Pemahaman Kepemimpinan

Bila Anda mendengar istilah kepemimpinan, coba jelaskan kata apa yang muncul di benak Anda?

Kini tentukanlah seorang yang menurut Anda memiliki kepemimpinan yang baik

Tuliskan alasan mengapa Anda menyebutnya pemimpin yang baik

Debrief 1. Ada yang mendasarkan pada kompetensinya (minat. Ada yang mendasarkan hal itu pada karakter atau kepribadian orangnya 3. pemahaman. pengetahuan. Tanpa sadar sebenarnya Anda sudah punya pra-anggapan apakah seorang yang memiliki kepemimpinan yang baik itu 2. Ada yang mendasarkan pada hasil kinerjanya 4. keterampilan dan pandangan hidup serta kemampuannya menggali makna pelayanannya) .

Kini. pasal satu dan dua. hal apa tentang kepemimpinan yang dapat Anda petik dari dalamnya. Apakah ia seorang pemimpin? Bila ya. mengapa? . telitilah kitab Nehemiah. bila tidak.

puasa dan doa beberapa hari (ayat 4) .Kasus Nehemia. PENGAMATAN: Suara dan Perspektif Alkitab tentang Kepemimpinan 1. bahkan orang buangan • Ia merespon dengan emosi. ORANG YANG TERGERAK HATINYA--PSL 1: 4 • Walaupun ia sudah nyaman • IA MENYADARI ANTARA KESENJANGAN ANTARA APA YANG SEDANG TERJADI DAN APA YANG SEHARUSNYA • Walaupun tidak ada yang menyuruhnya terbeban — Cerita nenek pemotong roti perjamuan kudus • Walaupun ia bukan pribumi di sana.

Ia menyadari perannya sebagai orang yang diberi janji dan perintah oleh Tuhan. 8.2. Ia menjadi orang yang berdoa untuk suksesnya apa yang diharapkannya bagi bangsanya/bukan untuk diri sendiri saja . ORANG YANG YANG BERDOA LEBIH DULU Pasal 1: 5—11 6. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari orang-orang yang berdosa 7.

tidak mendahului waktu Tuhan Dari bulan Kislev/November sampai Bulan Nisan/April ---(1:1 –2:1) Pasal 2: membuktikan persiapan matangnya Ayat 5: jelas apa yang ia inginkan Ayat 6: jelas waktu yang diperlukan Ayat 7: jelas tata cara atau prosedur yang dibutuhkan Ayat 9: jelas perlunya dukungan banyak pihak . ORANG YANG MENANTI DAN MENYIAPKAN DIRI UNTUK MELAYANI/IA MATANG BELAJAR UNTUK SIAP Ia tidak emosional.3.

pasal 29 • Ia tidak cari untung --.4.bersandar pada Tuhan -4:9 Ia menata hidup spiritual umat -.5:16 .4:6 Berdoa di dalam kesulitan -.2: 13 Tekun dalam kritikan dan fitnahan -. TIDAK BERJALAN SENDIRI • Ia menggerakkan dan melibatkan orang--.2: 12 • • • • Berada di lapangan --.

KESADARAN ATAS ADANYA KESENJANGAN ANTARA APA YANG SEHARUSNYA DAN NYATANYA TERJADI GAP .Akar sukses kepemimpinan Nehemia SPIRITUALITAS NEHEMIA 1.

3. PADA REKAN.Akar sukses kepemimpinan Nehemia SPIRITUALITAS NEHEMIA 1. MELAKSANAKAN DENGAN TEKUN. PADA RAJA. MERUNDINGKAN TIAP LANGKAH DENGANNYA—bersedia diubah? TRUST/KEPERCAYAAN PADA DIRI SENDIRI. TERUTAMA PADA TUHAN BERGANTUNG SETIAP LANGKAH PADANYA dan TERUS BELAJAR 2. . MENYIAPKAN. SADAR APA YANG BAGIAN TUHAN DAN APA YANG JADI BAGIANNYA… MENANTI.

PERCAYA TUHAN.Skema Kepemimpinan Nehemia HATI YANG TERGERAK BERDOA MENANTI WAKTU TUHAN DAN MENYIAPKAN DIRI TIDAK BERJALAN SENDIRI MENGENALI KESENJANGAN ANTARA APA YANG SEHARUSNYA DAN NYATANYA TAHU BAGIAN TUHAN DAN BAGIAN DIRINYA PERCAYA DIRI. PERCAYA ORANG BERGANTUNG DAN BELAJAR TERUS MENERUS\ SEDIA DIUBAH .

Luka Batin atau virus batin 2. Tidak tahu mana yang bagian Tuhan dan yang mana bagian diri 3. Tidak menjalankan pelayanan ―berdua-dua‖– bersama/tim 5. Tidak lagi belajar—terperangkap ruang nyaman 4. Tidak menangani konflik dalam kerangka visi (Kisah Rasul 6:----) Akarnya: ketakutan dan luka .Rintangan menjalankan pelayanan yang indah bagi Tuhan Dari hidup John Sung– Anda dapat berdampak 1.

Pemahaman tentang Praktek Kepemimpinan .

Dimana peran pemimpin di dalam komunitas? KEPEMIMPINAN Kualitas orangorangnya Strategic Planning. Daya Respons dan Kualitasnya STRUKTUR DAN PROSES VISI. MISI dan SASARAN BUDAYA ORGANISASI The Vijay Sathe’s model .

Rujukan Saja: Teori Kepemimpinan masa kini Arus Baru Pemahaman Kepemimpinan yang laku dalam 5 tahun terakhir Transformational Leadership versus Transactional leadership (jual beli): mengadakan transformasi Kepemimpinan Hamba (Servant Leadership): mendahulukan orang lain Learning Organization Leader: Tugas pemimpin agar pengetahuan dan keterampilan tidak berhenti pada individu .

Rujukan teori: Kouzes dan Posner – Apa pra-syarat keberhasilan seorang pemimpin 1. Makna/keterpanggilan 2. Kemampuan mengangkat hati mereka . Kemampuan mengembangkan orang 5. Visi atau arah yang jelas 3. Kemampuan memeriksa dan menantang pola kerja yang sudah ada 4.

Namun ia tidak mungkin mengenal semua denyut keseharian orang-orangnya 2. Orang ini merekatkan hubungan dan menembus batas-batas organisasi. ia menyebar suasana dan gagasan 3. .Rujukan teori: Harvard: Apa hanya ada satu jenis Kepemimpinan 1. Ada pemimpin eksekutif – pejabat yang bertanggung-jawab untuk keseluruhan kinerja atau dampak organisasi atau komunitasnya. Mereka yang membuat hal nyata terjadi secara sehari-hari. Ada pemimpin lini atau akar rumput. Ada pemimpin network atau jejaring.

dan bergairah hanya sesuai siklus hidupnya. . • menginspirasikan atau menggerakkan orang.Kesimpulan: Mengapa kita perlu adanya kepemimpinan? 1. Orang yang memiliki status atau jabatan pemimpin belum tentu memiliki kepemimpinan 2. Daya itu adalah untuk • menggali makna. Sebagian besar orang yang bekerja di organisasi atau komunitas Anda. minimalis. artinya. adalah orang biasa. menjadi penganut hidup rutin. Kepemimpinan adalah suatu daya atau pengaruh 3. • merumuskan visi. • mentransformasi orang dan komunitasnya serta • menggangkat hati mereka sepanjang derap maju mereka 4.

Skill Manajemen—Skill interpersonal .Skematik peran dan tugas kepemimpinan Mengangkat hati untuk memelihara gerak Menata sehingga orang bertumbuh Menginspirasi sehingga orang bergerak Merumuskan visi bersama Merumuskan visi pribadi Menggali makna -Spiritualitas ----Nilai dan Pandangan hidup----Sikap--.

Lokakarya • Dalam hal mana kepemimpinan di konteks kerja Anda sangat kuat? • Dalam aspek mana kepemimpinan di konteks Anda perlu dikembangkan? .

lebih dalam.Kesimpulan: Mengapa kita perlu adanya pemimpin? Pemimpin sejati = seorang yang memiliki kekhasan yang membedakannya dengan orang biasa. – Lebih dalam: ia mampu menggali makna dan merumuskan visi+misi pribadi kemudian potensinya ingin terpakai maksimum – Lebih luas: ia mampu mendapatkan trust dan menginspirasikan serta menghasilkan dampak nyata berupa transformasi – Lebih jauh: ia mencari kontribusi jangka panjang atau apa yang Tuhan berkenan memberikan sebagai kesempatan baginya untuk disumbangkan bagi kerajaan-Nya. ia mengembangkan orang untuk berjalan bersamanya . antara lain. memandang lebih jauh. dan lebih luas.

Kepemimpinan di dalam dunia pelayanan 1. Kepemimpinan sangat kolektif (Dialogis dan penting dalam menseleksinya) . Kenyataan: Berpusat pada kesukarelaan 2. Tugas utama kepemimpinan yang sangat vital di dalam pelayanan adalah menjadi inspirator untuk kemuliaan Tuhan 3.

Harapan Pada Pemimpin dalam Pelayanan • Leading Up– Memimpin ke atas--dan berkembang • Leading Across – memimpin ke samping – belajar dari orang lain • Leading Down – memimpin ke bawah – mengembangkan mereka • Plus: Leading inside .

Mempraktekkan daya kepemimpinan dalam pelayanan Leading up Leading Across Leading inside Leading Across Leading down .

Do Things Right • Transformasi Dan Gerak -. Machine.Pengelolaan (Man.Menseleksi Calon Pemimpin • Do The Right Things . Money. Method) MANAJEMEN ADALAH FUNGSI SEDANG KEPEMIMPINAN ADALAH PANGGILAN ATAU KUALITAS DIRI/HATI PEMIMPIN BAIK LEMAH MANAJER BAIK LEMAH .

namun tidak bisa menyetir dengan baik • Pemimpin yang buruk namun merupakan pengelola yang baik = menyupir dengan baik.• Pemimpin yang baik dan pengelola yang baik = ini yang kita butuhkan • Pemimpin yang baik namun merupakan pengelola yang buruk = orang yang jelas mau pergi kemana dengan mobilnya. hanya tidak jelas mau pergi kemana • Pemimpin yang buruk dan pengelola yang buruk = kasihan sekali .

Membangun Percaya diri seperti David….Mengaplikasikan 1. Kepemimpinan di dekade 21? Hati = gap ini tidak seharusnya terjadi Mata = 20-25% panen dibuang Tangan: ada sesuatu yang dapat kulakukan dengan-Nya KASUS: John Robins: Menjadi pendidik tentang Food for the World… The Society of St. Andrew: ―The POTATO PROJECT‖ 1979– Ken Horne and Buchanan ―Food for the body. God’s word for the spirit Community of love for the heart Opportunity for those who desire action‖ .

Gap Analysis: Alat memeriksa Siapa Aku Aku adalah Passion-ku Yang paling jadi keperdulian bagiku adalah: • Apa yang seharusnya terjadi di organisasi saya PEMIMPIN: DISINI AKU DAPAT BERPERAN ORANG BIASA: FRUSTRASI • Apa yang sedang terjadi di organisasi saya Makin lebar gapnya. makin bisa aku digunakan Tuhan: Emas tetap emas walaupun di taruh di dalam selokan Uang tetap uang walaupun sudah terinjak-injak .2.

anggota komisi. 5. anggota majelis. . 3. anggota komisi dan anggota yayasan Perubahan di kota Anda Akibat bagi gereja Bagi aktifis.Perubahan dalam Dunia Pelayanan • Daftarkan apa yang kota Anda alami • Daftarkan apa yang gereja Anda alami • Daftarkan dampak bagi anggota majelis. 4. aktifis. 2. dll 1.

anggota komisi.Perubahan dalam Dunia Pelayanan Dampak perubahan Bagi aktifis. dll Apa yang dapat Kulakukan denganNya? . anggota majelis.

dan ia tidak menonjolkan dirinya. pemimpin baru dilahirkan. 3. CEO DARI THE GREENLEAF’S CENTER 1. KESEDIAAN MENYIMAK MENUNJUKKAN EMPHATY MENGHASILKAN PEMULIHAN MENGHASILKAN PENINGKATAN KESADARAN MAMPU MEMPERSUASI KONSEPTUALISASI MAMPU MEMBUAT PRAKIRAAN KUAT DI DALAM PENATALAYANAN MEMILIKI KOMITMEN MENUMBUHKAN ORANG IA MEMBANGUN KOMUNITASNYA Dengan kata lain ia akan sukses bila orang lain bertumbuh. 6. . 4. 8. 7. 10. 9.3 Memimpin sebagai Hamba 10 KARAKTERISTIK SERVANT LEADERS MENURUT LARRY SPEARS (1998). 5. 2.

TAMBAHAN: JOHN MAXWELL sekuen pengembangan potensi pemimpin • I MODEL IT – I DO IT • I MENTOR – I DO IT AND YOU WATCH ME • I MONITOR – YOU DO IT AND I WATCH YOU • I MOTIVATE – YOU DO IT • WE MULTIPLY – YOU DO IT AND TRAIN SOMEONE ELSE .

skill spirituality trust sensitivity KESADARAN BIAYA KEBERANIAN attitude System thinking .

Action Plan: Apa yang akan kulakukan dalam 2 bulan untuk mengubah keadaan di sekitarku Hidup Pribadi: ___________________________ Menangani Orang yang Anda pimpin: ________ ______________________________________ Menangani Orang yang memimpin Anda:_____ ______________________________________ Menangani Rekan: ______________________ ______________________________________ .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful