DNA SEBAGAI MATERI GENETIK

Drs. Zulfitri, M.Biomed Staff Bagian Biologi medik FK. Unsyiah

Materi Genetik

Charty Penelitian Harsye-Chase.Griffit Penelitian Avery Mc. .Leod & Mc.Sejarah Penemuan DNA sbg Materi Genetik    Penelitian F.

.

DNA sebagai materi genetik ?    Apakah hanya DNA saja sebagai materi genetik ? Ya atau tidak Kalau tidak. apa materi genetik yang lain ? .

DNA   DNA intra nuklear = Kromosom DNA Extra nuklear:   DNA Mitokondria DNA Kloroplast .

. sehingga dapat terus dihasilkan jenis sel yang identik dalam tubuh.  Nucleus secara tidak langsung mengatur sebagian besar aktivitas sel dan berfungsi sebagai pusat kontrol sel.  DNA berfungsi sebagai cetak biru genetik selama replikasi sel untuk memastikan bahwa sel menghasilkan “sel anak” persis seperti “induk”nya.DNA Fungsi DNA:  DNA memberi kode atau instruksi untuk mengarahkan sintesis berbagai protein struktural dan enzimatik spesifik di dalam sel.

RNA   RNA Genetis = RNA yang ada pada virus RNA nongenetis:    mRNA tRNA rRNA .

Bentuk DNA  Doble Helix  Umumnya pada sel eukaryota  Circuler     Umumnya pada sel Prokayota Mitokondria Kloroplast Bacteri. .

T.DNA        Dobel helix Putar kanan Anti paralel Ikatan Hidrogen antar Basa Basa-basa komplementer Gulanya Deoxyribosa Basanya A. G. . C.

.

PASANGAN BASA NITROGEN .

DNA-Materi genetik  Stabil     Ada ikatan H Dobel helix Super Coiled Terikat dengan protein    Replikasi Informasi genetik Mutasi .

Struktur DNA .

E.Coli 4 juta bp Sel Ragi 20 juta bp Nematoda 50 juta bp Lalat buah 100 juta bp Manusia 3 milyar bp Virus DNA 4 ribu bp. .Genom        Informasi genetik yang lengkap pada suatu organisme/Seluruh informasi genetik yang terkandung pada kromosom haploid suatu organisme (22+x/y).

Nukleotida & Back bone  Nukleotida terdiri dari:     Nukleosida   Basa Nitrogen Gula Deoxyribosa Poly Posfat (PO4) Basa Nitrogen Gula Deoxyribosa  Back Bone   Gula Deoxyribosa Poly posfat .

Perbedaan RNA dari DNA    RNA single strand Gulanya jenis Ribosa Basa Thymin digantikan Urasil .

pengulangan nukleotida (AC)n Minisatelit. ukuranya mega basa Interspersed. letaknya dekat dengan sentromer dan telomer.Bagian DNA      Terdiri atas bagian Exon dan Intron Microsatelit. ada Alu repeat &Kpn repeat. . pengulangan lebih besar dari mikrosatelit Macrosatelit.

yaitu yang satu dengan arah 5’ ke 3’ pada mRNA sedangkan pada lainnya dari arah 3’ ke 5’ pada tRNA. Sedangkan basa antikodon yang ke tiga tRNA dapat mengadakan ikatan dengan basa lain yang tidak lazim/bergoyang/berganti-ganti (Woble) .Woble fenomenon Analisa oleh Crick  Kedua basa anti kodon pada tRNA dapat mengadakan ikatan hidrogen scr spesifik dengan kedua basa kodon pada mRNA scr antiparalel.

Contoh woble  Anti codon pada pada I (inositol) G C A U triplet codon A. C C. U.G . U G U A.

.HUKUM CHARGAFF  Pasangan Adenin-Thymin dan GuaninCytosin    5’-ATGCCAG-3’ 3’-TACGGTC-5’ Jadi sequen diatas “complementary” dengan sequen yang di bawah.

Kode Genetik  Codogen.  Tiga pasangan basa pada rantai DNA  Codon  Tiga pasangan basa pasa rantai mRNA Tiga pasangan basa pada rantai tRNA  Anticodon  .

5. . 4. Kode triplet (Gamow. 7.1954)20 as.1963)menemukan semua deretan kodon dari nukleotida. kodon informasi genetik akan mengkode suatu as.amino spesifik yang sama untuk semua organisme (virus-mammalia).Kode genetik 1. 6. Kode nonoverlaping. Kode Degenerate(niremberg & Ochoa.amino dari 64 kombinasi. 2. Arah pembacaan 5’ ke 3’ (5’NH2____>COOH-3’) Kode nonsense (starting & Stop codon) Fenomena “Woble” Kode Universal.jadi hanya ada 1 kode genetik untuk semua organisme didunia ini. 3.

Dogma sentra      DNA DNA RNA DNA RNA DNA = Replikasi RNA = Transkripsi Protein = Translasi Protein = ? DNA = Reverse Transkripsi .

DNA Profiling     Identifikasi kasus kriminal Identifikasi mayat Identifikasi fosil dll .

KROMOSOM MANUSIA .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful