Massa, Energi dan Momentum Relativistik

A. Massa Relativistik Massa benda akan menjadi lebih besar terhadap pengamat dari pada massa ketika benda diam, jika bergerak dengan kelajuan relativistik.

m

mo 1 v c
2 2

akan menjadi atau . Telah diketahui bahwa momentum Maka.B. Momentum Relativistik Momentum mengalami hukum relativistik.

E  mc  mc  2 2 mo c 2 1 v2 c2  mo c 2 Energi relativistik merupakan hasil perkalian antara massa dan kuadrat kecepatan mutlak. ada kesetaraan antara massa dan energi. Bila partikel bermassa m. Energi Relativistik Energi kinetik juga memiliki relativistik.C.Jadi.maka energi total sebesar “Hukum kesetaraan massa-energi Einstein” .

.Energi kinetik partikel yang bergerak relativistik (mendekati kecepatan cahaya) sama dengan selisih antara energi total dengan energi diamnya.

berlaku hukum relativistik. Energi relativitas akhir adalah jumlah dari energi relativitas massa diam 1 dan 2 . Maka.yaitu energi relativistik awal sama dengan energi relativistik akhir. Hukum Kekekalan Energi Relativistik Jika sebuah benda dalam keadaan diam (massa diam membelah secara spontan menjadi 2 bagian massa diam ( ) masing-masing dan ) yang bergerak masing-masing v1 dan v2.D.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful