat menyimpulkan perbedaan dan persamaan keduanya. tujuan. Anda dapat mengatahui bagianbagian surat resmi dan surat pribadi. Media /Sumber 1. media/sumber dan evaluasi serta kunci jawaban. 1 2 3 4 5 6 7 Uraian Pertanyaan Resmikah format suratnya? Formalkah bahasa yang digunakan? Lengkapkah bagian surat yang ada? Adakah kop surat tersebut? Bernomorkah surat tersebut? Adakah tembusan pada surat tersebut? Siapa yang dituju oleh surat tersebut Contoh 1 Contoh 2 individu atau lembaga? Setelah Anda mengisi format pengamatan. Koran 14 . panduan (alur). F. tujuan. pengantar. Rangkuman Modul Keterampilan Menulis merupakan bahan ajar diklat kompetensi awal upaya meningkatkan kemampuan diri dan memperbaiki kualitas.

Gere 2. ulasan 4. Cara menyakinkan pembaca itu dapat dilakukan dengan jalan menyajikan. bukti. Devinisi menulis tersebut pendapat 15 .. Donn Byrne C. pendapat.2. Argumentasi berusaha meyakinkan pembaca. Makalah 5. atau hasil-hasil penalaran C. Yang tidak termasuk tujuan dari menulis adalah … A. pelayaran sadar “menuliskan” kalimat dan mempertimbangkan cara mengkomunikasikan dan mengatur. Lado B. Surat niaga ialah surat yang ditulis oleh suatu badan perusahaan perdagangan yang isinya membicarakan masalah A. Menulis bukan sesuatu yang diperoleh secara spontan. Jurnal 6. hasil penalaran D. tetapi memerlukan usaha dari …. bukti. Semi D. A. Evaluasi 1.bukti. Internet 4. B. bukti. menginformasikan 3. Argumentasi merupakan corak tulisan yang bertujuan membuktikan pendapat penulis meyakinkan atau mempengaruhi pembaca agar amenerima pendapanya. ulasan.. A. membujuk D. dan hasil penataran B. ulasan ilmiah. Majalah 3. data. mengadopsi B. perdagangan. mendidik C. Buku referensi yang relevan G.

. Ciri kedinasan suatu surat tidak hanya ditandai oleh isi dan penulisannya. deskripsi D.. diksi. luas. rasional D. menarik D. komplek. menarik.. langsung. aturan penulisan. ketepatan ejaan.. diksi. A. bentuk. argumentasi B.. langsung. ejaan. bentuk kebakuan bahasa. logis-rasional __________________ 16 . Struktur banguanan yang bernuansa Bali yang penuh ornament dan lukisan sangat enak dipandang. narasi 7.C.. eksposisi C.. Gemercik air yang mengalir. luas . Berikut pernyataan yang merupakan ciri-ciri kejelasan karangan . bentuk kebakuan bahasa.. sedehana. Kejelasan merupakan asas yang pertama dan utama bagi hampir semua karangan. perjanjian D. tepat 8. dan aturan penulisan D.tepat B. rumit. tepat C. diksi. khususnya ragam karangan faktawi. tata tulisan 6. Suasana Hotel Pramesti sangat menyenangkan. diksi. penalaran B. dan aturan penulisan B. ejaan. dan aturan penulisan C. Udara pegunungan yang sejuk menambah betah orang berlama-lama menikmati suasana hotel ini. Paragraf tersebut berjenis karangan … A. mudah. emosional. Pilihan kata karangan persuasi mencari efek tanggapan . langsung . A. sederhana. tetapi juga ditandai . mudah. perindustrian 5. C. A.kebakuan bahasa.

sebentar lagi sudah akan ujian semester. _______________________________________________ _______________________________________________ _______________________________________________ _______________________________________________ _______________________..sehat saja. Adikku Yulanda Wulandari Di SD Percobaan 1 Yogyakarta Salam Manis. Jangan lupa belajar ya. jangan lupa 17 . bentuk lurus (block style) C. _____________ ______________ Bentuk surat (style) di atas. bentuk setengah lurus (semi block style) D.. 20 Juni 2012 Kepada Yth. Adikku yang manis bagaimana kabar sudah lama tidak berjumpa. Apakah sehat.9. bentuk lurus penuh (full block style) B. Jaga kesehatan dan jangan lupa berdoa. Kita akan rekreasi ke Candi Borobudur sesudah ujian semester. A. Contoh Surat Pribadi dan Resmi Semarang. jenis surat itu yang tidak dapat dikategorikan sebagai susunan atau tata letak bagian surat pada . _________________ _______________________________________________ _______________________________________________ _______________________________________________ _______________________________________. bentuk lekuk (indented style) 10. kakak di sini sehat selalu.

Temanmu tercinta Murtiningsih Salah satu perbedaan ciri dari surat pribadi di atas dan surat resmi adalah.bawa bekal yang banyak. Salam manis. semoga adik sehat dan sukses dalam belajar.. Sampai bertemu besok.. surat 18 .

Persuasi adalah karangan yang berisi paparan berdaya-ajuk. Grafologi adalah ilmu tentang aksara atau sisstem tulisan Simbol adalah sesuatu yang berbentuk simbol atau tanda-tanda atau kisahan adalah menceritakan rangkaian peristiwa atau pengalaman manusia (tokoh) berdasarkan perkembangan dari waktu ke 19 .A. Salam pembuka Glosarium Deskripsi adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata suatu benda. Alamat D. Kop B. Tempat tanggal surat C. Narasi waktu. Argumentasi adalah tulisan yang bertujuan membuktikan pendapat penulis meyakinkan atau mempengaruhi. ataupun berdaya himbau yang dapat membangkitkan ketergiuran pembaca untuk meyakini dan menuruti himbauan implisit maupun eksplisit yang dilontarkan oleh penulismbaca agar menerima pendapanya. Kemampuan mekanis adalah kemampuan menggunakan tanda baca dengan tepat. Karangan Faktawi adalah karangan yang bersifat dunia nyata atau yang benar benar terjadi. Eksposisi adalah menguraikan atau menganalisis suatu pokok pikiran yang dapat memperluas pengetahuan dan pandangan seseorang.

Jakarta: PT. Jakarta: Pustaka Jaya. Burhan. 1992. 1987. Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.1964. Quantum Learning. Robert. 1996. Writing and Learning an Overniew. New York : Del Publishing. Menulis. Anne Ruggles. Nurgiyantoro. Dom. et al. 1984. Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. 2001. Seni Menuangkan Gagan. Modul Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi. Padang: Angkasa. New York: Macmilan Publishing Company. The. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Sebuah Pengantar. Adi. 2004. Widyamartaya. 1 Sampurno.Teaching Writing Skill. 1998 iv . 2001. 1985. Byrne. Keterampilan Menulis. Menulis Secara Populer. Atar. 2002. A. Fikahati Aneska. Tarigan. Semi. Membudayakan Kebiasaan Menulis. Sabarti. London dan New York: Longman. Jakarta: Direktorat SLTP. Jago. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: Andi.DAFTAR PUSTAKA Akhadiah.: Angkasa Liang Gie. Jakarta: IKAPI. 1994. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Kanisius. Terampil Mengarang. Marahimin. Language Teaching. Ismail. Departemen Pendidikan Nasional. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi. Haduyanto. Amerika: MC Grow Hill. 2003. DePorter Bobbi dan Mike Hernacki. Menulis Efektif. Bandung. 1999. Lado. Bahan Penyuluhan Bahasa Indonesia “Paragraf” jakarta:Pusat Bahasa Depertemen Pendidikan Nasional. Departeman Pendidikan Nasional. Gere. Yogyakarta: BPFE. 1988.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->