belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya

“BELAJAR DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA” A. Pengertian Belajar Berikut adalah pengertian belajar menurut beberapa ahli: Menurut Skinner (1985) dalam Muhibin Syah, belajar adalah suatu proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku yang berlangsung secara progresif. Menurut Chaplin dalam Muhibin Syah, belajar adalah perolehan perubahan tingkah laku yang relatif menetap akibat latihan dan pengalaman. Menurut Hintzman dalam Muhibin Syah, belajar adalah suatu perubahan yang tejadi dalam diri organism yang disebabakan oleh pengalaman yang dapat mempengaruhi tingkah laku organisme tersebut. Menurut Wittig dalam Muhibin Syah, belajar adalah perubahan yang relatif menetap yang terjadi dalam segala macam/keseluruhan tingkah laku suatu organisme sebagai hasil pengalaman. Menurut M. Surya dalam Setiawati dan Ima Ni’mah Chudari, belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam interksi dengan lingkungan. Sedangkan dalam buku Bimbingan Konseling untuk anak pengertian belajar adalah salah satu konsep yang amat mendasar dari psikologi. Tanpa belajar, seseorang tidak akan dapat mempertahankan dan mengembangkan dirinya, dan dengan belajar manusia mampu berbudaya dan mengembangkan harkat kemanusiannya. Inti perbuatan belajar adalah upaya untuk menguasai sesuatu yang baru dengan memanfaatkan yang sudah ada pada diri individu. Dari beberapa pengertian belajar menurut para ahli, dapat disimpulkan bahwa belajar adalah proses perubahan tingkah laku individu yang relatif menetap menuju kearah positif

Faktor internal siswa meliputi aspek psikologis (intelegensi. mata dan telinga). Sedangkan faktor pendekatan belajar meliputi pendekatan tinggi (speculative. Faktor eksternal siswa meliputi lingkungan sosial (keluarga. guru dan staf. minat. dan lingkungan non sosial (rumah. faktor-faktor yang mempengaruhi belajar siswa dapat kita bedakan menjadi tiga macam. sikap. diantaranya: 1) 2) 3) Faktor internal (faktor dari dalam siswa). Rujukan: . sekolah. dan teman). yakni kondisi lingkungan dilingkungan sekitar siswa. afektif dan psikomotor untuk memperoleh tujuan tertentu. Faktor eksternal (faktor luar siswa). Faktor pendekatan belajar. bakat. dan aspek Fisiologis (tonus jasmani. surface). yakni keadaan/kondisi jasmani dan rohani siswa.sebagai hasil pengalaman dan latihan yang bersifat kognitif. yakni jenis upaya belajar siswa yang meliputi strategi dan metode yang digunakan siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran materi-materi pelajaran. peralatan dan alam). masyarakat. deep) dan pendekatan rendah (reproductive. motivasi). pendekatan sedang (analytical. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Belajar Secara global. B. achieving).

Sunaryo. Bimbingan di Sekolah Dasar. Muhibin. 2003. . dkk. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Bandung: Upi Press. Syah. Ima. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru sekolah Dasar. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2005. Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Slameto. 2003.Kartadinata. 1998. Jakarta: PT Rineka Cipta. Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Setiawati. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. 2007. Slameto. dan Ni’mah Chudari.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful